Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik

Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik

Untuk sebagian besar pekerjaan di milenium baru ini, manajer perekrutan atau divisi HRD pasti memiliki ekspektasi dari resume yang lebih segar setiap tahunnya. Banyak hal yang diharapkan oleh perusahaan yang mencari calon pekerja mereka, dari penulisan CV (curriculum vitae) yang kreatif dan jelas hingga pelamar yang memang mengerti benar apa yang dicari oleh perusahaan. Terlebih lagi jika poin- poin persyaratan yang diberikan adalah khusus yang menuntut pelamar untuk memenuhinya.

Ini membuat menulis CV menjadi tidak mudah bagi setiap orang terutama bagi mereka yang baru saja menamatkan perkuliahan mereka atau fresh graduate. Sedangkan untuk melamar juga, pelamar harus mengetahui bidang pekerjaan yang mereka lamar untuk dapat menentukan CV jenis apakah yang harus mereka buat. Baik itu pelamar dalam bidang desain, hukum, ekonomi dan bisnis, harus tahu bagaimana merancang CV mereka dengan khas dan sesuai dengan bidang mereka masing- masing.

Baik Anda baru saja lulus kuliah atau akan lulus, panduan ekstensif tentang cara menulis format CV akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Namun tentu saja Anda harus mengikuti langkah membuatnya dengan teliti dan detail. Berikut ini tips membuat CV yang bisa Anda coba terapkan sendiri jika Anda adalah fresh graduate yang sedang mencari kerja.

 

Dasar Pembuatan CV

 

 

Jelas sekali bahwa mereka yang baru saja lulus cenderung tidak memiliki banyak pengalaman kerja. Meski begitu, perusahaan akan bisa melihat potensi masa depan, ambisi, etos kerja dan kepribadian yang ada dari seorang lulusan yang mendaftar kerja pada perusahaannya. Pada umumnya perusahaan seringkali tertarik pada potensi lulusan baru daripada pengalaman kerja mereka yang terbatas.

Kandidat yang berhasil lolos seleksi wawancara juga cenderung mereka yang mampu menunjukkan motivasi, antusiasme, memiliki keterampilan yang dapat dilihat dan mampu berkomunikasi secara efektif. Sedangkan hal-hal penting yang perlu diingat saat menulis CV Anda adalah :

 

  • Jangan meremehkan betapa pentingnya CV yang baik untuk dapat membantu Anda mendapatkan sebuah pekerjaan.
  • Manajer perekrutan atau HRD akan memutuskan dalam satu menit setelah mengambil CV Anda apakah akan menolaknya. Sangat penting bagi Anda untuk segera menarik perhatian mereka dengan tampilan CV yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Sebagai lulusan baru, yang terbaik adalah memulai CV Anda dengan mengandalkan pendidikan Anda, kecuali Anda juga memiliki catatan pengalaman kerja yang mengesankan.

 

Baca Juga :     Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja

 

Poin – poin Penulisan CV

Anda harus ingat bahwa tidak desain yang tepat bagi setiap orang, jadi Anda harus membuat konten CV Anda unik, daripada menggunakan tata letak yang rumit untuk membuat Anda menonjol dari pelamar di bidang pekerjaan yang sama

Maka dari itu meskipun CV adalah hal personal yang bisa disesuaikan, namun Anda harus tetap memperhatikan tata letak desain atau penggunaan font di CV Anda. Oleh karenanya, buatlah CV yang mudah dipahami, efisien serta praktis. Beberapa saran yang bisa Anda pertimbangkan adalah :

 

  • Gunakan font bisnis sederhana, seperti Arial, Calibri, atau Verdana dan pastikan Anda telah menggunakan font dan ukuran huruf yang sama di seluruh CV Anda.
  • Gunakan cetak tebal (bold) atau miring (italics) untuk menekankan teks khusus, seperti peran pekerjaan, daripada menggarisbawahinya saja.
  • Gunakan poin peluru (bullets), penomoran dan tanda hubung untuk memformat konten.
  • Pastikan paragraf baru, poin-poin penting, dan tajuk semuanya sejajar satu sama lain dan dengan gaya yang konsisten (misalnya, tajuk yang dicetak tebal dll)
  • Bagi CV Anda menjadi beberapa bagian dan pastikan bagian tersebut jelas (misalnya Profil, Pengalaman Kerja, Pendidikan) dan ketika mencantumkan pengalaman dalam bagian ini, pertahankan urutan kronologis terbalik, dengan pengalaman / pendidikan terbaru Anda di bagian atas.
  • Meski CV biasanya terdiri dari 2 halam namun lebih sedikit tidak apa-apa, tetapi apabila lebih dari itu, Anda beresiko kehilangan minat baca dari pihak HRD perusahaan.
  • Saat membaca Spesifikasi Pekerjaan, tentukan faktor terpenting apa yang dicari perusahaan dan pastikan pengalaman relevan Anda untuk ini ada di halaman depan CV Anda.
  • Jika perekrut menginginkan hard copy, gunakan kertas A4 berkualitas tinggi.

 

Baca Juga :     Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

 

Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja
 

Baik Anda sedang mencari pekerjaan paruh waktu, magang, atau jika Anda adalah lulusan baru yang mencari pekerjaan penuh waktu pertama, maka Anda tetap perlu membuat CV untuk melamar pekerjaan. Berikut adalah hal- hal yang perlu Anda terapkan dalam membuat CV pertama Anda sebagai fresh graduate :

 

  • Detail / header pribadi

    Ini adalah cara standar dan diwajibkan oleh semua perusahaan, tetapi perhatikan bahwa Anda tidak boleh menyertakan tanggal lahir, status perkawinan, atau jenis kelamin. Pastikan detail pribadi Anda ditempatkan dengan jelas di bagian atas halaman pertama CV Anda dan tidak memakan terlalu banyak ruang, Anda juga bisa menggunakan nama Anda sebagai tajuk sehingga muncul di kedua halaman CV Anda. Jangan menyertakan tajuk ‘Curriculum Vitae’ yang merupakan pemborosan ruang yang mungkin perlu Anda gunakan nanti.
    Hal-hal penting yang harus disertakan adalah:
    a) Nama
    b) Alamat surat menyurat
    c) Alamat email
    d) Nomor telepon

  • Profil pribadi

    Ini adalah bagian opsional dari template CV lulusan yang dapat digunakan untuk menunjukkan kepada atasan bahwa Anda fokus dan bertekad untuk mengejar karir di bidang yang Anda lamar. Kebanyakan perusahaan menginginkan ringkasan keahlian dan kesesuaian yang tidak rumit. Jangan terjebak dalam membuat pernyataan yang tidak berdasar, misalnya “Saya bekerja keras”, yang harus terbukti dari isi CV Anda. Alih-alih, buatlah ini menjadi pernyataan misi yang faktual dan relevan. Informasi apa pun yang Anda rasa perlu untuk disampaikan, tetapi tidak dapat dimasukkan ke dalam profil pribadi Anda, Anda harus menyertakan dalam surat lamaran pascasarjana Anda.
    Profil pribadi ini harus bisa :
    a) Muncul di awal CV Anda
    b) Tidak lebih dari 2-4 kalimat
    c) Berikan gambaran umum tentang situasi Anda saat ini, seperti “Saya baru saja lulus dengan gelar di …”
    d) Bersikaplah positif, bersemangat, dan langsung ke sasaran
    e) Hindari kata kunci seperti ‘dinamis’ dan ‘siap menjadi anggota tim’, yang akan digunakan oleh setiap pelamar
    f) Secara spesifik merinci apa yang ingin Anda lakukan seperti, “Saya sedang mencari pekerjaan sebagai … di bidang …”
    g) Pastikan Anda membuat CV khusus untuk pekerjaan dan perusahaan serta tidak menggunakan profil umum yang dapat digunakan untuk setiap CV semua bidang pekerjaan.

  • Riwayat pendidikan

    Tulis pendidikan Anda dalam urutan kronologis terbalik, jadi mulailah dengan gelar universitas Anda. Majikan menginginkan gambaran singkat tentang Anda sebagai seorang akademisi dan bukan ringkasan dari laporan sekolah Anda selama 15 tahun. Fokus pada nilai universitas Anda, spesialisasi, dan pengalaman ekstra-kurikuler untuk memulai CV Anda. Istilah yang sering digunakan dalam kaitannya dengan pasar kerja lulusan adalah ‘keterampilan yang dapat dimanfaatkan’ dan bagian ini adalah di mana Anda perlu menyoroti keterampilan yang mungkin mencakup keterampilan kepemimpinan, manajemen proyek, komunikasi dan presentasi.
    Pada dasarnya bagian pendidikan harus berisi :
    a) Kualifikasi gelar dalam urutan kronologis terbalik
    b) Tanggal Anda lulus sekolah
    c) Lebih detail tentang spesialisasi / pengalaman universitas
    d) Keterampilan lain, misalnya kemampuan berbahasa dan lain-lain

  • Pengalaman kerja dan berorganisasi

    Di poin ini Anda dapat memasukkan semua yang telah Anda lakukan mulai dari magang siswa dan pekerjaan sukarela hingga kegiatan Anda di organisasi. Meski bagi sebagian orang poin ini tidak penting, namun pengalaman di luar sekolah juga dapat membantu Anda membentuk personaliti Anda yang bisa dilihat oleh perusahaan yang sedang Anda lamar. Sekali lagi, pengalaman kerja siswa Anda harus dicantumkan dalam urutan kronologis terbalik.

  • Hobi dan aktivitas

    Ini adalah tempat untuk berbicara sedikit tentang Anda sebagai pribadi, di luar pekerjaan, dan membiarkan kepribadian Anda bersinar. Anda dapat menyebutkan aktivitas atau hobi apa pun, tetapi tetap sesuai, ada hal-hal tertentu yang tidak ingin didengar oleh perekrut lulusan, jadi gunakan kebijaksanaan Anda sendiri. Cobalah untuk menghindari daftar yang tidak relevan dari hal-hal yang Anda sukai tanpa bukti yang dapat mendukungnya. Anda juga dapat mencantumkan bahwa Anda adalah salah satu anggota komunitas penggiat hobi jika Anda memang bergabung didalamnya.

  • Referensi

    Dua referensi cukup untuk CV lulusan tingkat awal seperti Anda, yakni referensi akademis dan pengalaman kerja bila Anda. Disini Anda dapat mencantumkan nama pemberi referensi secara garis besar saja atau jika Anda memang punya sebuah surat pernyataan valid, Anda juga dapat menyertakannya.

 

Baca Juga :    Tips dan Cara Bekerja di NGO (Yayasan/ Komunitas / Organisasi) yang Resmi di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Apa kesan keseluruhan yang dapat ditangkap dari CV pertama Anda? Apakah CV ini mampu menyampaikan semua pencapaian Anda serta gagasan tentang Anda secara pribadi? Apakah Anda melewatkan sesuatu yang sangat penting? Jika Anda sudah menerapkan poin dan tips penulisan diatas, jangan lupa untuk tetap mengoreksinya sekali lagi.

Jangan berpuas diri saat mengirimkan CV Anda ke banyak perusahaan, berikan diri Anda jeda di antara setiap CV dan pastikan Anda telah mencakup semua aspek saat menulis atau menyesuaikannya secara personal untuk tiap perusahaan berbeda. Satu hal lagi yang penting, jangan tergoda untuk menambahkan klaim diluar kemampuan Anda sebenarnya mengingat Anda bisa saja tidak dapat membuktikan semua klaim tersebut yang akan membuat kemampuan asli Anda tidak bersinar seperti seharusnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update