Email Marketing: Cara Kerja dan Tipsnya

Email Marketing: Cara Kerja dan Tipsnya

Di era yang serba memerluka teknologi saat ini, hampir semua orang menggunakan email untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Bagi mereka yang kesehariannya beraktivitas dengan menggunakan komputer atau laptop, maka tentu memiliki akun email pula. Email sendiri memiliki layanan yang gratis hingga berbayar seperti email marketing. Apa itu email marketing?

Email marketing saat ini sudah menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan saat ini untuk melakukan pemasaran. Email marketing sendiri dapat digunakan secara sederhana meski untuk perusahaan atau bisnis skala besar sekalipun. Akan tetapi, sebelum menggunakannya Anda juga perlu mengetahui dan memahami apa itu email marketing lebih dalam lagi.

Dengan mengetahui apa itu email marketing, maka Anda akan lebih mudah dalam memanfaatkannya untuk kepentingan perusahaan maupun bisnis. Pada artikel ini sendiri, Anda bisa menyimak lebih lanjut mengenai apa itu email marketing, cara kerja, hingga tips dan trik menggunakan email marketing untuk perusahaan maupun bisnis. Ingin tahu tentang semua penjelasan tersebut? Di bawah ini merupakan penjelasan lebih lanjut.

 

Mengenal Apa Itu Email Marketing

 

Email marketing merupakan strategi efektif yang cukup umum digunakan bagi mereka yang memiliki perusahaan ataupun bisnis dengan cara memanfaatkan email. Email marketing sendiri digunakan untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan kemudian mengarahkan mereka agar menjadi pelanggan setia dengan cara yang mudah.

Jenis email seperti email marketing ini juga digunakan untuk bereaksi langsung dengan tindakan pelanggan. Hal ini berarti apabila pelanggan sudah melakukan proses transaksi, maka Anda bisa mengirimkan email kepada mereka untuk menyelesaikan transaksi. Lantas bagaimana cara kerja email marketing tersebut? Mari simak artikel ini lebih lanjut lagi.

Baca Juga :     Tips Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnis

 

Cara Kerja Email Marketing

Bagi Anda yang ingin menggunakan email marketing, maka pada dasarnya strategi marketing ini dapat digunakan dengan cukup sederhana. Yakni seperti saat Anda ingin menulis sebuah surat kepada orang lain. Hanya saja, jika menggunakan email Anda dapat mengirim pesan dengan lebih cepat bahkan dapat disetai pula dengan file-file tertentu.

Berikut cara kerja dan cara mengoperasikan sebuah email marketing yang lazim digunakan :

 

  • Email bisa dibuka lalu tuliskan isi pesan yang ingin dikirimkan.
  • Kemudian, pengguna bisa memberikan instruksi pada email untuk mengirim pesan pada alamat email lainnya.
  • Selanjutnya, email server secara otomatis akan melakukan identifikasi alamat email tujuan. Kemudian, email akan mengirimkan pesan yang sudah Anda buat ke alamat yang sudah tertera.
  • Saat email sudah terkirim, maka isi pesan tersebut dapat tersimpan secara otomatif dalam email server. Dengan begitu, penerima dapat menemukannya edengan mudah.

 

Cara kerja email marketing sebenarnya sangat sederhana, akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui seperti apa tips dan trik menggunakan email marketing untuk kepentingan perusahaan atau bisnis. Seperti apa tips dan trick email marketing tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :      Panduan Lengkap Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing

 

Tips dan Trick Email Marketing untuk Bisnis/Perusahaan

Apa itu Email Marketing : Pengertian, Cara Kerja, Tips & Trick untuk Bisnis/Perusahaan
 

Pernahkah Anda mengirimkan email marketing? Namun Anda tidak mengetahui apakah strategi marketing tersebut sudah berjalan dengan baik? Beberapa tips berikut dapat Anda terapkan agar penggunaan email marketing dapat berjalan dengan lebih efektif. Apa saja? Di bawah ini diantaranya :

 

  • Identifikasi dulu target penerima email dengan tepat

    Tips & trick email marketing yang pertama Anda perlu mengenali atau mengidentifikasi terlebih dulu target penerima email dengan lebih tepat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui problem-problem apa yang sedang dihadapi oleh mereka. Dari hal tersebut maka Anda dapat menawarkan solusi-solusi tepat pada mereka lewat konten email yang Anda buat.
    Lantas, bagaimana caranya mengenali target email tersebut? Anda cukup melakukan survey-survei sederhana lewat email kemudian ketahui apa yang diharapkan oleh target atas produk atau jasa yang Anda miliki. Ketahui juga sampai tahap mana target mengenal perusahaan atau produk Anda.

  • Melakukan segmentasi pada penerima email

    Tips & trick email marketing selanjutnya, Anda perlu melakukan segmentasi pada target penerima email yang Anda miliki. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat konten, judul, dan isi email sesuai dengan apa yang mereka butuhkan saat itu. Anda juga bisa melakukan segmentasi sesuai dengan status pelanggan, perilaku pelanggan, jenis jasa atau produk yang mereka tertarik, lokasi greografis, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan segmentasi tersebut, maka Anda akan lebih tepat dalam mengirimkan isi konten kepada penerima.
     

    Baca Juga :    Tutorial Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting

  • Jangan sampai email yang Anda kirim masuk ke folder spam

    Jika Anda melakukan pengiriman email, akan tetapi yang terjadi adalah email masuk ke folder spam, maka dapat dipastikan bahwa email tersebut tidak pernah dibuka oleh target penerima. Lalu bagaimana solusi agar email tersebut tidak masuk ke folder spam? Anda bisa melakukan beberapa hal berikut :
     

    a. Anda dapat memastikan bahwa email yang menjadi target telah mendapatkan persetujuan dari pemiliknya. Salah satu cara mendapatkan email yang disetujui ini adalah dengan membeli daftar email melalui penyedia berbayar.
    b. Selanjuitnya, pastikan Anda memperoleh email tersebut dengan cara yang baik. Salah satunya bisa dengan menyediakan menu subscribe pada website yang Anda punya.
    c. Kemudian, kirimkan email memakai alamat IP Address yang belum pernah digunakan untuk melakukan spam.
    d. Anda dapat mengirim email memakai domain yang sudah terverifikasi.

  • Perhatikan penulisan judul agar dibuat semenarik mungkin

    Umumnya, para pengguna internet memutuskan untuk membuka email karena melihat judul dan kalimat pertama pada isi email yang ada. Jika dalam detik pertama mereka tertarik perhatiannya maka dapat dipastikan bahwa mereka dapat membaca keseluruhan isi konten email.
    Untuk itu, tips & trick email marketing yang satu ini perlu Anda terapkan. Lalu, bagaimana cara membuat judul dan kalimat pertama yang menarik? Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut:
     

    a. Buat judul yang bisa memberi rasa penasaran bagi para pembaca. Anda bisa menggunakan kalimat tanya yang menanyakan masalah yang sering mereka alami.
    b. Selanjutnya, jangan memakai kosa kata yang terlalu sulit dimengerti kebanyakan orang.
    c. Terakhir, Anda juga bisa menggunakan angka statistic agar pembaca juga merasa menasaran. Seperti contohnya, 30% orang diberbagai wilayah Indonesia sudah puas dengan pelayanan Kami, apakah Anda tidak ingin menjadi salah satunya?

  • Mengubah dan mengatur isi email 

    Dengan menuliskan isi email yang seolah-olah terkirim pada satu orang saja, maka penerima tersebut tentu akan merasa lebih diistimewakan. Namun Anda tetap bisa mengirimkannya kepada lebih dari satu penerima. Selain itu, dengan menuliskan email personal seperti ini maka gaya bahasa yang dibaca juga akan lebih enak.
    Email marketing memang bisa Anda jadikan solusi tepat sebagai strategi pemasaran digital.

 

Baca Juga :     Tutorial Cara Membuat Tanda Tangan / Signature di Email (Contoh : Gmail)

 

Kesimpulan dan Penutup

Tak hanya itu, email marketing memang dinilai lebih efektif untuk dilakukan. Terbukti dengan tingginya pengguna email marketing dari waktu ke waktu. Dengan menerapkan berbagai tips & trick email marketing di atas, maka mempromosikan produk maupun jasa Anda tentu akan jauh lebih mudah. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk memanfaatkan apa itu email marketing dalam bisnis maupun perusahaan Anda.

Terlebih sudah ada banyak pemilik bisnis yang berhasil memasarkan produk maupun jasa mereka dengan menggunakan email marketing. Tentunya mereka juga memiliki email list yang cukup banyak, dengan begitu dalam memasarkan produk pun akan lebih banyak mendapat keuntungan. Jadi, jika Anda pemilik bisnis maupun perusahaan dan belum pernah mencoba menggunakan apa itu email marketing, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakannya dari sekarang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update