Database Marketing: Tipe dan Keunggulannya

Database Marketing: Tipe dan Keunggulannya

Saat ini sudah menjadi rahasia umum bahwa data adalah kunci strategi pemasaran yang sukses. Tetapi apa yang benar-benar dapat dilakukan database pelanggan untuk Anda ketika mencoba menemukan cara untuk menonjol di tengah persaingan?. Banyak brand pesaing beralih ke pemasaran basis data sebagai metode untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka untuk akhirnya mencapai loyalitas brand.

Pemasaran basis data atau database marketing menggunakan data dengan cara yang benar yaitu, memungkinkan Anda untuk membuat strategi penjangkauan yang unik dan berkembang yang berfokus pada personalisasi nilai produk atau layanan Anda untuk membantu brand Anda bersinar dengan lebih baik. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda panduan mengenai database marketing, selain itu menjabarkan tipe, kelebihan dan daftar strategi terbaik dalam pemasaran basis data.

 

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Menggunakan Database Marketing Untuk Bisnis

 

Mengenal Apa Itu Database Marketing

 

Dunia tempat semua orang tinggal telah sangat didorong oleh data. Perusahaan di semua industri mengumpulkan segunung data yang berkaitan dengan preferensi dan perilaku pelanggan mereka. Mengumpulkan data ini adalah satu hal dari database marketing yang bergerak untuk memahami basis data pelanggan untuk membuat data itu berguna bagi brand Anda. Tujuannya adalah untuk membantu bisnis menjangkau audiens target mereka secara lebih efisien dengan mengetahui apa yang ingin mereka lihat sambil memungkinkan pengoptimalan upaya pemasaran yang berkelanjutan untuk meningkatkan Return of Investment (ROI). Pada akhirnya, pemasaran basis data memungkinkan Anda membuat pesan yang relevan dan pengalaman yang bermakna bagi audiens Anda.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Forbes, perusahaan yang mengadopsi pemasaran berbasis data lebih cenderung memiliki keunggulan dalam persaingan dan meningkatkan profitabilitas. Faktanya, mereka enam kali lebih mungkin untuk menghasilkan keuntungan dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan nilai sebenarnya yang muncul seiring dengan penerapan strategi pemasaran basis data. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa data memungkinkan pemasar untuk menentukan saat yang tepat sebuah pesan paling relevan bagi pelanggan atau calon pelanggan.

Setiap hari, orang mendapatkan antara 300 dan 3.000 pesan pemasaran tetapi hanya dapat menyimpan paling banyak tiga. Oleh karena itu, jika Anda tidak menawarkan konten yang dipersonalisasi dan disesuaikan pada saat yang paling penting dan reseptif untuk audiens Anda, Anda akhirnya membuang-buang data dan peluang berharga untuk bersinar. Dengan database marketing, Anda juga dapat :

  • Identifikasi dan prioritaskan pelanggan Anda yang paling setia.
  • Pisahkan audiens Anda ke dalam segmen yang relevan.
  • Analisis informasi secara real-time dalam hal melacak pelanggan selama proses pengambilan keputusan.
  • Gunakan umpan balik dan perilaku pelanggan untuk memperbarui strategi pemasaran Anda.
  • Tingkatkan tingkat awareness dan identifikasi brand Anda.
  • Dan membuat sumber daya yang terorganisir dengan baik yang penuh dengan data dan informasi yang berguna untuk dirujuk kembali.

Sebelum Anda dapat menggunakan data yang didambakan itu untuk menginformasikan strategi pemasaran Anda, Anda perlu mengumpulkannya. Ada begitu banyak cara berbeda untuk membangun basis data brand Anda tergantung pada jenis interaksi yang Anda miliki dengan audiens Anda dan cara Anda biasanya menawarkan informasi dan konten. Berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk mengembangkan database pelanggan Anda :

  • Pemasaran konten
  • Formulir web
  • Transaksi
  • Surel
  • Media sosial
  • LinkedIn
  • Acara
  • Webinar
  • Survei
  • dan kupon, diskon, atau penawaran eksklusif

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada baiknya juga mengetahui kategori pemasaran basis data mana yang termasuk dalam brand Anda. Apakah condong kepada bisnis-ke-bisnis (B2B) atau bisnis-ke-konsumen (B2C). Ini akan membantu Anda menentukan jenis informasi apa yang paling penting untuk ditangkap untuk database pelanggan Anda.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Menerapkan Database Marketing yang Baik

 

Tipe Database Marketing

Waktu mungkin telah berubah, tetapi database marketing masih merupakan bagian yang kuat dari strategi pemasaran mana pun. Faktanya, dengan ledakan data konsumen dan teknologi bersama yang memungkinkan Anda memaksimalkan penggunaan data tersebut, pemasaran basis data menjadi lebih relevan dan penting saat ini daripada sebelumnya. Adapun tipe dari basis data ini terbagi menjadi dua dan harus Anda ketahui.

  1. Basis data konsumen

    Jenis pemasaran basis data ini ditujukan untuk perusahaan yang menjual langsung ke konsumen mereka, seringkali diberi label sebagai langsung ke konsumen, Direct to Consumer (D2C) / (DTC), atau Business to Consumer (B2C).

  2. Basis data bisnis

    Jenis pemasaran basis data ini ditujukan untuk bisnis yang menjual ke bisnis lain, juga disebut Business to Business (B2B).

 

Baca Juga :  Database Marketing : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis/Perusahaan

 

Kelebihan Database Marketing

Panduan Database Marketing : Tipe, Kelebihan dan Daftar Strategi Terbaiknya
 

Dengan jumlah data yang dibuat oleh konsumen yang terus bertambah, peluang informasi yang tersedia melalui pengumpulan data juga berkembang. Alat otomatisasi pemasaran yang memberdayakan tim pemasaran untuk menerapkan data ini ke dalam berbagai cara tentunya akan memberikan kelebihan atau manfaat tersendiri untuk pebisnis, diantaranya adalah :

  1. Komunikasi pemasaran bertarget

    Dengan catatan yang akurat, bersih dan terpusat dari setiap pelanggan yakni dibentuk oleh database pemasaran Single Customer View, pemasar dapat membuat segmen pelanggan yang tepat menggunakan data offline dan online. Segmentasi ini dapat dilakukan berdasarkan demografi dasar seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan riwayat pembelian. Atau Anda juga dapat mengelompokkan kelompok pelanggan menggunakan analisis, penilaian, dan perilaku dari interaksi online di seluruh web, email, dan saluran media sosial Anda.

  2. Efisiensi pemasaran meningkat

    Segmentasi pelanggan tidak hanya penting untuk memastikan bahwa orang yang tepat menerima pesan yang paling tepat, tetapi juga jauh lebih hemat biaya daripada pendekatan satu pesan untuk semua untuk pemasaran langsung. Pemasaran yang ditargetkan dengan baik akan lebih efisien, terutama saat mengirim email dan surat, karena Anda tidak membuang-buang uang untuk mengirim katalog atau komunikasi kepada mereka yang tidak mungkin merespons.

  3. Hubungan loyal dan lebih baik dengan pelanggan

    Menganalisis database pemasaran Anda akan membantu Anda mengidentifikasi pelanggan Anda yang paling setia dan paling menguntungkan. Ini memungkinkan Anda untuk memilih mereka untuk perawatan yang menunjukkan penghargaan Anda terhadap mereka. Misalnya, membentuk program loyalitas yang menghargai perilaku mereka, untuk membangun hubungan yang lebih dalam dan mendorong pembeli pertama kali untuk menjadi pelanggan tetap. Contohnya seorang klien BlueVenn ingin mendorong loyalitas dalam basis pelanggan mereka dengan memberi penghargaan kepada pelanggan mereka. Untuk mencapai ini, mereka menggunakan tampilan pelanggan tunggal untuk melibatkan pelanggan mereka dalam program loyalitas mereka, dan poin serta diskon yang dihargai untuk pelanggan yang memberikan ulasan produk. Hasilnya, mereka mencapai peningkatan yang signifikan dalam pembelian kedua, retensi dan loyalitas pelanggan, akan menerima lebih banyak ulasan positif untuk membantu akuisisi pelanggan.

  4. Pengalaman pelanggan dipersonalisasi

    Secara luas disepakati bahwa pelanggan lebih menghargai dan terlibat dengan brand yang dapat menawarkan mereka perjalanan belanja yang lebih pribadi. Di Inggris, penelitian yang dirilis oleh Gartner menunjukkan bahwa hanya 12% pelanggan yang menentang personalisasi, sementara studi dari Epsilon & GBH Insights menunjukkan bahwa 80% orang dewasa AS menginginkan personalisasi dari pengecer. Angka-angka ini membuktikan bahwa bisnis saat ini perlu menyampaikan komunikasi yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka. Menggunakan data untuk personalisasi berarti Anda dapat mengirim komunikasi ke pelanggan Anda yang memenuhi minat mereka, serta menyesuaikan pengalaman online mereka. Misalnya, menganalisis data penjelajahan mereka untuk mengubah halaman situs web sehingga mereka menampilkan produk, layanan, dan pesan yang lebih cocok untuk mereka.

  5. Pelanggan menerima layanan yang meningkat

    Database marketing juga membantu Anda memahami apa yang dibutuhkan pelanggan Anda, dan merespons dengan keterlibatan yang memenuhi kebutuhan ini. Pendekatan yang lebih berpusat pada pelanggan berarti layanan pelanggan yang lebih baik, yang memprioritaskan apa yang mereka inginkan daripada mendikte pesan pemasaran standar. Selain itu, karena basis data pelanggan Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan data yang melacak perilaku pembelian mereka, serta umpan balik pasca pembelian dan ulasan produk mereka, pemasar dapat merevisi pesan di masa mendatang dengan tepat.

 

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis

 

Strategi Terbaik Database Marketing

Saat Anda dan tim mulai membuat keputusan tentang strategi pemasaran basis data Anda sendiri, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat.

  1. Identifikasi audiens target

    Memahami siapa yang terdiri dari audiens target Anda adalah langkah pertama untuk mengumpulkan data tentang mereka. Membangun profil pelanggan adalah cara populer untuk menentukan pelanggan ideal Anda. Profil pelanggan bertindak sebagai bentuk kualifikasi prospek dan membantu tim pemasaran Anda menemukan bagaimana pelanggan suka berkomunikasi, apa yang memotivasi mereka, dan apa yang membuat mereka tidak suka. Setelah Anda membuat profil terperinci tentang pelanggan ideal Anda, Anda dapat mulai memutuskan jenis informasi apa yang ingin Anda ketahui tentang pelanggan ini. Seluruh proses ini dapat tampak membosankan dan mudah untuk melupakan mengapa langkah ini penting. Memahami pelanggan target akan membantu memberi Anda gambaran lengkap tentang kepada siapa Anda memasarkan produk dan cara terbaik untuk menjangkau mereka.

  2. Pilih perangkat lunak yang tepat

    Sebelum Anda dapat mulai mengumpulkan dan memproses data pemasaran, Anda memerlukan sistem yang cukup kuat untuk menangani semua informasi tersebut. Pilihan perangkat lunak yang paling populer untuk database pemasaran perumahan adalah sistem manajemen sumber daya pemasaran. Berinvestasi dalam solusi perangkat lunak sangat penting untuk bisnis perusahaan atau bisnis B2C. Volume data yang ditangani pada tingkat itu seringkali terlalu banyak untuk dilacak secara manual oleh satu orang. Memastikan manajer database pemasaran Anda memiliki alat yang tepat untuk pekerjaan itu akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah dan itu akan membuat data Anda jauh lebih baik.

  3. Kumpulkan data pelanggan

    Data pelanggan dapat berasal dari berbagai sumber data baik internal maupun eksternal. Saat Anda mulai mentransfer data ke dalam basis data pemasaran pilihan Anda, pastikan untuk menyertakan semua yang menurut Anda perlu dilacak. Meskipun banyak sistem memungkinkan Anda membuat kategori data baru dari waktu ke waktu, kategori baru tersebut tidak akan dimasukkan ke dalam laporan historis yang dibuat sebelum ditambahkan. Hal ini dapat membuat laporan yang tidak konsisten, yang dapat menyusahkan jika siklus pelaporan Anda menggunakan data yang lebih lama dari enam bulan yang lalu. Mengumpulkan informasi ini hanyalah permulaan. Menemukan dan menyertakan lebih banyak data yang dipersonalisasi menjadi lebih mudah saat Anda mulai membangun hubungan baik dengan pelanggan. Bagian komunikasi pemasaran seperti survei, formulir prospek, dan alat pengumpulan data lainnya dapat membantu Anda terus melengkapi profil data pelanggan Anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak alasan mengapa pemasaran basis data adalah strategi pemasaran yang populer untuk bisnis. Namun, semuanya bermuara pada tantangan membangun database pemasaran dengan konten yang relevan. Secara keseluruhan, bisnis yang menggunakan database marketing dapat memiliki peluang yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan setia dan pelanggan baru karena relevansi yang dibawa oleh pemasaran basis data.

Jika Anda belum menggunakan pemasaran basis data dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, inilah saatnya untuk memulai. Sebelum melakukannya, penting untuk diingat bahwa mengembangkan database pelanggan tidak terjadi dalam semalam. Tanpa data berkualitas tinggi, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update