Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha Online

Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha Online

Untuk memulai suatu usaha diperlukan kerja keras dan semangat didalamnya. Usaha tidak akan berjalan tanpa adanya sifat pantang menyerah dan terus berusaha. Kunci utama dari seseorang untuk memulai usaha adalah niat. Jika sudah memiliki niat yang kuat semua permasalahan dapat teratasi. Permasalahan yang muncul di jaman sekarang beragam maka dari itu dibutuhkan inovasi lebih oleh para penggiat usaha.

Usaha online menjadi inovasi baru dalam dunia bisnis. Penjualan yang dilakukan secara online dinilai lebih menguntungkan daripada usaha secara offline. Di jaman yang serba canggih ini orang-orang tentunya memilih yang praktis termasuk dalam membeli sesuatu. Memulai suatu usaha online tentunya membutuhkan wadah untuk menjual produknya yaitu website.

Website berguna sebagai tempat untuk memperlihatkan produk dari seorang pengusaha. Di dalam website dapat menampilkan foto, deskripsi produk dan lain-lain. Melalui website pula pelanggan dapat melakukan pembelian suatu produk. Namun untuk memiliki website Anda memerlukan domain atau nama unik sebagai alamat website. Nama domain sangat penting karena berguna bagi pelanggan untuk mengunjungi toko online Anda. Terdapat beberapa cara untuk memilih nama domain yang baik dan benar, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Istilah  dan Kisaran Harga Domain

Sebelum membuat nama domain perlu diketahui pengertian dari domain tersebut. Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan alamat IP. Jika sebuah domain menggunakan alamat IP berupa angka akan susah untuk diingat, maka dari itu menggunakan nama unik. Dengan kata lain domain adalah alamat untuk menuju sebuah website.

Contoh penggunaan domain adalah www.idcloudhost.com nah, ‘idcloudhost’ ini adalah nama domain. Sedangkan (dot)COM adalah ekstensi domain. Ekstensi domain adalah akhiran dari domain. Terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

Domain dapat dibeli dengan harga yang bermacam-macam tergantung pemilihan ekstensi domain. Contoh domain populer adalah youtube.com, facebook.com dan lain-lain. Domain .com sendiri termasuk salah satu domain populer yang kerap digunakan atau biasa juga dikenal dengan istilah Top Level Domain (TLD). Selain domain .com, masih ada domain lainnya seperti .web.id, .id, .co.id, .net, .biz dan masih banyak lagi. Domain tersebut dibeli dengan sistem sewa yang harus dibayar tiap bulan atau tiap tahun. Anda dapat memilih sendiri ekstensi domain yang cocok untuk usaha Anda dengan mengunjungi website www.idcloudhost.com . Terdapat banyak promo menarik dan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Baca Juga :    Bagaimana Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google (SEO)

 

Macam-Macam Ekstensi Domain

 

Ekstensi domain adalah akhiran dari sebuah nama domain lengkap. Terdapat banyak ekstensi domain yang sering digunakan untuk alamat sebuah website. Ternyata ekstensi domain memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda-beda. Ada juga domain yang jarang atau digunakan untuk website tertentu. Berikut macam ekstensi domain beserta pengertiannya :

 

  • .com

    Digunakan untuk keperluan komersial

  • .org

    Digunakan untuk keperluan organisasi

  • .net

    Digunakan untuk keperluan internet/ network

  • .edu

    Digunakan untuk keperluan pendidikan

  • .info

    Digunakan untuk keperluan informasi

  • .net

    Digunakan untuk keperluan internet

  • .asia 

    Digunakan untuk domain di asia

  • .edu

    Digunakan untuk pendidikan

  • .gov

    Digunakan untuk pemerintahan

  • .id

    Digunakan untuk nama domain di Indonesia

  • .sg

    Digunakan untuk nama domain di Singapura

  • .us

    Digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat

  • .au

    Digunakan untuk nama domain di Australia

  • .ac.id

    Digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi

  • .co.id

    Digunakan untuk kepentingan komersial

  • .desa.id

    Digunakan untuk situs pemerintahan desa

  • .or.id

    Digunakan untuk organisasi

  • .net.id

    Digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi

  • .web.id

    Digunakan untuk perseorangan maupun organisasi

  • .sch.id

    Digunakan untuk sekolah

  • .go.id

    Digunakan untuk instansi pemerintah

  • .online

    Digunakan untuk website perusahaan, website startup, profil personal dan blog

  • .tech

    Digunakan untuk membangun website developer, website company profile, website tentang produk yang berhubungan dengan teknologi, website lembaga kursus, website tentang event tertentu ataupun website untuk keperluan seminar inovasi dan teknologi

  • .site

    Digunakan untuk membuat personal website ataupun bisnis online

  • .press

    Digunakan untuk website berita, website surat kabar, website para wartawan, website asosiasi pers, website media massa, website organisasi/ lembaga, website jurnalistik, blogger bahkan website fotografi.

  • .store

    Digunakan untuk website toko online, website bisnis lokal, startup yang berhubungan dengan ecommerce, website retail dan website-website yang berhubungan dengan toko online.

  • .shop

    Digunakan untuk membuat toko online, ecommerce

  • .online

    Digunakan untuk website perusahaan, website startup, website profil, website personal dan blog

  • .website

    Digunakan untuk website pribadi atau blog

 

Baca Juga :    Tutorial Cara Setting Domain Forwarding

 

Hubungan Brand Dengan Domain

Kekuatan nama brand sangat berpengaruh terhadap dunia usaha. Di dunia usaha offline tentunya sudah banyak sekali brand ternama yang dikenal. Contoh dari kekuatan brand adalah produk mie instan yang beragam namanya tetapi masih banyak orang yang menyebut mie instan dengan “indomie”. Mengapa hal tersebut terjadi karena nama tersebut mudah diingat dan mudah diucapkan. Di dunia online pun juga seperti itu, membangun brand yang memiliki khas dan mudah diingat tentu saja baik untuk usaha Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena nama domain yang dimiliki. Merek produk/nama bisnis dihubungkan dengan nama domain pada website, karena nama domain di website adalah aset penting dalam usaha online.

Baca Juga :   Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

 

Cara Memilih Nama Domain Untuk Usaha Online

Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha Online yang Baik dan Benar
 

Pemilihan nama domain ini tidak boleh sembarangan. Hal tersebut dikarenakan nama domain adalah layaknya identitas dari usaha online Anda. Dimana yang pertama kali diingat adalah nama dari produk yang dijadikan nama domain. Berikut beberapa cara memilih nama domain untuk usaha online :

 

  1. Pilih Tema Usaha Anda

    Langkah pertama yang diambil adalah tema. Sebelum beli domain untuk usaha online Anda, tentukanlah nama yang cocok dan pas. Tidak lupa untuk menentukan target pemasaran yang dituju. Jika sudah menentukan tema dan target pemasaran yang dituju barulah membuat nama domain dan juga brand untuk usaha Anda.

  2. Penentuan Nama Domain

    Nah langkah kedua ini baru Anda dapat memilih nama domain yang sesuai. Pemilihan nama domain tentunya jangan yang terlalu panjang dan susah untuk dihafalkan. Nama domain yang baik adalah menggunakan angka dan banyak simbol atau tanda penghubung. Contoh dari nama domain yang baik adalah www(dot)nomorempat(dot)id janganlah menggunakan www(dot)nomor4(dot)id . Begitu juga dengan tanda hubung.
    Tanda hubung membuat nama domain Anda sulit diingat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tanda hubung seperti strip (-) dan underscore (_). Tujuannya adalah apabila pelanggan mencari nama domain website Anda, tidak terjadi kesalahan pengetikan. Selain itu nama domain yang baik juga tidak terlalu panjang. Meskipun maksimal nama domain adalah 63 karakter tetapi sebaiknya gunakan 1 atau 2 kata untuk membuat nama domain. Sebab untuk menghindari kesalahan pengetikan pada saat akan membuka website Anda.

  3. Riset Nama Domain

    Maksud dari riset nama domain ini adalah mengecek apakah nama dari usaha Anda ini legal secara hukum dan tidak sama dengan orang lain. Selain itu juga untuk masa depan usaha Anda di masa depan agar tidak ada orang yang menggunakan nama yang sama. Periksa nama bisnis dan domain website yang Anda inginkan di website database merek dagang (trademark), misalnya seperti:
    a) USPTO.gov
    b) WIPO
    c) WIPO Indonesia
    d) e-Status HKI
    e) Dirjen Kekayaan Intelektual
    d) ASEAN TMView
    Untuk mengecek nama domain Anda apakah sudah ada yang memakai atau belum. Sebaiknya, Anda juga memeriksanya pada di website seperti :
    a) Namechk
    b) NameCheckr
    c) KnowEm
    Masukkan nama domain Anda, lalu pastikan nama domain Anda belum ada yang menggunakan sebagai profil social media.

  4. Sisipkan Keyword

    Hal yang perlu dilakukan agar website Anda muncul pada pilihan pertama pada google adalah menyisipkan kata kunci atau keyword. Jika domainmu digunakan untuk website bisnis, gunakan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan pelayanan yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis baju muslim, masukkan kata “baju muslim” di nama domain. Menggunakan keyword pada domain juga dapat membantu SEO website agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Setelah itu, traffic website-mu juga akan meningkat.

 

Baca Juga :    Tips Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Cara Menggunakannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Selain cara diatas untuk menentukan nama domain, hal lain yang perlu dilakukan adalah menyewa hosting. Hosting dapat diistilahkan sebagai rumah dari website, sedangkan domain adalah alamat dari website. Pemilihan hosting sendiri cukup beragam menurut kualitasnya. Untuk memulai bisnis sewa lah hosting yang secukupnya saja sesuai keperluan atau Anda bisa melakukan shared hosting agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Keduanya sangat penting untuk membuat website tersebut dapat diakses oleh semua orang.

Setelah semuanya cara-cara di atas sudah dilakukan, mulailah untuk mengembangkan usaha Anda dengan melakukan promosi baik online maupun offline. Promosi membuat produk Anda dikenal orang banyak. Dengan begitu semakin banyak pula pengunjung di website Anda. Kelolalah website Anda dengan baik agar usaha online Anda tetap berjalan dan lakukan pengecekan dan maintenance secara rutin. Dapatkan domain murah Indonesia hanya di IDCloudHost!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update