Tips Meningkatkan Engagement Rate

Tips Meningkatkan Engagement Rate

Sosial media merupakan sarana pemasaran kekinian khususnya dengan semakin banyaknya para penggunanya. Namun tahukah Anda bahwa meskipun Anda telah memiliki akun sosial media, bukan berarti Anda telah sukses dalam mengkampanyekan produk atau layanan Anda. Tentu saja Anda perlu mengukur, apakah akun sosial media Anda membantu strategi pemasaran atau sebaliknya hanya menjadi formalitas marketing saja. Semua itu tidak lepas dari engagement rate.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan sosial media, Anda dapat menggunakan metode engagement rate. Metode ini memberikan pandangan kepada Anda mengenai ikatan audiens dan keberhasilan konten yang Anda sajikan. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai engagement rate dan ingin mengkalkulasikan sendiri terhadap sosial media atau website Anda. Maka dari itu, untuk membahas Anda perlu mengikuti ulasan artikel berikut ini!

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement rate adalah sebuah matrik yang mengukur seberapa aktif audiens Anda terlibat dengan dengan konten-konten yang Anda sajikan yang nantinya bisa dibandingkan dengan jumlah pengikut atau audiens Anda. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun Anda memiliki pengikut (followers) yang banyak di sosial media, bukan berarti Anda juga memiliki engagement yang tinggi dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan antara audiens dan interaksi yang dibangun, tentunya dengan konten-konten yang berkualitas serta bermanfaat.

Namun pada dasarnya, perlu diketahui bahwa untuk mengimplementasikan engagement rate tidak hanya untuk sosial media, melainkan bisa untuk diaplikasi pada channel marketing lainnya seperti website, email, dan mobile apps.

Dalam digital marketing jika Anda pernah mendengar istilah CTR, bounce rate, open rate, dan sebagainya, maka hal tersebut pada dasarnya adalah bagian dari pengukuran engagement rate. Dengan demikian, mengetahui cara kerja dan kalkulasi engagement rate tentu saja akan memberikan Anda kemampuan untuk melakukan evaluasi dan penyesuaian kinerja pemasaran Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bounce Rate?

Faktor dalam Pengukuran Engagement Rate

Meskipun pada dasarnya engagement rate tersebut dapat menjadi kompleks tergantung konteks dan mediumnya. Namun berikut adalah hal-hal dasar yang selalu dijadikan faktor dalam engagement rate sesuai dengan channelnya:

  • Website: Sejauh mana melakukan schrool, average time on page, average page views, bounce rate, shares, download, dan form conversions. Berbagai istilah tersebut digunakan pada google analytics. Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat mengakses konten mengenal istilah dalam google analytics ini sebagai rujukan awal.
  • Mobile apps: sejauh mana bermanfaat aplikasi tersebut dan diukur dengan kemampuannya memenuhi kebutuhan pengguna atau konsumen
  • Sosial media: likes, shares, comments, shares, and retweets. Adapun untuk selengkapnya sesuai dengan masing-masing sosial media adalah sebagai berikut:
    • LinkedIn: Interactions, clicks, followers acquired dan impressions
    • Facebook: Reactions, clicks, comments, dan shares
    • Twitter: Retweets, comments, dan likes
  • Instagram: Likes dan comments
  • Pinterest: Likes, comments, dan pins
  • Email campaigns: open-rates, dan click-through rates.

Baca Juga: Apa Itu Rate Card?

Formula Engagement Rate

engagement rate

Tentunya Anda ingin mengetahui formula yang dapat dijadikan alat dalam menghitung engagement rate. Oleh karena itu, berikut adalah metrik yang bisa digunakan:

  • Cara Menghitung Engagement Rate Sosial Media

Adapun cara menghitung engagement rate di sosial media adalah dengan menambahkan likes, shares, dan comments kemudian dibagi dengan total follower lalu dikalikan seratus. Untuk selengkapnya, perhatikan formula di bawah ini: likes+comments+sharestotal followers100

Untuk memudahkan pemahaman Anda, maka perhatikan contoh berikut ini:

Keterangan Instagram PT Aldi Instagram PT Atul
Total Followers 5.500.000 10.500.000
Total likes

(Dalam satu pekan)

55.000 80.000
Total shares

(Dalam satu pekan)

2.000 3.000
Total comments

(Dalam satu pekan)

100.000 110.000

Dengan data diatas, maka engagement bisa dikalkulasikan sebagai berikut:

Instagram PT Aldi: (55.000+2.000+100.000) / 5.500.000 x 100 = 2,85%

Instagram PT Atul: (80.000+3.000+110.000) / 10.500.000 x 100 = 1,83%

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan engagement rate Instagram PT Aldi lebih besar dibandingkan Instagram PT Atul. Meskipun PT Atul memiliki followers yang lebih banyak namun ikatan yang dibangun dari likes, comments, dan shares lebih kuat di Instagram PT Aldi.

Lebih lanjut, jika Anda ingin menghitung jumlah engagement rate per postingan, maka Anda dapat menghitung formula berikut ini

:Jumlah likes+commentsImpression 100

Adapun pengertian impression atau Impresi adalah jumlah berapa kali konten atau tentang halaman Anda yang ditampilkan di layar pengguna.

  • Cara Menghitung Factored Or Weighted Engagement Rate 

Melalui metode ini maka akan ditambahkan bobot yang lebih atau kurang terhadap beberapa faktor tertentu. Misalnya dengan menyematkan nilai komentar yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya, sehingga formulanya akan menjadi:

(total comments X 2)+engagement lainnyatotal followers100

  • Cara Menghitung Engagement Rate By Reach

Adapun formula untuk menghitung melalui metode ini adalah dengan menghitung total engagement dan membaginya dengan total views. Tentunya melalui metode ini Anda dapat persentase pengguna yang berinteraksi dengan konten Anda berdasarkan jumlah reach (jangkauan) konten tersebut.

Adapun untuk formula perhitungan selengkapnya, adalah sebagai berikut:

total engagement per posttotal reach per post100

  • Cara Menghitung Engagement By Post

Jika Anda ingin mengetahui engagement per post atau bahkan membandingkannya antara satu post dengan yang lainnya, maka Anda dapat menggunakan metode ini. Lebih lanjut, melalui metode ini Anda juga bisa menspesifikan tujuan Anda apakah berfokus terhadap videos view, komen, dan sebagainya. Namun pada dasarnya, formula yang digunakan adalah sebagai berikut:

total engagement pada suatu posttotal followers100

  • Cara Menghitung Engagement Rate Pada Website Atau Aplikasi

Pada dasarnya untuk menghitung engagement rate untuk website atau aplikasi dapat menggunakan formula manual berikut:

Engaged userstotal users100

Meskipun demikian, pastikan Anda bisa memahami istilah “engaged users” sesuai dengan channelnya yang dikalkulasikan ya. Misalnya total users yang mengunjungi website Anda adalah 1.000, namun engaged user yang keluar dan tidak melakukan apa-apa sebanyak 50. Dengan demikian, Anda bisa melihat angka bounce rate sebesar (50/1000×100)= 5%.

Lebih lanjut, saat ini Anda bisa menggunakan berbagai software untuk menghitung engagement rate Anda seperti Google Analytics atau Google Search Console. Jika Anda ingin memahami mengenai Google Analytics, maka kami merekomendasi konten artikel Google Analytics sebagai rujukan awal Anda untuk memahami engagement rate melalui software.

Berapa Angka Engagement Rate yang Baik?

Pada dasarnya, engagement rate yang baik berkisar 1% sampai 5% bahkan lebih tergantung platformnya. Dengan demikian, angka tersebut dapat berbeda bergantung dengan berbagai faktor lainnya seperti demografi audiens, jumlah followers, jenis bisnis, dan sebagainya.

Namun juga dikatakan bahwa semakin banyak followers Anda, maka akan semakin sulit untuk mencapai engagement rate yang tinggi. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari konsistensi Anda dalam membangun ikatan yang baik dan berulang dengan para pengguna atau audiens Anda yang semakin banyak dan beragam.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Engagement Untuk Video di Media Sosial

Cara Meningkatkan Engagement Rate

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa dengan semakin banyaknya audiens Anda, maka akan semakin sulit untuk meningkatkan engagement rate. Dengan demikian, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam meningkatkan engagement rate:

  • Konsisten dalam membagikan konten yang informatif dan menarik bagi pengguna atau audiens
  • Bagaikan video yang menarik tentunya dengan meningkatkan kualitas visual
  • Jangan lupa membagikan konten Anda pada saat waktu yang tepat, misalnya Anda bisa mengkalkulasikan bahwa jam 20.00 WIB adalah waktu para pengguna beristirahat dan memainkan sosial media mereka
  • Perhatikan copywriter dan caption yang baik, gunakan bahasa yang mudah dipahami namun juga menggerakkan emosional
  • Gunakan hastag yang tepat sehingga konten Anda dapat dijangkau lebih luas
  • Lakukan manajemen konten yang benar dan pastikan Anda memposting konten sesuai dengan frekuensi yang ditetapkan
  • Buatlah komunitas sosial media Anda sehingga secara tidak langsung Anda sedang menciptakan fanbase untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan
  • Lakukan evaluasi berkala dan gunakan engagement rate untuk mengukur keberhasilan Anda

Penutup

Engagement rate adalah suatu metode yang bisa digunakan seberapa aktif keterlibatan audiens dengan konten yang disajikan. Metode ini pada dasarnya dapat digunakan pada berbagai channel marketing seperti sosial media, mobile apps, maupun website.

Demikianlah artikel mengenai engagement rate, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi Anda khususnya yang sedang terfokus dengan strategi digital marketing. Adapun salah satu media digital marketing yang perlu Anda implementasikan adalah memiliki website yang berkualitas yang dapat membantu ekspansi bisnis Anda.

Cloud VPS adalah layanan yang memberikan pelayanan penyewaan server terhadap operasional pengembangan website Anda. Dengan demikian, pastikan Anda memiliki space yang terjangkau dalam mengembangkan website yang berkualitas!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update