Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Akan ada saatnya siswa sekolah maupun tingkat perguruan tinggi akan ditugaskan dalam membuat makalah penelitian meski memang dengan tingkat yang berbeda. Tugas seperti itu sering menciptakan banyak kecemasan yang tidak perlu pada siswa, yang dapat menyebabkan penundaan dan perasaan bingung dan tidak mampu. Kecemasan ini sering berasal dari kenyataan bahwa banyak siswa yang tidak terbiasa dan tidak berpengalaman dengan genre penulisan ini.

Jangan pernah takut karena pengalaman dan ketidakbiasaan adalah situasi yang bisa Anda ubah melalui latihan. Menulis makalah penelitian adalah aspek penting dari akademisi dan tidak boleh dihindari karena kecemasan seseorang. Bahkan, proses penulisan makalah penelitian bisa menjadi salah satu pengalaman yang lebih bermanfaat yang mungkin ditemui di dunia akademik.

Terlebih lagi, banyak siswa akan terus melakukan penelitian sepanjang karir mereka, yang merupakan salah satu alasan topik ini sangat penting. Ini adalah latihan yang bagus karena siswa dan mahasiswa belajar penulisan yang bisa saja akan tetap mereka perlukan untuk karir selanjutnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang memerlukan panduan mengenai penulisan makalah, mari simak penjelasan cara membuatnya berikut ini.

 

Proses Awal Menyusun Makalah

Menjadi peneliti dan penulis berpengalaman dalam bidang atau disiplin apa pun membutuhkan banyak latihan. Ada beberapa individu yang prosesnya datang secara alami. Ingat, bahkan veteran akademis yang paling berpengalaman pun harus belajar bagaimana menulis makalah penelitian di beberapa titik dalam karir mereka. Karena itu, dengan ketekunan, pengorganisasian, latihan, kesediaan untuk belajar serta berani membuat kesalahan. bahkan mungkin yang paling penting dari semuanya adalah kesabaran, karena siswa akan menemukan bahwa mereka dapat mencapai hal-hal besar melalui penelitian dan tulisan mereka.

Sedangkan sebelum Anda mulai menulis Anda sudah menentukan apa saja yang mencakup bidang topik berikut yang terkait dengan proses penulisan makalah penelitian :

  • Genre Penulisan

    Bagian ini akan memberikan tinjauan untuk memahami perbedaan antara makalah penelitian analitik dan argumentatif.

  • Memilih Topik

    Bagian ini akan memandu siswa melalui proses pemilihan topik, apakah topik yang ditugaskan atau yang dipilih sendiri oleh siswa.

  • Mengidentifikasi Audiens / Pembaca

    Bagian ini akan membantu siswa memahami topik audiensi yang sering membingungkan dengan menawarkan beberapa pedoman dasar untuk proses tersebut.

  • Memulai Penulisan

    Bagian ini menyimpulkan  semua sumber dan panduan telah benar- benar dipahami  sehingga penulisan bisa dimulai langkah demi langkah.

 

Baca Juga  :   Crowdfunding : Pengertian, Ciri-ciri, Syarat, dan Contohnya

 

Memulai Proses Penulisan Makalah

Meskipun daftar berikut ini menunjukkan bahwa ada proses linear sederhana untuk menulis makalah seperti itu, proses penulisan makalah penelitian yang sebenarnya sering kali berantakan dan rekursif, jadi silahkan gunakan garis besar ini sebagai panduan yang fleksibel.

 

Pahami Penugasan Anda dengan Seksama

Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya

Ini mungkin terdengar sepele, tetapi sangat penting untuk memahami apa yang diminta guru atau profesor Anda sebelum Anda mulai menulis makalah penelitian Anda. Banyak siswa melewatkan langkah ini, dan kemudian bertanya-tanya mengapa mereka menerima nilai rendah di atas kertas yang mereka kerjakan atau bersemangat. Seringkali karena mereka tidak membaca instruksi.

Habiskan waktu memeriksa tugas dengan teliti. Lihatlah semua yang diberikan instruktur Anda kepada Anda. Bacalah dengan cermat tugas penulisan, sumber, rubrik penilaian, atau bahan lain yang Anda terima. Bahkan mungkin membantu untuk menggaris- bawahi dan mencatat tugas tersebut. Luangkan waktu untuk memahami dengan tepat apa yang diminta Anda tulis dan bagaimana Anda akan dinilai. Jika Anda tidak yakin, tanyakan. Minta guru Anda untuk klarifikasi sebelum Anda memilih topik. Dengan begitu, Anda akan yakin berada di jalur yang benar.

 

Memilih Topik

Setelah Anda memahami apa yang diminta untuk ditulis dalam makalah penelitian Anda, sekarang saatnya untuk memutuskan apa yang akan ditulis. Ini bisa menakutkan, tetapi jangan terlalu cemas. Sangat membantu untuk menulis tentang sesuatu yang Anda sukai atau sukai, tetapi jangan khawatir tentang memilih topik yang sempurna. Dalam banyak kasus, topik kontroversial dapat menjadi ideal, sehingga Anda dapat menggunakan kemampuan Anda untuk menjelaskan posisi yang berbeda secara objektif, dan bahkan mempertahankannya jika tugas Anda jika memungkinkan.

Gunakan pedoman yang diberikan oleh instruktur Anda untuk membantu memilih topik makalah Anda. Jika Anda memiliki topik yang Anda sukai, tetapi Anda kesulitan memasukkannya ke dalam pedoman, pilih topik lain. Akan lebih mudah menulis tentang topik yang sesuai dengan tugas Anda. Penting untuk terlibat dalam topik yang Anda tulis tentangnya, tetapi Anda tidak harus menyukainya. Juga baik untuk menyadari bahwa Anda dapat menggunakan tugas penulisan penelitian ini sebagai kesempatan untuk belajar tentang sesuatu yang baru. Anda akan menjadi agak ahli dalam topik pada akhir proses ini, meski sekarang Anda belum mengetahui mengenai topik secara keseluruhan.

Baca Juga  :    Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar dan Formatnya

 

Riset atau Penelitian

Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya
 

Kemudian langkah selanjutnya adalah riset yang merupakan langkah yang cukup fleksibel karena orang yang berbeda akan mencari makalah dengan cara yang berbeda. Namun, penting untuk tetap fokus dan bergerak cukup cepat. Bagaimanapun, Anda masih harus menulis makalah penelitian Anda.

Beberapa hal penting untuk diingat saat Anda melakukan penelitian adalah :

  • Menulis panduan yang akan di riset

    Anda tidak perlu membaca sepenuhnya semua yang pernah ditulis tentang topik Anda. Bahkan, Anda mungkin tidak bisa melakukannya. Temukan cara membaca hal-hal dengan cepat dan pelajari cara mengidentifikasi poin dan argumen utama tanpa macet dan membaca setiap kata.

  • Menemukan sumber daya yang dapat diandalkan

    Selanjutnya, cari sumber daya yang dapat diandalkan seperti Wikipedia. Ambil dan gunakan apa yang telah Anda pelajari dari pencarian Google atau artikel Wikipedia dan gali lebih dalam. Periksa sumber-sumber pada artikel, gunakan kata kunci dari pencarian internet Anda untuk mencari database akademik, atau tanyakan kepada ahli apakah yang Anda pelajari valid atau tidak dan jika ya, di mana Anda dapat menemukan sumber yang dapat diandalkan yang menyatakan hal yang sama. Jadi agar lebih jelas, Anda dapat menggunakan Wikipedia sebagai titik awal dalam penelitian Anda, tetapi Anda tidak harus mengutip Wikipedia sebagai salah satu sumber utama untuk makalah penelitian Anda.

  • Jangan abaikan informasi bahkan yang kecil sekalipun

    Akhirnya, jangan abaikan informasi. Anda dapat menemukan artikel yang mengatakan sumber mereka terpercaya dan berita yang mereka tulis adalah benar adanya. Tetapi artikel tersebut tidaklah selalu benar. Hanya karena Anda menemukan satu artikel yang menyatakan bahwa sesuatu itu benar, itu tidak selalu berarti itu adalah fakta yang terbukti dapat Anda gunakan dalam penelitian Anda.

 

 

Atur Riset Anda

Jadi, Anda memiliki semua informasi ini, sekarang apa yang harus dilakukan dengan semuanya? Langkah keempat adalah tentang mengatur diri. Seperti halnya penelitian, orang yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda pula. Itu juga dapat bergantung pada tugas Anda. Beberapa jenis bibliografi secara harfiah “penulisan buku,” ini adalah daftar buku, artikel, dan sumber-sumber lain yang telah Anda gunakan dalam penelitian Anda akan sangat membantu dalam mengatur penelitian Anda.

Jika guru Anda meminta Anda menyerahkan bibliografi dengan makalah penelitian Anda, Anda seharusnya sudah tahu persis apa tugas Anda dengan jelas sekarang. Buatlah bibliografi yang memenuhi persyaratan untuk makalah tersebut. Jika Anda hanya membuat satu untuk diri sendiri, pikirkan bagaimana Anda ingin mengatur penelitian Anda.

Mungkin masuk akal untuk mem-bookmark sumber daya di browser web Anda atau membuat bibliografi digital yang memungkinkan Anda menautkan sumber daya yang Anda temukan. Anda mungkin lebih suka daftar sumber daya yang dicetak atau Anda mungkin ingin menuliskan semua yang telah Anda pelajari yang relevan dengan proyek Anda pada kartu catatan atau catatan tempel dan mengatur kertas penelitian Anda di atas meja atau lantai.

Baca Juga :    Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama

 

 

Bentuk dan Rangkai Tesis

Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya
 

Sekarang setelah Anda memahami apa yang diminta untuk Anda lakukan, telah memilih topik yang sesuai dengan penugasan tersebut, dan telah meneliti dan mengorganisir penelitian itu, Anda siap untuk mengartikulasikan pendapat, argumen, atau pernyataan Anda sendiri. Bahkan jika Anda tidak mendebat atau menentang apa pun, makalah Anda membutuhkan tesis. Tesis adalah pernyataan singkat yang Anda sebagai peneliti dan penulis akan ajukan untuk pembaca makalah Anda sebagai apa yang Anda coba jelaskan atau buktikan.

Titik awal ketika menulis tesis mungkin dengan menulis jawaban satu kalimat untuk pertanyaan : Apa makalah Anda? Jawabannya mungkin seperti contoh berikut :

“Makalah saya menjelaskan hubungan antara anjing dan manusia”.

Tidak terlalu sulit, bukan? Tetapi, yang penting untuk diingat, adalah bahwa ini hanyalah titik awal. Banyak siswa berhenti di sana, dan kemudian tidak mengerti mengapa instruktur mereka menilai mereka dengan buruk pada pernyataan tesis mereka. Tesis harus bersifat definitif dan tidak boleh tentang Anda secara pribadi. Jadi, Anda dapat mengubah jawaban di atas untuk pernyataan seperti :

“Hubungan antara anjing dan manusia berlangsung dua arah; bukan hanya anjing sahabat manusia, tetapi interaksi manusia telah memengaruhi cara perilaku dan anatomi anjing modern”.

Apapun topik yang Anda pilih, Anda harus membuatnya secara tegas dan tidak ambigu. Jangan takut untuk membuat pernyataan yang kuat. Jika Anda melihat contoh sederhana di atas, topik tersebut berhasil membuat poinnya sendiri. Kunci lain untuk menyusun pernyataan tesis yang kuat adalah memastikan bahwa tesis Anda dapat diperdebatkan. Tidak berarti topik tersebut harus kontroversial atau harus dikemukakan secara khusus melainkan hanya sesederhana seseorang bisa setuju atau tidak pada topik Anda sehingga mampu membawa pemikiran atau perdebatan.

 

Tarik dan Buat Garis Besar

Seperti bibliografi, cara Anda membuat garis besar mungkin bergantung pada tugas Anda. Jika guru Anda meminta Anda untuk menyerahkan garis besar, pastikan untuk membuat garis besar yang mengikuti contoh, pedoman, atau persyaratan yang telah Anda berikan. Jika Anda tidak diharuskan untuk menulis garis besar, itu masih bisa menjadi alat yang bermanfaat saat Anda membuat makalah penelitian Anda.

Membuat garis besar sebenarnya tentang penataan kertas Anda. dan Anda dapat mengikuti pola dan panduan. Di sekolah menengah Anda mungkin telah menulis esai tiga atau lima paragraf, dan boleh saja menggunakan pola yang sama untuk makalah penelitian perguruan tinggi, tetapi pastikan bahwa format apa pun yang Anda pilih masuk akal untuk kertas Anda.

Jika Anda memiliki dua poin utama dalam tesis Anda, tiga atau lima bagian utama mungkin tidak berfungsi untuk makalah penelitian Anda. Apabila tugas meminta Anda untuk memperkenalkan topik, menjelaskan pendapat yang berbeda tentang topik, dan kemudian memilih dan menjelaskan pendapat Anda, maka makalah Anda mungkin membutuhkan tiga bagian utama, satu untuk masing-masing tujuan tersebut.

 

 

Menulis Makalah

Akhirnya, saatnya untuk benar-benar menulis makalah Anda. Anda mungkin merasa seperti Anda seharusnya mulai menulis lebih cepat, tetapi, yakinlah pekerjaan yang telah Anda lakukan sampai saat ini adalah penting. Ini akan membantu Anda membuat makalah penelitian yang kuat, jelas, dan menarik.

Saat Anda menulis, jangan menjadi perfeksionis. Jangan khawatir tentang menemukan kata-kata yang sempurna, menggunakan tata bahasa yang sempurna, atau menyusun judul yang sempurna. Ada waktunya nanti untuk menyempurnakan makalah penelitian Anda saat Anda mengedit. Saat ini, Anda hanya perlu menulis dengan mengikuti struktur.

Mungkin bermanfaat untuk memeriksa penelitian Anda sebelum mulai menulis, tetapi jangan menulis langsung dari penelitian Anda. Jika Anda melihat bolak-balik antara sumber daya dan kertas saat Anda mulai menulis, Anda akan cenderung menyalinnya ketimbang membuat tulisan Anda sendiri. Sebaiknya baca seluruh sumber Anda, pisahkan poin- poin penting dan gunakan kutipan atau statistik tertentu namun secara umum tulisan ini masih merupakan ide dan milik Anda.

 

 

Mengedit Tulisan

Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar dan Contohnya
 

Setelah Anda berhasil menulis semua, maka mulailah mengedit konten tulisan Anda. Ini berarti merapikan struktur, organisasi, kata-kata, dan panjang. Pindai kembali poin apa saja yang bisa saja terlewat atau terlalu berlebihan keluar dari tugas yang diminta. Jika kertas Anda terlalu panjang atau terlalu pendek, sekaranglah waktunya untuk memotongnya atau membuatnya hingga panjang baca yang dapat diterima. Jangan hanya menghapus kesimpulan Anda karena kertas Anda terlalu panjang.

Berhati-hatilah dan penuh perhatian mengenai suntingan konten ini. Jika Anda perlu mengeluarkan sesuatu, apa yang masuk akal untuk dipotong dan bagaimana Anda dapat mengatur ulang kertas Anda sehingga mempertahankan struktur yang kuat? Jika Anda perlu memperpanjang tulisan Anda, jangan hanya menambahkan kata-kata secara acak atau mengulangi hal-hal yang sudah Anda katakan. Pikirkan di mana Anda dapat memperluas atau apa yang dapat Anda tambahkan yang sesuai dengan sisa kertas Anda, mengembangkan lebih lanjut ide-ide yang Anda sajikan, atau menambahkan informasi berharga ke makalah penelitian Anda.

Setelah Anda membuat semua perubahan yang menurut Anda perlu, baca kembali makalah Anda lagi untuk memastikan semuanya masuk akal. Terutama ketika bekerja di komputer mengingat untuk meninggalkan atau menghapus kata, kalimat, atau paragraf yang tidak Anda perlukan. Jika Anda bosan melihat makalah penelitian Anda, berikan kepada teman, mentor, atau guru dan minta mereka untuk melihat makalah Anda dan beri tahu Anda apa pendapat mereka tentang konten tersebut.

Baca Juga  :   Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid

 

Edit Tata Bahasa

Juga penting untuk mengedit tata bahasa. Ini mungkin agak membingungkan Anda, tetapi ada banyak alat, aplikasi dan sumber daya yang dapat membantu Anda menata tata bahasa seperti koma, titik koma atau kalimat yang salah eja atau tulis (typo). Seperti mengedit untuk konten, mengedit untuk tata bahasa mungkin membutuhkan beberapa proses. Tetapi untuk tetap di ingat, sebelum Anda menyerahkan makalah Anda, edit dan cek kembali tata bahasa penulisan Anda dengan seksama.

 

Baca Kembali dan Kirim Makalah Penelitian Anda

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah diatas, lakukanlah pembacaan terakhir keseluruhan makalah Anda. Akan sangat membantu untuk mencetak salinan kertas Anda dan membaca salinannya jika Anda hanya membacanya di layar sejauh ini. Anda mungkin melihat kesalahan atau memformat masalah yang mata Anda lewatkan saat membaca di komputer Anda. Setelah Anda membaca makalah penelitian Anda untuk yang terakhir kalinya dan mengecek apakah makalah Anda melakukan semua tugas seperti yang diminta. Pastikan untuk mengikuti instruksi apa pun yang telah diberikan kepada Anda dari langkah awal dan kini saatnya untuk menyerahkan makalah Anda.

 

 

Kesimpulan dan penutup

Dari semua hal yang telah Anda lakukan dan pelajari sebagai siswa, menulis makalah bisa terasa seperti tugas yang menakutkan. Banyak siswa memilih untuk menunda tugas yang menakutkan dan terkesan berat ini,yang pada akhirnya mengarah pada hal yang buruk yakni nilai rapor yang menurun. Mungkin karena faktor tidak memahami dari awal inilah yang membuat siswa merasa makalah adalah tugas yang paling memberatkan dan memusingkan mereka.

Ini tidak dapat dihindari karena untuk menulis makalah memerlukan suatu ketelitian dan panduannya tersendiri. Namun bukan berarti ini mustahil dilakukan karena pada dasarnya Anda hanya perlu mengikuti panduan langkah- langkah diatas satu persatu. Jika Anda sudah memahami benar manfaat penulisan makalah dan mengikuti semua panduan diatas, niscaya Anda pun dapat membuat dan menulis makalah Anda sendiri.

 

 

Related Post :