Cara Daftar Umrah dan Biaya Lengkap Melaksanakan Umrah di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Umrah atau translasi dalam bahasa Arab adalah berarti mengunjungi tempat berpenduduk merupakan suatu kegiatan ziarah Islam ke Mekah. Kegiatan ini juga dapat dilakukan kapan saja yang berbeda dengan tata cara kunjungan ibadah Haji yang memiliki jadwal tanggal tertentu menurut kalender Islam. Mekah sendiri adalah kota paling suci bagi umat Islam yang menjadikannya kunjungan impian setiap Muslim.

Kegiatan umrah kadang-kadang dianggap sebagai “haji kecil”, karena tidak wajib, tetapi masih sangat dianjurkan. Biasanya umrah juga dapat diselesaikan dalam beberapa jam, dibandingkan dengan Haji, yang dapat memakan waktu beberapa hari. Tetapi umrah sendiri juga tidak dimaksudkan untuk diartikan sebagai pengganti haji. Namun, keduanya adalah demonstrasi solidaritas umat Islam, dan ketundukan mereka kepada Allah (Tuhan).

Mengingat umrah lebih ringan dari Haji terlebih lagi harganya serta persyaratan umrah lebih mudah dari haji, banyak umat Muslim ingin menjalankan umrah lebih dulu. Belum lagi umrah juga lebih pendek dalam pelaksanaannya. Berikut cara daftar umrah dan biaya lengkap melaksanakan umrah di Indonesia.

 

Memahami Ibadah Umrah

Cara Daftar Umrah dan Biaya Lengkap Melaksanakan Umrah di Indonesia
 

 

Umroh mengharuskan umat Islam untuk melakukan dua ritual utama, Tawaf dan Sa’i. Tawaf adalah putaran mengelilingi Ka’bah. Untuk pria, disarankan untuk melakukan tiga sirkuit pertama dengan kecepatan tinggi, diikuti oleh empat putaran dengan kecepatan yang lebih santai. Ini diikuti oleh Sa’i antara Safa dan Marwah di Masjid Agung Mekkah, jalan-jalan untuk memperingati pencarian air Hagar untuk putranya dan belas kasihan Tuhan dalam menjawab doa. Peziarah mengakhiri ziarah dengan Halq, pemendekan sebagian atau seluruh rambut.

Mengikuti Hukum Syariah Islam, mengenai kedua ziarah maka seorang Muslim pertama- tama harus menerima ihram yakni keadaan pemurnian yang dicapai dengan menyelesaikan ritual pembersihan, mengenakan pakaian yang ditentukan, dan tidak melakukan tindakan tertentu. Ini harus dicapai ketika mencapai Miqat, titik batas utama di Mekah, seperti Dzu ‘l-Hulaifah, Juhfah, Qarnu’ l-Manāzil, Yalamlam, Zāt-i-‘Irq, Ibrahīm Mursīyah, atau tempat di Al-Hill . Kondisi berbeda ada untuk pelancong udara, yang harus mengamati Ihram begitu memasuki perimeter tertentu di kota.

 

Cara Daftar Umrah

Baik haji maupun umrah, pasti harus dilakukan dengan memenuhi persyaratan tertentu. Berikut persyaratan umrah yang harus dipenuhi warga negara Indonesia untuk dapat melaksanakan umrah :

 

  • Paspor Asli yang masih berlaku minimal 8 bulan sebelum masa berlakunya habis
  • Nama di Paspor sudah tiga (3) suku kata, contoh : Muhammad Ali Irsyad
  • Buku Vaksin Meningitis
  • Pas Photo terbaru :
    a) Ukuran 46 : 6 lembar
    b) Zoom muka 80% tampak muka
    c) Back ground dipastikan warna putih
    d) Tidak memakai baju warna putih
    e) Tidak memakai kaca mata
    f) Tidak memakai baju dinas
    g) Wanita menggunakan kerudung (Jilbab)
  • Suami istri harus menyertakan copy buku nikah dan copy KK
  • Bagi anak-anak menyertakan copy akte kelahiran anak, copy KK
  • Wanita diatas 45 tahun menyertakan copy Akte, copy KTP, copy KK
  • Wanita dibawah 45 tahun menyertakan copy KTP, copy KK, apabila tidak didampingi pihak keluarga, maka harus membayar Mahram

 

Baca Juga  :      Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya

 

Perbedaan Umrah dan Haji

Meski sama- sama mengunjungi kota Mekah sebagai kiblat dalam agama Islam, umrah dan haji memiliki perbedaan- perbedaan sebagai berikut :

 

  • Meski keduanya adalah ziarah Islam, perbedaan utamanya adalah tingkat kepentingannya dan metode ketaatannya.
  • Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Itu wajib bagi setiap Muslim sekali seumur hidup mereka, asalkan mereka sehat secara fisik dan mampu secara finansial.
  • Haji dilakukan selama hari-hari tertentu selama bulan Islam yang ditentukan. Namun Umroh bisa dilakukan kapan saja.
  • Meskipun mereka memiliki ritual yang sama, umrah dapat dilakukan dalam waktu kurang dari beberapa jam sementara haji lebih memakan waktu, dan melibatkan lebih banyak ritual.

 

Baca Juga  :     Cara Mengurus Akta Kelahiran Hilang dan Syarat untuk Membuatnya Kembali

 

Biaya Lengkap Melaksanakan Umrah

Mengingat banyaknya penyedia jasa travel umrah dengan berbagai macam paket mereka sendiri- sendiri, tentunya umat Muslim dapat memilih paket mana yang kiranya sesuai dengan budget mereka. Paket- paket umrah yang ditawarkan juga mulai dari reguler hingga yang menawarkan paket perjalanan lengkap ke negara selain Arab Saudi sebagai negara pelaksana umrah.

Begitu juga besar paket umrah reguler yang seringnya dikeluarkan oleh agen travel umroh biasanya akan memberikan perjalanan umrah serta kunjugan di kota Makkah dan Madinah saja. Paket ini juga biasanya berdurasi 9 hari hingga 12 hari. Dengan kisaran harga antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta yang akan tergantung dari setiap agen travel serta isi paket yang mereka tawarkan.

Biayanya biaya- biaya paket yang mereka tawarkan sudah meliputi :

 

  • Biaya penerbangan pulang pergi
  • Menginap di hotel pilihan
  • Asuransi perjalanan umrah
  • Perlengkapan pendukung seperti kain ihram, koper, pakaian seragam dan lain- lain.
  • Makan
  • Visa umrah
  • Ziarah kota
  • Air zam- zam sebanyak 5 liter per jamaah

 

Baca Juga  :    Cara Daftar Haji dan Biaya Lengkap Melaksanakan Haji di Indonesia

 

Tetapi biaya- biaya diatas bisa saja tidak termasuk :

 

  • Biaya airport handling, pajak dan asuransi perjalanan sebesar Rp 2 juta.
  • Visa progresif US$ 550 atau sekitar Rp 7,8 juta.
  • Biaya pembuatan paspor Rp 1,5 juta maupun penambahan nama sebesar Rp 500 ribu.
  • Suplemen dan vaksin meningitis.
  • Biaya yang mencakup kebutuhan pribadi

 

Ritual Melakukan Umrah

Cara Daftar Umrah dan Biaya Lengkap Melaksanakan Umrah di Indonesia
 

Para peziarah melakukan serangkaian tindakan ritual yang melambangkan kehidupan Ibrahim (Abraham) dan istri keduanya Hajar, dan solidaritas dengan umat Islam di seluruh dunia. Jemaah haji memasuki perimeter Mekkah dalam keadaan Ihram dengan melakukan kegiatan atau ritual :

 

  • Tawaf

    Sirkumambulasi Ka’bah dalam Ibadah yang terdiri dari mengelilingi Ka’bah tujuh kali berlawanan arah jarum jam. Laki-laki akan memakai pakaian khusus yakni dengan kain ihram, penutup kiri sholder dan buka sholder kanan, yang disebut idtiba. Kemudian dilanjutkan dengan (Hajre aswad dan garis lampu hijau) titik awal Tawaf yakni berdiri menghadap Ka’bah, Angkat tangan seperti dalam Sholat & ucapkan “Bismillahi Allahu Akbar”, mulailah bergerak ke arah kanan. Untuk pria, tiga putaran pertama harus dilakukan dengan kecepatan tergesa-gesa (disebut ramal), diikuti oleh empat kali, lebih dekat, dengan kecepatan santai. Selesaikan tujuh putaran dengan cara yang sama.

  • Sa’i

    Ritual selanjutnya adalah Sa’i artinya berjalan tujuh kali bolak-balik antara perbukitan Safa dan Marwah. Pria disarankan untuk berjalan cepat di area lampu hijau. Kegiatan ini adalah pengulangan dari pencarian air yang panik oleh Hajar. Bayi Isma’il (Ismail) menangis dan menghantam tanah dengan kakinya (beberapa versi cerita mengatakan bahwa seorang malaikat menggesekkan kakinya atau ujung sayapnya di tanah), dan air secara ajaib bermunculan. Sumber air ini sekarang disebut Sumur Zamzam.

  • Halq atau taqsir

    Taqsir adalah pemendekan sebagian rambut yang biasanya diperuntukkan bagi wanita yang memotong rambut minimal satu inci atau lebih. Halq adalah mencukur habis kepala, biasanya dilakukan pada pria. Keduanya menandakan penyerahan keinginan kepada Tuhan atas kemuliaan penampilan fisik. Cukur / potong kepala disimpan sampai akhir umrah.

 

Kesimpulan dan Penutup

Situs Islam tertua dan paling suci yakni Mekah yang terletak di provinsi Hijaz barat Arab Saudi, merupakan lokasi penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Di sinilah Al- Quran, kitab suci Islam, diyakini diturunkan kepada Nabi Muhammad. Maka sebagai pusat agama, kota ini menjadi kota impian setiap Muslim yang ingin mengunjunginya baik dengan cara haji maupun umrah.

Umrah adalah nama yang diberikan untuk ziarah ke Mekah, versi pendek dari pertemuan haji tahunan. Kata “Umrah” dalam bahasa Arab berarti “mengunjungi tempat yang berpenduduk”. Umrah menawarkan kesempatan bagi Muslim untuk menyegarkan iman mereka, mencari pengampunan dan berdoa untuk kebutuhan mereka. Orang- orang yang melakukan umrah berharap agar disucikan dari dosa-dosa mereka.

 

Related Post :