Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar dan Formatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Jika Anda ingin orang lain mengutip makalah Anda, maka Anda harus memastikan mereka membacanya terlebih dahulu. Mari kita asumsikan bahwa judul dan abstrak makalah Anda telah berhasil meyakinkan teman-teman Anda bahwa mereka harus melihat makalah Anda. Untuk menarik minat ini adalah tugas dari bagian Pendahuluan atau kata Pengantar untuk memastikan bahwa mereka tertarik mengenai pengenalan gambaran luas dari ide tulisan Anda.

Kata Pendahuluan atau Pengantar akan membawa pembaca dari bidang subjek umum ke topik penyelidikan tertentu. Ini menetapkan ruang lingkup, konteks, dan pentingnya penelitian yang sedang dilakukan dengan merangkum pemahaman saat ini dan informasi latar belakang tentang topik. Hingga untuk menyatakan tujuan pekerjaan dalam bentuk masalah penelitian yang didukung oleh hipotesis atau serangkaian pertanyaan, menjelaskan secara singkat pendekatan metodologis yang digunakan untuk memeriksa masalah penelitian. Bahkan juga menyoroti hasil potensial yang dapat diungkapkan oleh penelitian Anda, dan menguraikan struktur dan organisasi makalah yang tersisa.

Disini Anda akan mengetahui apa saja yang harus Anda penuhi dan hindari dalam sebuah komponen sebuah kata Pengantar. Karena sebuah Pengantar atau Pendahuluan yang ditata baik dan menarik akan lebih menarik minat pembaca untuk mengetahui keseluruhan isi tulisan Anda. Mari simak apa saja yang harus Anda penuhi untuk membuat makalah yang menarik dan informatif berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Kata Pengantar / Pendahuluan

Sederhananya, Pendahuluan harus menjawab pertanyaan ‘Mengapa’ yakni mengapa Anda memilih topik itu untuk penelitian, mengapa itu penting. mengapa Anda mengadopsi metode atau pendekatan tertentu, dan seterusnya. Anda juga dapat menganggap Pengantar sebagai bagian yang menunjukkan kesenjangan dalam pengetahuan yang akan diisi oleh sisa makalah ini, atau bagian di mana Anda mendefinisikan dan mengklaim wilayah Anda dalam wilayah penelitian yang luas.

Pekerjaan lain yang harus dilakukan Pengantar adalah memberikan beberapa informasi latar belakang dan mengatur konteksnya. Anda dapat melakukan ini dengan menjelaskan masalah penelitian yang Anda pertimbangkan atau pertanyaan penelitian yang Anda tanyakan di bagian utama makalah ini, Anda akan menawarkan solusi untuk masalah tersebut atau jawaban atas pertanyaan itu dan dengan meninjau secara singkat setiap solusi atau pendekatan lain yang telah dicoba di masa lalu.

Ingatlah bahwa tesis atau disertasi biasanya memiliki bab terpisah berjudul ‘Tinjauan literatur,’ tetapi sebuah makalah penelitian tidak memiliki bagian seperti itu, sebaliknya, Pengantar sudah dapat mencakup ulasan singkat. Sekarang setelah Anda memberikan latar belakang dan mengatur konteksnya, bagian terakhir dari Pengantar harus menentukan tujuan percobaan atau analisis penelitian yang dijelaskan dalam makalah ini. Bagian penutup dari Pengantar ini harus mencakup perincian spesifik atau pertanyaan yang harus dijawab kemudian dalam makalah ini.

 

Pendekatan 4 Langkah Beserta Contoh untuk Menulis Bagian Pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar dan Formatnya
 

Sebagai aturan praktis, bagian ini menyumbang sekitar 10% dari total jumlah kata dari badan makalah penelitian biasa, atau sekitar 400 kata yang tersebar di tiga paragraf dalam kertas 4000 kata. Berpedoman dengan acuan tersebut, sekarang mari kita mengerti cara menulis bagian Pengantar langkah demi langkah.

Berikan informasi latar belakang dan Atur Konteksnya.

Bagian awal Pengantar ini mempersiapkan pembaca untuk informasi yang lebih terperinci dan spesifik yang diberikan kemudian. Beberapa kalimat pertama biasanya bersifat luas. Di bawah ini adalah beberapa contoh :

  • Sebuah makalah tentang bahan organik dalam tanah dapat dimulai sebagai berikut: production Produksi tanaman berkelanjutan adalah fungsi dari sifat fisik, kimia, dan biologis tanah, yang, pada gilirannya, sangat dipengaruhi oleh bahan organik dalam tanah. ‘
  • Sebuah makalah yang membahas kemungkinan peran menguntungkan bakteri dalam mengobati kanker dapat dimulai sebagai berikut: “Peran bakteri sebagai agen antikanker telah diakui hampir seratus tahun yang lalu.”
  • Sebuah makalah tentang baterai lithium dapat memperkenalkan penelitian dengan kalimat berikut: ‘Pertumbuhan cepat baterai ion lithium dan penggunaan baru mereka, seperti menyalakan mobil listrik dan menyimpan listrik untuk pasokan jaringan, menuntut metode yang lebih dapat diandalkan untuk memahami dan memprediksi kinerja baterai dan kehidupan.’

 

Pada saat yang sama, pernyataan pengantar tidak boleh terlalu luas seperti perhatikan bahwa dalam contoh di atas, Pengantar tidak dimulai dengan berbicara tentang pertanian, kanker, atau baterai secara umum, tetapi dengan menyebutkan bahan organik dalam tanah, peran bakteri , dan baterai lithium ion.

Baca Juga :    Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan & Acara Lengkap

 

Setelah kalimat pertama memperkenalkan bidang yang luas, kalimat berikutnya dapat menunjuk ke area spesifik di dalam bidang yang luas itu. Seperti yang mungkin telah Anda perhatikan, makalah dalam contoh yang disebutkan di atas memperkenalkan subbidang dengan menyebutkan :

  1. Remisi beberapa jenis kanker setelah infeksi tidak disengaja oleh Streptococcus pyogenes,
  2. Bahan organik dalam tanah sebagai sumber nutrisi untuk tanaman dan energi untuk mikroorganisme, dan
  3. Teknik pencitraan untuk memvisualisasikan struktur 3 dimensi dari bahan dan komponen baterai pada skala nano.

 

 

Perkenalkan Topik Spesifik Riset Anda dan Jelaskan Mengapa itu Penting.

Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh-contoh di atas, para penulis bergerak menuju penyajian topik spesifik penelitian mereka. Jadi sekarang di bagian berikut, Anda dapat membawa beberapa statistik untuk menunjukkan pentingnya topik atau keseriusan masalah. Dibawah ini adalah contoh- contohnya :

  • Sebuah makalah tentang pengendalian malaria dengan langkah-langkah pencegahan, dapat menyebutkan jumlah orang yang terkena dampak, jumlah orang-jam yang hilang, atau biaya perawatan penyakit.
  • Sebuah makalah tentang mengembangkan tanaman yang membutuhkan sedikit air dapat menyebutkan frekuensi kekeringan parah atau penurunan produksi tanaman karena kekeringan.
  • Sebuah makalah tentang metode transportasi umum yang lebih efisien dapat menyebutkan tingkat polusi udara akibat knalpot dari mobil dan kendaraan roda dua atau rasio menyusut antara jumlah mobil dan panjang jalan

 

Cara lain untuk menekankan pentingnya topik penelitian adalah untuk menyoroti kemungkinan manfaat dari menyelesaikan masalah atau dari menemukan jawaban atas pertanyaan: kemungkinan penghematan, produksi yang lebih besar, perangkat yang lebih tahan lama, dan sebagainya. Pendekatan ini harus menekankan hal yang positif.

Baca Juga  :   Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama

 

Sebutkan Upaya di Masa Lalu untuk Menyelesaikan Masalah Penelitian atau untuk Menjawab Pertanyaan Penelitian.

Seperti disebutkan sebelumnya, tinjauan formal literatur tidak pada bagian Pengantar dari makalah penelitian. Namun adalah tepat untuk mengindikasikan penelitian yang relevan sebelumnya dan mengklarifikasi bagaimana penelitian Anda berbeda dari upaya tersebut. Perbedaannya bisa sederhana yaitu Anda mungkin telah mengulangi rangkaian percobaan yang sama tetapi dengan organisme yang berbeda, atau dielaborasi yang melibatkan instrumen analitis yang mungkin lebih canggih atau berkembang.Studi dengan sampel yang jauh lebih besar dan beragam, atau pengaturan geografis yang sangat berbeda. Berikut contoh- contohnya :

  1. Meskipun studi ini sangat berharga, mereka dilakukan ketika rancangan urutan genom belum tersedia dan oleh karena itu memberikan sedikit informasi tentang mekanisme evolusi dan pengaturan. ‘
  2. Respons tanaman diubah oleh kolonisasi dan perilaku serangga tetapi aspek-aspek ini telah dipelajari sebagian besar pada tanaman tunggal, sedangkan makalah ini meneliti hubungan antara tanaman dan hama mereka dalam sistem tumpangsari. ‘

 

Baca Juga  :    Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya

 

Akhiri Pendahuluan Dengan Menyebutkan Tujuan Spesifik Penelitian Anda.

Paragraf sebelumnya harus mengarah secara logis ke tujuan spesifik studi Anda. Perhatikan bahwa bagian Pendahuluan ini memberikan rincian spesifik: misalnya, bagian awal Pendahuluan dapat menyebutkan pentingnya mengendalikan malaria sedangkan bagian penutup akan menentukan metode kontrol apa yang digunakan dan bagaimana mereka dievaluasi. Pada saat yang sama, hindari terlalu banyak detail karena itu termasuk bagian Bahan dan Metode dari makalah ini.

Jika, misalnya, penelitian Anda tentang menemukan proporsi yang tepat dari dua logam dalam paduan dan Anda menguji sepuluh proporsi yang berbeda, Anda tidak perlu mencantumkan semua sepuluh proporsi: cukup untuk mengatakan bahwa proporsinya bervariasi mulai 50:50. hingga 10:90. Berikut ini adalah contoh- contohnya :

  • Kami bertujuan untuk menilai efektivitas empat strategi desinfeksi pada kejadian di rumah sakit dari organisme yang resistan terhadap berbagai obat dan Clostridium difficile.
  • Kami bertujuan : (1) untuk menilai perubahan epidemiologis sebelum dan sesudah meningkatnya demam berdarah di Cina pada tahun 2011; (2) untuk mengeksplorasi alasan kenaikan dan faktor epidemiologis yang berkontribusi padanya; dan (3) untuk menilai bagaimana faktor-faktor ini dapat dikelola untuk mencegah epidemi di masa depan.

 

Ada berbagai cara membangun tujuan pengantar. Baik dengan menggunakan pertanyaan, hipotesis, dan infinitif adalah konstruksi yang lebih umum yang mana kedua contoh dalam paragraf sebelumnya menggunakan infinitif.

Baca Juga :   Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

 

Contoh dan Format Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar dan Formatnya
 

Pada dasarnya ada beberapa format dan contoh dalam menulis kata Pengantar makalah yang baik dan benar. Selain itu ide, tema dan jenis makalah juga dapat berbeda- beda baik itu kata Pengantar makalah untuk Sejarah, Pendidikan, Biologi, Ekonomi, Hukum dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh makalah yang membahas bidang studi psikologi.

 

“Studi Perilaku Ketaatan” – Tahun 1961

Oleh Raisa dari Universitas Indonesia

 

Ada beberapa fakta tentang peran kepatuhan ketika melakukan tindakan melawan hati nurani pribadi seseorang (1961). Kebanyakan teori menunjukkan bahwa hanya orang yang sangat terganggu yang mampu memberikan rasa sakit kepada warga negara biasa jika mereka diperintahkan untuk melakukannya. Eksperimen kami menguji kepatuhan orang terhadap otoritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mematuhi semua perintah yang diberikan oleh figur otoritas, meskipun mereka tidak mau. Kesimpulannya adalah bahwa, bertentangan dengan kepercayaan umum, etika pribadi tidak banyak berarti ketika diadu dengan otoritas.

Teori saat ini fokus pada karakteristik pribadi untuk menjelaskan kesalahan dan bagaimana seseorang dapat dengan sengaja menyakiti orang lain. Dalam sebuah survei, para profesional seperti dokter, psikolog dan orang awam meramalkan bahwa sebagian kecil populasi (1-3%) akan membahayakan orang lain jika diperintahkan untuk melakukannya.

Dalam persidangan perang baru-baru ini dengan Adolph Eichmann, ia mengklaim hanya “mengikuti perintah”. Penulis ingin menguji klaim ini. Dapatkah orang menyakiti orang lain karena mereka hanya mematuhi perintah? Bisakah orang diperintahkan untuk bertindak melawan keyakinan moral mereka? Percobaan akan menguji apakah seseorang dapat terus memberikan kejutan listrik yang menyakitkan kepada orang lain hanya karena mereka diperintahkan untuk melakukannya. Harapannya adalah bahwa sangat sedikit yang akan terus memberi kejutan, dan bahwa sebagian besar peserta akan melanggar perintah.

Oleh karena ini adalah sifat dasar yang sangat dekat dengan kehidupan seharian kita, tetapi tidak banyak dipahami banyak orang, saya selaku penulis berharap kita dapat menarik benang merah dan melihat dari segala sisi maupun sudut pandang mengenai studi prilaku ketaatan yang pertama kali diperkenalkan secara awan pada tahun 1961. Dengan kerendahan hati, penulis berharap dapat memberikan sudut pandang baru kepada pembacanya.

Hormat saya,

Jakarta, 27 Juli 2020.

Raisa.

 

Kesimpulan dan penutup

Pendahuluan adalah bagian awal dari makalah penelitian dan bagian yang cenderung dibaca oleh pembaca terlebih dahulu setidaknya ketika berfokus secara mendalam dan membaca makalah Anda secara terperinci. Oleh karena itu, definisi, gagasan, dan beberapa informasi penting lainnya yang diperlukan untuk memahami makalah ini disajikan / dicantumkan di sini.

Setiap makalah penelitian membutuhkan konteks sehingga pembaca dapat memahami mengapa Anda membuatnya. Inilah yang dapat Anda lakukan dalam pengantar makalah penelitian Anda. Tentu saja, ini bisa berarti bahwa pengantar Anda adalah bagian paling sulit dari kertas untuk ditulis terlebih dahulu. Jadi, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu dan memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar.

Pengantar tulisan akan menjelaskan alasan Anda, yang akan menjadi dasar penelitian. Pembaca Anda akan dapat memberi tahu sejak awal apa yang akan mereka baca dan bahkan apakah itu menarik bagi mereka. Adalah penting bahwa Anda membuat awal makalah penelitian Anda menarik dan terlibat dengan pembaca Anda dari baris pertama. Ini akan memastikan bahwa orang terus membaca penelitian dan belajar tentang apa yang Anda temukan. Selain itu, Anda juga harus menyatakan hipotesis dan cara Anda berpikir pekerjaan Anda akan menghasilkan kesimpulan. Sangat penting bahwa Anda selalu menyertakan pengantar untuk makalah Anda.

Related Post :