Panduan Mengenal HTML dan XML Sitemap

Panduan Mengenal HTML dan XML Sitemap

Sitemap rupanya sangat penting dan juga berpengaruh pada SEO sebuah situs web. Meskipun begitu, ada dua jenis peta situs atau sitemap yang ternyata mempunyai tujuan serta penggunaan yang berbeda pula. Salah satu perbedaan utama di antara kedua jenis sitemap ini terletak bagaimana Google sebagai mesin pencari terbesar akan mengindeks dan merayapi situs web tersebut.

Penjelasan paling sederhana untuk kedua jenis sitemap ini adalah dimana sitemap jenis XML ditujukan untuk membantu mesin pencari menemukan situs web sedangkan HTML digunakan untuk kepentingan pengguna dan pengunjung situs agar mempermudah navigasi menu laman. Sebuah protokol peta situs XML secara khusus ditujukan untuk spider mesin pencari yang ada dasarnya XML merupakan file yang mencakup semua aktivitas di balik layar di situs web. Bukan hanya URL utama situs, tetapi semua URL di dalam situs beserta metadata terkait termasuk mencakup kapan URL terakhir diperbarui, seberapa penting URL tersebut, perubahan frekuensi rata-rata terjadi, hubungan URL dengan bagian situs lainnya, dll.

Disisi lain ada HTML yang hanyalah gambaran umum situs yang terdiri halaman dan info yang perlu diperhatikan pengguna. Jika Anda berada di situs web dan Anda mencari tombol beli, bayar, label, atau halaman kontak untuk menghubungi pemilik web dan tidak dapat menemukannya, Anda dapat membuka peta situs dan membukanya dengan mudah di sana. Meskipun ini ditujukan untuk pengguna, ini juga dapat membantu peringkat mesin pencari Anda karena situs Anda ramah pengguna dan melayani pengunjung situs.

 

Memahami Apa Itu Sitemap XML dan Contoh Penerapannya

 

Meski protokol penggunaan sitemap lebih dulu diperkenalkan oleh Google, tetapi ini juga didukung oleh sebagian besar mesin pencari utama seperti Bing, Yahoo dan Ask. Dalam peta situs XML dimungkinkan untuk menambahkan info tambahan ke URL, yang membantu perayap mengoptimalkan cara mereka menelusuri situs web Anda. Ini biasanya mencakup waktu dan tanggal terakhir kali halaman diubah, tetapi juga dapat mencakup informasi tambahan seperti frekuensi perubahan dan prioritas relatif halaman dibandingkan dengan halaman lain.

Faktor-faktor ini membantu mesin telusur memprioritaskan halaman mana yang harus dirayapi dan seberapa sering mereka perlu merayapinya lagi. Jika Anda memiliki halaman di situs web Anda yang penting dan sering berubah, atribut ini dapat digunakan untuk memastikan Google melakukan crawl halaman tersebut lebih sering, sehingga versi terbaru ditampilkan dalam indeksnya. Memiliki peta situs XML dan mengirimkannya ke mesin pencari utama sangat bagus untuk SEO dan praktik terbaik yang umum di kalangan pemasar. Adanya sitemap dan mengirimkannya ke Google adalah praktik yang hanya dapat menguntungkan situs Anda.

Jika Anda menggunakan banyak gambar dan video, Anda juga dapat membuat dan mengirimkan peta situs khusus yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dalam pencarian gambar dan video, sementara juga membuka kemungkinan untuk mengirimkan info lebih lanjut tentang file-file ini daripada yang Anda bisa dengan halaman. Sitemap video dapat menyertakan waktu pemutaran video, kategori, dan peringkat kesesuaian usia, sedangkan peta situs gambar dapat menyertakan materi pokok, jenis, dan lisensi.

 

Baca Juga :    Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat

 

Meskipun semua situs web sebaiknya harus memiliki peta situs, berikut beberapa contoh penerapan bagi situs web yang tepat secara signifikan jika menggunakan sitemap XML :

  • Situs web yang sangat besar

    Setiap situs web memiliki anggaran perayapan yang terbatas dan dengan situs web yang sangat besar yang berarti dapat memakan waktu lama sebelum perayap datang dengan URL yang baru dibuat atau diperbarui. Dengan memberikan tanggal modifikasi terakhir di peta situs, Anda dapat memastikan bahwa perayap tidak mengabaikan halaman yang baru diperbarui. Jika peta situs Anda lebih besar dari 50MB atau memiliki lebih dari 50.000 URL, maka Google tidak akan menerimanya. Jika demikian, Anda harus membagi sitemap Anda menjadi beberapa bagian dan mengunggahnya satu per satu. Cara lainnya adalah Anda dapat membuat file indeks peta situs dengan tautan ke masing-masing peta situs.

  • Situs web Anda menggunakan konten rich media di mesin telusur

    Jika situs web Anda menggunakan Google News atau konten multimedia lainnya di mesin telusur, maka informasi tambahan di peta situs Anda dapat digunakan untuk menyempurnakan konten Anda.

  • Situs web Anda baru/memiliki sedikit tautan balik eksternal

    Perayap mesin pencari menemukan konten di internet dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Jika situs web Anda memiliki sedikit tautan balik eksternal dari situs web lain, situs web Anda mungkin tidak ditemukan sama sekali oleh mesin pencari.

  • Situs web dengan banyak halaman yang terisolasi/tidak tertaut dengan baik

    Jika Anda memiliki bagian situs web Anda yang tidak tertaut dengan benar di situs web Anda, maka ada kemungkinan mesin pencari akan mengabaikan halaman ini dan tidak memasukkannya ke dalam indeks. Ini bisa terjadi jika Anda memiliki arsip konten lama atau halaman tanpa link di situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Memahami Apa Itu Sitemap HTML dan Manfaat Penerapannya Bagi SEO

Panduan Mengenal Apa Itu HTML dan XML Sitemap Bagi Pemula
 

Berbeda dengan XML, sitemap HTML adalah tautan berformat, biasanya di bagian bawah halaman web, untuk menunjukkan kepada pembaca apa yang ada di situs. Jenis peta situs HTML biasanya memiliki nilai SEO yang terbatas. Sebelum munculnya rollover navigasi berbasis header yang memberi pengunjung akses mendalam ke situs, adanya sitemap HTML sangat membantu karena menawarkan tautan pintasan bot ke halaman, yang melewati otoritas tautan dan dengan demikian meningkatkan peringkat.

Saat ini, banyak peta situs HTML hanya mereplikasi tautan yang sudah tersedia di header atau footer. Beberapa situs, tentu saja, masih menggunakan peta situs HTML untuk navigasi utama. Peta situs HTML dapat menambah nilai SEO dalam keadaan terbatas, termasuk :

  • Ketika navigasi situs utama tidak tertaut ke semua halaman.
  • Disaat navigasi atau bagian dari situs yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari.
  • Halaman-halaman dalam peta situs HTML penting tetapi sebaliknya akan terkubur dalam-dalam dalam struktur navigasi. Contohnya termasuk halaman FAQ individu, halaman dukungan, halaman liburan atau acara, dan artikel.
  • Data Analytics menunjukkan bahwa pengunjung menggunakan peta situs HTML.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine

 

Kesimpulan dan Penutup

Kebanyakan orang bingung dalam membedakan sitemap XML dan HTML. Sederhananya, sitemap HTML ditempatkan di beranda situs web dan muncul di semua halaman lainnya. Sedangkan XML ditempatkan di domain, yaitu contoh(dot)com/sitemap.xml dan tidak ditautkan dari situs utama. Ini akan memastikan bahwa situs Anda dapat dirayapi dan konten di indeks, memastikan bahwa konten penting Anda yang Anda buat dan unggah,bisa ditemukan nantinya.

Setelah memahami bahwa kedua jenis peta situs ini mungkin memiliki fungsi yang berbeda tetapi untuk tujuan yang sama yaitu memastikan bahwa konten Anda dapat ditemukan, oleh karena itu disarankan agar Anda berusaha untuk membuat keduanya. Saat peta situs XML memberi makan mesin pencari dengan informasi dimana HTML akan memastikan bahwa pengguna akhirnya menemukan konten di situs. Buat peta situs untuk kedua fungsi ini karena keduanya membantu meningkatkan proses perayapan situs web Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update