Berikut Bahasa Pemrograman Terbaik 2022!

Berikut Bahasa Pemrograman Terbaik 2022!

Dunia yang telah umum menggunakan teknologi kini sangat bergantung pada banyak aplikasi dan situs web setiap harinya. Demand yang tinggi terhadap inovasi dan teknologi membuat salah satu keterampilan terpenting untuk dipelajari di dunia saat ini adalah mengetahui cara menulis program komputer. Komputer telah memasuki hampir setiap industri, baik itu produk yang harian yang sering dipakai seperti smartwatch, handphone dan banyak lainnya.

Hampir setiap produk dan layanan menggunakan komputer dalam beberapa cara yang dikarenakan demand ini, komunitas pemrograman dan pengembang berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Beberapa bahasa pemrograman dan kerangka kerja baru bermunculan yang tersedia untuk berbagai kategori pengembang baik itu pemula, menengah dan ahli serta juga untuk kasus penggunaan yang berbeda yakni aplikasi web, aplikasi seluler, pengembangan game, sistem terdistribusi, dll.

Jika Anda mempertimbangkan untuk meningkatkan keterampilan Anda dan ingin mempelajari programming language atau bahasa pemrograman di tahun 2022 ini, maka Anda harus lebih dahulu mengetahui berbagai jenis dan level pemrograman disamping juga saja bahasa pengkodean apa yang terbaik untuk dipelajari. Simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Memahami Pengertian dan Cara Kerja Programming Language/Bahasa Pemrograman

 

 

Jika dijelaskan dengan singkat, sebuah bahasa pemrograman merupakan bahasa formal, dengan satu set instruksi yang memberikan output yang diinginkan. Untuk mengimplementasikan berbagai algoritma di mesin maka jenis bahasa ini pun digunakan. Adapun satu set instruksi khusus digunakan dalam mesin yang dapat diprogram berbeda dari daripada bahasa pemrograman umum karena bahasa pemrograman komputer digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Ini membuat setiap bahasa pemrograman didasarkan pada aturan sintaksis dan semantik tertentu.

Mengingat komputer hanya bekerja dengan representasi digital sehingga alat ii hanya memahami keberadaan 0 atau 1 sebagai mati atau hidup. Jadi untuk berkomunikasi dengan komputer manusia harus memberikan instruksi dalam Binary yang hampir tidak mungkin dimana bahasa pemrograman diciptakan untuk mengatasi masalah ini. Pengembang akan menulis instruksi dalam bahasa Inggris mengikuti beberapa aturan sintaksis umum dari bahasa pemrograman yang kemudian akan diubah menjadi kode mesin oleh beberapa proses dan memberitahu komputer untuk melakukan beberapa operasi atau perintah tertentu.

Semakin tingginya permintaan membuat tuntutan juga meningkat akan daya komputasi dan produktivitas adalah faktor kunci untuk pengembangan mesin bisnis, superkomputer, dan berbagai perangkat terprogram yang lebih kuat, murah, dan lebih cepat. Ditambah lagi dengan berbagai aplikasi dan jenis komputer, membuat kebutuhan akan bahasa pemrograman khusus untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Berangkat dari demand yang tinggi ini, maka bahasa pemrograman menjadi beragam dengan tujuan yang berbeda- beda juga sehingga pengembang bisa menggunakan satu, dua hingga beberapa bahasa sekaligus dalam pekerjaan mereka.

 

Baca Juga   :      Mengenal Bahasa Pemrograman C++ dan Kelebihan serta Kekurangannya

 

Manfaat Menggunakan Programming Language/Bahasa Pemrograman

Manusia menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda untuk tujuan yang berbeda juga. Umumnya digunakan dalam dunia Teknologi Informasi atau IT, bahasa ini bertujuan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi, situs web, dan banyak lagi. Tidak jarang juga bahasa pemrograman sering digunakan di bidang teknik, berbagai layanan desain. Contoh yang paling sering ditemukan adalah penggunaan bahasa pemrograman di Internet of Things, komputasi awan, pemodelan 3D, pengembangan game, AI, Otomasi Industri, Grafik komputer, penelitian luar angkasa, Otomasi Industri, dan banyak lagi.

Dikarenakan ada banyak jenis dan beragama bahasa pemrograman, maka setiap bahasa pemrograman yang ada memiliki kelebihannya masing-masing. Dibawah ini sedikit manfaat dari menggunakan bahasa pemrograman di dunia modern seperti sekarang :

  • Pemrograman menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern saat ini karena selain mengatasi masalah dan mempermudah, ini juga bisa menjadi lahan pekerjaan yang mumpuni.
  • Membantu mengembangkan situs web interaktif yang sangat baik serta aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman.
  • Bahasa pemrograman juga bisa membantu bisnis dan perusahaan dalam pekerjaan keseharian mereka menjadi lebih mudah serta menjangkau lebih banyak target pasar yang tidak lagi dibatasi oleh waktu dan jarak.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap Belajar Bahasa Pemrograman PHP untuk Pemula

 

5 Tipe atau Jenis Programming Language/Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman namun ada beberapa jenis atau tipe yang berbeda dari tingkat bahasa pemrograman, jenis bahasa pemrograman ini akan mengacu pada bagaimana kode digunakan dan dirancang, yang bertentangan dengan hierarki perakitan mesin dan manusia.

  1. Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP)

    Bahasa pemrograman berorientasi objek didasarkan pada objek yaitu unit yang berisi data berupa field dan kode berupa prosedur. Tipe bahasa ini menawarkan banyak fitur seperti abstraksi, enkapsulasi, polimorfisme, pewarisan, dan kelas. Enkapsulasi adalah prinsip utama karena memastikan kode aman yang juga menekankan penggunaan kembali kode dengan konsep pewarisan dan polimorfisme, memungkinkan peningkatan implementasi saat ini tanpa terlalu banyak perubahan dalam kode. Sebagian besar bahasa multiparadigma merupakan bagian dari bahasa ini, seperti Python,, C ++, Java, C # juga Javascript.

  2. Bahasa Pemrograman Prosedural (Procedural Programming Languages)

    Paradigma bahasa pemrograman ini yang diturunkan dari pemrograman terstruktur dengan menetapkan serangkaian prosedur dan langkah yang terstruktur dengan baik untuk menyusun program. Jenis bahasa ini menyediakan satu set perintah dengan memisahkan program menjadi variabel, fungsi, pernyataan dan operator kondisional. Beberapa contohnya adalah Adobe Dreamweaver, BASIC, C, Java, PASCAL, atau FORTRAN.

  3. Bahasa Pemrograman Fungsional (Functional Programming Languages)

    Bahasa pemrograman fungsional adalah paradigma pemrograman deklaratif dimana program dibangun dengan menerapkan dan menyusun fungsi yang menekankan ekspresi dan deklarasi terutama. Dasar dari pemrograman fungsional adalah kalkulus lambda yang menggunakan ekspresi kondisional dan rekursi untuk melakukan perhitungan. Itu tidak mendukung iterasi seperti pernyataan loop da pernyataan bersyarat seperti if-else. Contoh bahasa pemrograman fungsional yang paling populer seperti Scheme, SML, Haskell, Scala, ML, dan F#.

  4. Bahasa Pemrograman Scripting (Scripting Programming Languages)

    Semua bahasa scripting adalah bahasa pemrograman yang tidak memerlukan langkah kompilasi. Sebaliknya, bahasa ini ditafsirkan tidak ada tahap kompilasi melainkan instruksi ditulis untuk lingkungan run time dimana sebagian besar digunakan dalam aplikasi web, administrasi sistem, aplikasi game, dan multimedia yang digunakan untuk membuat plugin dan ekstensi untuk aplikasi yang ada.

  5. Pemrograman Logika (Logic Programming)

    Paradigma pemrograman sebagian besar didasarkan pada logika formal. Bahasa tidak memberi tahu mesin bagaimana melakukan sesuatu tetapi menggunakan batasan pada apa yang harus dipertimbangkan untuk dilakukan. Bahasa pemrograman logika yang terkenal, dengan aturan yang ditulis dalam bentuk kelas adalah Datalog, ASAP (Answer Set programming) dan PROLOG.

 

Baca Juga  :     Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula

 

10 Daftar Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022

Programming Language/Bahasa Pemrograman : Pengertian dan Daftar Terbaik 2022
 

Pilihan bahasa pemrograman mana yang Anda pelajari akan bergantung pada tujuan karir dan niat pembelajaran Anda. Anda bisa belajar dan menguasai satu ada dua bahasa untuk mengembangkan aplikasi atau menguasai banyak bahasa jika ingin menjadi seorang full stack developer. Dibawah ini 10 daftar bahasa pemrograman yang akan sangat populer di tahun 2022.

  1. Python
  2. JavaScript
  3. MATLAB
  4. Ruby
  5. PHP
  6. Swift
  7. Golang
  8. Java
  9. C/C++
  10. Rust

 

Baca Juga Panduan  :      Mengenal OOP pada Java: Pengertian dan Fungsinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Ternyata bahasa pemrograman pertama telah lebih dulu ada hampir seabad sebelum komputer modern ditemukan. Sejarah mencatat pada tahun 1883, seorang wanita bernama Ada Lovelace mendesain Algoritma untuk Mesin Analitik yang tujuannya adalah untuk membantu Charles Babbage, seorang ahli matematika, insinyur, dan penemu, melakukan perhitungan matematika yang kompleks.

Bahasa pemrograman modern pertama sendiri tidak muncul di layar sampai pertengahan abad ke-20. Sedangkan bahasa komputer tingkat rendah pertama tiba pada tahun 1949 yang tiga tahun kemudian, dibawah istilah Autocode yang mempunyai beberapa program, menyadari bahwa bahasa ini bisa digunakan sebagai bahasa utama sebagai bahasa pemrograman komputer.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update