Tips Dalam Mengikuti Blogging Competition 2021

Tips Dalam Mengikuti Blogging Competition 2021

Kata blog adalah kependekkan dari kata weblog, nama asli untuk penjurnalan online. Blog pertama kali dibuat dan dimiliki oleh seorang jurnalis Amerika secara online pada tahun 1994. Awalnya, blog hanyalah sekedar buku harian online dimana pemiliknya berbagi tulisan berisi pemikiran dan cerita keseharian mereka.

Perkembangan blog semakin meningkat karena kini blog telah melayani tujuan pribadi dan bisnis, dan kedua jenis blog dapat menghasilkan uang yang baik bagi pemiliknya jika mereka mempunyai audiens dan pembaca. Banyak blogger menjalankan giveaway, atau kontes blog, untuk membantu mempromosikan tulisan mereka dan mendatangkan lebih banyak trafik kunjungan.

Begitu juga writing competition yang mempunyai bidang dan niche penulisan lebih luas serta mencakup berbagai macam latar belakang penulis yang terlibat di dalamnya. Baik itu blogging atau writing secara umum, mempunyai tips yang hampir sama dalam menjalankannya. Jadi mari simak tips dalam mengikuti blogging dan writing competition yang baik dan berpeluang menjadikan Anda sebagai salah satu pemenangnya.

 

Strategi dan Tips Memenangkan Blogging dan Writing Competition Dalam Semua Genre/Niche

 

Lomba menulis bisa jadi menakutkan meski untuk penulis yang sudah lama berkecimpung dalam dunia ini. Tetapi sebenarnya beberapa lomba menulis lebih mudah dimenangkan daripada yang lain, tetapi hanya jika Anda tahu bagaimana menempatkan peluang yang menguntungkan Anda. berikut ini beberapa strategi dan tips yang bisa Anda terapkan dalam lomba menulis yang Anda ikuti :

 

  • Eksplorasi niche dan genre penulisan Anda

    Selalu ada konten menulis blogging dan writing competition di luar sana untuk hampir semua penulis dan genre atau niche penulisan mereka. Namun semakin terspesialisasi penulisan Anda, semakin baik. Saat Anda mengikuti kontes yang memiliki jumlah peserta terbatas karena batasan, Anda meningkatkan peluang untuk mencetak kemenangan dan kuncinya adalah mengetahui kontes mana yang terbuka untuk jenis tulisan Anda.

  • Pilih topik dan cara penulisan yang emosional

    Juri sering mendapatkan halaman demi halaman dari karya yang kebanyakkan sama dan biasanya diajukan ke kontes menulis. Jadi buatlah hati pembaca Anda tergetar dengan topik dan cara penulisan yang emosional melalui kata- kata Anda. Begitu juga jika Anda menulis dengan topik yang harusnya memberitahukan informasi kepada pembaca Anda, maka buatlah agar mereka memahami intisari dan informasi yang telah Anda coba sampaikan melalui penulisan Anda.

  • Koreksi tata bahasa dan tulisan Anda

    Anda akan mengira tip ini tidak perlu dikatakan lagi, namun ini adalah tips yang paling dasar dan tidak akan pernah berubah. Setiap kesalahan penulisan, tata bahasa atau grammar akan berpengaruh pada pengalaman baca serta penilaian penjurian nantinya. Maka pastikan dan koreksi tulisan Anda sebelum mengirimnya ke panitia.

  • Ikuti pedoman pengiriman

    Sekali lagi, ini adalah tips yang dasar dalam memenangkan lomba penulisan. Namun karena lomba menulis cenderung memiliki pedoman pengajuan yang sedikit berbeda satu dengan yang lainnya, beberapa penulis sengaja mengabaikan hal-hal kecil dalam hal mengikuti aturan. Kiriman yang tidak mengikuti pedoman biasanya akan didiskualifikasi sejak awal. Jika kiriman kontes menulis Anda memenuhi pedoman, kemungkinannya menguntungkan Anda dan peluang menjadi pemenang lebih terbuka.

  • Ikuti berbagai lomba menulis

    Meskipun akan sangat bagus untuk memenangkan kontes menulis dengan skala besar, penulis yang cerdas tahu untuk tidak mengabaikan kontes yang kurang terkenal atau kontes- kontes menulis kecil lainnya. Memenangkan kontes kecil bisa berarti hal-hal besar bagi karir menulis Anda seperti membangun karir menulis, mendapatkan eksposur, koneksi, dan tentu saja, hadiah uang. Dengan mengikuti berbagai kontes, kemungkinan Anda akan memenangkan salah satunya akan lebih besar.

  • Submit tulisan yang sesuai untuk kontes

    Walau ada banyak lomba menulis tanpa biaya di luar sana, sebagian besar lomba mengharuskan penulis membayar biaya masuk. Jadi, tidak masuk akal untuk mengikuti kontes yang tidak terlalu cocok untuk genre dan penulisan Anda. Tapi apabila Anda ingin mencoba mengeksplorasi dan mencoba keberuntungan Anda, tetap bersikap realistis dan jangan memaksakan tulisan yang nantinya akan terbuang sia- sia.

 

Baca Juga  :      Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Cara Mengikuti Lomba Blog dan Writing Competition

Kontes, lomba atau sayembara blog atau penulisan menggunakan berbagai metode untuk mengumpulkan entri peminat dan peserta masing- masing. Berikut ini cara yang paling populer dan sering ditemukan :

 

  • Tinggalkan komentar

    Banyak blog meminta pembacanya meninggalkan komentar di postingan mereka seringnya begitulah cara Anda mengikuti kontes blog. Postingan blog yang memberi tahu Anda tentang kontes ini akan meminta Anda memberikan komentar yang menyuarakan pendapat, memilih produk favorit dari perusahaan penyedia hadiah, atau sekadar mengatakan Anda ingin ikut serta dengan meninggalkan komentar saja. Perhatikan instruksi untuk memastikan agar Anda :
    a) Tidak didiskualifikasi karena tidak memposting apa yang seharusnya Anda lakukan.
    b) Agar sponsor cara untuk menghubungi Anda jika Anda menang.

  • Mendaftar dengan mengisi formulir entri

    Terkadang, kontes dan lomba blog berfungsi seperti kontes online lainnya yakni penyelenggara meminta Anda untuk mengisi formulir pendaftaran. Mereka menyematkan formulir di postingan mereka atau menyertakan link yang akan membawa Anda ke link formulir.

 

Baca Juga  :     Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Terkadang persyaratan masuk untuk mengikuti lomba blog lainnya dapat berbeda dan dapat mencakup :

 

  • Mengikuti sponsor atau penyelenggara di akun media sosial mereka seperti di Instagram, Facebook, Twitter dan lain- lain.
  • Membagikan tautan kompetisi di akun media sosial
  • Berbagi informasi tentang kompetisi blog
  • Menambahkan badge ke blog Anda yang tertaut ke kompetisi
  • Melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar postingan lain dari blogger

 

Menjadi seorang penulis atau blogger yang unik dan berbeda dari yang lainnya bukanlah hal yang mudah. Setiap penulis pasti mempunyai ciri penulisan yang berbeda atau hampir serupa, sehingga terkadang vibes yang diberikan menjadi samar. Ini bisa saja terjadi karena genre dan niche yang dipilih sama, sehingga penulis jatuh pada perangkap yang sama pula. Sedangkan untuk dapat memenangkan sebuah kompetisi, Anda harus berani terlihat menonjol di antara peserta lainnya.

Baik dari cara penulisan, penyampaian cerita maupun bagaimana Anda mengeksplorasi gaya menulis Anda. Tak jarang juga kesalahan ini dikarenakan Anda abai dalam melihat, memahami dan mengikuti petunjuk serta peraturan lomba menulis itu sendiri. Menjadi berbeda dan menonjol akan tetap sulit, karena butuh sedikit waktu ekstra dan pemikiran ekstra untuk membuat sesuatu yang orisinal. Namun jika Anda mengikuti kiat-kiat di atas dengan teliti dan konsisten, Anda akan memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk dapat memenangkan lomba menulis dengan kemampuan Anda sendiri.

 

Baca Juga  :     Perbedaan Content Writer dan Copywriter : Pengertian, Jobdesk, dan Contohnya

 

Ikuti Lomba Blog 2021 IDCloudHost

ips Dalam Mengikuti Blogging & Writing Competition di Tahun 2021
 

Menyambut tahun 2021 ini, jasa layanan penyedia web hosting IDCloudHost Indonesia menyelenggarakan lomba blog yang bisa diikuti oleh siapa saja baik Anda seorang penulis, blogger, dan siapa saja yang berkecimpung di dunia penulisan. Sedangkan jenis atau platform blog yang bisa ikut serta di lomba ini adalah platform blogging CMS seperti WordPress atau Blogger dan medium lainnya.

Anda juga bisa menggunakan Platform user-generated blog seperti Kompasiana, Kumparan, IDNTimes atau forum seperti Kaskus, Indowebster. Namun, tidak disarankan menggunakan Social Media Post untuk postingan blog pada kompetisi ini. Adapun hadiah yang bisa Anda dapatkan bertotal jutaan rupiah yang akan dibagi menjadi 3 pemenang dengan tambahan juara favorit, hadiah hiburan dan hadiah pendaftaran.

Layari laman https://idcloudhost.com/lomba-blog/ untuk mencari tahu apa saja persyaratan, regulasi atau ketentuan lomba blog lebih lanjut dan detail.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update