Pekerjaan Paling Diminati dan Diincar Perusahaan Tahun 2023, Jobseeker Wajib Tahu!

Pekerjaan Paling Diminati dan Diincar Perusahaan Tahun 2023, Jobseeker Wajib Tahu!

Memiliki pekerjaan pada bidang yang disenangi dan dibutuhkan perusahaan adalah mimpi bagi semua orang. Tentunya kebutuhan perusahaan bisa saja berubah mengikuti arah trend perkembangan teknologi dan informasi. Namun tahukah Anda, ada beberapa pekerjaan yang akan tetap exist dan relevan khususnya pada tahun 2023. Bahkan, beberapa termasuk pekerjaan paling dicari 2023. 

Jika Anda adalah seorang jobseeker atau bahkan sedang mengeksplorasi bidang lain, maka Anda wajib membaca artikel ini. Kami akan menyajikan berbagai rekomendasi pekerjaan yang bisa Anda pertimbangkan pada tahun 2023. Dengan demikian, perhatikanlah daftar pekerjaan paling diminati tahun 2023 versi IDCloudHost berikut ini!

Pekerjaan Paling Dicari 2023

Anda yang masih mencari pekerjaan atau ingin mempelajari skill baru mungkin dapat menyimak beberapa rekomendasi berikut ini. Dengan mempelajari skill yang berhubungan dengan pekerjaan paling dicari, kemungkinan Anda mendapat pekerjaan impian juga semakin besar.

  • Pekerjaan yang berhubungan dengan data (data engineer, data scientist, dan data analyst)

Semakin berkembangnya adopsi teknologi membuat perusahaan semakin memiliki banyak data untuk dikelola. Dengan demikian, data engineer merupakan seseorang yang bertanggung jawab membangun dan mendesain sistem yang mengoleksi, menyimpan, dan membangun sebuah arsitektur.

Tentunya seorang data engineer harus  memiliki skill SQL, data warehouse, coding, data architect, sistem operasi, hingga apache hadoop-based analytics.

Lebih lanjut, jika Anda suka bekerja dalam bidang data maka pekerjaan lainnya seperti data analyst dan data scientist dapat menjadi pilihan alternatif Anda.

Data scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah sebuah data untuk menghasilkan kesimpulan dari data yang dianalisis sebelumnya. Adapun data analyst adalah seseorang yang bertugas untuk menafsirkan sebuah data dalam upaya menghasilkan visualisasi dalam bentuk yang beragam.

Jika Anda bertanya-tanya mengenai penjelasan yang lengkap akan tiga profesi tersebut, maka Anda dapat mengunjungi konten artikel perbedaan data analyst, data scientist, dan data engineer berikut ini

  • Product manager

Product manager adalah seseorang yang bertanggungjawab menghasilkan dan mengembangkan produk milik perusahaan dengan kualitas terbaik. Pekerjaan ini semakin penting karena berkaitan dengan hal esensial pada perusahaan berupa produk yang akan dijual. Tentu saja, produk merupakan layanan pertama yang harus dikendalikan perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen.

Pada dasarnya, ada beberapa tugas yang dilakukan produk manager seperti melakukan riset, merancang strategi, menangani proses rilis produk, mengevaluasi ide, menjalin kerja sama, dan sebagainya.

  •  Digital marketing

Pemasaran digital akan menjadi salah satu pekerjaan yang menjadi trend pada tahun 2023. Digital marketer merupakan seseorang yang adalah seseorang yang memanfaatkan media digital dalam upaya melakukan pemasaran.

Tentunya pemasaran tersebut dapat berupa mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki atau hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand atau keberadaan bisnis mereka.

Saat ini adanya banyak sekali bidang dalam digital marketing yang bisa dieksplorasikan seperti content writer specialist, social media specialist, program and online event, dan berbagai hal lainnya.

Namun pada dasarnya, dalam menjadi seorang digital marketer maka Anda memerlukan beberapa kemampuan utama seperti komunikasi, budgeting, SEO, membuat keputusan, kerjasama, dan sebagainya.

  • Financial manager

Dengan semakin meleknya masyarakat akan investasi dan instrumen keuangan, maka membuat pekerjaan financial manager semakin dibutuhkan. Dengan demikian, seorang manajer keuangan diharapkan mampu mengelola portofolio atau berbagai instrumen keuangan yang ada pada perusahaan.

Namun lebih lanjut, jika Anda tertarik pada keuangan maka rekomendasi pekerjaan yang hampir serupa layaknya investment banker, fund manager, dan sebagainya.

Pada dasarnya, jika Anda tertarik bekerja pada bidang investasi dan keuangan maka kemampuan dasar yang perlu Anda pahami seperti matematika dan logika, manajemen resiko, business analyst, dan sebagainya.

  • Network security data engineer

Keamanan data menjadi hal yang sangat penting karena mengandung informasi penting bagi suatu bisnis. Adapun tugas utama dari pekerjaan ini adalah melindungi data dari berbagai kemungkinan serangan, melakukan testing, mitigasi, dan investigasi terhadap berbagai potensi kerusakan data.

Pekerjaan ini semakin penting dimasa depan karena keamanan tidak hanya berhubungan dengan perusahaan melainkan juga keamanan pelanggan. Pada dasarnya untuk menjadi seorang network security data engineer, beberapa skill yang diperlukan seperti pengetahuan ilmu komputer, sistem operasi, memahami monitoring dan tool enkripsi, dan sebagainya.

  • Full stack developer

Full stack developer adalah sebuah pekerjaan dimana seseorang memiliki keahlian untuk memperbaiki front-end maupun back-end dari sebuah aplikasi.

Adapun bagian front-end mengacu kepada segala sesuatu yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan klien, atau penampil situs, sedangkan back-end adalah segala hal yang menuju kepada semua server, data base, dan arsitektur internal lainnya yang menggerakkan aplikasi.

Adapun beberapa tugas yang dilakukan oleh full stack engineer adalah membantu desain desain dan pengembangan perangkat lunak, bekerja dengan desain grafik untuk merancang fitur baru, memastikan kompatibilitas dan pengoptimalan lintas platform, menguji dan memelihara desain aplikasi yang responsif, dan sebagainya.

Jika Anda tertarik mengenai pekerjaan pekerjaan full stack developer, maka Anda wajib mengunjungi artikel mengenal apa itu full stack developer berikut ini!

  • Kesehatan

Tahukah Anda bahwa Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa Indonesia kekurangan dokter aktif sekitar 130 ribu. Tentu saja hal ini membuka peluang bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikannya pada bidang kedokteran.

Adapun rekomendasi pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan adalah dokter gigi dan perawat. Tentunya melalui pekerjaan ini maka diperlukan sekolah kesehatan terlebih dahulu.

Lebih lanjut, semenjak pandemic COVID-19 masyarakat juga lebih peduli dengan kesehatannya. Bahkah saat ini, telah dimungkinkan adanya konsultasi online dengan dokter. Hal ini membuktikan bahwa pekerjaan tenaga kesehatan semakin dibutuhkan dan tetap relevan meskipun di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

  • Teknik Robotika

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan mendorong berbagai para ahli untuk menciptakan robot yang membantu manusia. Hal inilah yang membuat pekerjaan teknik robotika semakin dibutuhkan.

Adapun tugas utama dalam bidang teknik robotika adalah mendesain, melakukan test, menguji keamanan, operasional, dan efisiensi dari sebuah robot. Ada berbagai tujuan utama dalam pembuatan sebuah robot seperti untuk kebutuhan otomotif, produksi barang, keperluan penelitian, dan sebagainya.

  • Business Analyst

Business analyst adalah seseorang yang menganalisis dan memverifikasi proses bisnis dan melakukan perubahan kebijakan organisasi dalam upaya menciptakan efisiensi dan produktivitas yang tentunya lebih menguntungkan perusahaan.

Adapun tanggung jawab seorang business analyst secara umum adalah melakukan inisiasi, merencanakan, mengeksekusi, melakukan pengawasan, dan memberikan laporan.

Misalnya seorang data analyst akan melakukan Analisa perilaku konsumen dan data pasar. Tentu saja hal tersebut bisa ditarik kesimpulan apakah terjadi sinkronisasi atau tidak. Lebih lanjut, business analyst akan mencari solusi dengan ide dan gagasannya agar data dan perilaku konsumen bisa sejalan dan tentunya memberikan keuntungan bagi bisnis.

Beberapa skill yang diperlukan bisnis analyst seperti analisis statistic, keterampilan pemrograman phyton dan R, visualisasi data, data mining, komunikasi, manajemen, riset, dan sebagainya.

Penutup

Demikianlah daftar pekerjaan yang paling diminati tahun 2023 versi IDCloudHost. Tentunya jika Anda ingin mempersiapkan diri dalam mendapati pekerjaan tersebut, maka dibutuhkan persiapan dengan belajar sehingga menjadi seseorang yang ahli.

Lebih lanjut, salah satu hal yang perlu Anda siapkan ketika melamar pekerjaan adalah membuat portofolio. Saat ini untuk menunjukkan kapasitas keahlian, Anda bisa menjadikan website sebagai sarana portofolio. 

Gunakan wordpress hosting dengan harga yang relatif terjangkau, berkapasitas tinggi, aman, dan praktis untuk digunakan. WordPress hosting juga akan memudahkan Anda membangun blog sebagai portofolio dengan cepat meskipun Anda tidak memiliki skill coding khusus. Tunggu apalagi, kejar pekerjaan impianmu tentunya dengan portofolio yang mumpuni!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update