5+ Tips Bisnis Sukses di Bulan Ramadhan

5+ Tips Bisnis Sukses di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan yang ditunggu-tunggu kini tinggal menghitung hari. Bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, kesempatan bagi manusia untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan dan mengejar pahala yang dilipat gandakan. Tidak hanya itu, bulan ramadhan juga dinantikan oleh penggiat bisnis karena bulan ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Simak tips bisnis sukses di bulan ramadhan berikut ini. 

Banyaknya bisnis sukses bulan ramadhan disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah meningkatnya perilaku konsumtif. Konsumerisme masyarakat mencakup pembelian makanan, pakaian, dan barang-barang lainnya. Selain itu, masyarakat juga menghabiskan waktu online lebih banyak, sehingga peluang untuk Anda yang memasarkan produk secara online semakin terbuka lebar. 

Tips Bisnis Sukses di Bulan Ramadhan

Apakah Anda berencana memulai bisnis di bulan ramadhan? Ingin bisnis sukses dan berjalan lancar? Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan agar bisnis sukses di bulan ramadhan!

Memiliki rencana bisnis yang matang

Dalam suatu usaha tentu kita harus memiliki rencana bisnis yang matang agar tidak mengganggu aspek lain yang ada dalam bisnis. Dengan rencana bisnis yang matang, setidaknya kita sudah memiliki gambaran bagaimana usaha kita akan berjalan ke depannya. Dalam hal ini, yang perlu direncanakan adalah:

  1. Jenis usaha apa yang akan dijalankan?
  2. Siapa target pasar usaha yang akan dijalankan?
  3. Berapa lama usaha akan dijalankan?
  4. Dimana usaha akan dijalankan?
  5. Berapa budget awal (modal) untuk usaha?
  6. Siapa saja yang menjalankan usaha ini?

Memiliki modal usaha yang terpisah dengan dana pribadi

Selain rencana bisnis yang matang, selanjutnya adalah kamu memiliki modal usaha. Modal usaha ada banyak jenisnya, apabila modal perseorangan berarti modal tersebut berasal dari satu individu saja yang memiliki dan menjalankan usaha tersebut dan keuntungan semuanya untuk individu tersebut.

Bisa juga modal sosial yang artinya usaha didirikan dan dijalankan oleh dana yang diperoleh dari kelompok yang keuntungannya dibagi rata bersama. Bisa juga modal eksternal seperti investor.

Hal yang perlu diingat dalam mengatur modal usaha adalah jangan pernah mencampur modal usaha dengan dana pribadi yang sehari-hari digunakan atau dana tabungan sendiri. Hal ini karena dalam melakukan usaha selalu ada resiko. Untuk menghindari agar tidak sepenuhnya dirugikan oleh resiko tersebut, dana pribadi dan modal usaha harus dipisah.

Mempersiapkan produk yang akan dijual

Untuk meraih bisnis sukses bulan ramadhan, menjual produk yang tepat adalah kuncinya. Produk yang akan kamu jual selama ramadhan ini harus jelas pula target pasar pasarnya. Umumnya, produk yang bisa jadi ide usaha serta berpotensi tinggi dan memberikan banyak keuntungan pada masa ramadhan adalah produk kebutuhan keluarga, misalnya:

  1. Makanan: takjil untuk berbuka puasa, menu makanan untuk sahur, dan kue kering untuk lebaran.
  2. Fashion: pakaian muslim dan muslimah untuk lebaran, pengajian rutin semasa ramadhan, alat-alat ibadah yang modis, dll.
  3. Produk lain selama ramadhan: hampers dan kartu ucapan hari raya, amplop untuk angpao hijau atau angpao hari raya idul fitri.
  4. Jasa:  jasa katering makanan sahur dan buka, jasa mengurus rumah selama mudik, dll.

Hal yang perlu diingat saat mempersiapkan produk adalah bahwa persediaan produk harus selalu cukup agar tidak kekurangan disaat ramadhan masih berjalan ataupun kelebihan saat ramadhan selesai. Artinya, pengusaha harus melakukan perkiraan permintaan konsumen.

Memahami perilaku target pasar

Meskipun dalam sebelum memulai usaha sudah menentukan target pasar, tetapi target pasar masih perlu dianalisa agar produk dapat terjual dengan baik. Menentukan target pasar berkaitan dengan pemilihan produk, karena agar produk dapat dipasarkan tanpa masalah dan hambatan dan bisnis sukses bulan ramadhan, maka kita harus memiliki target pasar yang jelas. 

Dalam bisnis ramadhan, produk yang laris adalah produk kebutuhan keluarga. Dengan demikian, target pasar yang ditentukan dan dianalisa perilakunya adalah individu dengan perannya dalam keluarga mulai dari ayah/suami, ibu/istri dan anak. 

Misalnya menganalisa apa yang sedang trending dikalangan ibu-ibu atau anak muda saat menjelang lebaran atau kira-kira saat dalam kondisi atau situasi apa produk usaha dibutuhkan? Dengan melakukan analisa tersebut kita bisa menentukan langkah selanjutnya seperti strategi promosi dan pemasaran yang akan digunakan.

Menggunakan strategi pemasaran dan strategi promosi yang tepat

Menggunakan strategi pemasaran yang tepat dibutuhkan agar proses usaha dapat berjalan dengan efektif hingga bisa meningkatkan penjualan. Adapun strategi yang umum dilakukan pada masa ramadhan seperti lebaran sale dengan potongan harga dengan minimal belanja dalam periode waktu tertentu, buy 1 get 1, bundling (paket) ramadhan, atau pembelian dengan minimal belanja mendapatkan bonus item takjil, alat ibadah, dll.

Strategi-strategi tersebut dapat disebarluaskan melalui brosur, papan iklan, atau yang lebih efektif adalah menggunakan online marketing baik itu media sosial ataupun website dan aplikasi e-commerce. 

Memiliki harga yang kompetitif

Hal lain yang harus diperhatikan agar bisnis sukses adalah harga produk kompetitif. Ramadhan terkadang menjadi ajang “menaikan harga” bagi pengusaha. Harga bisa naik berkali-kali lipat dari harga biasanya demi mencari keuntungan besar.

Padahal, trik bisnis sukses bulan ramadhan adalah dengan menentukan harga yang kompetitif dengan usaha serupa. Misal: satu set mukena perempuan dijual dengan harga 450 ribu oleh kompetitor, maka kita bisa menjualnya dengan harga 400 ribu dengan catatan sudah mendapatkan keuntungan. Dengan begitu, konsumen akan lebih melirik produk kita yang lebih murah.

Mencari peluang usaha lain

Selama ramadhan, hampir semua sektor usaha mengalami penaikan baik itu sektor makanan, pakaian, dan lainnya. Tips bisnis sukses bulan ramadhan adalah tidak membatasi usaha dalam satu sektor atau kategori saja, tetapi melakukan usaha lain yang berpeluang juga.

Misalkan bisnis selama ramadhan adalah takjil, maka variasikan takjil yang dijual mulai dari kurma, bubur, gorengan, dan minuman menyebarkan. Tak menutup kemungkinan pula menambah variasi lain seperti menyediakan lauk untuk berbuka puasa dan untuk sahur.

Menjaga stamina serta kesehatan diri dan karyawan

Selama berpuasa, tubuh akan terasa lebih lemas karena kehilangan beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak dan ion tubuh. Karena itu penting untuk memakan makanan yang menyehatkan saat sahur dan berbuka puasa agar tetap produktif, stamina tetap terjaga sepanjang menjalankan puasa dan usaha berjalan lancar. Selain itu, jam operasional juga harus diperhatikan selama bulan puasa berjalan.

Bagaimana Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan?

Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan?

Selama bulan Ramadhan, perilaku konsumen mengalami perubahan karena adanya perubahan gaya hidup dalam menjalani ibadah puasa. Pemilik bisnis perlu memahami perubahan ini untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Salah satu perubahan perilaku konsumen yang terlihat adalah lebih banyaknya aktivitas online. Dengan waktu istirahat yang lebih banyak, orang-orang memanfaatkannya untuk berselancar di dunia maya dan menghabiskan waktu dengan gadget. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan situasi ini dengan membuat konten yang ringan dan menghibur untuk mempromosikan usaha mereka.

Selain itu, perilaku konsumen cenderung tertarik dengan promo. Maka, pemilik bisnis bisa memberikan promo yang menarik dan berhubungan dengan Ramadhan serta menyertakan diskon agar semakin banyak konsumen yang tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Selama bulan Ramadhan, banyak orang juga cenderung lebih sering berbagi kepada sesama. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat event yang memfasilitasi konsumen untuk berbagi. Aktivitas belanja pada bulan ini juga meningkat secara drastis, terutama untuk produk kuliner dan pakaian, menurut laporan dari Meta di bulan Ramadhan 2022.

Penutup 

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis sukses di bulan ramadhan. Secara singkat, kamu harus memiliki rencana bisnis yang matang dan memahami pasar dan perilaku konsumen sebelum mempersiapkan produk yang akan dijual. Selain itu, kamu juga harus menentukan strategi promosi dan marketing yang tepat.

Tapi di era digital ini, teknik promosi bisnis tidak terbatas pada sosial media saja loh! Kamu bisa menggunakan Website Instant IDCloudHost. Dengan website instant, kamu bisa mempromosikan bisnismu dengan mudah, terlebih ada ratusan template yang bisa kamu pilih sesuai seleramu dengan harga murah perbulannya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update