Blogspot vs WordPress: Mana yang Lebih Baik?

Web & Development / 0 | | 2

Apakah Anda merupakan seorang blogger pemula dan Anda kebingungan untuk menggunakan Blogspot atau WordPress? Anda bertanya-tanya apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing platform tersebut? Maka Anda berada pada artikel yang tepat! Dalam artikel ini akan dijelaskan perbandingan Blogspot vs WordPress yang akan membantu untuk mengetahui jenis platform blog yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Website di Blogger dan WordPress dengan Mudah

Apa itu Blogspot dan WordPress?

Blogspot merupakan layanan blog gratis yang berdiri pada tahun 1993 oleh Pyra Labs yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2003. Blogspot menyediakan hosting gratis dan memberikan domain blogspot.com kepada penggunanya. Selain itu, Blogspot juga dianggap ramah pengguna karena mudah digunakan sehingga Anda tidak akan kebingungan dalam melakukan registrasi maupun melakukan publikasi tulisan.  

Adapun WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang memungkinkan untuk melakukan penyimpanan data (hosting) dan membangun website. Dalam perkembangannya, WordPress dapat dibagi menjadi dua yaitu wordpress.com yang merujuk kepada layanan hosted service untuk membuat blog gratis dan wordpress.org yang merujuk kepada layanan self hosted dengan open source software yang menyediakan fitur yang lebih canggih. 

Dengan defenisi Blogspot vs WordPress di atas maka dapat menjadi gambaran awal bagi Anda mengenai kedua platform tersebut. Meskipun kedua platform tersebut memiliki kesamaan untuk melakukan blogging namun kedua platform tersebut juga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. 

Baca Juga: 10+ Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Setelah Anda mengetahui definisi Blogspot dan WordPress maka Anda mungkin bertanya platform mana yang paling baik. Dengan demikian, berikut adalah perbandingan Blogspot vs WordPress yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih platform blog. 

  • Harga 

Secara umum Blogspot dan WordPress adalah platform gratis yang bisa digunakan, namun karna WordPress adalah blog self-hosted maka Anda harus mencari perusahaan hosting untuk membantu performa WordPress Anda. Dengan demikian, blogspot memberikan penyimpanan yang tidak terbatas.   Namun, penyimpanan WordPress disesuaikan dengan perusahaan hosting yang Anda gunakan. 

  • Tingkat Kustomisasi

Adapun tingkat kustomisasi antara Blogspot vs WordPress memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Pada Blogspot Anda memiliki akses full untuk mentransformasikannya menjadi sebuah website atau blog, mengadakan slideshow, mengadakan Javascript, dan sebagainya meskipun kapasitasnya masih terbatas.

Adapun pada wordpress.com pada dasarnya ada keterbatasan dalam menggunakan tema meskipun Anda bisa melakukan upgrade tapi hanya mengubah stylesheet dan font. Namun, pada wordpress.org Anda bisa mentransformasikan website Anda, mengadakan slideshow, javascript, dan sebagainya dengan tingkat yang lebih advanced. 

  • Kemudahan dalam Menggunakan

Secara umum antara Blogspot vs WordPress dapat Anda operasikan tanpa adanya keahlian komputerisasi tingkat lanjut seperti pengkodean. Adapun cara menggunakan blogspot dapat Anda mulai dengan membuat akun google kemudian pergilah ke website Blogspot dan tekan fitur “create new blog”. Selanjutnya Anda dapat melakukan set up seperti nama display, tema, dan sebagainya sesuai dengan kemauan Anda.

Adapun pada WordPress Anda perlu menyiapkan ide domain sebagai alamat website Anda dan akun web hosting sebagai penyimpanan WordPress Anda. secara umum, membuat akun WordPress tidak menghabis waktu Anda lebih dari 30 menit. Anda bisa membuat kustomisasi wordpress, menginstal wordpress plugin, dan sebagainya. 

  • Keamanan

Keamanan menjadi hal yang penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih platform blog. Pada Blogspot tingkat keamanannya sangat tinggi, hal demikian dikarenakan blog merupakan perusahaan besar sehingga telah memiliki standar keamanan data tingkat lanjutan.

Adapun pada WordPress, meskipun WordPress adalah platform open-source dan menjadi incaran para hacker tapi sudah banyak provider canggih yang mampu memberikan keamanan pada WordPress Anda. selain itu, pada WordPress juga dapat diunduh plugin keamanan sehingga meminimalisir peretasan. 

  • Fleksibilitas

Flexibilitas mengacu pada kebebasan Anda untuk memanajemen dan mendesain blog Anda sendiri. Blogspot merupakan blog software yang didesain sederhana sehingga fitur yang bisa digunakan masih terbatas.

Adapun WordPress yang merupakan open-source software, maka memungkinkan Anda menambahkan fitur free maupun premium seperti menambahkan website online store Anda, menciptakan komunitas member, menambahkan fitur sharing media sosial, dan sebagainya. 

Sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui flexibilitas antara Blogspot vs WordPress karena dapat menyesuaikan dengan tujuan pembuatan blog Anda. Dengan demikian, Anda mengetahui hal-hal atau fitur-fitur yang akan Anda dapatkan sehingga bisa Anda maksimalkan kegunaannya. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Readability Score WordPress

Keunggulan dan Kekurangan Blogspot vs WordPress?

Meskipun Blogspot dan WordPress memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun banyak sekali pendapat yang membandingkan antara Blogspot vs WordPress

  • Pro Blogspot

Untuk pengguna Blogspot ada beberapa manfaat yang bisa Anda terima adalah sebagai berikut:

  • Anda tidak memerlukan perencanaan hosting sehingga Blogspot adalah pilihan tepat software blog yang gratis
  • Blogspot sangat cepat dan simpel sehingga memudahkan Anda dalam pengoperasional
  • Menjadi media Anda untuk belajar membuat konten dengan fitur-fitur dasar yang cukup mumpuni proses yang ribet.
  • Kontra Blogspot

Adapun kekurangan yang dimiliki Blogspot yang menjadi aspek kontra adalah sebagai berikut:

  • Pada dasarnya Anda tidak memiliki konten yang Anda publish melalui Blogspot secara utuh karena semua berada pada server Google.
  • Keterbatasan dalam menambahkan kustomisasi pada penampilan blog dan kode khusus sangat terbatas
  • Fitur-fitur yang dihadirkan sangat dasar sehingga pengembangan blog hanya akan terbatas pada blog yang standar. 

Baca Juga: Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan Blogspot

  • Pro WordPress

Berikut adalah keunggulan-keunggulan yang menjadi argumen pendukung WordPress dalam perbandingan antara Blogspot vs WordPress yakni sebagai berikut:

  • WordPress merupakan software yang beginner-friendly sehingga mudah dipelajari dengan hasil yang lebih advanced
  • Ada banyak pilihan kustomisasi untuk tema maupun plugin sehingga memungkin Anda menciptakan blog sesuai dengan kemauan Anda
  • Untuk pengguna advanced, WordPress dapat menambahkan kode khusus (custom code) dan fitur yang lebih kompleks. 
  • Kontra WordPress

Berikut adalah kekurangan yang dimiliki WordPress yaitu sebagai berikut:

  • Anda harus membayar untuk mendapatkan hosting dan domain sehingga layanan wordpress Anda lebih maksimal
  • Anda lebih bertanggung jawab untuk performa dan keamanan blog atau website Anda. 

Demikianlah perbandingan antara blogspot vs wordpress sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing software. Tiap kelebihan dan kekurangan tersebut dapat menjadi bahasan pertimbangan perencanaan Anda dalam membuat sebuah blog atau website tertentu. 

Harus Memilih Blogspot atau WordPress?

Harus Memilih Blogspot atau WordPress?

Untuk menentukan platform blog yang harus Anda gunakan maka Anda dapat melakukan beberapa pertimbangan yakni sebagai berikut:

  • Tentukan tujuan dan kebutuhan Anda

Pahami tujuan Anda dalam membuat sebuah blog atau website, apakah bertujuan untuk belajar atau untuk membantu operasional bisnis. Dengan demikian, Anda dapat mencocokkannya dengan kebutuhan Anda. Untuk hal yang lebih simpel maka Blogspot akan memenuhi tujuan Anda, namun untuk kebutuhan yang lebih kompleks dengan fitur yang lebih beragam maka WordPress adalah pilihan yang tepat. 

  • Pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing platform

Sangat penting bagi Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Blogspot maupun WordPress. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui karakteristik kedua platform tersebut sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan sumber daya yang Anda miliki. Misal pada WordPress ada hosting dan domain menjadi biaya tambahan pembuatan blog atau website Anda.

  • Lakukan perencanaan yang matang

Sebelum memutuskan keputusan akhir, Anda dapat melakukan perencanaan yang matang. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mempelajari kedua platform tersebut dengan sebaik mungkin hingga Anda sampai pada kesimpulan yang menjadi alasan Anda untuk melakukan sebuah keputusan. 

Meskipun banyak sekali perdebatan maupun perbandingan mengenai Blogspot vs WordPress, tapi dengan riset dan perencanaan yang matang maka Anda dapat menyesuaikan antara tujuan dan kebutuhan Anda dalam membuat sebuah blog atau website. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan potensi dari masing-masing platform sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca Juga: 10 Tema WordPress untuk Blog Pribadi Terbaik 2022

Penutup

Demikianlah pertimbang-pertimbangan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan keputusan akhir. Dengan pengetahuan yang mumpuni mengenai Blogspot vs WordPress, kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam melakukan keputusan dalam memilih Blogspot atau WordPress. Sebagai salah satu penyedia layanan hosting dan cloud server, IDCloudHost memberikan layanan prima untuk kebutuhan blog atau website Anda. 

WordPress Hosting merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh IDCloudHost yang telah terintegrasi dengan CMS WordPress. Melalui layanan tersebut, Anda dimungkinkan untuk memiliki website yang cepat, aman, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, WordPress Hosting IDCloudHost juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan pendukung WordPress Accelerator, WordPress Security & Auto Update, dukungan Litespeed Cache, dan dukungan Storage SSD yang membuat website Anda cepat, aman, dan nyaman.

Related Post :

popup image