Mengenal Tagline dan Tips Membuatnya

Mengenal Tagline dan Tips Membuatnya

Tagline adalah salah satu elemen yang sangat penting pada sosial media. Mengapa demikian? Karena elemen yang satu ini berfungsi sebagai penguat personal branding dari sebuah brand. Tapi ternyata tagline memiliki definisi yang luas lho, tentunya ada tips yang bisa Anda gunakan agar membuatnya menjadi lebih menarik. Ingin tahu? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Tagline?

Di dalam bisnis, tagline dapat diartikan sebagai sebuah frasa yang mengkomunikasikan sebuah pesan dari brand secara ringkas, jelas, menarik, dan juga mudah diingat. Slogan ini seringkali dihadirkan bersamaan dengan logo produk yang digunakan untuk membedakan produk yang dipasarkan dengan produk perusahaan lain.

Lalu, secara sederhana tagline adalah kumpulan kata yang singkat yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya sehingga orang akan mudah untuk mengenali produk dari perusahaan tersebut. Secara umum, diimplementasikan melalui kata-kata yang singkat yang dapat menjelaskan bisnis secara tepat dan juga cepat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Engagement Konten di Medsos

Ciri-Ciri Tagline

Terdapat beberapa ciri dari tagline yang sudah dikenal secara luas. Berikut ini yang sudah dikenal secara umum diantaranya :

  • Tagline yang dijadikan sebagai perwakilan dari sebuah merek atau brand yang digunakan sebagai pembeda dengan brand yang lain.
  • Tagline sebagai frasa, biasanya pendek, ringkas, dan juga mudah untuk diingat. Karena tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan visi dan misi dari sebuah produk yang dikemas dalam sebuah bentuk teks.
  • Umumnya, panjang tagline yaitu sebanyak tiga kata dan tidak lebih dari delapan kata. Maksudnya adalah harus dibuat secara singkat, jelas, dan juga padat.
  • Tagline harus mudah untuk diingat. Agar konsumen dapat mengaitkan produk dengan mereknya secara mudah.

Jenis-Jenis Tagline

Sebuah tagline dapat ditentukan dari tujuan pembuatannya. Sebuah perusahaan memiliki tujuan pemasaran yang berbeda antara miliknya dengan milik orang lain. Ada perusahaan yang ingin menyampaikan pesan emosional, dan ada juga yang ingin menyampaikan makna dari produk yang dipasarkan. Berikut ini merupakan jenis-jenisnya yang harus Anda ketahui :

1.Tagline Deskriptif

Pertama adalah tagline deskriptif. Ini merupakan kumpulan kata yang berbentuk penjelasan untuk sebuah mendeskripsikan sebuah produk dengan jelas. Yang membedakannya dengan jenis lain adalah, penjelasannya berupa keunikan ataupun kelebihan dari produk. Contohnya yaitu tagline milik TEBS berupa “Tea With Soda”

2.Tagline Imperative

Kedua adalah imperative, ini adalah slogan yang cenderung mengajak seseorang untuk melakukan aksi yang berhubungan dengan produk atau jasa dari bisnis tersebut. Bisa juga disebut sebagai solusi atas permasalahan yang dialami oleh audience. Contohnya adalah “Santai, ada sanken”.

3. Tagline Superlative

Tagline superlative merupakan jenis yang menyebutkan keunggulan dari suatu brand dengan lebih menantang dan juga berani yang membuatnya terlihat lebih provokatif. Sehingga dapat banyak ditemui kumpulan katanya terkesan lebih to the point akan keunggulan dari brand. Contohnya adalah “Jelas lebih enak.”

4. Tagline Spesifik

Lalu ada jenis spesifik, slogan ini bisa diartikan bahwa sengaja menggunakan kumpulan kata untuk menimbulkan kesan bahwa brand tersebut merupakan produk yang paling unggul diantara produk kompetitor yang lainnya. Contohnya dari Teh Botol Sosro “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.

5. Tagline Provokatif

Terakhir dari jenis tagline adalah provokatif . Dimana jenis ini memiliki unsur tantangan atau ajakan yang akan memancing logika serta emosi dari publik, tidak jarang juga sebuah tagline menggunakan tanda tanya di akhir kalimat tagline-nya. Contohnya adalah “Orang Pintar, Minum Tolak Angin.”

Contoh Tagline

Setelah Anda mengetahui tentang jenisnya, saatnya Anda harus mengetahui contoh tagline dari brand terkenal berikut ini :

1. Adidas (Impossible is Nothing)

Impossible is Nothing menjadi slogan khas untuk brand yang satu ini. Slogan singkat itu menggambarkan keyakinan bahwa tidak ada yang namanya tidak mungkin jika seseorang tersebut memiliki tekad dan kerja keras yang kuat. secara efektif mengkomunikasikan nilai-nilai brand adidas seperti semangat kompetitif dan dedikasi terhadap olahraga. Hal ini sangat memotivasi untuk bisa menghadapi rintangan dan juga mewujudkan segala potensi terbaik dalam aktivitas fisik dan juga kehidupan sehari-hari.

2. Apple (Think Different)

Think Different merupakan salah satu slogan yang paling ikonik dalam sejarah periklanan brand Apple. Slogan ini menggambarkan semangat inovasi, kreativitas, dan penghormatan terhadap pemikiran yang dijalankan oleh perusahaan Apple. Think Different mengunggah orang-orang untuk mengikuti minat dan juga hasrat mereka, juga mengajak untuk tidak takut dalam menyuarakan ide-ide baru. Selain itu juga, mencerminkan nilai-nilai inti dari apple, seperti kebebasan berfikir, kreativitas, dan juga dorongan untuk mendorong batasan dalam teknologi.

3. Nike (Just Do It)

Tagline Just Do It merupakan salah satu slogan yang menarik dan ikonik. Slogan ini telah menjadi semacam semangat dan juga inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Kata –kata yang digunakan sangat kuat yang dimana berhasil menyampaikan pesan yang mengajak orang untuk mengatasi hambatan dan berjuang untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen

Tips Membuat Tagline yang Menarik

tagline

Berikut ini merupakan tips untuk membuat tagline yang menarik yang bisa membantu Anda membuat tagline yang cocok untuk perusahaan Anda :

1. Singkat, Jelas dan Sederhana

Yang pertama Anda harus membuat slogan yang tentunya tidak membuat konsumen bingung. Anda hanya perlu menggunakan kata yang singkat, jelas, dan juga sederhana. Harus bisa menggambarkan segala sisi dari bisnis Anda. Mulai dari produk, manfaat, keunggulan, hingga tujuan bisnis Anda.

2. Sesuai dengan Produk yang Ditawarkan

Meskipun kalimatnya singkat, Anda harus bisa memilih kata-kata yang yang benar-benar merepresentasikan bisnis Anda dengan baik. Jika anda membuat slogan yang tidak menggambarkan apa yang Anda promosikan maka bisa menjadi ancaman untuk kedepannya.

3. Hindari Plagiat

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Anda harus menghindari menggunakan slogan yang sudah pernah ada. Karena hal ini berarti plagiat atau meniru slogan milik brand lain. Solusinya adalah Anda bisa membuat tagline versi Anda sendiri, tentunya harus sesuai dengan karakteristik brand milik Anda.

4. Deskripsikan Produk dengan Jujur

Kemudian, Anda juga harus mendeskripsikan kebenaran tentang produk yang ingin Anda jual. Karena jika tidak sesuai dan disalah artikan oleh konsumen, itu akan bisa mendatangkan dampak yang sangat buruk. Misalnya ketidak percayaan konsumen dengan produk yang Anda tawarkan.

5. Bangun Interaksi dengan Konsumen 

Tips membuat tagline yang menarik adalah bangun interaksi dengan konsumen. Caranya Anda bisa menggunakan kalimat yang mampu menggerakkan konsumen untuk merespon dalam hal yang positif. Biasanya kalimat yang digunakan berisi kalimat pernyataan ataupun pertanyaan.

6. Menunjukkan Value Produk

Setiap produk pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu dalam membuat tagline yang menarik, Anda juga harus menonjolkan keunggulan produk kepada konsumen. Seperti salah satu tagline “Just Do It” dari Nike yang memberikan motivasi untuk berani dalam mengambil keputusan.

7. Lakukan Brainstorm

Untuk bisa membuat tagline yang merangkum segala informasi tentang perusahaan Anda, Anda perlu meluangkan waktu melakukan brainstorming dengan mencari tahu informasi penting yang bisa mewakili perusahaan Anda. Sehingga pada akhirnya bisa menunjukkan siapa Anda, hal apa yang Anda lakukan, serta permasalahan apa saja yang bisa diselesaikan.

8. Gunakan Kalimat Persuasif

Buatlah kalimat yang mampu mengajak konsumen agar mudah dalam mengingat produk yang dipasarkan. Contohnya adalah “Orang Bijak, Taat Pajak” yang memiliki tujuan untuk mengajak para wajib pajak dalam membayar pajak tepat waktu.

9. Pahami Target Konsumen Anda

Terakhir, tips untuk membuat tagline yang menarik adalah pahami target konsumen Anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar konsumen tahu bahwa produk tersebut memang dibuat untuk mereka. Untuk itu, membuat tagline yang sesuai dengan target konsumen itu sangat penting.

Baca Juga: Mengenal Strategi Instagram Marketing Terbaru Tahun 2023

Penutup

Tagline merupakan elemen yang sangat penting dalam strategi pemasaran suatu brand ataupun perusahaan. Tagline adalah kumpulan kata ataupun frasa yang dapat mendeskripsikan suatu merek atau brand perusahaan agar calon konsumen dapat mengenali dan juga mengingat merek tersebut.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti dan memiliki gambaran bukan? Saatnya Anda membuat tagline yang menarik untuk brand atau perusahaan Anda. Selanjutnya Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan juga lakukan manajemen akuntansi yang baik agar memiliki kondisi keuangan bisnis yang terjaga.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update