Cara Agar Karyawan Tetap Semangat, Nyaman, dan Betah Bekerja

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Jika anda adalah seorang atasan,dan anda adalah orang yang ingin memiliki rasa kerjasama tim dalam pekerjaan anda, demikian untuk mencapai target yang selalu diidamkan oleh setiap perusahaan.Nah masalahnya, kebanyakan orang yang ingin memiliki karyawan yang memiliki kerjasama tim itu tidak lah mudah,kenapa? Yah memang setiap orang itu berbeda maunya. Oleh karna itu meski di tempat kerja anda ada yang susah untuk di ajak kerjasama,cobalah untuk memotivasinya,karena karyawan yang termotivasi akan membantu anda meraih profit yang di targetkan secara elegan.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara agar karyawan tetap semangat, nyaman, betah, dan meningkatkan kerjasama tim bekerja yang bisa anda terapkan di lingkup kerja anda. :

1. Berikan kesempatan untuk mendengarkan masukan atau ide dari karyawan

Setiap orang pasti memiliki pola berfikir yang berbeda,dan setiap orang pun ingin didengarkan, tak terkecuali karyawan yang misal tahu percis seperti apa persaingan yang sedang terjadi di lapangan.Nah jika anda mau untuk menerima masukan dari karyawan atau pegawai anda hal ini membuktikan bahwa anda seorang atasan yang berwibawa,baik hati, dan bijaksana. Jadi hargailah pendapat/ide” dari karyawa, dan bisa jadi masukan dari karyawan anda tersebut bisa berbuah manis untuk mencapai peluang kesuksesan usaha anda.

2. Jaga Hubungan sosial yang baik

Sikap peduli anda akan membuat karyawan merasa segan karena di perhatikan oleh anda.Komunikasi dan interaksi yang baik antara anda dengan karyawan akan menumbuhkan hubungan yang baik. Menurut Forbes.com Anda harus selalu menularkan pengaruh positif dan koneksi emosional yang positif.

3. Bantu merencanakan karier karyawan

Tentu setiap karyawan ingin naik jabatan sehingga kariernya lebih baik. Jangan tutup mata terhadap karier karyawan Anda. Lakukan penilaian kinerja karyawan secara efektif. Perencanaan karier karyawan dapat menjaga semangat karyawan agar tidak jenuh dengan posisinya saat ini dan tahu kapan ia akan naik jabatan apabila kinerjanya terus meningkat.

4. Apresiasi peningkatan kerja sekecil apapun

Pemberian apresiasi ini sangat penting untuk meningkatkan motivasi kerja mereka. Anda sebaiknya memperhatikan setiap peningkatan kinerja karyawan Anda. Sekecil apa pun hal positif atau peningkatan keterampilan yang telah diupayakan oleh karyawan, Anda harus mengapresiasinya.

5. Lakukan pengontrolan dengan sering muncul saat karyawan sedang bekerja
Banyak karyawan yang malas bekerja dan akhirnya demotivasikarena tidak pernah dikunjungi oleh atasannya. Kehadiran Anda sebagai atasan tertinggi bisa berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan. Jangan segan-segan untuk membantu mereka apabila mereka mengalami kesulitan yang benar-benar tidak bisa diselesaikan.

6. Dorong karyawan untuk terus belajar dan berkembang
Jangan pernah memandang rendah bawahan Anda. Seperti Anda, karyawan adalah pribadi yang unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.Rangkul mereka sebagai teman dan saudara. Dorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.

Nah,tadi sudah bisa dilihat bagaimana cara untuk memotivasi. Motivasi karyawan perlu ditingkatkan agar mereka lebih berkinerja, bekerja dengan profesional dan betah menjadi karyawan di perusahaan Anda. Jangan sampai mereka mengundurkan diri hanya karena tidak ada motivasi kerja. Lakukan cara-cara memotivasi karyawan tersebut secara konsisten sehingga mencapai hasil yang maksimal.

Related Post :

popup image