Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Setelah Anda mendaftarkan nama domain bisnis Anda dan mendaftar di host web pilihan Anda, langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain Anda ke akun hosting Anda. Cara ini dapat disebut sebagai pengaturan domain Anda DNS (Domain Name System) dan ini merupakan langkah penting dalam membuat bisnis Anda aktif di web serta meluncurkannya dengan resmi.

Tapi terkadang ada juga pengguna yang membeli domain dan hosting di tempat berbeda- beda pula. Sedangkan pengguna tersebut ingin mengarahkan domain mereka pada server hosting yang berbeda itu. Anda dapat menyatukan keduanya dan ini tidaklah mustahil untuk dilakukan dengan cara mengarahkan domain ke server atau hosting melalui alamat IP

Proses awalnya akan memulai dengan proses run-through. Kita akan membahas beberapa dasar-dasar tentang DNS domain dan juga membahas beberapa aspek teknis yang patut Anda ketahui. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah langkah-langkah untuk menyesuaikan DNS domain Anda. meski terdengar sangat teknis, mari ikuti cara menghubungkan domain dengan hosting yang sederhana ini.

 

Persyaratan Sebelum Menghubungkan Domain ke Hosting

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda
 

Sebelum kita memulai langkah selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan. Berikut ini 2 poin yang harus Anda miliki sebelumnya :

  • Anda Sudah Memiliki Nama Domain

    Biasanya orang-orang yang mencari artikel ini telah membeli nama domain mereka sendiri karena itu mereka ingin menggabungkan keduanya. Atau bisa juga dibilang bahwa Anda memiliki paket hosting di tempat lain dan Anda diberikan server nama untuk domain Anda.

  • Anda Sudah Memiliki Akun Web Hosting

    Host web pada dasarnya adalah perusahaan yang memiliki komputer dengan konfigurasi khusus yang terhubung secara permanen ke Internet. Mereka memungkinkan Anda untuk dapat menempatkan situs web Anda sendiri di sistem mereka (biasanya karena Anda membayar mereka biaya bulanan untuk mendapatkan paket layanan ini) sehingga dapat dilihat oleh orang lain di Internet.

 

Jika Anda tidak memiliki host web, Anda harus mendaftar sebelum dapat mengarahkan domain Anda ke mana saja atau meluncurkannya di dunia maya. Host web Anda juga harus memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain Anda sendiri untuk situs Anda yang merupakan hal yang biasa dilakukan setiap host web komersial berbayar.

Baca Juga :  Cara Setting Child Nameserver untuk Reseller Hosting

 

Cara Mengaitkan Nama domain dengan Situs Website

Pada dasarnya untuk mengaitkan atau menghubungkan nama domain dengan hosting Anda tidaklah serumit yang dibayangkan. Terlebih lagi Anda juga menggunakan domain dan hosting yang berbeda pula. Berikut ini langkah umum yang bisa Anda terapkan sendiri dirumah.

Cari Tahu Server Nama Host Web Anda

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda
 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu daftar server nama yang digunakan oleh host web Anda. Cara termudah untuk mengetahui server nama yang digunakan oleh host web Anda untuk domain Anda adalah dengan menanyakannya. Cara yang lebih cepat adalah dengan mencari informasi sendiri di surel yang dikirim kepada Anda oleh host ketika Anda pertama kali mendaftar atau dari dokumentasi di situs web host Anda.

Jika Anda tidak tahu di mana mendapatkan informasi, hubungi host web Anda dan minta mereka untuk server DNS atau name server yang akan digunakan untuk domain Anda. Daftar name server akan sering terlihat seperti ns1(dot)example(dot)com, ns2(dot)example(dot)com, dan seterusnya, di mana example(dot)com mungkin akan digantikan oleh beberapa nama domain lain yang digunakan oleh host web Anda untuk server mereka.

Host web Anda mungkin memberi Anda 2 atau lebih alamat server nama. Catat atau simpan semua nama ini. Lebih baik lagi, biarkan email atau halaman web yang berisi nama-nama ini tetap terbuka di komputer Anda sehingga Anda dapat memotong (cut) dan menempelnya (paste) nanti. Anda harus memasukkan nama-nama ini, persis seperti yang diberikan, ke sistem registrar Anda.

Baca Juga :   PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

 

Masukkan Server Nama ke dalam Pengaturan Registrar Anda untuk Domain Anda

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda
 

Setelah Anda memiliki daftar server nama, buka pendaftar nama domain Anda dan masuk ke sistem mereka. Pada langkah ini Anda akan membutuhkan nama login dan kata sandi yang Anda buat saat pertama kali mendaftarkan domain Anda. Setelah masuk, Anda perlu mencari beberapa opsi untuk pilihan mengatur atau mengubah server nama domain Anda.

Setiap pendaftar memiliki cara yang berbeda dalam melakukan proses ini merujuk pada akun domain masing- masing dan tidak ada metode standar untuk semua domain. Jadi pastikan Anda mengerti perincian tentang cara menemukan opsi dan menu yang Anda butuhkan.

Tetapi secara umum, Anda dapat mencoba cara yang berikut ini untuk menemukan halaman di situs registrar Anda yang memungkinkan Anda memodifikasi server nama :

  • Temukan cara untuk mendaftarkan semua domain Anda di situs registrar. Meski berbeda- beda, Anda terkadang dapat menemukan opsi ini di halaman Domain Saya,halaman Manajer Domain atau nama yang serupa (sama dengan dua pilihan tadi).
  • Pilih domain yang Anda ingin melakukan pengaturan name server. Tidak jarang ada pilihan dalam menempatkan tanda centang ke dalam kotak di samping nama domain Anda di daftar nama. Atau jika Anda hanya memiliki satu nama domain, Anda bahkan dapat mengklik nama domain untuk menuju ke layar pengaturan.
  • Beberapa pendaftar memiliki tautan menu Kelola DNS, atau tombol DNS, mau pun tombol Name Server. Jika Anda melihat tautan atau tombol seperti itu, mungkin Anda dapat mengkliknya. Pada dasarnya Anda dapat menemukan dan menggunakan pilihan yang berarti sama yaitu DNS, Name Server, Server, Pengaturan, Pengubahan, Kelola, Modifikasi, Ubah, Edit dan lain- lainya.

Baca Juga :   Tips Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Cara Menggunakannya

 

Setelah Anda berhasil menemukan halaman yang benar untuk mengubah server nama Anda, Anda mungkin akan melihat formulir yang memungkinkan Anda memasukkan hal-hal seperti Server Nama Utama, “Server Nama Sekunder, Server Nama Tersier dan mungkin bahkan lebih (seperti server nama keempat, kelima dan keenam juga). Kata-kata persis yang digunakan mungkin tidak sama, tetapi pada dasarnya harus berarti server nama depan Anda, server nama kedua, dan sebagainya.

Masukkan server nama depan Anda dari daftar, biasanya nama yang diawali dengan “ns1”, ke dalam kolom Server Nama Utama. Kemudian ketik server nama kedua Anda, nama yang dimulai dengan “ns2”, ke dalam bidang Server Nama Sekunder dan seterusnya. Nama domain sendiri harus memiliki setidaknya 2 server nama yang terkait dengannya. Beberapa host web juga dapat memberi Anda 2 pilihan atau lebih banyak pilihan.

Beberapa host memungkinkan Anda untuk memasukkan hingga 6 nama meski ada juga yang memperbolehkan hingga 2 saja. Jika Anda hanya memiliki 2 server nama untuk dimasukkan, tetapi pendaftar Anda memberikan Anda 6 bidang, cukup masukkan yang pertama 2 dan tinggalkan bidang lainnya kosong. Namun apabila Anda memiliki 3 server nama untuk dimasukkan, tetapi pendaftar Anda hanya mengizinkan Anda untuk memasukkan 2, cukup masukkan 2 yang pertama dari daftar Anda.

Jangan khawatir tentang bidang yang tidak bisa Anda gunakan, atau server nama tambahan yang disediakan oleh host web Anda yang tidak dapat Anda masukkan. Domain Anda akan berfungsi dengan baik tanpa harus mengisi tambahan itu. Pilihan- pilihan yang lebih itu ada untuk memberikan sedikit redundansi, sehingga situs Anda akan tetap berfungsi jika server nama pertama gagal.

Baca Juga :   Tutorial Mengedit DNS Zone Domain (Account Reseller)

 

Kesimpulan dan penutup

Langkah- langkah diatas bisa dikatakan cukup mudah untuk diterapkan namun jika Anda tidak dapat menemukan tempat untuk mengatur server nama Anda dan melakukan kesalahan karena bingung mencari opsi yang benar, Anda dapat mencari bantuan langsung dari opsi FAQ (Frequently Asked Questions) dan CS web hosting Anda masing – masing.

Atau juga Anda merasa benar- benar tidak memahami petunjuk dan tidak berani mengubah tombol dan menu, cara yang terbaik memang adalah menghubungi host Anda untuk meminta panduan atau guide. Tetapi sayangnya tidak semua host mempunyai pilihan sigap dan mau tidak mau Anda harus mencari jalan keluar sendiri seperti dengan membaca artikel- artikel yang relevan.

Namun jika Anda telah berhasil mengatur name server Anda, berarti host dan petunjuk yang Anda ikuti telah benar. Anda telah berhasil menggabungkan dan menghubungkan domain dengan hosting Anda yang berbeda- beda. Meski harus menunggu hingga 2 hari atau terkadang lebih untuk seluruh mesin pencari online dalam mengindeks situs Anda, tapi paling tidak Anda telah berhasil dan sukses meluncurkannya.

Related Post :

popup image