Perintah Dasar Linux yang Harus Diketahui Pemula

Perintah Dasar Linux yang Harus Diketahui Pemula

Linux termasuk sistem operasi yang kompleks dan biasa diketahui hanya digunakan oleh programmer saja. Padahal sistem operasi yang satu ini bisa digunakan oleh siapa saja. Pada linux ada beberapa sistem yang populer seperti Fedora,Ubuntu,Mint dan lain-lain. Sehingga sistem ini disebut sebagai distribusi atau distros. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang linux. Anda wajib mengetahui perintah dasar linux yang harus diketahui oleh pemula berikut ini.

Apa Itu Linux?

Linux adalah salah satu sistem operasi komputer yang sangat populer,gratis dan bersifat open source. OS yang satu ini berfungsi sebagai software yang memungkinkan aplikasi akan beroperasi dibawah sistem operasi komputer tersebut. Pengguna yang menggunakan sistem operasi ini bebas untuk mengembangkan serta memodifikasi sistem sesuai dari kebutuhan pengguna tersebut. Hal ini tentu berbeda dengan OS lain yang memungkinkan pengguna tidak bebas memodifikasi sistem operasi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Terminal Linux

Manfaat Memahami Perintah Dasar Linux

Sebagai pemula sangat penting bagi Anda untuk memahami perintah dasar dari linux. Lalu apa saja manfaat memahami perintah dasar linux? Simak dibawah ini.

  • Problem Solving

Manfaat pertama adalah perintah dasar linux bisa dijadikan pemecah dari sebuah masalah. Mengapa? Karena jika Anda sudah memahaminya, jika ada masalah yang terjadi pada sistem Anda. Anda dapat lebih cepat menyelesaikannya dengan lebih efisien.

  • Kustomisasi

Manfaat selanjutnya adalah kustomisasi. Anda dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Kustomisasi ini bisa Anda terapkan pada sistem milik Anda dengan kebutuhan serta preferensi yang Anda miliki. Sehingga membuat sistem Anda menjadi lebih menarik.

  • Lebih Efisien

Jika Anda seringkali secara berulang-ulang mengerjakan tugas yang sama. Tentu menggunakan grafis akan memakan waktu yang cukup lama bukan? Maka dari itu perlu untuk menggunakan perintah dasar linux agar lebih efisien.

  • Kontrol Lebih Besar pada Sistem 

Terakhir adalah Anda memiliki kontrol penuh yang lebih besar terhadap sistem milik Anda. Dengan perintah dasar linux Anda dapat melakukan tugas-tugas lebih mudah yang biasanya diselesaikan dengan grafis.

Baca Juga: 5 Distro Linux Terbaik untuk Programmer

Daftar Perintah Dasar dari Linux

perintah dasar linux

Ini dia beberapa daftar perintah dasar linux yang bisa mulai dipahami bagi Anda seorang pemula.

  • Pwd Command

Pertama adalah perintah dasar linux bernama Pwd Command. Pada perintah ini pengguna akan menemukan path direktori kerja. Dimana cara kerjanya adalah cukup dengan memasukkan pwd, path tersebut akan ditampilkan secara penuh. Biasanya path semua direktori akan diawali dengan garis miring (/). Contohnya saja: /home/username.

  • Sudo Command

Sudo command adalah perintah dasar linux selanjutnya yang memiliki singkatan superuser do. Sudo ini merupakan salah satu perintah dasar linux yang populer. Fungsinya adalah melakukan tugas yang memerlukan izin administrator atau root. Jika Anda ingin menggunakan jenis perintah linux yang satu ini. Sistem akan meminta pengguna untuk mengautentikasi diri sendiri dengan password.

Setelah itu,sistem linux nantinya akan mencatat timestamp yang berfungsi sebagai tracker. Sehingga secara default setiap pengguna dari root bisa menjalankan perintah dari sudo per sesinya itu selama 15 menit saja.

  • Cd Command

Cd Command adalah perintah linux yang berfungsi untuk menjelajahi file dan direktori. Berbeda dari beberapa perintah diatas, pada Cd Command ini memerlukan path penuh (nama direktori) yang mana tergantung dari direktori yang sedang bekerja. Dengan kata lain jika Anda ingin berpindah direktori maka gunakanlah perintah dasar linux yaitu cd command.

Misalnya, Anda sedang berada di berada di /home/username/Document kemudian Anda ingin membuka file “Tugas” yang terdapat subdirektori Documents. Untuk melakukannya, Anda cukup mengetikkan command berikut ini: cd Tugas saja. Bagaimana mudah bukan?

  • Cat Command

Cat command adalah perintah dasar linux yang paling sering digunakan. Perintah yang satu ini memiliki fungsi untuk menggabungkan,menulis konten atau isi file hingga mencantumkan dalam output standar.

Jika Anda ingin menjalankan cat command ini, Anda cukup mengetik cat diikuti dengan nama dan ekstensi dari file Anda misalnya saja: cat photos.txt. Nanti nama dan file yang Anda inginkan akan muncul dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda akan file tersebut.

  • Mv Command

Kemudian ada Mv Command yang memiliki fungsi untuk dapat mengganti nama file beserta memindahkan nama file dan direktori. Akan tetapi, Mv command tidak memberikan output saat beroperasi.

Penggunaan Mv command adalah Anda ketik mv pada nama file dan direktori tujuan. Pilih nama file mana yang ingin dipindahkan. Misalnya saja Anda ingin memindahkan namafile.txt ke direktori /home/username/Download: mv filename.txt/home/username/Download.

  • Is Command

Kemudian ada Is Command, perintah dasar linux ini digunakan untuk melihat file dan direktori apa saja yang terdapat pada sistem. Jika Anda ingin melihat isi dari direktori lain, Anda cukup mengetik Is diikuti dengan path direktori yang Anda inginkan. Contohnya melihat file dalam folder Download, Anda bisa mengetiknya: Is/home/username/Download.

  • Mkdir Command

Mkdir command merupakan perintah dasar linux yang seringkali digunakan untuk membuat satu atau beberapa direktori baru. Bukan hanya itu saja mkdir command juga dapat sekaligus mengatur izinnya masing-masing.

Misalnya Anda ingin membuat direktori bernama Download: mkdir download. Kemudian, perintah mkdir bisa digunakan dengan beberapa opsi seperti: -p atau -parents membuat direktori di antara dua folder yang memang sudah ada sebelumnya. Contohnya, mkdir-p D Download/2024/Songs nah itulah yang membuat direktori baru bernama “2024”.

  • rm Command

Rm command adalah perintah dasar linux yang berfungsi untuk menghapus file yang terdapat dalam suatu direktori. Anda yang ingin menghapus file tentu harus menggunakan rm command. Kemudian, Anda harus mengingat lokasi dari direktori karena setelah menghapus file tidak bisa dibatalkan.

Pertama syntax umum yang harus diketik adalah: rm filename. Nah jika Anda ingin menghapus satu file Anda bisa memasukkan perintah seperti berikut ini: rmnamafile1. Lalu, jika ingin menghapus beberapa file maka akan: namafile2, namafile3,namafile4,namafile5.

  • Touch Command

Touch command merupakan perintah dasar linux yang bisa membuat file baru yang kosong dan mengubah timestamp di command line linux. Jadi, Anda bisa menggunakan perintah linux yang satu ini untuk membuat file baru ya. Nah, jika Anda ingin menggunakan touch command. Anda bisa memasukkan perintah berikut ini untuk membuat file HTML di direktori Download: touch/home/username/Download/Web.html

Baca Juga: VPS Linux dan VPS Windows, Apa Bedanya?

Penutup

Demikianlah artikel mengenai perintah dasar linux untuk pemula yang sudah kami jabarkan diatas ya. Ternyata linux bisa dioperasikan bukan hanya oleh seorang programmer saja tetapi siapapun bebas menggunakannya. Pelajari terlebih dahulu perintah dasarnya sebelum memulai ya!

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan linux? Jika iya, Anda bisa menggunakan sistem operasi linux pada layanan Cloud VPS dari IDCloudHost. Dengan skalabilitas yang mudah, bayar sesuai kebutuhan,dilengkapi opsi pembayaran yang beragam, bebas biaya operasional dan keunggulan lainnya. Yuk coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update