Mengenal Manfaat Kubernetes bagi Bisnis Anda

Mengenal Manfaat Kubernetes bagi Bisnis Anda

Kubernetes adalah platform open-source yang fleksibel dan dapat diskalakan yang meringankan tugas mengelola kontainer. Hal ini juga yang menyebabkan kubernetes semakin populer penggunaannya oleh berbagai bisnis. Lebih lanjut, kontainer pada kubernetes ini telah menjadi alternatif atau bentuk virtualisasi sistem operasi. Dengan ini, aplikasi dan ketergantungan dikemas ke dalam unit komputasi yang ringan dan portable yang mampu berjalan pada infrastruktur apa pun.

Seiring dengan kemajuan teknologi ini, teknologi ini juga memunculkan tantangan baru yang harus diatasi oleh para pengembang perangkat lunak. Oleh karena itu, salah satu hal krusial yang perlu Anda ketahui adalah manfaat kubernetes. Dengan mengetahui manfaat tersebut, maka Anda bisa menyeimbangkan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan demikian, berikut kami rangkum mengenai manfaat kubernetes yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian, simaklah artikel berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Kubernetes vs Docker

6 Manfaat Kubernetes Bagi Bisnis

Adapun manfaat kubernetes bagi operasional bisnis adalah sebagai berikut:

1. Portabilitas dan fleksibilitas

Pada dasarnya, kubernetes dapat bekerja dengan hampir semua jenis runtime kontainer. Selain itu, juga dapat bekerja dengan hampir semua jenis infrastruktur baik itu cloud public, cloud private, atau server lokal asalkan selama sistem operasi host adalah versi Linux atau Windows (2016 atau yang lebih baru). Oleh karena itu, Kubernetes sangat portabel karena dapat digunakan pada berbagai konfigurasi infrastruktur dan lingkungan yang berbeda. Hal tersebut berbeda dengan layanan lainnya yang tidak memiliki portabilitas ini serta terikat pada runtime atau infrastruktur tertentu.

Sebagai orkestrator kontainer, kubernetes memungkinkan penerapan kontainer yang lebih mudah yang membuat seluruh proses menjadi lebih cepat. Kubernetes dapat menjalankan atau mengoperasikan kontainer di sejumlah lingkungan cloud publik, mesin virtual, dan sebagainya. Hal tersebut membuat kubernetes dapat digunakan dimana saja. Portabilitasnya membantu organisasi bisnis untuk memanfaatkan atau menggunakan beberapa penyedia cloud. Pengembangan Kubernetes juga dapat terjadi dengan cepat meskipun infrastrukturnya tidak diarsiteki ulang sehingga membuat tim pengembangan dapat berkembang lebih cepat dari sebelumnya.

2. Skalabilitas

Adapun manfaat kubernetes selanjutnya adalah skalabilitas yang memudahkan bisnis. Lebih lanjut, kontainer memiliki desain yang ringan dan mudah dibuat. Kubernetes memungkinkan Anda menggunakan sumber daya infrastruktur dengan yang lebih efisien. Oleh karena itu, adapun skalabilitas yang dimaksud pada kubernetes adalah sebagai berikut:

  • Fitur penskalaan otomatis kubernetes secara otomatis memungkinkan Anda mengubah jumlah aplikasi dalam kontainer yang sedang berjalan, tergantung pada pemanfaatan sumber daya dan metrik yang dihasilkan kontainer lainnya
  • Fitur pengontrol replikasi kubernetes memastikan bahwa cluster Anda berisi jumlah pod yang diinginkan saat sedang berjalan. Jika memiliki sedikit pod yang berjalan maka akan membuat pod tambahan, dan sebaliknya jika memiliki terlalu banyak pod yang berjalan, maka akan menghentikan beberapa pod.
  • Kubernetes memungkinkan Anda menggunakan penskalaan horizontal karena beroperasi pada tingkat server individual. Anda dapat dengan mudah menambahkan server baru atau menghapusnya.
  • Kubernetes juga memungkinkan penskalaan manual, sehingga Anda dapat secara manual mengubah jumlah aplikasi terkontainerisasi yang sedang berjalan melalui interface.

3. Efisiensi manajemen perusahaan

Adapun manfaat kubernetes selanjutnya adalah efisiensi dalam melakukan manajemen perusahaan. Kubernetes dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi dengan mengotomatisasikan banyak tugas yang terkait dengan pengembangan dan penerapan aplikasi cloud-native. Misalnya, Anda tidak perlu menyediakan atau mengelola server secara manual, sehingga menghemat waktu dan membebaskan sumber daya yang dapat digunakan untuk tugas-tugas lainnya

Kubernetes juga sangat berperan dalam memanajemen IT. Adanya autoscaling kubernetes dapat mengalokasikan beban kerja aplikasi di seluruh node yang membentuk cluster K8 untuk mengoptimalkan konsumsi sumber daya. Misalnya, jika lalu lintas untuk sebuah kontainer terlalu tinggi, maka platform ini dapat mendistribusikan ulang beban agar penerapan tetap stabil. Hal ini juga memungkinkan tim IT untuk melakukan penyesuaian CPU, memori, dan penyimpanan untuk pod secara manual untuk mengurangi biaya IT.

4. Efisiensi biaya

Pada dasarnya, peluang penghematan biaya terbesar yang diberikan kubernetes sudah sangat jelas karena kubernetes adalah sumber terbuka dan gratis untuk digunakan siapa saja. Meskipun demikian, bisnis juga dapat memperoleh pengoptimalan biaya yang signifikan lainnya dengan menerapkan platform tunggal yang terpusat dan otomatis untuk administrasi kontainer.

Melalui administrasi kontainer yang dinamis dan cerdas, kubernetes dapat membantu organisasi menghemat manajemen ekosistem perusahaan dengan memastikan skalabilitas di berbagai lingkungan. Alokasi sumber daya secara otomatis dimodulasi dengan kebutuhan aplikasi yang sebenarnya, sementara operasi manual tingkat rendah pada infrastruktur berkurang secara signifikan. Dengan demikian, hal ini akan mengurangi beban pekerja IT sehingga beban keuangan perusahaan pun akan semakin efisien.

Efisiensi biaya perusahaan melalui kubernetes juga dapat dilihat melalui alokasi sumber daya yang secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi secara real-time. Lebih lanjut, kubernetes dapat memaksimalkan efisiensi, mengontrol biaya infrastruktur, dan mengatasi tantangan permintaan dan skalabilitas.

Baca Juga: Mengenal Fitur-fitur Kubernetes IDCloudHost

5. Selalu Tersedia dan Mampu Memperbaiki Diri Sendiri

Ketika Anda menciptakan aplikasi maka Anda harus memastikan bahwa Aplikasi bisnis tersebut membutuhkan ketahanan, mempertahankan operasi yang andal terlepas dari gangguan teknis, pembaruan, atau bencana. Lebih lanjut, Kubernetes membantu Anda menjalankan aplikasi dalam kontainer dengan andal. Dengan kata lain, dapat menempatkan dan menyeimbangkan beban kerja dalam container dan menskalakan cluster dengan tepat untuk mengakomodasi permintaan yang terus meningkat dan menjaga agar sistem selalu tersedia atau tetap hidup. Dengan demikian, jika satu node dalam cluster multi-node gagal, beban kerja didistribusikan kembali ke node lain tanpa mengganggu ketersediaan atau aksesibilitas pengguna.

Adapun manfaat lainnya adalah memungkinkan infrastruktur untuk menyembuhkan diri sendiri dan akan memulai ulang, menjadwal ulang, atau mengganti kontainer ketika gagal atau ketika node mati. Sehingga dapat memperbaiki unit kecil yang mencakup satu atau beberapa kontainer. Kubernetes yang dapat menyembuhkan diri sendiri memastikan kondisi optimal dari cluster yang sedang berjalan dengan mendeteksi status pod dan status kontainer. Kubernetes juga dapat mengganti kontainer yang tidak sehat.

Pada kesimpulannya, platform ini juga secara progresif meluncurkan perubahan pada aplikasi atau konfigurasinya, sekaligus memantau kesehatan aplikasi untuk memastikannya tidak adanya gangguan dalam pengaksesannya. Jika terjadi kesalahan secara otomatis mengembalikan perubahan tersebut.

6. Memiliki Migrasi Cloud yang Lebih Sederhana

Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki tantangannya sendiri, namun mungkin sebagian besar dari mereka dapat menyelesaikan setidaknya beberapa masalah mereka dengan berpindah ke cloud. Lebih lanjut, kubernetes memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk mempercepat proses migrasi aplikasi dari environment lokal saat ini ke cloud yang Anda pilih. Oleh karena itu, aplikasi dapat dimigrasikan ke cloud melalui beberapa adopsi, yakni sebagai berikut:

  • Lift & shift yakni transposisi sederhana dari aplikasi tanpa perubahan pengkodean.
  • Replatforming yakni perubahan minimum yang diperlukan untuk memungkinkan aplikasi bekerja di lingkungan baru.
  • Refactoring yakni penulisan ulang secara ekstensif terhadap struktur dan fungsionalitas aplikasi.

Pada dasarnya, replatforming menjadi pendekatan yang sering menjadi saran untuk dilakukan karena lebih mudah namun juga menggunakan arsitektur kontainer baru. Oleh karena itu, salah satu manfaat kubernetes ini memungkinkan adanya migrasi ke lingkungan cloud sehingga diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengoptimalan pada operasional bisnis suatu perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Komponen-Komponen Kubernetes

Penutup

Kubernetes adalah platform open-source yang fleksibel sehingga semakin populer untuk digunakan. Selain itu, kubernetes juga telah bertransformasi memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan bisnis. Jadi tunggu apalagi? Deploy aplikasi Anda dengan solusi cloud berbasis kontainer yang fleksibel, cepat, dan memiliki performa tinggi. Dengan skalabilitas maksimum, cocok untuk kebutuhan bisnis Anda yang terus berkembang. Yuk gunakan layanan Kubernetes IDCloudHost sekarang! 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update