Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Pada era saat ini perkembangan teknologi tidak dapat terbendung turut mengubah banyak hal dalam kehidupan. Banyak sektor di Indonesia bahkan dunia yang semakin canggih karena kemajuan teknologi ini. Masyarakat sangat terbantu dengan terciptanya alat-alat ataupun aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan mereka. Dengan bermunculannya aplikasi atau platform digital yang canggih yaitu dengan memainkan gadget mereka dapat menghasilkan uang. Pekerjaan yang semula dirasa tidak mungkin dikerjakan kini semua menjadi kenyataan karena modernisasi ini.

YouTube menjadi salah satu platform digital yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi berupa video informatif. Banyak kreator dari berbagai negara membuat konten youtube yang informatif dan juga menghibur. Dari yang awalnya hanya iseng atau coba-coba kini kreator YouTube menjadi salah satu profesi yang diminati oleh kaum milenial dengan sebutan YouTuber. Berpikir bahwa menjadi seorang YouTuber akan memudahkan mereka untuk mendapatkan uang dari konten yang dibuat dengan berkaca pada youtuber yang sudah sukses membangun karir mereka.

Tetapi, tidak semudah itu untuk mendapatkan kesuksesan dari menjadi seorang YouTuber. Banyak sekali yang harus dilalui yaitu dengan mulai memikirkan konten yang dibuat dan juga harus memiliki kesabaran agar membuahkan hasil yaitu mendapatkan uang dari YouTube. Berikut adalah cara untuk Anda yang ingin mencoba ataupun memulai kesuksesan dari platform digital yaitu YouTube serta beberapa daftar penghasilan YouTuber yang sukses mengembangkan  chanel online mereka ini.

 

Darimana Sumber Pendapatan YouTuber

Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube
 

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya darimana sumber pendapatan youtuber yang jika kita melihat gaya hidupnya yang penuh kemewahan. Banyak pemikiran dan pendapat mengenai pertanyaan ini. Maka dari itu, berikut beberapa sumber pendapatan YouTuber yang mungkin bisa mengobati rasa penasaran Anda.

 

  • YouTube Ads

    YouTube Ads atau YouTube Adsense adalah bagian dari Google Adsense. Program ini menawarkan iklan kepada pemilik akun YouTube yang rajin membuat konten. Sistem dari YouTube ads ini adalah memunculkan iklan pada video yang Anda putar di YouTube dan apabila Anda mengklik iklan yang muncul tersebut pemilik video tersebut akan mendapatkan komisi atau penghasilan. Komisi yang dimaksud adalah pihak youtube memberikan penghargaan atas kreativitas dan kerja keras para YouTuber ini karena telah rajin mengunggah konten di akun YouTube mereka.
     
    Adanya program adsense ini para YouTuber mendapatkan keuntungan yaitu uang. Besar kecilnya jumlah adsense ini juga tergantung berapa kali penonton yang mengklik iklan pada saat video diputar. Jika semakin banyak penonton yang mengklik iklan tersebut maka semakin besar jumlah adsense yang didapat oleh youtuber. Namun munculnya iklan pada awal ataupun di tengah video sangat mengganggu penonton karena video akan terpotong oleh adanya iklan tersebut.

  • Affiliate Marketing

    Maksud dari ini adalah YouTuber bekerja sama dengan e-commerce untuk mempromosikan barang yang dijual, mengumumkan apabila sedang ada diskon untuk pembelian disana contohnya seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Sistem ini bekerja di mana pengiklan membayar YouTuber melalui CTR, berapa banyak orang membeli produk melalui link yang disisipkan, dan komisi. Biasanya YouTuber akan melakukan unboxing lalu mereview produk seperti barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh salah satu e-commerce tersebut. Strategi yang digunakan mungkin akan berbeda agar banyak orang yang membeli produk tersebut melalui link yang disisipkan. Kreativitas seseorang juga sangat dibutuhkan disini.

  • YouTube Sponsorships atau Endorsement

    Berbeda dengan affiliate marketing, maksud dari YouTube sponsorship adalah brand produk membayar untuk pengiklanan yang ditampilkan pada video. YouTuber akan menciptakan satu video advertorial untuk mempromosikan brand tersebut. Harga yang diminta youtuber untuk ini sekitar Rp.750.000,00 untuk 1.000 penonton. Angka tersebut akan lebih besar apabila banyak penonton yang melihat video tersebut.

 

Baca Juga :    Cara Download Video Youtube Online tanpa Aplikasi

 

Menghitung Penghasilan YouTuber

Cara menghitung penghasilan YouTuber ada 2 cara yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click). CPM (Cost Per Mile) sendiri adalah pendapatan yang bakal didapatkan untuk setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video YouTube. Di Indonesia sendiri nominalnya sekitar Rp 7.000 per seribu tayangan iklan. Selanjutnya adalah CPC (Cost Per Click) artinya nominal yang didapatkan setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video YouTube. Contoh perhitungannya adalah :

 

2.000 views menghasilkan 250 orang yang menonton iklan hingga akhir

$18 per view x 250 views = $45 dibebankan ke pengiklan

$45 x 68% revenue share = $30 per 2.000 views akan dibayarkan kepada youtuber.

 

Syarat minimal untuk mendapatkan itu semua adalah subscriber Anda bertambah 1000 dalam 1 tahun terakhir dan video Anda telah ditonton selama 4000 jam oleh semua viewers setahun belakangan. Untuk metode affiliate marketing dan sponsorship atau endorsement adalah bervariasi tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika jumlah subscriber dan penonton Anda banyak maka semakin tinggi penghasilan yang didapat.

Anda juga dapat mengetahui penghasilan YouTuber dengan melihatnya di Social Blade. Disana Anda bisa mengetahui semua tentang Youtuber yang Anda cari, mulai dari grade YouTuber itu sendiri, estimasi penghasilan per bulan dan estimasi penghasilan per tahunnya juga.

Baca Juga :    YouTube Menjaga Privasi Anak Dengan Merubah Policy Tanpa Iklan

 

Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia

Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube
 

Indonesia memiliki banyak YouTuber yang sukses dan memiliki subscriber 1 juta lebih bahkan sampai puluhan juta subscriber. Konten yang ditampilkan sangat beragam seperti video tutorial, review suatu produk atau makanan, vlog keseharian, motivasi dan lain-lain. Dari awal mulanya hanya memiliki sedikit subscriber dan akhirnya mendapatkan keuntungan dari konten YouTube-nya. Beberapa daftar penghasilan YouTuber Indonesia dalam sebulan berdasarkan data dari Social Blade.

Atta Halilintar (24,3 juta subscriber) US$ 30,6 ribu – US$489,3 ribu atau Rp 439 juta – Rp 7 miliar
Ria Ricis (21,3 juta subscriber) US$ 21,7 ribu – US$ 346,7 ribu atau Rp 311 juta – Rp 4,9 miliar
Gen Halilintar (16,5 juta subscriber) US$ 17,9 ribu – US$ 287 ribu atau Rp 257 juta – Rp 4,12 miliar
Rans Entertainment (16,5 juta subscriber) US$ 34,8 ribu – US$ 556,6 ribu atau Rp 499 juta – Rp 7,9 miliar
Baim Paula (14,9 juta subscriber) US$ 54,4 ribu – US$ 870,4 ribu atau Rp 781 juta – Rp 12 miliar
Raditya Dika (8,89 juta subscriber) US$ 6,1 ribu – US$ 98,4 ribu atau Rp 87 juta – Rp 1,41 miliar
Jess No Limit (16,2 juta subscriber) US$ 26,4 ribu – US$ 421,7 ribu atau Rp 379 juta – Rp 6 miliar
Deddy Corbuzier (10,3 juta subscriber) US$ 32 ribu – US$ 512,5 ribu atau Rp 459 juta – Rp 7,35 miliar

Baca Juga :    TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya

 

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube
 

Pasti setelah membaca pemaparan diatas Anda memiliki pemikiran bahwa menjadi seorang YouTuber adalah salah satu cara menghasilkan banyak uang dan terkenal. Menjadi YouTuber pada era sekarang adalah cita-cita sebagian orang tetapi banyak juga yang masih ragu untuk memulainya. Terdapat banyak cara untuk menjadi YouTuber sukses kunci dari kesuksesan di YouTube adalah kreativitas membuat konten dan cara menggaet banyak orang untuk menonton YouTube Anda. Dibawah ini beberapa tips untuk mendapatkan uang dari YouTube.

 

Menentukan Tema Channel Yang Menarik

Hal ini adalah cara pertama untuk membuat YouTube Anda sukses. Tentukan tema sesuai keinginan Anda tetapi juga harus memperhatikan selera penonton nantinya. Buat channel semenarik mungkin dan kemas konten Anda menjadi menarik paling tidak terdapat satu ciri khas yang tidak dimiliki oleh youtuber lain. Bagi Anda yang masih ragu ingin konsep konten seperti apa, berikut ini ada beberapa konten yang sering digunakan oleh channel-channel YouTube populer.

  • Voice Over

    Tayangan yang hanya berisi audio atau suara dari naratornya. Rekaman tersebut bisa berisi beberapa fakta menarik, cerita baik itu horor maupun hal menarik lainnya. Biasanya voice over ini berisi cerita yang dapat menarik para penontonnya.

  • Tutorial

    Yakni video yang memberikan cara untuk menggunakan suatu produk. Rata-rata video tutorial ini mengenai kecantikan, aktivasi aplikasi, memperbaiki sesuatu yang rusak dan lain-lain. Tema ini sangat bermanfaat untuk banyak orang karena mereka akan mendapat banyak informasi serta ilmu dari video youtube Anda.

  • Unboxing

    Video ini berupa penjelasan mengenai suatu produk baru ataupun unik yang sedang diincar oleh banyak orang. Caranya adalah Anda membeli produk tersebut terlebih dahulu lalu membuka dan menjabarkan bagaimana produk tersebut melalui video. Banyak kebiasaan orang apabila sebelum membeli suatu produk adalah melihat bagaimana produk tersebut terlebih dahulu. Tema ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak penonton.

  • Video Prank

    Ini adalah tema yang dianggap paling seru oleh penonton. Isi dari konten ini adalah ngerjain orang lain yang semata-mata bertujuan untuk hiburan. Prank bisa dilakukan dengan text, chat atau video. Reaksi orang yang berhasil Anda prank juga menjadi sorotan utama pada tema video ini selain kreativitas dalam menyajikan konten.

 

Kaitkan Channel Youtube Dengan YouTube Adsense

Setelah mendapatkan ide untuk pembuatan video sekaligus tema yang cocok langkah selanjutnya adalah mengaktifkan dan memasang Adsense di Channel YouTube Anda. Cara ini yang nantinya akan menghasilkan uang dari YouTube yang Anda buat. Langkah pengaktifan YouTube AdSense :

  • Sign in ke akun YouTube yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Pilih menu Account Information” yang terletak pada bagian sebelah kanan atas untuk mengetahui informasi akun.
  • Setelah itu klik Creator Studio dan pilih menu Channel.
  • Klik Status and Feature serta pilih Enable Monetisation yang artinya Anda telah menyetujui channel YouTube tersebut dijadikan akun monetisasi.

Pengoptimalan fungsi monetize ini perlu dilakukan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Video yang diunggah haruslah bersifat original dan tidak melanggar aturan yang ada di youtube atau Anda akan mendapatkan hukuman seperti video Anda di take down atau di banned oleh pihak youtube. Channel Youtube yang fungsi monetisasi-nya telah diaktifkan, maka akan muncul beberapa iklan di video-video berikutnya.

Baca Juga  :    Cara Daftar Google AdSense Terlengkap Untuk Pemula

 

Menjual Produk Barang atau Jasa

YouTube bisa menjadi tempat untuk promosi apabila Anda memiliki produk yang siap untuk dijual. Anda dapat menjelaskan bagaimana cara menggunakannya atau mendeskripsikan produk tersebut. Dengan demikian penonton akan tahu bahwa produk tersebut cocok untuk dibeli. Sertakan link pembelian atau alamat yang bisa dikunjungi untuk membeli produk tersebut. Teknik pemasaran ini sering dilakukan di jaman sekarang karena meningkatkan rasio penjualan.

 

Menjual Video

Video YouTube yang muncul di infotainment atau berita di TV itulah yang dimaksud. Jadi video milik orang lain yang muncul di media orang lain, itu sebenarnya terjadi transaksi jual beli video sebelumnya. Para artis atau pemilik video amatir akan diberikan bayaran oleh pihak TV sebagai imbalan atas videonya. Bagi pihak TV, video tersebut bisa menjadi sebuah konten yang mampu meningkatkan rating. Jika Anda punya video yang bagus dan berkualitas, jangan lupa berikan watermark dan mungkin Anda bisa menawarkannya ke pihak lain, atau pihak lain yang akan datang ke Anda dengan sendirinya.

 

Super Chat dan Super Stickers

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started. Ikuti petunjuk yang ada di layar. Pada saat Anda berinteraksi dengan para penonton atau yang bisa disebut live streaming. Agar kalian bisa mendapatkan uang, penggemar kalian bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa disorot di live chat.

 

Kesimpulan dan Penutup

Adanya YouTube akan memudahkan masyarakat dalam mendapat informasi ataupun juga menghasilkan uang. Banyak YouTuber pemula yang sedang merintis karir nya dan berharap mendulang kesuksesan dimasa depan. Di jaman yang serba modern ini Anda dituntut untuk berpikir kreatif untuk menghasilkan sesuatu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.

Perlu diingat juga bahwa pembuatan karya berupa video atau yang lain adalah harus original murni dari kreativitas Anda mulai dari editan video dan juga isi kontennya. Meskipun Anda bebas berkarya, namun setiap media tentu memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar. Pastikan Anda memiliki kemampuan untuk memfilter setiap konten yang akan dibuat.

Sajikan konten kesan pertama yang menarik untuk penonton Anda karena itu modal yang sangat penting. Jika sudah mendapatkan konten yang sesuai janganlah merubah konten tersebut Anda harus konsisten untuk membuat serta mengembangkannya. Itulah beberapa daftar penghasilan YouTuber Indonesia serta bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari YouTube yang semoga saja dapat menginspirasi Anda dalam berkarya.

Related Post :

popup image