Penyebab Laptop Panas, Asus Salahkan AMD dan Game

Penyebab Laptop Panas, Asus Salahkan AMD dan Game

Berita mengenai AMD yang mudah panas buka berita baru lagi terutama bagi mareka yang memakai prosesor ini untuk bermain game. Salah satu merek laptop raksasa yang memakai AMD pada produk mereka adalah Asus yang dikabarkan telah memodifikasi rangkain kartu grafis ROG Strix Radeon RX 5700 mereka dengan mengubah tekanan pemasangan yang lebih dingin guna mencapai suhu yang lebih baik dan telah memperingaatkan pemakai laptop model ini kalau kinerja termal mereka mungkin tidak akan mengakibatkan goresan.

Produsen sendiri menyalahkan masalah ini kepada AMD seorang. Pada sebuaa postingan di situs web ROG, Asus mengatakan bahwa semua kartu graifs seri ROG Strix RX 5700 yang dikirim mulai Januari 2020 dan seterusnya akan memiliki sekrup baru yang memfaslitiasi peningkatan tekenan pemasangan pendingin.

Dengan kata lain mereka menjadi lebih ketat dalam menjaga GPU dan heatsink yang diharapkan akan mampu memberi pendinginan yang lebih baik lagi. Pihak Asus juga mengatakan bahwa mereka mengikuti panduan AMD dalam merancang GPU RX 5700 ini, dengan menergetkan pemasangan 30-40 PSI, sedangkan pabrikan sendirini kini menemukan bahwa 50-60 PSI bekerja lebih baik dan menghasilkan peningkatan perpindahan panas dari GPU ke heatsink.

Asus juga menatata bahwa mereka menyelidiki ROG Strix setelah pihak mereka menerima laporan pengguna mengenai masalah suhu. Padahal setelah peluncuran RX 5700 XT kemarin yang sempat menjadi kontroversi mengenaik kinerja termal grafisnya yang membuat AMD mengkonfirmasi bahwa memang GPU akan menjadi panas.

Jadi bagi pengguna yang membeli kartu grafis ROG Strix RX model tahun lalu tentu mempunyai kelemahan potensi yang kurang mumpuni namun Asus akan mengatasinya dengan memberikan peningkatan produk secara gratis.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / Laptop (Android & IOS Apple)

 

Menyalahkan Game

 

Alasan utama dari laptop yang mudah panas ini membuat Asus melimpahkan kesalahan tersebut kepada AMD, tetapi disatu sisi hal ini jelas kurang tepat mengingat pedoman desain yang diberikan kurang memadai seperti yang telah diklaim oleh Asus.

Rasanya kurang adil bagi Asus untuk hanya menuding AMD sementara pihak Asus tidak menerima kesalahan dari sisi mereka. Dari awal selama proses pengujian untuk model ROG Strix RX 5700, seharusnya kedua belah pihak bisa melihat celah dan kemungkinan kesalahan yang kurang tepat.

Ini tentunya membuat banyak orang bertanya mengapan penyesuaian tekanan pemasangan pendingin baru terjadi sekarang setelah berbulan- bulan peluncuran. Seri ROG Strix GPU sendiri adalah produk premium yang diharapkan akan mampu digunakan bagi mereka yang ingin bermain game, apalagi produk ini juga mempunyai harga tertinggi jika dibandingkan dengan tipe RX 5700 lainnya.

Jika seorang pembeli membayar dengan harga lebih diatas rata- rata seerpti ini tentu mereka mengharapkan kinerja laptop yang baik termasuk dalam pendinginan dan termal. Jika Anda ingin mencoba memperbaiki, mengencangkan sekrup atau menambahkan ring sendiri, Asus tidak menyarankan penggunanya untuk melakukan semua itu sendiri dan sebaiknya Anda menghubungi authorize resmi mereka.

Jika Anda tergoda untuk mencoba memperbaiki DIY – seperti mengencangkan sekrup yang relevan sendiri, atau menambahkan ring – Asus (tidak mengejutkan) menyarankan untuk tidak melakukan ini.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update