Cara Cek NIK Online dengan Mudah dan Cepat : Tutorial dan Tipsnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Setiap warga negara Indonesia pasti memiliki yang namanya NIK. NIK ini merupakan kependekan dari Nomor Induk Kependudukan. NIK ini berguna sebagai nomor identitas Anda yang menandakan bahwa Anda asli warga negara Indonesia. Coba sekarang lihat nomor di kartu KTP Anda atau kalau belum punya KTP Anda bisa mengecek di Kartu Kelaurga. Ketika Anda melihat di bagian atas KTP akan tertera nomor dengan jumlah 16 digit atau di KK Anda bisa melihat dibagian NIK. Terdapat 16 digit angka nah disitulah merupakan nomor NIK Anda.

Banyak sekali kegunaan dari NIK ini, biasanya ketika melakukan registrasi tertentu contoh saja registrasi SIM Card. NIK juga bisa Anda gunakan untuk melakukan validasi berbagai macam dokumen kependudukan lain seperti Paspor, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Sertifikat Hak Atas Tanah, Surat Izin Mengemudi (SIM), Ijazah sekolah dasar hingga menengah atas, Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Polis Asuransi dan masih banyak lagi kegunaannya. Jadi bisa dibilang bahwa NIK adalah dasar untuk pelayanan publik ke depan.

Berdasarkan pasal 38 PP No. 37/200 NIK diberikan secara resmi oleh pemerintah dan diterbitkan melalui instansi Pelaksana kepada setiap pendudik setelah dilakukan pencatatan biodata. Masa berlaku dari NIK ini seumur hidup, dan tidak berubah meskipun berpindah domisili. Sesuai amanat UU Adminduk, NIK mulai diberlakukan secara nasional pada tahun 2011 yang akan dikelola melalui sistem informasi administrasi kependudukan. Tentu dengan adanya ini terdapat database kependudukan yang akan melalui layanan pendaftaran penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Melakukan pengecekan nomor NIK ini begitu penting bagi Anda. Penasaran bagaimana caranya berikut ini adalah tutorial atau cara melakukan cek NIK secara online.

 

Mengenal Apa Itu NIK

 

0 Cara Cek NIK Online dengan Mudah dan Cepat Tutorial dan Tipsnya
 

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika banyak sekali kegunaan milik NIK ini. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan sesuatu hal yang berhubungan dokumen pribadi pasti membutuhkan yang namanya NIK. NIK sebagai Nomor Induk Kependudukan Anda, akan Anda miliki sampai seumur hidup. NIK ini berfungsi sistem informasi yang dimiliki oleh pemerintah bagi warga negaranya. Nah, apakah Anda tahu jika angka pada NIK itu memiliki makna?. Semua rangkaiannya terdiri dari berbagai kode khusus secara berurutan. Berikut adalah penyusunan dari kode dalam NIK.

 

  • 2 digit kode provinsi
  • 2 digit kode kota/kabupaten
  • 2 digit kode kecamatan
  • 6 digit tanggal lahir dalam format hari, bulan dan tanggal
  • 4 digit terakhir nomor urut yang dimulai dari 0001

 

Baca Juga : Daftar Peluang Usaha Tanpa Modal dan Menguntungkan di tahun 2020 

 

Bagi Anda perempuan, terdapat tambahan angka 40 pada tanggal lahir Misalnya saja ada seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 20 November 2000 maka NIK nya adalah 10 50 24 601190 0001. Mari kita ambil contoh NIK dari provinsi yang lain. Berikut adalah contoh dari NIK provinsi lain.

 

  • 35: kode Provinsi Jawa Timur
  • 07: kode kabupaten/kota Malang
  • 01: kode Kecamatan Donomulyo
  • 06: kode tanggal lahir (karena laki-laki, jadi tidak perlu ditambahkan angka 40)
  • 12: kode bulan lahir yakni bulan Desember
  • 85: kode tahun lahir 1985
  • 0005: kode nomor urut registrasi. 5, artinya penduduk tersebut urutan ke-5 dari sekian banyak penduduk yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan Donomulyo, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur yang membuat KTP.

 

Keaslian dari NIK ini dijaga melalui sistem identifikasi biomterik, sidik jari, iris mata dan wajah pada program penerapan KTP elektronik atau sering kita sebut juga sebagai e-KTP. Oleh sebab itu, NIK tidak mungkin dimiliki oleh lebih dari seorang.

 

Baca Juga : Rekomendasi Deposito Syariah yang Aman dan Terjamin di Indonesia 

 

 

Bagaimana Cek NIK secara Online

 

0 Cara Cek NIK Online dengan Mudah dan Cepat Tutorial dan Tipsnya
 

 

Cek NIK akan biasanya dilakukan dalam hal kepentingan menyangkut identitas diri seseorang. Misalnya saja ketika mendaftar CPNS. Pada pendaftaran yang menggunakan sistem daring ternyata kerap terjadi masalah NIK yang dialami oleh banyak calon peserta. Permasalah yang paling mendasar adalah NIK dan KK yang tidak bisa ditemukan. Cara memperbaiki hal tersebut adalah dengan datang ke Dukcapil. Masalah ini juga ada yang dialami oleh calon peseta Kartu Prakerja maka dari itu penting untuk melakukan pengecekan. Pengecekan juga bisa mengundari dari penipuan dan lain sebagainya. Berikut adalah langkah-langka melakukan pengecekan NIK melalui website.

Dengan berkembang teknologi digital yang kian masif Anda bisa melakukan pengecekan apakah sudah tersimpan di database Dukcapil dengan bermodal smartphone/laptop dan koneki internet. Berikut ini langkah demi langkahnya.

 

  • Siapkan Laptop/PC/Smartphone kaian
  • Akses alamat website berikut www(dot)dukcapil(dot)kemendagri(dot)go(dot)id/
  • Masukkan NIK pada e-KTP yang diminta
  • Apabila NIK sudah terdaftar pada basis data, data diri anda akan muncul.

 

Namun selain itu ada juga cara untuk melakukan pengecekan NIK secara online. Anda bisa juga melakukan pengecekan melalui media sosial Dukcapil seperti Facebook dengan id Halo Dukcapil sedangkan Twitter dengan akun @ccdukcapil. Akan tetapi demi keamanan agar pesan yang dikirmkan ke media sosial melalui ditur direct message. Selain itu sebenarnya Anda juga bisa bertanya melalui email, sms, dan Whatsapp Dukcapil dengan format pesan seperti ini. Untuk email anda bisa mengirim ke email [email protected] atau nomor sms dan WA 08118005373.

 

  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Keluhan

 

Dengan cara tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibalas oleh Dukcapil. Jika Anda tidak sabar menunggu balasan Anda bisa menghubungi nomor 1500537. Saat menghubungi hotline Dukcapil ini jangan lipas siapkan NIK, KK dan nomor telepon. Sekedar informasi saja jika NIK ini tidak pernah memiliki tanggal kadaluarsa. Hal ini juga berlaku pada Anda yang sudag memiliki E-KTP bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah telah memutuskan KTP sekarang dengan masa aktif seumur hidup. Artinya KTP tidak perlu dilakukan perpanjangan lagi.

 

 

Baca Juga : Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai cara melakukan pengecekan NIK secara online. NIK memang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan data pribadi milik kita. NIK merupakan salah satu Anda bukti bahwa kita merupakan seorang warga negara indonesia asli. Bayangkan saja di era sekarang jika tidak sistem informasi pemerintah soal data kependudukan tentu pastinya ini akan memperlambat proses pada program-program pemerintah. NIK ini bisa kita gunakan untuk berbagai macam dokumen berharga contohnya saja KTP, Paspor, NPWP, Polis Auransi, Ijazah sekolah dan masih banyak lagi.

Dibalik kepentingan yang sungguh beragam apakah kalian tahu jika ada sistem NIK yang salah hal ini sudah terbukti dengan banyaknya keluhan para peserta ujian CPNS maupun kartu Prakerja. Maka dari itu sangat penting bagi anda di jauh-jauh hari untuk melakukan pengecekan NIK. Sekarang oengecekan tersebut bisa dilakukan denan mudah, bermodal laptop atau gadget milik anda dan koneksi internet anda langsung bisa melakukan pengecekan.

 

Related Post :