Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Seperti RAM, CPU, dan GPU

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 2

Di Windows 10, kemampuan untuk melihat spesifikasi perangkat dapat berguna dalam banyak hal. Misalnya, ini dapat berguna saat Anda ingin menginstal program baru dan ingin memastikan perangkat keras memenuhi persyaratan minimum. Dalam kasus masalah kinerja, memahami spesifikasi dapat membantu menentukan perangkat keras yang perlu ditingkatkan.

Atau jika komputer tidak berfungsi, dan Anda harus memecahkan masalahnya. Terlepas dari situasinya, Windows 10 menyertakan setidaknya lima cara untuk menemukan spesifikasi PC, seperti Basic Input / Output System (BIOS) atau detail firmware Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), nomor model perangkat, prosesor, memori, drive, grafik , Versi Windows, dan pembaruan. Satu-satunya peringatan adalah bahwa bergantung pada metodenya, properti yang tersedia mungkin sedikit berbeda.

Mengingat mengetahui cara memeriksa spesifikasi komputer Anda dapat berguna dalam beberapa hal tadi, Anda mungkin ingin memutakhirkan komputer Anda atau mencari tahu persyaratan sistem untuk program yang ingin Anda instal. Anda juga dapat mengetahui apa saja yangs sekiranya perlu di update dari sistem tersebut. Berikut ini cara mengetahui berapa banyak RAM yang Anda miliki, dan jenis GPU, motherboard, dan CPU yang Anda miliki.

 

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Seperti RAM, CPU, dan GPU
 

 

Pada dasarnya, setiap perangkat baik itu komputer PC maupun laptop mempunyai spesifikasi yang sama yakni mulai dari processor (CPU), graphic card (GPU), RAM dan juga motherboard. Berikut cara- cara yang bisa Anda terapkan sendiri dalam melihat spesifikasi laptop atau PC Anda.

 

Cara Memeriksa dan Melihat Prosesor (CPU)

Jika Anda bertanya-tanya jenis prosesor yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi tersebut di komputer Windows 10 dengan dua klik. Untuk mengetahui CPU apa yang Anda miliki, cukup lakukan hal berikut :

 

  • Klik kanan pada ikon menu start Windows di sisi kiri bawah layar Anda.
  • Klik ‘Sistem’ di menu yang muncul.
  • Di sebelah ‘Prosesor’ ini akan mencantumkan jenis CPU yang Anda miliki di komputer Anda.

 

Baca Juga :     Cara Install dan Aktivasi Microsoft Office di Laptop Windows dan Mac OS

 

Cara Mengetahui Besar RAM

Cara termudah untuk mengetahui berapa banyak RAM yang Anda miliki adalah dengan mengetikkan RAM di bilah pencarian Windows. Kotak hasil pencarian akan memberikan hasil untuk opsi View RAM Info. Klik ini untuk membuka jendela Pengaturan Sistem. Di bagian Spesifikasi Perangkat, periksa bidang RAM Terpasang.

 

  • Klik ikon kaca pembesar di pojok kiri bawah layar Anda.
  • Kemudian ketik RAM di bilah pencarian Windows.
  • Tekan Enter atau klik View RAM Info dari hasil pencarian.
  • Periksa info yang dinyatakan dalam RAM Terpasang. Windows akan memberitahu Anda berapa banyak RAM yang telah Anda instal dan berapa banyak yang telah Anda gunakan. Anda akan menemukannya di bawah bagian Spesifikasi Perangkat.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows

 

Cara Memeriksa dan Melihat Graphic Card (GPU)

Jika Anda ingin mengetahui jenis kartu grafis yang Anda miliki, prosesnya mirip dengan mencari tahu CPU apa yang Anda miliki, tetapi memeriksa untuk melihat GPU apa yang ada di sistem Anda adalah 50% lebih berhasil daripada memeriksa untuk melihat apa CPU Anda.

Untuk mengetahui GPU apa yang Anda miliki, cukup lakukan hal berikut :

 

  • Sekali lagi, klik kanan pada ikon menu start Windows.
  • Klik ‘Device Manager’ di menu yang muncul.
  • Di ‘Device Manager’, klik panah di sebelah ‘Display Adapters’
  • GPU Anda akan terdaftar di sana.

 

Namun, perlu diperhatikan bahwa ini mungkin menampilkan dua opsi di bawah tab ‘Display Adapters’. Jika itu menunjukkan dua opsi tadi, itu berarti itu menunjukkan grafik terintegrasi pada prosesor Anda dan kartu grafis khusus pada laptop Anda. Salah satu yang Anda cari adalah kartu grafis khusus, karena ini lebih kuat (dan yang digunakan sistem Anda) dari keduanya.

Graphic card khusus Anda biasanya akan menjadi opsi kedua yang terdaftar. Jika Anda memiliki prosesor Intel, grafik terintegrasi akan diberi nama seperti ‘Intel HD Graphics 4000.’ Dalam hal ini, opsi lain adalah yang Anda inginkan. Kemungkinan besar akan menjadi sesuatu seperti NVIDIA GeForce GTX 700M atau AMD Radeon (atau HD) R9 M470. Perlu diketahui, bahwa jika Anda memiliki prosesor AMD di sistem Anda, grafis terintegrasi juga kemungkinan besar adalah ‘AMD Radeon… ”Namun dalam hal ini, gunakan saja opsi ke-2, karena kemungkinan itu adalah grafik khusus Anda.

 

Baca Juga :     Daftar Merek Laptop Terbaik dan Terbagus di tahun 2020

 

Cara Memeriksa dan Melihat Motherboard

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Seperti RAM, CPU, dan GPU
 

Untuk mengetahui jenis motherboard yang Anda miliki serta siapa yang memproduksi motherboard Anda dan socket dan chipset, prosesnya sedikit berbeda dari di atas. Anda tentu saja dapat membuka desktop Anda (jika Anda memiliki desktop dan bukan laptop) dan memeriksa dan melihat siapa yang memproduksi motherboard Anda dan apa nama model yang ada di papan.

Namun, motherboard biasanya diberi nama seperti ASUS Z370-A, atau MSI B350M, atau Gigabyte GA-AX370-Gaming5, di mana ASUS, MSI, dan Gigabyte adalah pabrikan motherboard, dan Z370, B350, dan X370 adalah chipset motherboard (yang dapat juga mengarahkan Anda ke jenis soket motherboard juga.) Jadi, jika Anda tidak terlalu memahami siapa produsen motherboard utama dan rangkaian huruf dan angka apa yang harus dicari yang menunjukkan nama chipset dan motherboard, Anda mungkin ingin menggunakan opsi yang lebih mudah. Untuk beberapa pengguna, Anda dapat mencoba yang berikut :

 

  • Di bilah pencarian Windows, ketik ‘Informasi Sistem’
  • Gulir ke bawah pada tab System Summary (terbuka di sisi kiri jendela) sampai Anda menemukan ‘Motherboard Manufacturer’, atau ‘BaseBoard Manufacturer’.
  • Informasi di samping ‘Motherboard / BaseBoard Manufacturer’, ‘Motherboard / BaseBoard Model’, dan ‘Motherboard / BaseBoard Name’, akan memberikan informasi yang Anda cari.

 

Meskipun, dalam banyak kasus, informasi yang Anda temukan di tab ini mungkin agak kabur. Mengingat tidak banyak langkah dalam mengetahui informasi dari motherboard tetapi setidaknya memberi tahu Anda siapa yang memproduksi motherboard Anda. Tentunya ini dapat membantu mempermudah menemukan informasi yang Anda cari saat Anda membuka komputer untuk memeriksanya.

 

Baca Juga :    Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows di Laptop / Komputer

 

Kesimpulan dan Penutup

Sekarang setelah Anda mengetahui spesifikasi apa yang dimiliki komputer Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah sistem Anda saat ini layak untuk ditingkatkan atau tidak. Namun, perlu dicatat bahwa jika Anda ingin mengupgrade komponen Anda, tidak sesederhana hanya dengan memilih komponen baru dan lebih baik dan memasukkannya ke dalam sistem Anda. Komponen Anda saat ini akan menentukan komponen baru apa yang dapat Anda beli.

Misalnya, jika Anda memiliki motherboard lama, Anda tidak bisa begitu saja keluar dan meningkatkan ke prosesor terbaru, karena motherboard Anda dan prosesor terbaru mungkin tidak akan kompatibel. Anda juga tidak dapat meningkatkan kartu grafis (graphic card) Anda ke opsi terbesar dan terbaik yang tersedia jika catu daya Anda yang ada tidak memiliki cukup catu daya untuk mengakomodasi GPU baru. Faktanya, dalam banyak kasus, jika Anda memiliki sistem spesifikasi yang lebih lama, mungkin lebih masuk akal untuk membeli atau membangun sistem yang benar-benar baru, karena sistem lama Anda mungkin tidak memiliki komponen yang layak disimpan.

Related Post :

popup image