Tips dan Cara Bekerja di NGO Resmi di Indonesia

Tips dan Cara Bekerja di NGO Resmi di Indonesia

Bekerja dalam bidang yang terus berkembang dan membangun adalah pilihan yang menarik bagi orang-orang di seluruh dunia. Sektor ini telah tumbuh secara signifikan selama dua dekade terakhir karena organisasi ikut menjadi lebih besar, lebih canggih, dan semakin profesional. Bekerja untuk LSM atau NGO memberikan kesempatan untuk membuat perbedaan, mendukung orang lain yang membutuhkan dan menciptakan perubahan positif di komunitas di seluruh dunia.

Bagaimana sebenarnya mendapatkan pekerjaan dengan LSM adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang mempertimbangkan untuk masuk ke industri. Apakah pekerjaan ini membutuhkan gelar? Apakah adanya berbicara dalam bahasa yang berbeda? Apakah pelamar perlu menjadi sukarelawan dulu? Pengalaman seperti apakah yang dibutuhkan pekerjaan ini?

Ada banyak pertanyaan yang harus dicari tahu jika Anda tertarik ingin bekerjaan dengan sebuah NGO. Yayasan, komunitas, organisasi LSM atau NGO mempunyai latar belakang tersendiri. Dimulai dari bidang NGO tersebut hingga para pekerjanya yang tak kalah beragam dengan latar belakang berbeda. Mari cari tahu dan kenali apa yang dimaksud dengan NGO sebelum Anda memutuskan untuk bekerja dibidang ini.

 

Mengenal Apa Itu NGO

 

 

NGO adalah singkatan dari non-governmental organization yang di Indonesia lebih sering dikenal sebagai LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Meskipun tidak ada definisi yang disepakati secara universal tentang LSM atau NGO ini, biasanya NGO adalah kelompok atau lembaga sukarela dengan misi sosial, yang beroperasi secara independen dari pemerintah.

LSM/NGO atau organisasi ini biasanya serupa dengan lembaga di seluruh belahan dunia. Apa yang dianggap sebagai MGO di satu negara mungkin tidak memenuhi syarat sebagai NGO di negara lain, karena definisi hukum, kegiatan yang diizinkan, pemantauan, dan pengawasan berbeda dari satu negara ke negara lain. Ini juga termasuk istilah tersebut dapat mencakup banyak jenis organisasi.

Meskipun istilah-istilah ini tidak selalu dapat diubah, organisasi yang mirip dengan NGO dapat disebut nirlaba, amal, organisasi nirlaba (NPO), organisasi masyarakat sipil (CSO), organisasi sektor warga (CSO), organisasi manfaat sosial (SBO), organisasi advokasi, organisasi sukarela, organisasi pendukung akar rumput (GSO), dan aktor non-negara (NSA). Anda juga mungkin mendengar istilah sektor independen, sektor relawan, dan masyarakat sipil selama masih mencakup dalam lingkaran NGO.

 

Baca Juga :     Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan

 

Tips dan Cara Bekerja di NGO

Tips dan Cara Bekerja di NGO (Yayasan/ Komunitas / Organisasi) yang Resmi di Indonesia
 

Meskipun NGO sama kompetitifnya dengan industri biasa, pemahaman di mana Anda ingin bekerja, apa yang NGO butuhkan, dan cara melamar akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi impian. Berikut ini beberapa tips dan cara bekerja di NGO yang bisa Anda coba.

 

  • Pahami lanskap kerja yang kompetitif

    Peran NGO sama kompetitifnya dengan industri lain dan biasanya peluang kerja menarik minat yang signifikan. Adalah salah untuk berasumsi bahwa, jika Anda memiliki keterampilan tertentu yang diuraikan dalam deskripsi pekerjaan, Anda akan langsung mendapatkan pekerjaan tersebut. Anda benar-benar harus melakukan upaya yang signifikan untuk membuat diri Anda menonjol dan meyakinkan dari pelamar lainnya.

  • Lakukan riset sebelum melamar pekerjaan

    Jika Anda ingin bekerja di NGO tetapi masih tidak yakin NGO mana yang paling cocok untuk Anda, Asosiasi Organisasi Non-Pemerintah Dunia (World Association of Non-Governmental Organizations) menawarkan database online yang sangat besar dan komprehensif. Kemudian, setelah Anda memutuskan NGO yang menarik minta Anda, Anda perlu meneliti situs web mereka dan aktivitas mereka di berita. Anda membutuhkan pemahaman yang baik tentang pernyataan misi dan tujuan organisasi NGO, serta apa yang telah mereka capai baru-baru ini. Pastikan Anda sejalan dengan kode etik NGO dan motto kerjanya.
    Baca Juga :   Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja

  • Pertimbangkan pekerjaan sukarela

    Pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan di donasi pembagian makanan setempat, penampungan tunawisma, dan organisasi serupa. Anda juga mengambil peran kepemimpinan jika memungkinkan, atau cukup memberikan bantuan sebagai sukarelawan satu atau dua hari setiap bulan untuk membantu. Jenis pekerjaan amal ini, meski mulia, juga membantu meningkatkan CV Anda.

  • Pertimbangkan untuk menguasai banyak bahasa

    Biasanya, ini akan bergantung pada geografi tempat Anda ingin bekerja, tetapi secara umum, LSM menghargai multi-bahasa hanya karena sifat internasional dari pekerjaan mereka. Alasan yang bagus untuk mengasah keterampilan bahasa yang Anda miliki, atau bahkan mempelajari bahasa yang sama sekali baru.

  • Tunjukkan kredensial Anda

    Saat melamar ke NGO, Anda ingin menyajikan pengalaman relevan apa pun yang Anda miliki. Ini dapat mencakup keterlibatan sebelumnya dengan LSM, organisasi relawan, dan badan amal. Anda tentu tidak ingin Anda terlihat seperti baru saja memutuskan untuk bergabung dengan LSM dalam semalam. Sebaliknya, lamaran dan CV Anda harus memberikan kesan minat sebelumnya pada bidang terkait. Oleh karena itu, Anda akan memberi kesan baik mengenai kemampuan Anda nantinya.

  • Sesuaikan CV Anda

    Untuk CV, sebaiknya atur CV Anda sehingga pengalaman sukarela dan amal lebih terlihat. Jika ini biasanya disebutkan di bagian akhir, pertimbangkan untuk menampilkannya di depan dalam pendidikan, atau cukup luaskan bagian itu dengan lebih banyak informasi daripada yang biasanya Anda sertakan. Tapi jangan lupa, NGO akan melihat keterampilan komersial lain Anda yang dikembangkan di luar ruang NGO seperti halnya perusahaan lain, jadi jangan biarkan bagian CV Anda ini malah menutupi keterampilan dan pengalaman profesional Anda.

  • Siapkan diri Anda untuk wawancara

    Di mana Anda melihat diri Anda sendiri dalam waktu lima tahun? Apa yang Anda inginkan dari pengalaman dan posisi pekerjaan ini? Ini mungkin terdengar klise dan biasa Anda temui dalam wawancara kerja di bidang lain, tapi sesungguhnya hampir interview pekerjaan akan terlihat sama, maka dari itu siapkan diri Anda dengan baik.
    Baca Juga :    Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

  • Perluas networking Anda

    Perhatikan peluang jaringan atau networking yang akan membantu Anda membangun kontak lintas NGO. Ini bisa saja ditemui ketika Anda menghadiri seminar atau konferensi dan acara di mana NGO mengadakan acara, membuka booth di pameran, saat Anda menjadi sukarelawan LSM di akhir pekan, atau bahkan membuat beberapa kontak melalui LinkedIn.

  • Menjaga ritme dan tetap up to date akan issue/masalah terbaru

    NGO biasanya bergerak di bidang yang tidak umum seperti hak asasi manusia, perlindungan hewan, perlindungan bumi dan lain- lain. Dengan topik dan bidang pekerjaan ini bukanlah sesuatu yang mudah dan cepat untuk diselesaikan, tidak jarang NGO akan membutuhkan waktu bertahun- tahun untuk mencapai tujuan mereka. Agar diri Anda tetap termotivasi, maka ada baiknya memproyeksikan diri Anda dan alasan pertama Anda ingin bergabung dengan NGO tersebut.

 

Baca Juga :     Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Organisasi non-pemerintah, atau NGO (LSM), adalah kelompok independen yang berfokus pada kegiatan kemanusiaan dan aktivis di seluruh dunia. Meskipun biasanya dibiayai oleh sumbangan dan sukarelawan, sebagian besar LSM menawarkan magang, pekerjaan paruh waktu, dan juga pekerjaan penuh waktu. Posisi ini memberikan alternatif karir yang bagus bagi mereka yang ingin mencari nafkah sambil memperbaiki dunia.

Namun begitu ini adalah bidang pekerjaan yang tidak lazim seperti bidang pekerjaan lainnya. NGO biasanya akan berpusat pada suatu tujuan tertentu dan akan mengerahkan banyak waktu untuk dapat mengatasi apa yang menjadi tujuan pekerjaan mereka. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan NGO, mungkin menjadi volunteer atau sukarelawan adalah langkah pertama yang bisa Anda coba terlebih dahulu.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update