Rekomendasi Deposito Syariah yang Aman dan Terjamin di Indonesia

Informasi, Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apakah Anda ingin melakukan investasi? Namun hal itu masih anda pertimbangkan apakah terdapat unsur halal atau tidak cara investasi yang dilakukan oleh bank. Nah, jangan sampai keinginan tersebut terhambat padahal kini sudah banyak bank-bank syariah yang mulai hadir menawarkan cara berinvestasi lewat deposito dengan cara yang halal. Seiring berkembangnya bank syariah di Indonesiaa, banyak bank BUMN maupun swasta yang berbondong-bondong menyediakan pilihan produk perbankan syariah atau yang konvensional. Tentu ini merupakan kabar yang baik bagi anda yang ingin melakukan investasi secara halal.

Dalam produk dunia perbankan syariah, ada beberapa produk yang ditawarkan yaitu tabungan syariah, KPR syariah, hingga depositi syariah. Seperti yang sudah anda tahu bahwa deposito adalah salah satu instrumen investasi yang terjamin aman apalagi jika deposito tersebut berbasis pasti sangatlah aman. Memang bukan tanpa alasan karena deposito memiliki risiko yang paling kecil. Sehingga produk perbankan ini sangat direkomendasikan untuk anda yang baru saja memulai investasi.

Sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, deposito syariah di Indonesia pasti mudah ditemukan di macam-macam bank. Deposito tentu menjadi investasi seksi karena tidak mengenal bunga dalam perhitungannya. Pasti anda juga pernah mendengar jika bunga bank memang menyau banyak pro kontra dengan aturan hukum islam karena sering dianggap sebuah bentuk riba. Semenntara dalam deposito konvensional atau biasa bunga malah menjadi hal utama yang ditawarkan atau bisa dibilang sesuatu yang menarik pelanggan untuk menggunakan deposito tersebut. Nah, jika kalian ingin membuka deposito syariah maka tepat sekali jika anda membaca artikel ini karena berikut ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi bank-bank yang menawarkan produk deposito syariah.

 

Mengenal Singkat Deposito Syariah

 

0 Rekomendasi Deposito Syariah yang Aman dan Terjamin di Indonesia
 

Deposito syariah adalah produk perbankan yang dipakai untuk melakukan investasi berjangka dengan berbasis syariah. Deposito syariah ditujukan bagi individu atau perusahaan untuk melakukan investasi menggunakan akad mudharabah. Dengan akad mudharabah keuntungan yang didapat akan dilakukan dengan cara nisbah atau bagi hasil. Dalam deposito syariah, seorang nasabah akan berperan sebagai shahibul maal atau pemilik dana dan bank sebagai mudharib atau pengelola dana.

Ketika Anda membuka deposito syariah, pihak bank atau mudharbi akan meminta Anda mengisi akad, yang berisi sebuah perjanjian antara nasabah dan bank tentang dana yang anda serahkan di bank. Dalam akad tersebut juga akan diatur tentang besar pembagian hasil kentungan dan pemilihan instrument investasi yang akan bank lakukan dengan uang Anda. Biasanya bagi hasil yang ditawarkan oleh bak adalah 60 : 40 untuk nasabh dan bank. Jadi, jika semakin pintar bank memutar uang Anda untuk menghasilkan keuntungan, maka Anda akan mendapat untung yang Anda dapat akan semakin besar juga. Terdapat 2 pilihan yang bisa Anda pilih dalam menentukan instrument investasi, yaitu mutlaqah dan muqayyadah.

Mutlaqah adalah nasabah membiarkan bank menentukan instrument investasi yang akan dilakukan untuk memutar uang, sementara itu muqayyadah adalah nasabah menentukan instrument investais yang akan dilakukan oleh bank. Nah, agar Anda semakin yakin menggunakan deposito syariah berikut ini akan dijelaskan mengenai keuntungan menggunakan deposito syariah.

 

Baca Juga : Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone 

 

  1. Dana Pasi Aman.

    Dibandingkan dengan deposito yang konvensional, depositosyariah memiliki sudah siawasi pengelolaannya dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan aturan Dewan Pengawas Syariah yang artinya apabila sesuatu hal buruk terjadi pada bank seperti mengalami kebangkrutan, Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang.

  2. Dapa Atur Keuntungan.

    Deposito Syariah terkenal dengan prinsip akad mudharabah yang digunakan membuat keuntungan deposito syariah lebih besar daripada deposito yang konvensional. Sehingga Deposito Anda dijamin Untung karena sudah sesuai dengan syariah.

  3. Mendapatkan Uang yang Halal.

    Tentu sudah terjami uang yang anda depositkan akan terjaga kehalalannya karena sudah menggunakan prinsip yang bersyariah islam dan bebas dari yang namanya riba. Cocok sekali bagi Anda yang ingin Deposit namun takut bertentangan dengan syariat.

  4. Dapat dijadikan Jaminan Pembiayaan.

    Deposito syariah dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan. Seperti sebuah surat berharga deposito syariah juga dapat dijadikan jaminan saat Anda membutuhkan dana untuk pmbiayaan sesuatu.

 

Baca Juga : Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online 

 

Rekomendasi Daftar Deposito Syariah Terbaik

 

0 Rekomendasi Deposito Syariah yang Aman dan Terjamin di Indonesia
 

  1. BSM Deposito

    8 tahun setelah sejak Muamalat berdiri dan menjalankan bank syariah di Indonesia. Bank Mandiri membuka program untuk menandingi yang kemudian dikenal sebagai Bank Syariah Mandiri. Transaksi di BSM Depostio akan membuat Anda lebih senang karena bebas dari riba alias bunga. Meskipun tanpa riba Anda akan memperoleh keuntungan sama sekali. Anda tetap mendapatkan keuntungan dengan sistem nisbah. Jika Anda tertarik menjadi nasabah BSM Deposito, sukup membayar uang setoran awal Rp 2 juta dalam jangka waktu 1-12 bulan.

  2. BNI Syariah Deposito Ib Hasanah

    Deposito syariah terbaik selanjutnya adalah yang ditawarkan oleh BNI. Deposito ini dikelola oleh BNI dengan menggunakan sistem syariah yang ditujukan untuk perusahaan maupun personal. Mereka yang menjadi nasabah BNI Syariah Deposito ib Hasanah akan menerima berbagai keuntungan. Termasuk memperoleh nisbah kompetitid dengan presentase 50% : 50% untuk jangka waktu 12 bulan.

  3. Danamon Deposito Syariah

    Di danamon sistem investasi deposito syariah mengharuskan anda sebagai nasabah untuk menyetorkan dana minimal setoran Rp 8 juta untuk perorangan dan RP 100 juta untuk badan hukum. Ketika memilih Danamon anda dipastikan memilih bank yang memiliki beragam manfaat dengan sedikit risiko. Bank ini memiliki sistem keamanan yang profesional dengan cara kerja yang fleksibel.

  4. CIMB Niaga Syariah

    Bagi Anda nasabah Bank CIMB Niaga maka sekarang anda bisa mendaftarkan diri pada program deposito syariah yang sistem bagi hasilnya sangat menguntungkan. Anda bisa deposit dari 1 bulan bahkan 12 bulan dengan minimal jumlah uang 8 juta. Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika menjadi nasabah di CIMB Niaga Syariah ini. Selain nisbah 59% nasabah juga diberikan kemudahan transaksi online denan Go Mobile, rekening ponsle dan masih banyak lagi.

  5. Muamalat Deposito ib Hijrah

    Bagi Anda yang berencana melakukan investasi syariah dengan aman dan terjamin maka Bank Muamalah merupakan solusinya. Program deposito syariah terbaik dan paling populer di Muamalat adalah Deposito iB Hijrah. Fasilitas deposito Bank Muamlat sangat fleksibel dengan sistem bagi hasil maksimal. Ada banyak hal baik yang bisa anda dapatkan saat menjadi nasabah Muamalat Deposito iB Hijrah dengan minimal saldo Rp 5 juta

  6. BCA Syariah

    Bank deposito syariah terbaik selanjutnya adalah BCA Syariah. Deposito yang ditawarkan ini sangat kompetitif nilai-nilai mudharabahnya. Nasabah dipersilahkan untuk memilih berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan investasi. Menariknya lagi BCA menyediakan ditur yang memungkinkan Anda memindahkan bagi hasil dari investasi depositonya ke rekening giro.

  7. Bank Syariah Bukopin

    Terakhir jika dari keenam bank Anda belum menemukan sesuatu yang pas menurut hati makan Bank Bukopin bisa menjadi alternatifnya. Bukopin mengandalkan sistem akad mudharabah mutlaqa. Yang artinya seperti uang sudah dijelaskan diatas yaitu kekuasaan penug untuk menggunakan dan mengelola uang deposito yang dipegang oleh BANK. Anda akan diberikan kemudahan untuk mengambil dana bagi hasil secara tunau maupun transfer. Deposito ini jangkanya bahkan bisa sampai 3 minggu dengan jumlah dana minimal Rp 100 juta.

 

Baca Juga : Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia 

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai rekomendasi bank dengan produk deposito syariah yang terbaik. Memang tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan berinvestasi akan semakin menjamur di masyarakat. Sebagai warga negara Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sudah barangkali tidak bisa dihidarkan jika masyarakat ingin melakukan investasi secara halal. Deposito merupakan salah instrumen investasi yang paling aman dan minim risiko. Namun, ada sesuatu yang menjanggal umat islam untuk melakukan investasi menggunakan deposito ini yaitu karena bunga.

Di ajaran islam pastinya and sudah tahu dengan apa yang disebut riba, nah di tabungan deposito ini menua pro kontra tentang bunganya yang disebut persis dengan riba. Nah sebagai wujud solusi sekarang banyak bank-bank yang sudah menerapkan program syariah, salah satunya adalah deposito syariah. Dengan deposito syariah ini anda tidak perlu khawatir dengan bahaya riba. Anda berinvestasi dengan aman dan nyaman menggunakan deposito ini.

Related Post :