Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

YouTube sebagai sebuah platform yang lagi banyak diminati oleh semua kalangan pada waktu ini ternyata menyimpan sebuah hal yang berharga. Hal berharga ini akan sangat berguna  jika diketahui oleh para pelaku bisnis, YouTubers, perusahaan, dan lain-lain seperti kemampuan melakukan promosi yang dapat dilakukan melalui platform YouTube ini. Mengenal YouTube sebagai sebuah platform layanan video oleh Google dengan penonton aktif milyaran  diseluruh dunia, merupakan lahan emas bagi mereka yang akan atau ingin membuat promosi di YouTube.

Melakukan promosi di YouTube sangatlah mudah yakni hanya dengan hitungan beberapa menit saja, iklan yang dipasang di YouTube bisa ditampilkan. Banyak macam tipe iklan yang bisa ditampilkan oleh YouTube, mulai dari iklan video, display, dan lain-lain. Apabila pengguna iklan YouTube ini mahir dalam mengelola promosinya bukan tidak mungkin hasil yang akan dicapai akan maksimal dan bermanfaat bagi perkembangan platform, chanel, maupun bisnisnya.

Lalu bagaimanakah cara membuat iklan di YouTube dengan mudah dan cepat? Bagi seorang pemula mungkin akan sedikit kesusahan dalam mengatur iklan yang akan ditampilkan di kanal YouTube. Namun, sebenarnya cara yang bisa dilakukan tidak terlalu susah dengan apa yang dibayangkan. Maka dari itu berikut ini adalah cara membuat iklan di YouTube dengan mudah dan cepat yang cocok bagi pemula, Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu YouTube Ads Campaign

Pada bulan Januari 2017, Google mengumumkan akan melakukan perubahan pada AdWords untuk memungkinkan pengiklan menjangkau lebih banyak pengguna di YouTube. Terutama yang dimaksud disini adalah pengguna YouTube via seluler dimana sebanyak 50% tampilan YouTube diimplementasikan. Kabar baik lainnya mengenai perubahan yang diluncurkan, salah satunya adalah pengumuman mengenai adalah bahwa pengiklan akan segera dapat menargetkan pengguna YouTube berdasarkan riwayat pencarian Google mereka.

Pengiklan sekarang dapat menargetkan iklan pada orang yang mencari produk atau layanan tertentu untuk menargetkan iklan video yang akan ditayangkan di platform. Jika konten iklan video terkait erat dengan pencarian yang telah diteliti oleh pemirsa, mereka cenderung menonton seluruh iklan atau mengklik iklan di situs web. Secara garis besar, itulah tadi deskripsi dari YouTube Ads Campaign dimana para pengiklan dapat menjangkau pengguna YouTube lebih mudah menggunakan layanan ini untuk mengenalkan produk yang mereka tawarkan.

 

Baca Juga :       Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

 

Jenis dan Tipe YouTube Ads Campaign

Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

 

Banyak tipe atau jenis iklan yang ditawarkan oleh platform video miliki Google ini. Salah satu alasan yang menjadi dapat dijadikan dasar penggunaan YouTube sebagai tempat untuk beriklan adalah YouTube sebagai platform yang dapat menarik lebih dari 2 milyar penonton setiap bulannya, hal ini sesuai riset yang dilakukan Hootsuite. Sebelum lanjut mengenai cara membuat iklan di YouTube ada beberapa macam tipe campaign yang ada di YouTube yaitu Skippable in-stream ads, Non-skippable in-stream ads, Video discovery ads, dan Non-video ads. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam YouTube Ads.

 

  • True-view ads

    Trueview ads adalah jenis iklan standar yang terdapat di youtube pada umumnya terdapat 3 jenis iklan trueview yaitu Video Discovery Ads (Previously Named In-Display Ads) dan In-streams Ads. Di iklan Trueview pengiklan hanya membayar iklan ini ketika pemirsa menonton atau berinteraksi dengan iklan mereka seperti dengan mengklik iklan tersebut dan video dapat dengan mudah disesuaikan untuk berbagi berbagai konten.
     

    Pengiklan hanya membayar ketika pengguna menonton iklan selama setidaknya 30 detik atau sampai akhir video atau jika pemirsa mengambil tindakan, seperti mengklik ajakan bertindak. YouTube mengharuskan iklan TrueView yang dapat dilompati berdurasi antara 12 detik dan 6 menit serta iklan TrueView yang tidak dapat dilompati berdurasi 15-20 detik.

  • Non-Skippable ads

    Non-Skippable ads tidak seperti iklan TrueView sebelumnya. Iklan jenis ini harus ditonton untuk mendapatkan akses ke video YouTube. Durasi maksimum dari iklan tersebut adalah 15 hingga 20 detik namun mengenai ini tergantung dari lokasinya. Sebelum ini YouTube memberikan durasi 30 detik untuk iklan yang tidak dapat dilompati namun sekarang dipersingkat untuk meningkatkan pengalaman pengguna YouTube. Akan tetapi tetap saja iklan yang tidak dapat di skip masih dianggap menjengkelkan dan membuat frustasi oleh sebagian besar pengguna YouTube. Pada saat yang sama, orang-orang mulai terbiasa dengan format ini dan jumlah negatif telah berkurang secara signifikan. Ada 2 jenis iklan Non-skippable ini yaitu pre-rolls dan mid rolls.

  • Bumpers Ads

    Iklan bumper YouTube adalah iklan video berdurasi enam detik yang tidak dapat di skip sebelum video YouTube dimulai dan ini adalah salah satu dari enam format iklan YouTube yang berbeda. Karena panjangnya yang pendek, iklan bumper merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menciptakan kesadaran dan jangkauan merek. Iklan bumper dapat berjalan sebagai kampanye iklan mandiri, tetapi Google merekomendasikan untuk menjalankannya bersama dengan Iklan TrueView untuk meningkatkan efektivitasnya seperti misalnya menampilkan iklan TrueView kepada pemirsa pertama kali dan kemudian terus menampilkan iklan bumper pemirsa yang sama untuk meningkatkan frekuensi.

 

Baca Juga :       Cara Download Video Youtube Online tanpa Aplikasi

 

Cara Membuat Iklan di Youtube

Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Cara membuat iklan di YouTube dapat dilakukan dengan sangat mudah dan sebelum membuat video iklan wajib untuk memiliki akun di Google AdWords. Di platform inilah nantinya pengaturan mulai dari nama iklan video, tipe iklan yang dipakai, harga yang dipatok, target audiens, dan masih banyak lagi. Jika dibayangkan memang sulit untuk membuat iklan video di YouTube ini tetaoi sebenarnya caranya sangat mudah. Berikut ini adalah cara-cara membuat iklan di YouTube :

 

  • Unggah Video Iklan di Channel YouTube

    Tahap pertama adalah mengunggah video iklan yang ada di channel YouTube pengiklan dan usahakan unggahan video ini memiliki kualitas konten yang menarik, serrta jenis video iklan yang diunggah nantinya akan bisa disesuaikan dengan jenis format video iklan youtube. Kombinasi iklan yang menarik dan sesuai ini juga akan mempengaruhi trafik dan engagement dari pemirsa di YouTube.

  • Tentukan Nama dan Format Campaign Video

    Selanjutnya pengiklan akan melakukan pengaturan di platform Google AdWords mereka. Setelah mengunggah video iklan maka pengiklan sudah bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu mengatur kampanye iklan. Pertama, buka akun Google AdWords untuk mengatur kampanye yang akan dilakukan. Ketuk menu drop-down di sebelah kanan tombol “+ Campaign” merah di beranda Google AdWords Anda dan pilih “video.” Langkah berikutnya adalah memberi nama campaign dan pastikan bahwa format yang dipilih adalah video. Setelah itu, pilih format video iklan apa yang cocok dengan video iklan yakni biisa in-stream, bumper, dan lain-lain.
     

    Tahap berikutnya tetapkan anggaran iklan secara per hari. Pengiklan juga dapat memilih metode pengiriman baik pengiriman standar yaitu metode menampilkan iklan secara merata di siang hari atau pengiriman yang dipercepat yaitu meningkatkan penayangan secepat mungkin. Untuk tipe iklan yang dipercepat akan berguna jika pengiklan ingin memanfaatkan tren atau berita yang relevan dengan video.
     

    Baca Juga :    Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

  • Pilih Dimana Tampilan Video Akan Muncul

    Pengiklan wajib atau harus membuat kampanye terpisah untuk YouTube Search dan YouTube Video karena ini akan membantu pengiklan melacak charts kinerja dengan lebih baik. Iklan ini ditayangkan kepada orang-orang yang melakukan kegiatan yang sangat berbeda, jadi yang terbaik adalah memantau kinerja secara terpisah. Tentukan 2 dimana iklan ini akan ditemukan, yakni :
     

    1) YouTube Search: Iklan video akan muncul di hasil untuk pencarian dan akan muncul di halaman utama YouTube, halaman saluran, dan halaman video.
     

    2) YouTube Video: Youtube video ini merupakan iklan TrueView yang dapat menampilkan iklan dalam-tampilan atau iklan dalam-aliran. Dengan opsi ini, pengiklan dapat memilih agar iklan video muncul sebelum atau di sekitar video yang ditampilkan di seluruh Jaringan Display Google.

  • Pilih Bahasa, Lokasi, dan Perangkat yang akan dituju

    Pengaturan Bahasa, Lokasi, dan Perangkat membantu pengiklan untuk melakukan segmentasi audiens untuk kampanye iklan. Disini pengiklan juga akan melihat opsi tambahan untuk demografi dan minat audiens nanti ketika membuat grup iklan dalam kampanye ini. Mengenai Bahasa, jika audiens Anda terutama berbahasa Indonesia, Anda hanya dapat menargetkan orang-orang yang berbicara bahasa Indonesia, tetapi jika video YouTube Anda bisa populer dalam berbagai bahasa atau jika video Anda memiliki subtitle, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dengan memilih beberapa bahasa.
     

    Berikutnya pengaturan lokasi membantu pengiklan mensegmentasi audiens di mana pun mereka berada. Misalnya, jika vlog pengiklan memiliki pemirsa berbasis di Asia Tenggara., targetkan hanya orang di negara Asia Tenggara saja. Namun, pengiklan juga bisa membuat penargetan lokasi lebih luas atau lebih sempit dari satu negara serta pengiklan juga dapat mengecualikan negara atau lokasi jika perlu atau secara umum, targetkan negara-negara dimana video yang diiklankan itu populer.

  • Konfigurasi Advanced

    Di dalam bagian pengaturan lanjutan, pengiklan dapat mengatur berbagai macam konfigurasi mula dari mengatur tanggal mulai dan berakhir untuk kampanye, membuat jadwal khusus untuk kapan iklan video yang akan ditampilkan, dan membatasi tayangan dan tampilan harian untuk pengguna. Ini semua membantu pengiklan untuk mendapatkan hasil terbaik dari pengeluaran iklan yang dilakukan.

  • Buat Iklan untuk Video Anda

    Setelah menyiapkan kampanye dan kriteria grup iklan, pengiklan dapat mulai menambahkan video yang ingin akan promosikan. Ketika pembuat iklan membuat iklan, ingatlah bahwa masing-masing harus mengikuti kebijakan periklanan AdWords. Untuk membuat iklan pertama Anda, scroll ke bawah ke area untuk membuat iklan. Tempel tautan ke video YouTube dan pilih jenis iklan: dalam-aliran atau penemuan. Mengenai display, pengiklan harus memasukkan judul dan deskripsi singkat, yang dimasukkan pada dua baris terpisah. Judul dibatasi hingga 25 karakter, dan garis uraian masing-masing dibatasi hingga 35 karakter.

 

In-stream Ads memberi pengiklan opsi untuk tumpang tindih dengan URL tayangan di atas video. Pengiklan harus menggunakan URL vanity yang mengarahkan ke URL final lain untuk membuatnya lebih mudah diingat dan pengiklan dapat menyertakan opsi pelacakan URL lanjutan. Kemudian pengiklan akan menentukan harga maksimum yang akan dibayarkan untuk setiap tampilan serta yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan jumlah tampilan yang diproyeksikan akan diterima oleh video.

Terakhir, Pengiklan dapat menentukan lebih jauh pemirsa yang diinginkan untuk video mereka. Ada banyak opsi seperti opsi termasuk jenis kelamin, usia, dan status orang tua. Selain itu, pengiklan juga dapat menargetkan individu berdasarkan minat mereka, seperti para pakar kecantikan, penggemar memasak, penggemar film horor, dll. Tahap paling akhir adalah menautkan akun link channel YouTube pengiklan ke akun Google AdWords serta klik finish untuk menjalankan iklan.

 

Baca Juga :     Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Begitulan tadi penjelasan mengenai apa itu YouTube Ads bagi Anda yang sedang mencari informasi beriklan di YouTube. Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh bagi siapa saja yang ingin mengiklankan sebuah video melalui YouTube. Terlebih lagi saat sekarang YouTube di Indonesia mengalami peningkatan yang luar biasa dengan munculnya berbagai content creator yang mana hal ini juga sejalan dengan peningkatan jumlah penonton yang terus naik di Indonesia.

Kesempatan baik ini harus wajib dipakai sebagai sebuah peluang untuk melakukan promosi. Promosi yang dilakukan tentunya akan lebih mudah menjangkau target audiens yang telah disegmentasikan sebelumnya. Jadi, dengan hampir lebih dari 2 miliar penonton di YouTube merupakan peluang bagus untuk membuat iklan di kanal miliki Google ini. Demikianlah artikel mengenai cara iklan di YouTube dengan mudah dan cepat untuk pemula.

 

 

 

Related Post :

popup image