Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Di zaman modern seperti saat ini, dunia tengah memasuki era digital yang mana kebanyakan orang mencari informasi setiap harinya. Kebutuhan akan informasi terkini juga bisa diperoleh secara mudah dan cepat dengan adanya internet serta peran para content writer yang merupakan profesi penulis profesional yang bertugas memproduksi konten-konten menarik untuk media online. Biasanya konten-konten tersebut dapat berbentuk artikel, kiriman sosial media, blog dan jenis tulisan lainnya yang berbasis online.

Seorang content writer tidak hanya bertanggung jawab menulis saja, tetapi juga memastikan supaya website, gambar serta tulian yang dia buat selaras dan berhubungan. Kebanyakan para pelaku profesi content writer dituntut untuk pandai memutar otak supaya bisa menulis konten-konten menarik yang diminati pembaca. Selain itu, content writer juga harus memastikantopik yang ditulis benar-benar sesuai target dan dalam kadar tertentu, seorang content writer juga bertanggung jawab terhadap traffic sebuah website.

Content writer merupakan salah satu profesi yang beberapa waktu terakhir sangat populer dan banyak diminati oleh anak-anak muda. Bahkan banyak situs pencari kerja yang saat ini menawarkan profesi content writer yang sebenarnya berbeda dengan copy writer dan content creator. Sebetulnya ketiga profesi tersebut adalah pekerjaan yang khusus membuat konten baik berupa tulisan, video, gambar, suara maupun gabungan beberapa materi tersebut yang nantinya konten-konten tersebut akan dishare di berbagai jenis media baik online maupun offline. Akan tetapi profesi content writer tentu memiliki perbedaan tersendiri dibanding profesi pembuat konten lainnya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

Job Deskripsi Profesi Content Writer

Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

Seorang content writer adalah penulis profesional yang mana tulisan yang sudah dibuat akan dipublish di internet yang saat ini profesi content writer sangat banyak dicari oleh perusahaan. Dimana perusahaan-perusahaan sengaja mencari para pekerja content writer untuk keperluan membuat konten berkualitas agar menarik pembaca sehingga dapat meningkatka traffic website perusahaan tersebut. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang content writer, maka setidaknya harus mempunyai beberapa keahlian.

Terdapat keahlian paling utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content writer yaitu kemampuan menulis konten. Untuk itulah sebagai seorang content writer nantinya Anda harus tahu hal-hal yang membuat pembaca tertarik untuk mengunjungi website lalu membaca setiap konten artikel yang ada di dalamnya. Selain harus memiliki kemampuan menulis, content writer juga harus mampu melakukan riset dimana riset tersebut nantinya sangat berguna untuk pengembangan sebuah konten yang akan ditulis.

Riset tersebut dapat dilakukan melalui wawancara atau bisa sekedar searching data-data yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan konten. Meski terlihat mudah, namun profesi content writer juga mempunyai sejumlah tanggung jawab. Dimana salah satu tanggung jawab yang paling utama yaitu meningkatkan jumlah pengunjung website melalui konten berupa tulisan artikel yang menarik. Para content writer juga diharuskan senantiasa konsisten memperbanyak konten artikel pada website perusahaan dengan tetap mengutamakan kualitas konten tersebut.

 

Baca Juga :      Mengenal Apa itu Copyright Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerjanya

 

Tugas  Content Writer

Bagi Anda yang ingin mencoba profesi content writer, sebaiknya perlu mengetahui apa saja tugas-tugas dari profesi satu ini. Secara umum, tugas dari seorang content writer antara lain sebagai berikut :

 

  • Mengelola Distribusi Konten Artikel di Sebuah Website Perusahaan

    Sebuah perusahaan yang membuka lowongan content writer, sudah pasti perusahaan tersebut memiliki website. Tugas content writer dalam perusahaan tersebut yaitu mengupdate artikel secara rutin pada website perusahaan dan artikel yang sudah ditulis akan dipublikasikan pada website perusahaan tersebut.

  • Mengisi Deskripsi Produk

    Bagi perusahaan yang mempunyai toko online maupun sejenisnya, tugas seorang content writer yaitu mengisi deskripsi produk yang ditampilkan pada website untuk  dapat membuat calon pembeli memahami apa saja spesifikasi dari produk- produk tersebut.

  • Mengelola Konten Media Sosial

    Pengisian konten media sosial sebetulnya dapat dilakukan oleh sosial media specialist akan tetapi terkadang sebagian perusahaan mempercayakan konten tersebut pada content writer. Ini bisa saja dikarenakan contenct writer lebih mampu mengolah data dengan lebih spesifik untuk topik tertentu.

  • Membantu Divisi Lain yang Berkaitan dengan Artikel

    Saat memilih profesi content writer dalam sebuah perusahaan, terkadang tugas Anda adalah membantu mengisi kebutuhan divisi lain yang berkaitan dengan artikel. Tidak jarang content writer juga menuangkan ide- ide dari divisi lain dalam bentuk tulisan mau pun penjelasan singkat.

  • Melakukan Riset

    Tugas seorang content writer berikutnya yaitu melakukan riset terhadap hal-hal yang sedang trend saat ini dan banyak dicari oleh orang. Nantinya hasil riset tersebut akan dituangkan menjadi artikel dan bertujuan agar dibaca oleh banyak orang sehingga mengundang traffic pembaca yang penasaran akan informasi trend masa kini.

 

Baca Juga :     Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows di Laptop / Komputer

 

Kualifikasi Profesi Content Writer

Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

Profesi content writer sebetulnya tidak memerlukan latar belakang khusus. Meskipun begitu, ada baiknya seorang content writer memiliki latar belakang pendidikan minimal sarjana. Bagi Anda yang berminat ingin menjadi seorang content writer, sebaiknya ketahui beberapa kualifikasi berikut :

 

  1. Memiliki Keahlian Menulis

    Seorang content writer harus menguasai kemampuan menulis karena pekerjaan utamanya adalah menulis artikel dan keahlian menulis ini meliputi pehamahan terhadap struktur hingga teknik penulisan. Anda juga harus mempunyai kemampuan story telling supaya tulisan yang dibuat dapat mengalir sehingga mudah dipahami pembaca.

  2. Tidak Gagap Teknologi

    Profesi content writer adalah pekerjaan yang berbasis online sehingga Anda dituntut tidak gagap teknologi (gaptek). Setidaknya Anda paham mengenai teknologi apa saja yang dapat dipakai serta dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan konten. Terlebih lagi untuk pembuatan artikel, Anda juga membutuhkan sumber dari berbagai media online.

  3. Peka Terhadap Tren

    Konten artikel harus dipastikan selalu up to date dan mengikuti perkembangan trend sehingga sebagai content writer, Anda wajib peka terhadap trend yan terbaru saat ini. Dengan begitu brand yang Anda kelola dapat menjadi sumber informasi bagi pembaca sekaligus menaikkan engagement aset.

 

Baca Juga :      Cara Menghapus Clear Cache & History di Browser Smartphone dan Laptop

 

Tanggung Jawab Content Writer

Profesi content writer sebetulnya tidak hanya menulis saja, tetapi juga memiliki beberapa tanggung jawab yang cukup besar diantaranya yaitu :

 

  • Membangun Branding Perusahaan

    Tulisan-tulisan yang sudah dipublikasikan, diharapkan dapat meningkatkan branding perusahaan dimana artikel yang ditulis content writer bisa meningkatkan awareness serta kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Oleh sebab itu penulisan yang baik akan mempengaruhi dari image perusahaan tersebut.

  • Meningkatkan SEO Website Sebuah Perusahaan

    Manfaat distribusi artikel untuk website perusahaan yaitu untuk meningkatkan SEO website perusahaan tersebut. Disinilah seorang content writer harus mempunyai pengetahuan dasar seputar SEO onpage agar tetap mampu menulis artikel yang mempunyai keyword dan SEO yang cpntohnya sedang trending.

  • Memonitor Statistik Artikel

    Content writer juga harus dapat melihat statistik artikel yang dipublikasikannya, dari situlah Anda bisa melihat performa artikel yang Anda buat agar kemudian dibuat pembaharuannya. Disini content writer harus rajin memonitor artikel mana saja yang mempunyai potensi kelemahan mau pun yang kuat.

 

Baca Juga :      Panduan Wirausaha : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Kelebihan, dan Keuntungannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang berminat ingin menekuni profesi content writer, maka pastikan Anda memiliki beberapa kehalian terutama yang berkaitan dengan kemampuan menulis dan merangkai kata-kata. Selain itu, Anda juga perlu menguasai keahlian membuat konsep tulisan dari hasil riset agar nantinya tulisan tersebut menarik bagi pembaca untuk mengarahkan mereka pada produk yang sedang dipromosikan oleh website.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seorang content writer juga harus mampu membuat konten yang fresh dan relevan dengan media website maupun media sosial perusahaan. Hal inilah yang menjadikan seorang content writer harus memiliki kreativitas dalam mengolah ide menjadi sebuah artikel yang menarik. Profesi content writer sebetulnya mudah untuk dilakukan, selama Anda memiliki keterampilan dan minat menulis. Juga dibutuhkan juga kreativitas supaya tulisan yang dihasilkan lebih maksimal sehingga bisa menarik lebih banyak pengunjung website perusahaan.

Related Post :