Mungkin bagi Anda yang sering dalam menggunakan gadget atau komputer sudah tidak asing dengan istilah atau alat satu ini. Istilah software atau perangkat lunak mungkin sudah sangat akrab di telinga Anda dan mungkin sudah cukup sering Anda gunakan. Hal ini cukup membantu Anda mengerjakan beberapa perintah yang ada di gadget seperti untuk mengetik tugas, menonton video, mendengar musik, dan mungkin dalam penggunaan yang lebih kompleks lagi.

Software sendiri memiliki beragam jenis dan bergerak sesuai dengan bahasa pemrograman dan fungsinya masing-masing. Itulah mengapa Anda menggunakan beragam aplikasi yang berbeda setiap ingin mengerjakan hal yang lainnya.

Sebelum Anda mampu untuk melihat beberapa Software yang ada dan berdasarkan distribusinya, disini telah disiapkan pengertian lebih lanjut mengenai apa itu software atau perangkat lunak. Yuk simak pembahasannya di bawah!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Software Open Source

Apa Itu Software?

Software adalah sekumpulan instruksi kode dan data-data tertentu yang berfungsi untuk menjalankan sebuah program atau perintah yang ada didalam komputer. Program yang akan dijalankan tentunya akan memerlukan sebuah hardware atau perangkat keras yang dimiliki agar perangkat lunak berjalan optimal.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Software sendiri bergerak masing-masing sesuai dengan data dan bahasa pemrogramannya untuk menjalankan perintah tertentu. Bahasa pemrograman yang biasanya digunakan adalah C++, Visual Basic, dan yang lainnya.

Tanpa adanya perangkat lunak yang beroperasi pada komputer atau Gadget Anda, Tentunya komputer tersebut tidak akan berguna. Begitu pun jika tidak adanya perangkat keras yang menunjang sistem operasi perangkat lunak maka perangkat lunak tidak bisa diakses.

Apa Saja Ciri-ciri Software?

Namun meski secara jelas software memiliki kegunaan dalam menjalankan sebuah perintah atau fitur tertentu dalam komputer, software juga memiliki ciri spesifik. Berikut beberapa ciri-ciri jika program tersebut adalah sebuah software :

  • Penunjang Hardware

Perangkat keras juga terkadang membutuhkan pemrograman yang dihasilkan dari perangkat lunak untuk bekerja secara sempurna. Komputer atau gadget tentunya akan berfungsi dengan baik jika pemrograman dilakukan sesuai dengan fungsi dan perintah.

Baca Juga: Pengertian Hardware : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Hardware

  • Memiliki sumber terbuka atau bersifat komersil

dalam menginstal atau mengunduh sebuah perangkat lunak terkadang developer dapat dengan mudah mengunduhnya secara gratis. Hal ini disebabkan memang ada beberapa perusahaan yang dengan sengaja menerapkan Open source pada software mereka. Namun juga ada beberapa pengembang yang menerapkan sistem berbayar pada software yang dikembangkannya.

  • Membutuhkan File Installer

dalam melakukan pemasangan sebuah software kedalam sebuah komputer tentunya akan membutuhkan yang dinamakan dengan File Installer. Anda dapat harus menggunakan aplikasi ini sebelum dapat menggunakan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan.

  • Rentan Terhadap Virus

Baik sebelum mengunduh maupun setelah mengunduh software, komputer Anda akan jauh lebih rentan terkena virus saat menjalankannya. Hal tersebut juga tidak dapat dipungkiri perangkat lunak yang akan gunakan juga akan terkena serangan atau mungkin sudah terdapat virus didalamnya.

Berbagai Jenis Software

Software atau perangkat lunak juga memiliki beberapa jenis dalam melakukan pekerjaan atau perintahnya. Beberapa software tersebut juga ada yang disediakan secara gratis dan juga ada yang disediakan berbayar. Berikut beberapa jenis perangkat lunak.

  • Operating System

Jenis perangkat lunak satu ini berfungsi untuk mengatur semua perangkat keras yang tersambung kedalam CPU komputer. Perangkat lunak sistem operasi juga mampu mengirim perintah-perintah atau aktivitas ke segala perangkat keras yang ada di komputer agar program dapat berjalan dengan baik tanpa kendala.

  • Language Programming

Perangkat lunak pada jenis ini sengaja dirancang untuk mengatur atau membuat beberapa rangkaian bahasa pemrograman. Mungkin beberapa diantaranya yang cukup sering digunakan adalah Phyton dan C++. Meskipun telah disediakan beberapa perangkat lunak khusus untuk menulis bahasa pemrograman, Anda juga masih akan memerlukan Software lainnya dalam membantu pemrograman Anda.

Baca Juga: 8 Bahasa Pemrograman Web Terbaik dan Cocok untuk Pemula

  • Program Aplikasi

Jenis perangkat lunak ini dibuat untuk mengerjakan suatu fungsi atau perintah khusus yang terdapat didalam komputer. Misalnya saja didalam microsoft windows sendiri, Terdapat fitur microsoft office yang akan membantu kita dalam membuat tabel, dokumen, atau menyiapkan persentasi didalamnya yang kemudian diolah menjadi suatu format file tertentu.

Jenis Software Berdasarkan Distribusi

Software atau perangkat lunak juga memiliki beberapa pendistribusiannya. Diketahui ada 7 jenis software yang memiliki klasifikasi fungsi dan pekerjaan yang berbeda. Berikut telah disediakan beberapa penjelasan mengenai 7 tipe perangkat lunak tersebut.

  • Adware

Adware secara khusus diciptakan untuk membagikan beberapa iklan secara luas kedalam komputer terutama ketika sedang berada didalam internet. Contoh paling umum dari penggunaan software ini adalah adanya iklan pop-up pada komputer Anda. Penghasilan yang didapatkan melalui iklan tersebut juga menggunakan metode pay per click.

  • Firmware

Perangkat lunak ini berguna sebagai sistem operasi yang terdapat pada komputer khususnya pada bagian perangkat keras. Penyimpanan perangkat lunak ini bersifat hanya baca. Jika terdapat kendala didalamnya maka Anda tidak perlu melakukan pengembangan lebih lanjut.

  • Freeware

software ini sendiri merupakan salah satu perangkat lunak yang mampu digunakan kapan saja karena tidak memiliki masa waktu tertentu. Akan tetapi Anda akan menemui beberapa kekurangan sehingga perangkat lunak ini tidak mampu digunakan secara optimal.

  • Malware

jenis perangkat lunak ini merupakan salah satu yang cukup berbahaya untuk digunakan maupun yang terdapat pada komputer Anda. Program perangkat lunak ini secara spesifik digunakan untuk merusak komputer atau mencuri data-data yang ada didalam komputer. Terkadang perangkat lunak ini juga memiliki virus didalamnya.

Baca Juga: Berbagai Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

  • Spyware

Perangkat lunak ini juga sama berbahaya seperti pada sebelumnya. Akan tetapi perangkat lunak jenis ini lebih diciptakan untuk memata-matai terhadap kegiatan yang ada di dalam komputer. Tidak perangkat lunak ini juga digunakan untuk mencuri data-data user yang ada.

  • Open Source

Open source atau perangkat lunak dengan sumber terbuka merupakan yang paling umum digunakan terutama bagi pengembang IT. Pada sistem Open Source sendiri seorang pengembang mampu memanipulasi pemrograman dengan bebas sesuai dengan kebutuhannya. Open Source juga merupakan perangkat lunak yang non-berbayar sehingga mampu untuk diakses oleh siapapun.

  • Shareware

Jenis perangkat lunak ini sejatinya juga mampu Anda gunakan dengan gratis. Software ini pada umumnya biasa digunakan untuk melakukan pengujian atau demonstrasi dengan fungsionalitas dan pengujian rentang waktu tertentu.

Penutup

Diatas merupakan penjabaran mengenai pengertian seputar software. tentunya dengan ini, Anda akan jauh lebih mudah untuk memperdalam pemahaman Anda tentang kegunaan masing-masing perangkat lunak ataupun yang sedang mencoba ingin mempelajari sistem perangkat lunak. Tentunya masih banyak yang harus komponen yang Anda harus pelajari dalam mengembangkan sebuah perangkat.

Bagi Anda yang sedang menjadi seorang pengembang website atau pemrograman lainnya ayo segerakan gunakan Cloud VPS! ID Cloud Hosting akan siap membantu anda 24 jam untuk melakukan konsultasi terhadap keluhan masalah Anda dalam menggunakan Cloud VPS. Dengan harga 50rb, Anda sudah dapat menggunakan secara penuh layanan Cloud VPS dengan sistem DDOS termutakhir!