5+ Cara Menjaga Keamanan Server Bisnis Anda

5+ Cara Menjaga Keamanan Server Bisnis Anda

Seiring dengan berkembangnya ekonomi digital, keamanan siber menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Hal ini berlaku untuk hampir semua industri, salah satunya industri perbankan.

Sebagai bisnis yang setiap harinya selalu mengelola banyak data pengguna, tentunya keamanan digital yang efektif sangat penting bagi industri perbankan. Dengan mempertaruhkan data pribadi pengguna dan keuangan dalam jumlah besar, akan menimbulkan resiko serius jika sistem keuangan atau bank terkena serangan ancaman siber seperti hacker atau ransomware.

Menurut analisis Financial Services Information Sharing and Analysis Center (FS-ISAC), serangan siber terutama ransomware masih menjadi ancaman terbesar untuk industri perbankan di seluruh dunia. Jumlah kasusnya semakin bertambah dari tahun ke tahun, termasuk di Indonesia.

Bahkan, pada Mei 2023 ini salah satu bank di Indonesia mengalami gangguan untuk layanan mereka di seluruh Indonesia. Resiko semacam ini tentunya sangat merugikan dan mengancam keamanan data nasabah.

Karena itu, dalam mengelola server penting bagi Anda untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan agar sistem tidak menjadi sasaran serangan siber. Tindakan preventif ini bisa menghindarkan website dari berbagai resiko kehilangan data dan menjaga server Anda tetap aman.

Kenapa Keamanan Server Sangat Penting?

Server memainkan peran penting dalam pemrosesan dan penyimpanan data yang sensitif bagi bisnis. Berikut adalah alasan kenapa melindungi server dari ancaman eksternal dengan langkah-langkah keamanan server sangat penting untuk dilakukan:

Integritas – Keamanan server memastikan keakuratan dan kelengkapan data yang tersimpan di server dengan mencegah perubahan dan modifikasi yang tidak disengaja.

Ketersediaan – Langkah-langkah keamanan membantu administrator sistem menjaga server dan layanannya tetap tersedia bagi pengguna yang berwenang setiap saat.

Kerahasiaan – Perlindungan data sensitif yang tersimpan di server mencegah pengguna yang tidak berwenang menggunakan data untuk tujuan jahat.

Reputasi – Pelanggaran keamanan dapat mengakibatkan hilangnya data atau gangguan layanan. Insiden ini dapat merusak reputasi perusahaan dan menimbulkan kerugian finansial.

Kepatuhan – Perusahaan besar tunduk pada peraturan khusus industri yang mengharuskan server mereka memenuhi standar keamanan tertentu. Tidak memenuhi standar ini sering kali mengakibatkan denda peraturan.

Selain itu, keamanan server sangat penting untuk mematuhi peraturan perlindungan data yang berlaku di negara tempat mereka beroperasi. Bisnis yang gagal mematuhi peraturan ini dapat menghadapi denda yang besar, tanggung jawab hukum, dan kerusakan reputasi mereka.

Baca Juga: Apa Itu Server? Fungsi, Jenis, dan Penerapannya

Cara Meningkatkan Keamanan Server untuk Bisnis Anda

menjaga keamanan server dari serangan siber dan ransomware attack

Setelah mengetahui betapa pentingnya menjaga keamanan server, Anda tentu juga ingin menerapkannya pada bisnis Anda. Apa saja hal yang dapat dilakukan untuk memastikan keamanan data dan menghindari resiko serangan siber terhadap server Anda? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Pilih sistem operasi yang aman dan selalu up-to-date

Memilih sistem operasi yang aman adalah langkah pertama untuk memperkuat keamanan server. Sistem operasi aman yang populer termasuk Linux, Ubuntu, dan Windows Server. Sistem operasi ini sering merilis update dengan tambalan keamanan, perbaikan bug, dan fitur-fitur baru untuk melindungi dari ancaman dunia maya terbaru.

Menjaga sistem operasi tetap mutakhir juga sama pentingnya. Patch dan pembaruan keamanan terbaru harus segera kita instal untuk memperbaiki kerentanan yang terdapat di sistem operasi versi lama dan melindungi server dari potensi ancaman.

Menerapkan kontrol akses yang kuat

Menerapkan kontrol akses yang kuat sangat penting untuk melindungi server Anda dari akses yang tidak sah. Kontrol akses dapat Anda implementasikan dengan menyiapkan akun pengguna dengan kata sandi yang kuat dan membatasi jumlah pengguna yang dapat mengakses server. Multi-factor authentication (MFA) juga dapat Anda implementasikan untuk keamanan tambahan.

Selain itu, akses server harus Anda batasi hanya untuk personil yang berwenang, dan izin pengguna harus ditetapkan berdasarkan peran dan tanggung jawab pekerjaan mereka dalam perusahaan Anda.

Gunakan password yang kuat

Kata sandi yang kuat sangat penting untuk mencegah akses tidak sah dan menjaga keamanan server Anda. Kata sandi harus rumit, unik, dan sering Anda ganti secara rutin. Penggunaan password manager dapat membantu membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat, sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya.

Lakukan backup data Anda secara teratur

Backup data Anda sangat penting untuk memastikan bahwa Anda bisa dengan cepat memulihkan data jika terjadi serangan siber atau kegagalan server. Backup data harus tersimpan dengan aman mencegah hilangnya data jika terjadi bencana fisik atau gangguan dalam operasional server. Sehingga, ketika ada kerusakan, Anda bisa memulihkan data cadangan tersebut selagi memperbaiki kerusakan tanpa mengganggu kegiatan bisnis Anda.

Gunakan firewall dan network segmentation

Firewall dan network segmentation sangat penting untuk melindungi server Anda dari serangan berbasis jaringan. Firewall dapat Anda gunakan untuk memblokir akses tidak sah ke server dan membatasi jumlah port yang terbuka ke internet. Network segmentation dapat berguna untuk mengisolasi server Anda dari jaringan lain untuk mencegah lateral movement jika terjadi serangan yang berhasil.

Menggunakan software antivirus dan anti-malware

Software antivirus dan anti-malware dapat melindungi server Anda dari software berbahaya seperti virus, Trojan, hingga spyware. Jangan lupa untuk menginstal dan memperbarui software ini secara teratur untuk mendeteksi dan menghapus potensi ancaman dengan baik demi menjaga keamanan server.

Mengedukasi karyawan tentang keamanan server

Mengedukasi karyawan sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang dalam organisasi mengetahui cara menghindari ancaman siber dan pentingnya keamanan server. Karyawan harus teredukasi tentang manajemen password, keamanan email, dan pencegahan phishing. Selain itu, berikan instruksi pada karyawan di perusahaan Anda untuk segera melaporkan jika terjadi aktivitas yang mencurigakan atau potensi pelanggaran keamanan.

Melakukan audit keamanan dan pengujian secara rutin

Audit keamanan rutin dan pengujian penetrasi dapat membantu mengidentifikasi kerentanan pada server dan infrastruktur jaringan Anda. Pengujian ini harus dilakukan oleh profesional terlatih yang dapat mengidentifikasi potensi kelemahan dalam keamanan server Anda dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan atau pencegahan.

Memantau aktivitas server

Memantau aktivitas server sangat penting untuk mendeteksi potensi pelanggaran keamanan atau upaya akses yang tidak sah. Log server harus dipantau secara teratur untuk aktivitas yang mencurigakan atau pola lalu lintas yang tidak biasa. Sistem deteksi dan pencegahan penyusupan dapat diimplementasikan untuk memberikan peringatan secara real time tentang potensi pelanggaran keamanan.

Memiliki disaster recovery plan yang baik 

Disaster recovery solution sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda dapat dengan cepat pulih dari serangan siber atau kegagalan server. Rencana pemulihan bencana harus mencakup prosedur untuk pencadangan data, pemulihan server, dan komunikasi dengan pelanggan dan pemangku kepentingan. Pastikan Anda menggunakan cloud infrastructure provider yang memiliki layanan Disaster Recovery Solution untuk server bisnis Anda.

Baca Juga: BitNinja : Melindungi Keamanan Server Anda dari Serangan

Solusi Cloud Infrastructure Handal Untuk Bisnis Anda

Setelah mengetahui pentingnya menjaga keamanan server dan manfaatnya untuk bisnis Anda, Anda tentunya ingin memilih cloud infrastructure provider yang handal dan mampu menjamin keamanan data Anda. Tidak perlu bingung mencari, karena Anda bisa menggunakan IDCloudHost sebagai solusinya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan layanan IDCloudHost:

  • Tersedia berbagai layanan untuk berbagai kebutuhan digital bisnis Anda
  • Sistem keamanan terbaik untuk memberi perlindungan maksimal bagi data Anda
  • Lebih efisien secara biaya
  • Lokasi Data Center di Indonesia
  • Sudah memiliki Data Center Tier III
  • Skalabilitas lebih mudah
  • Ketersediaan tim support 24/7
  • Tim teknis yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi
  • Sudah dipercaya oleh lebih dari 250.000+ customer
  • Memiliki layanan Disaster Recovery Solution yang siap membantu melindungi data dan menjaga kelangsungan bisnis Anda pada situasi bencana.

Penutup

Demikianlah cara melindungi dan meningkatkan keamanan server Anda. Keamanan server merupakan hal penting bagi semua skala bisnis. Meningkatnya jumlah ancaman dan serangan dunia maya berarti bahwa bisnis harus mengambil langkah proaktif untuk memperkuat keamanan server mereka.

Dengan menerapkan tips praktis yang kita bahas dalam artikel ini, bisnis dapat meningkatkan keamanan server mereka dan melindungi data sensitif mereka dari ancaman kejahatan siber. Penting untuk Anda ingat bahwa keamanan server adalah proses yang berkelanjutan dan harus ditinjau dan diperbarui secara teratur untuk mengikuti ancaman dunia siber terbaru.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update