Cara Memulai Affiliate Marketing Bagi Pemula dan Jenis/Tipenya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Saat ini, meski sudah mempunyai pekerjaan tetap banyak yang masih pemasukan sampingan dan berjualan adalah salah satu ide yang bagus untuk dilakukan. Selain mereka yang mencari tambahan, para pengusaha di e-commerce juga turut mempermudah opsi dengan membuat affiliate marketing yang terbuka bagi mereka yang meminatinya. Meski lebih condong pada kategori side job, pemasaran afiliasi berhasil mengikuti rentak trend dan menciptakan gaungnya tersendiri.

Pebisnis di e-commerce telah memahami bahwa bisnis yang berkembang selalu mempunyai banyak hal yang bisa ditawarkan dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Salah satu cara untuk membawa sesuatu ke tingkat berikutnya adalah dengan menemukan aliran pendapatan alternatif. Tidak berarti harus memulai bisnis kedua, tetapi menemukan cara untuk melengkapi dan mengembangkan bisnis yang Anda miliki dengan menawarkan nilai lebih kepada pelanggan dan pengikut Anda.

Maka hadirnya affiliate marketing atau afiliasi pemasaran ini cukup membantu pebisnis dan jika Anda tidak berpartisipasi dalam pemasaran afiliasi, sekarang saatnya mempertimbangkan untuk memanfaatkan aliran pendapatan yang menggiurkan ini. Simak penjelasan dibawah ini untuk memandu Anda tentang cara memulai bisnis pemasaran afiliasi, dengan kiat dan trik pemasaran online untuk berkembang.

 

Memahami Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya

Affiliate Marketing
 

Affiliate marketing atau dalam Bahasa Indonesia disebut pemasaran afiliasi adalah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain. Afiliasi sendiri hanya mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Sedangkan penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web ke situs web lain.

Mengingat pemasaran afiliasi bekerja dengan menyebarkan tanggung jawab pemasaran dan kreasi produk di seluruh pihak, bisnis ini berhasil memanfaatkan kemampuan berbagai individu untuk strategi pemasaran yang lebih efektif sambil memberikan kontributor dengan bagian dari keuntungan. Untuk membuat ini berhasil, tiga pihak berbeda harus dilibatkan dalam setiap prosesnya :

  • Penjual dan pemilik produk

    Para penjual baik pengusaha tunggal atau perusahaan besar, adalah vendor, pedagang, pencipta produk, atau pengecer dengan produk yang akan dipasarkan. Produk yang dipasarkan dapat berupa benda fisik, seperti peralatan rumah tangga, atau layanan, seperti tutorial tata rias. Juga dikenal sebagai merek, penjual tidak perlu terlibat secara aktif dalam pemasaran, tetapi mereka juga dapat menjadi pengiklan dan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil yang terkait dengan pemasaran afiliasi.
     
    Baca Juga   :    Ide Konten Tiktok untuk Promosi Bisnis Online dengan Cepat dan Mudah

  • Afiliasi atau penerbit

    Juga dikenal sebagai penerbit, afiliasi dapat berupa individu atau perusahaan yang memasarkan produk penjual dengan cara yang menarik bagi calon konsumen. Dengan kata lain, afiliasi mempromosikan produk untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut berharga atau bermanfaat bagi mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. Jika konsumen akhirnya membeli produk, afiliasi menerima sebagian dari pendapatan yang dihasilkan.
    Afiliasi sering kali memiliki audiens yang sangat spesifik sebagai tujuan khusus untuk mereka pasarkan, biasanya mengikuti minat audiens tersebut. Ini nantinya akan menciptakan ceruk tertentu atau merek pribadi yang membantu afiliasi menarik konsumen yang kemungkinan besar akan bertindak atas promosi tersebut.

  • Konsumen

    Peran besar konsumen disini adalah pendorong untuk keberhasilan pemasaran afiliasi karena afiliasi membagikan produk ini dengan mereka di media sosial, blog, dan situs web. Ketika konsumen membeli produk, penjual dan afiliasi berbagi keuntungan. Kadang-kadang afiliasi akan memilih untuk terbuka dengan konsumen dengan mengungkapkan bahwa mereka menerima komisi untuk penjualan yang mereka lakukan. Di lain waktu, konsumen mungkin sama sekali tidak menyadari infrastruktur pemasaran afiliasi di balik pembelian mereka.
    Bagaimanapun, konsumen jarang akan membayar lebih untuk produk yang dibeli melalui pemasaran afiliasi karena bagian afiliasi dari keuntungan termasuk dalam harga eceran. Konsumen akan menyelesaikan proses pembelian dan menerima produk seperti biasa, tidak terpengaruh oleh sistem pemasaran afiliasi di mana mereka merupakan bagian penting.

 

Baca Juga  :    Cara Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business) untuk Bisnis Online

 

Jenis atau Tipe Affiliate Marketing

Affiliate Marketing
 

Sebagian besar afiliasi mempunyai praktik umum yang kurang lebih sama untuk memastikan bahwa audiens mereka terlibat dan menerima pembelian produk yang dipromosikan. Tetapi tidak semua afiliasi mengiklankan produk dengan cara yang sama. Faktanya, ada beberapa saluran pemasaran berbeda yang dapat mereka manfaatkan dan beberapa 2 diantaranya yang paling besar atau umum adalah :

  • Influencer

    Sekarang ini adalah masa kejayaan influencer di semua media sosial yang ada. Influencer sendiri adalah individu yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian sebagian besar populasi. Mereka yang termasuk golonga influencer ini berada dalam posisi yang bagus untuk mendapatkan keuntungan dari pemasaran afiliasi. Mengingat biasanya influencer sudah memiliki banyak pengikut mereka masing- masing, sehingga mudah bagi mereka untuk mengarahkan konsumen ke produk penjual melalui pos media sosial, blog, dan interaksi lain dengan pengikut mereka.
    Para influencer kemudian menerima bagian dari keuntungan yang mereka bantu ciptakan. Kampanye pemasaran influencer sangat populer di Instagram di mana merek bermitra dengan influencer yang dipandang sebagai pakar atau otoritas di bidang khusus mereka. Bergantung pada kesepakatannya, kampanye dapat terdiri dari serangkaian ulasan produk dengan foto, pengambilalihan akun, atau video langsung. Meskipun seorang influencer mungkin memiliki merek dan estetika mereka sendiri, penting untuk menambahkan elemen yang terkait dengan merek Anda untuk memastikan ingatan dan pengakuan merek. Tujuan ini dapat dicapai dengan menggunakan aplikasi seperti Instasize di mana Anda dapat dengan cepat mengedit dan menyesuaikan materi iklan kampanye Anda dalam satu klik saja.

  • Blogger

    Dengan kemampuan untuk menentukan peringkat secara organik dalam kueri mesin telusur, blogger lebih unggul dalam meningkatkan konversi penjual. Blogger biasanya bekerja dengan mengambil sampel produk atau layanan dan kemudian menulis ulasan komprehensif yang mempromosikan merek dengan cara yang menarik, mengarahkan lalu lintas kembali ke situs penjual. Umumnya blogger lebih sering diberikan penghargaan atas pengaruhnya dalam menyebarkan berita tentang nilai produk, membantu meningkatkan penjualan penjual.

 

Daftar diatas adalah sebagian kecil saluran atau jenis affiliate marketing, walau dua jenis ini sangat umum dan mudah ditemukan dimana- mana. Namun Anda juga bisa mencoba opsi atau tipe lain seperti email marketing atau memanfaatkan media lebih besar seperti situs web. Apapun pilihan Anda nantinya, sebaiknya tetap melakukan riset yang teliti dalam memilih tawaran afiliasi agar sesuai dengan ekspektasi Anda.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Bisnis Online Sampingan yang Menghasilkan Uang dengan Modal Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari sekian banyak alternatif bisnis, affiliate marketing adalah solusi ideal bagi mereka yang ingin mendapatkan kendali atas pendapatan mereka sendiri dengan berfokus pada opsi pendapatan berbasis kinerja. Bekerja bersama-sama dengan penjual, pemasar afiliasi yang termotivasi akan dapat memperoleh penghasilan pasif tanpa harus khawatir menghasilkan produk atau layanan mereka sendiri atau bahkan mengeluarkan modal dan tenaga lebih dulu layaknya bisnis konvensional.

Meskipun keberhasilan pemasaran afiliasi akan bergantung pada keterampilan pemasaran afiliasi, ini dapat terbukti menjadi cara yang efektif untuk memenuhi sasaran pendapatan Anda sebagai karier utama atau pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Proses langsung yang elegan, pemasaran afiliasi melalui ulasan, blog, media sosial, perangkat lunak webinar, dan platform lainnya adalah opsi lain dalam pemasaran yang menunggu untuk dimanfaatkan. Tetap buat riset Anda dan pilihlah tawaran afiliasi yang sesuai dengan minat Anda.

Related Post :