Rekomendasi Platform Email Marketing Gratis

Rekomendasi Platform Email Marketing Gratis

Campaign marketing sudah biasa dilakukan untuk mewujudkan target dalam pemasaran produk. Kampanye ini dibuat untuk memperkenalkan suatu produk yang diluncurkan oleh perusahaan kepada konsumen. Tujuannya adalah agar konsumen lebih familiar dengan produk tersebut. Salah satu medianya adalah dengan email marketing. Platform yang satu ini memiliki berbagai tools untuk dapat menjangkau target pasar serta dapat membangun hubungan personal dengan calon pelanggan atau calon konsumen. Maka  email marketing harus digunakan agar traffic meningkat pada situs website bisnis yang Anda miliki. Lantas apa saja platform email marketing?

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah aplikasi atau platform yang memudahkan saat kampanye marketing dilakukan. Secara sederhana penggunaan email marketing dilakukan untuk membangun relasi yang baik dengan konsumen,lalu untuk mengatur serta mengontrol koneksi yang tercipta antara Anda dengan calon konsumen. Biasanya informasi yang ada didalamnya terkait produk baru yang akan diluncurkan atau produk unggulan. 

Email marketing penting untuk digunakan karena dinilai efektif untuk memberikan hasil yang memuaskan dalam pemasaran produk. Bukan hanya itu saja, jika dilihat dari segi biaya juga lebih murah dibanding dengan strategi pemasaran lainnya. 

Apalagi dengan adanya email marketing Anda tidak perlu lagi mengirimkan konten secara terpisah yang akan dikirim kepada konsumen, karena sudah bisa dikelompokkan dan dipersonalisasikan sesuai dengan minat, kebiasaan serta kesukaan dari konsumen. Inilah salah satu bentuk kemudahan dari email marketing.

Cara Kerja Email Marketing

Cara Kerja Email Marketing

Pada umumnya cara kerja dari email marketing sama saja dengan email biasa. Yakni ketika Anda ingin menuliskan surat kepada orang lain. Hanya saja yang menjadi pembeda dari segi kecepatan mengirim pesan. Berikut cara kerja email marketing:

  • Buka email kemudian tuliskan isi pesan yang ingin Anda kirimkan. Isi pesan berupa informasi atau konten terkait produk Anda secara lengkap dan menarik.
  • Kedua adalah, berikan instruksi pada email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lain atau alamat yang sudah ditentukan.
  • Selanjutnya email server akan secara otomatis dapat melakukan identifikasi dari alamat email tujuan.
  • Email akan mengirimkan pesan yang sudah dibuat ke alamat yang tertera.
  • Terakhir saat email sudah terkirim, isi pesan dapat disimpan secara otomatis di dalam email server. Sehingga penerima pesan bisa dengan mudah menemukannya

5+ Aplikasi Email Marketing Terbaik Gratis

5+ Aplikasi Email Marketing Terbaik Gratis

Sebelum menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran dalam bisnis Anda. kenali terlebih dahulu beberapa aplikasi email marketing terbaik dibawah ini!

  • MailChimp

Diawali dari aplikasi MailChimp dimana ini adalah aplikasi yang menyediakan layanan email marketing digunakan oleh jutaan bisnis dan perusahaan yang dapat mengirimkan email hampir setiap harinya. MailChimp juga dikenal dengan penawaran gratis layanannya  dengan kualitas terbaik. Dan pada Content Manager-nya Anda bisa menyimpan gambar dan juga file.

Aplikasi email blast gratis ini memungkinkan Anda membuat email list hingga 2.000 daftar kontak dengan 12.000 email yang dapat dikirim perbulannya. Sebagai pengguna dari email marketing ini Anda akan diberikan fitur-fitur dengan nama brand yang tertera di email yaitu MailChimp. Selain itu juga adanya fitur pengaturan otomatis yang bisa digunakan untuk mengirim pesan selamat datang kepada konsumen secara otomatis.

Kemudian pada aplikasi ini Anda dapat mengotomatisasi email marketing sesuai dengan segmentasi pembeli yang telah ditargetkan. Sehingga Anda bisa membagi konsumen berdasarkan tahapan mulai dari yang baru mendaftar sampai kepada yang sudah memasukan produk dan melakukan pembelian. Ditambah lagi MailChimp juga memiliki tools untuk iklan dan postingan pada instagram dan facebook. Hal ini dapat mengoptimalkan upaya pemasaran Anda.

  • Sendinblue

Kedua, aplikasi email marketing adalah sendinblue. Dari segi penggunaanya aplikasi ini sangat user friendly untuk Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan platform email marketing. Selain itu, sendinblue juga memiliki beberapa fitur marketing seperti customer relationship management serta pembuatan landing page. 

Dengan lebih dari 70 template desain pada aplikasi ini Anda bisa gunakan untuk membuat desain email marketing menjadi lebih menarik sehingga memudahkan konsumen untuk membacanya. Setelah desain email selesai dibuat agar kinerja email marketing berjalan dengan optimal Anda bisa menggunakan fitur A/B testing. Tujuannya agar lebih mudah untuk menyasar target konsumen yang sudah ditentukan serta bisa mengoptimalkan kampanye pemasaran bisnis.

Bukan hanya itu saja, terdapat opsi untuk transaksional dan autoresponder di dalam aplikasi ini. Meskipun daftar kontak tidak dibatasi akan tetapi pengiriman email dibatasi hanya maksimal 300 email perharinya.

  • Campayn

Selanjutnya adalah campayn yang menjadi aplikasi email marketing. Aplikasi ini  bisa diakses gratis sampai dengan 500 pelanggan dan 12.500 email perbulan. Sesuai dengan namanya campayn bisa digunakan untuk membangun kampanye pemasaran digital yang berkualitas. Misalnya saja saat Anda telah mengirim email, untuk memastikan email tepat sasaran. Anda dapat melihat keberhasilan kampanye tersebut dengan laporan waktu yang sangat detail.

Sehingga dengan adanya data laporan waktu yang detail tersebut Anda dapat melihat siapa saja konsumen yang sudah membuka pesan berisi promosi produk Anda. Kemudian pada campayn terdapat fitur drag and drop sederhana, dimana jika Anda menggunakan aplikasi ini Anda dibebaskan untuk mengubah serta mengatur tampilan yang ada pesan email Anda. 

Selain itu juga, terdapat desain template yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.Bukan hanya itu saja, ada opsi yang bisa membantu Anda merancang formulir. Ini meliputi formulir pada situs website,kemudian formulir facebook,formulir yang dihosting hingga formulir lightbox pop-up

  • Sender

Sender merupakan aplikasi email marketing yang juga banyak menawarkan tools menarik. Contohnya tools push notifications yang memungkinkan Anda mendapatkan notifikasi pemberitahuan yang muncul di layar perangkat. Sender juga memiliki template yang bisa di- customize dengan fitur tambahan seperti gambar maupun video. Sama seperti email marketing lainnya sender bisa mempersonalisasikan email Anda sesuai dengan segmentasi konsumen.

Namun yang menjadi keunggulan dari sender dibandingkan dengan email marketing lainnya adalah dari fitur analitis yang dimilikinya. Adanya fitur ini membuat Anda bisa memonitor siapa saja yang telah membuka email dari Anda sekaligus mengetahui apakah konsumen sudah mengklik tautan di dalamnya.

Dengan melakukan monitoring ini membuat Anda mengetahui profil dari target konsumen yang telah ditentukan untuk jenis produk Anda. Disamping itu, strategi pemasaran yang sedang dilakukan dapat berjalan secara lebih optimal. Aplikasi mampu membatasi hingga 2.500 daftar kontak dengan 15.000 email perbulannya.

  • MailerLite

Aplikasi email marketing gratis berikutnya adalah MailerLite. Platform ini menawarkan fitur pop-up , fitur drag and drop serta fitur survei yang bisa pengguna customize sesuai dengan keinginan mereka. Pada MailerLite juga dilengkapi editor teks yang fungsinya untuk menyesuaikan format dengan paragraf teks disertai dengan fitur editor foto bawaan.

MailerLite dinilai sangat cocok untuk membuat website bisnis Anda menjadi lebih meningkat. Baik itu bisnis kecil hingga bisnis menengah, semuanya bisa menggunakan aplikasi ini. Apalagi disini Anda bisa membuat sendiri landing page sesuai dengan email yang Anda kirim. Hal ini tentu dapat meningkatkan lebih banyak konversi pada bisnis Anda. Dan dapat mengukur seberapa efektif strategi pemasaran yang telah digunakan.

Pada penggunaanya, jika ingin mendapatkannya secara gratis MailerLite membatasi jumlah daftar kontak hanya bisa memuat hingga 1.000 dengan 12.000 email per bulannya.

  • Email Octopus

Email octopus menjadi aplikasi email marketing yang bisa diakses gratis hanya 2.500 pelanggan saja. Selain itu aplikasi ini menawarkan semua fitur yang diperlukan dalam pemasaran digital serta otomatisasi. Email octopus dijalankan oleh Amazon SES dimana Anda bisa mengirim email tanpa batas setiap bulan. 

Selain itu jika Anda menggunakan aplikasi email ini Anda berhak mengakses ke template pemasaran digital. Kemudian untuk menggugah nya Anda tidak dibatasi jumlah templatenya. Terdapat formulir pada email octopus yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan informasi terkait konsumen pada website Anda.

  • Omnisend

Aplikasi email marketing omnisend yang dapat mengotomatisasi dalam pengiriman email berdasarkan perilaku dari konsumen. Omnisend juga dapat mengatur pengiriman waktu yang kira-kira optimal untuk Anda mengirimkan pesan terkait promosi produk kepada konsumen.

Ditambah lagi Omnisend memiliki fitur product picker yang memungkinkan Anda memilih produk apa saja yang ingin Anda masukkan dalam email. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk bisnis melalui website. Omnisend juga tidak membatasi jumlah daftar kontak dan Anda bisa mengirimkan maksimal 2.000 email per hari dan 15.000 email per bulannya.

Penutup

Email marketing perlu untuk menjalankan strategi pemasaran agar lebih efektif dan optimal. Maka harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya email marketing dan bagaimana cara kerjanya. Setelah itu tentukan aplikasi manakah yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda. Jika masih bingung Anda bisa memahami aplikasinya diatas yang sudah kami rangkum ya!

Untuk menjalankan strategi email marketing, Anda bisa mengintegrasikannya dengan website. Untuk membuat website, tentunya  Anda butuh layanan cloud yang handal seperti Cloud VPS dari IDCloudHost yang cepat, aman, fleksibel, dan tersedia untuk berbagai kebutuhan bisnis maupun kepentingan Anda. Yuk Coba Sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update