Tips Memilih Provider Cloud VPS Terbaik

Tips Memilih Provider Cloud VPS Terbaik

Penyimpanan data berbasis cloud semakin populer di kalangan masyarakat. Cloud merupakan bagian dari inovasi terbaru yang memberikan server tersendiri untuk menyimpan data user. Jika dilihat lebih lanjut, cloud VPS juga termasuk salah satu didalamnya. Cloud VPS hosting adalah layanan virtual private server berbasis cloud dimana hanya user yang menggunakan sumber daya dari suatu server. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Perhatikanlah cara untuk memilih provider cloud VPS terbaik.

Berbeda dari shared hosting yang memiliki satu server tetapi harus dibagi dengan berbagai user. Salah satu keunggulan dari cloud VPS adalah user diberikan server sendiri untuk dimanfaatkan. Ada beberapa kelebihan dari layanan cloud VPS antara lain: skalabilitas,sumber daya selalu tersedia hingga ketersediaan yang tinggi. Tertarik menggunakan layanan cloud VPS? Jika iya simak beberapa tips memilih provider cloud VPS terbaik dibawah ini. 

Apa Itu Cloud VPS?

Apa Itu Cloud VPS? Cloud VPS adalah layanan private server yang memiliki server khusus untuk digunakan oleh user tanpa harus dibagi dengan user lainnya. Artinya satu user memiliki satu server. Setiap server virtual tetap menjalankan sistem operasi lengkapnya sendiri, dan setiap server dapat di-boot ulang secara independen. 

Biasanya dengan layanan ini Anda bisa melakukan aktivitas kapan saja hingga 24 jam penuh. Hal ini disebabkan oleh penggunaan akses root atau utama yang ada pada cloud VPS. Sehingga cloud VPS memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya yang bisa diskalakan serta yang sudah ter virtualisasi.

Baca juga : Mengenal Teknologi Cloud Storage Lebih Dekat

Keunggulan Cloud VPS

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan cloud VPS yaitu:

  • Skalabilitas

Keunggulan pertama yang Anda dapatkan ketika menggunakan layanan cloud virtual private server adalah dari segi skalabilitas yang diberikannya. Cloud VPS lebih mudah diskalakan daripada server khusus lainnya. Sehingga Anda dapat langsung membuat skala mengenai kinerja CPU yang Anda miliki, diikuti dengan berapa RAM yang Anda butuhkan dan juga memori. Hal ini juga membuat biaya komponen pendukung menjadi lebih minim pengeluaran.

  • Sumber Daya

Keunggulan selanjutnya adalah dari segi sumber daya. Setiap cloud VPS memiliki sumber daya yang terdapat didalamnya seperti CPU, RAM dan lain-lain. Sumber daya ini hanya bisa digunakan oleh user yang menyewa saja, tidak untuk dibagikan dengan user atau klien lain. Jadi, satu sumber daya satu user. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila trafik sedang melonjak, semua sumber daya tersebut bisa digunakan sepenuhnya.

  • Akses Dimanapun dan Kapanpun

Cloud VPS seperti namanya tentu menggunakan sistem cloud. Hal ini  memberikan kebebasan bagi Anda yang ingin mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja tanpa khawatir akan dibatasi. Selama memiliki koneksi internet yang baik, maka Anda bisa memperbaharui website milik Anda dari manapun. Dengan sistem cloud ini juga resiko akan kehilangan data akibat virus atau malware dapat dihindari dengan baik.

  • Dijamin Aman

Semua data yang tersimpan di dalam cloud akan terjamin keamanannya. Hal ini disebabkan oleh penggunaan fitur keamanan seperti Single Sign-On atau Two-Factor Authentication. Anda tidak perlu menunggu waktu perbaikan server karena sistem cloud juga bisa ditingkatkan secara otomatis, bahkan jika Anda sedang menggunakan platform tersebut.

  • Harga Terjangkau 

Jika dibandingkan dengan beberapa opsi layanan atau produk lainnya. Cloud VPS menawarkan harga yang terjangkau. Selain itu, Anda dibebaskan untuk memilih kira-kira sumber daya apa saja yang Anda butuhkan untuk Anda gunakan. Yang membedakannya dari opsi lain juga dari sistem pembayarannya yaitu pay per use, sehingga jika Anda tidak memakainya tidak perlu membayar lebih hanya sesuai dengan kebutuhan yang Anda gunakan saja. 

Baca juga: Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

10+ Tips Memilih Provider Cloud VPS Terbaik

provider cloud VPS

Setelah beberapa keunggulan cloud VPS diatas, Anda akan semakin yakin bukan untuk menggunakannya? Sebelum itu ketahui terlebih dahulu tips memilih provider cloud VPS agar website Anda berjalan dengan cepat dan lancar berikut ini.

  • Tentukan Tujuan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memilih provider cloud VPS terbaik adalah tentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda untuk menggunakan layanan ini. Tujuannya pun beragam bisa saja Anda gunakan untuk menyimpan data, menjalankan situs web bisnis milik Anda dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menentukan tujuan yang berdampak pada rancangan masa depan, agar penggunaan layanan VPS bisa secara maksimal.

  • Cari Informasi Lengkap

Setelah menentukan tujuan Anda menggunakan layanan ini. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari informasi yang lengkap dan detail mengenai layanan VPS terbaik dari penyedia web hosting. Anda bisa mencari informasinya di internet atau bahkan sosial media. Tujuannya adalah agar Anda menemukan provider cloud VPS terbaik yang bisa Anda gunakan.

  • Sistem Operasi

Kemudian yang perlu untuk Anda perhatikan adalah sistem operasi yang disediakan oleh provider. Ini menjadi faktor utama yang harus Anda ketahui. Ada beberapa provider yang hanya menyediakan satu OS saja misalnya hanya windows atau linux. Tetapi tidak perlu khawatir, ada juga provider yang menyediakan kedua sistem operasi ini salah satunya adalah IDCloudHost.

  • Kapasitas RAM dan CPU

Faktor yang juga perlu untuk Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menyewa layanan provider cloud VPS adalah kapasitas RAM dan CPU yang telah tersedia. Karena untuk menjalankan beberapa situs web sekaligus dalam satu VPS tentu memerlukan kapasitas yang besar. Tujuannya agar semua data pada situs web yang berbeda dapat tersimpan dengan baik. Biasanya RAM akan berjalan dengan kapasitas 4GB sesuai dengan paket yang Anda gunakan.

  • Kapasitas Bandwidth

Selain RAM dan CPU kapasitas dari bandwidth juga berpengaruh terhadap kecepatan akses VPS. Pada umumnya, penyedia layanan VPS menentukan batas dari penggunaan bandwidth, dengan pengaturan yang dilakukan setiap bulannya. Jika limit dari bandwidth telah habis, maka kecepatan akses ke VPS akan lebih lambat.

  • Penyimpanan 

Dari segi penyimpanan juga tidak kalah penting, karena ada tipe penyimpanan yaitu Hard disk dan SSD. Ada dua perbedaan pada tipe ini jika menggunakan hard disk lebih murah untuk ditawarkan. Pada VPS yang menjadi media penyimpanan adalah SSD. Karena menggunakan SSD membuat hasilnya menjadi lebih optimal serta memiliki kecepatan yang lebih cepat. Ini menjadi perbandingan yang cukup signifikan sehingga membuat SSD jauh lebih menonjol. Selain itu, SSD juga memiliki ketahanan yang lebih kuat dalam menangani masalah.

  • Teknologi yang Digunakan

Setiap perangkat harus didukung dengan teknologi yang ada didalamnya. Bukan hanya itu saja tetapi juga perangkat lunak apa saja yang kira-kira mendukung dalam layanan cloud VPS. Hal ini dikarenakan ada beberapa diantara aplikasi yang tidak mendukung teknologi atau software tersebut sehingga tidak bisa digunakan.

  • Konfigurasi

Hal ini menjadi bagian penting yang juga Anda harus perhatikan dalam memilih provider layanan cloud VPS. Konfigurasi yang disediakan biasanya ada dua jenis yaitu unmanaged atau managed. Tentu ada perbedaan diantara keduanya.

Jika managed sama seperti namanya, segala bentuk instalasi, konfigurasi hingga maintenance akan diambil alih oleh penyedia layanan. Sehingga pengguna tidak perlu merasa repot untuk mengatur semuanya sendirian.

Berbanding terbalik pada unmanaged yang segala bentuk instalasi hingga maintenance dilakukan oleh pengguna itu sendiri. Penyedia layanan hanya menyediakan akses untuk masuk ke dalamnya saja.

  • Support

Pada layanan VPS terkadang ada masalah yang bisa terjadi kapanpun tanpa mengenal waktu. Anda tentu sebagai pengguna merasa bingung harus melakukan apa jika menghadapi situasi seperti ini bukan? Sehingga salah satu caranya adalah berdiskusi dengan support dari penyedia layanan cloud VPS pilihan Anda. Disini nanti Anda akan mendapatkan solusi dari masalah yang terjadi. Pastikan Anda memilih support layanan hingga 24 jam ya.

  • Lokasi Data Center

Data center adalah tempat dimana semua data disusun dalam rak dan dikumpulkan pada sebuah ruangan tertentu. Tentu saja lokasi data center memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas layanan VPS. Maka penting bagi Anda mencari penyedia layanan yang memiliki lokasi data center dekat seperti di Indonesia. Agar kinerja dan kecepatan akses tetap prima.

  • Jaminan Uptime

Uptime merupakan komponen penting yang menentukan apakah penyedia layanan VPS dapat diandalkan atau tidak. Maksudnya adalah uptime berarti server saat layanan VPS berjalan mendapatkan jaminan tidak akan down dengan persentase hingga 99.99%.

Jadi, semakin tinggi uptime yang ditawarkan oleh provider layanan, maka Anda sebagai pengguna akan merasakan layanan VPS tersebut dapat berjalan dengan baik serta meminimalisir website maupun aplikasi yang sedang berjalan tidak mengalami down. Maka, Anda harus mencari provider yang menyediakan jaminan uptime ya!

  • Biaya Sewa

Ketika Anda ingin menggunakan layanan cloud VPS salah satu faktor yang menjadi pertimbangan adalah harga atau biaya. Tidak sedikit yang Anda temui kebanyakan provider layanan VPS memasang harga yang cukup tinggi untuk layanan mereka. Biasanya ini juga menjadi penghambat untuk pengguna baru yang akan mencoba layanan ini.

Akan tetapi, Anda bisa menyesuaikan sumber daya yang Anda perlukan dengan performa dari VPS agar keduanya sinkron. Jika sudah mengetahui Anda bisa dengan mudah menentukan provider mana saja yang cocok dengan budget yang telah Anda siapkan dengan kebutuhan Anda akan layanan cloud VPS.

Baca juga: Apa itu Cloud Computing? Fungsi, dan Cara Kerja

Penutup

Cloud VPS merupakan layanan yang sudah mulai banyak digunakan saat ini. Pengguna tidak perlu khawatir untuk berbagi server dengan klien lainnya, karena sistem VPS memberikan pengguna akses penuh terhadap server milik mereka sendiri. Selain itu, proses instalasi yang mudah dan daya tampung penyimpanan yang besar menjadi faktor utama dari user untuk menyimpan data pribadi sampai bisnis milik mereka pada layanan ini. 

Apakah Anda tertarik ingin mencoba cloud VPS? Jika iya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai apa itu cloud VPS. Anda tidak perlu bingung memahaminya karena semua telah dirangkum pada artikel ini. Kemudian, pastikan Anda sudah menentukan provider mana saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mempertimbangkan dari sistem operasinya,teknologi yang digunakan,layanan support yang diberikan hingga biaya sewa layanan cloud VPS murah dari IDCloudHost.

Semua kriteria tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost. Layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan serta harga yang terjangkau menjadikan cloud VPS sebagai solusi untuk segala kebutuhan Anda. Yuk,coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update