Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Ketika terjadi pandemi Covid-19 yang tidak menentu ini membuat aktivitas manusia menjadi terbatas. Beberapa bulan yang lalu kegiatan-kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar dan secara bersama-sama terpaksa ditiadakan demi mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Kini Indonesia sedang menjalani masa baru menghadapi Covid-19 yaitu masa new normal. Dimana aktivitas-aktivitas luar ruangan yang sebelumnya dilarang boleh dikerjakan asalkan mematuhi protokol kesehatan. Namun, kegiatan yang boleh dilakukan hanya terbatas pada sektor-sektor tertentu. Sektor pendidikan masih belum boleh untuk dibuka secara menyeluruh.

Larangan pembukaan sekolah umum karena khawatir sekolah akan menjadi klaster penyebaran Covid-19 dan banyak siswa-siswa yang terjangkit virus ini. Kementerian Pendidikan memberikan solusi bagi para sekolah yang daerahnya masih zona untuk melakukan pembelajaran dari rumah atau istilah umumnya study from home. Bagi murid dan guru tentunya ini merupakan suatu hal yang baru. Dimana pendidikan dilakukan secara daring. Untuk melakukan pembelajaran online ini seluruh instansi pendidikan banyak memanfaatkan layanan platform edukasi online, salah satunya Google Classroom.

Siapa yang tidak mengenal Google sebagai sebuah perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Google merambah pangsa teknologinya dalam bidang pendidikan. Melalui G Suite for Education, Google membuat sebuah platform pendidikan online yang mudah digunakan oleh para guru dan murid. Dengan memanfaatkan smartphone, data internet, dan akun Google siswa dan guru sudah dapat terhubung. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Classroom dengan mudah bagi guru dan murid? Berikut pada artikel ini akan dijelaskan cara menggunakan Google Classroom.

 

Mengenal Apa Itu Google Classroom

Menjadi bagian dari G Suite for Education yang merupakan layanan pembelajaran yang ditawarkan oleh Google, platform Google Classroom menjadi salah satu sarana pembelajaran yang solutif saat di era pandemi ini. Google Classroom adalah sebuah platform layanan pengelola pembelajaran yang dapat dilakukan secara online atau daring bagi para murid maupun guru. Pengelolaan pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah melalui Google Classroom ini. Seorang guru dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat tugas, memberikan materi pembelajaran, melakukan kuis dan ujian kepada siswanya. Siswa juga dipermudah berkat adanya fitur-fitur yang terdapat di Google Classroom. Dalam pembelajaran yang dituntut secara online ini membuat siswa tetap produktif dalam belajar.

Sebagai salah satu platform yang dimiliki oleh Google tentunya banyak fitur yang terdapat di Google Classroom yang diintegrasikan dengan layanan Google lainnya. Seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Google Form, Gmail, Google Drive, dan masih banyak lagi. Melalui layanan integrasi yang diberikan ini tidak hanya memberikan manfaat produktivitas bagi guru dan murid. Akan tetapi dengan fitur-fitur tadi pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih seru dan kolaboratif. Di dalam Google Classroom para siswa dapat melakukan pembelajaran secara bersama dengan teman-temannya. Bahkan, mereka bisa mengerjakan tugas daring secara bersama. Contohnya menggunakan fitur Google Docs yang bisa saling berbagi pengeditan.

Bagi seorang guru, pengelolaan pembelajaran juga akan lebih mudah menggunakan Google Classroom ini. Guru dapat membuat kelas sesuai dengan subyek mata pelajaran yang mereka ajarkan. Melalui platform ini guru dapat berbagi file dokumen pembelajaran terhadap murid-muridnya. Selain itu, guru juga bisa mengevaluasi materi yang telah diajarkan dengan membuat tugas sekolah. Dalam pembuatannya guru dapat memberikan tenggat waktu atau deadline bagi muridnya dan juga penilaian terhadap tugas yang sudah selesai.

 

Fitur-Fitur yang dimiliki Google Classroom

Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid
 

Ada yang mungkin mengira bahwa Google Classroom adalah sebuah Learning Management System atau Course Management System karena fitur-fitur yang diberikan hampir mirip LMS pada umumnya. Kenyataannya Google Classroom bukanlah sebuah LMS, CMS, maupun SIS, secara teknikal Google Classroom tidak termasuk dalam ketegori ini. Namun tetap saja fitur-fitur yang diberikan oleh Google Classroom memberikan manfaat bagi instansi pendidikan untuk mengelola pembelajaran. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Classroom.

  1. Customizable Grading System

    Fitur pertama ini merupakan fitur yang cukup canggih dan sangat bermanfaat. Terlebih lagi untuk para guru, fitur Grading atau penilaian ini dapat membantu mereka mengelola penilaian dan evaluasi dari tugas-tugas yang telah dikumpulkan oleh siswa. Dalam fitur ini guru diberikan pilihan untuk melakukan sistem penilaian. Sistem penilaian ini mempunyai beberapa opsi pilihan. Guru bahkan bisa memberikan akses kepada muridnya untuk melihat. Ada beberapa sistem Grading yang bisa dipilih oleh guru yaitu Total Point Grading, Pembobotan Berdasarkan Kategori, dan Tidak Ada Penilaian.

  2. Assignment

    Assignment atau bisa disebut fitur penugasan adalah salah satu fitur utama di dalam Google Classroom. Melalui fitur ini guru bisa membagikan materi dan bahan ajar pelajaran yang mereka ampu. Kemudahan atau kelebihan dari penggunaan fitur ini seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Google Classroom terintegrasi dengan layanan Google lainnya, jadi guru bisa membuat materi ajar lewat Youtube Video, Google Docs, berbagi file dokumen Google Drive, dan lain-lain.

  3. Live Class dan Virtual Discussion

    Fitur terbaru yang dimiliki oleh Google Classroom adalah fitur Live Class. Dimana guru dapat membuat sebuah konferensi online via google meet. Guru dapat menambahkan hingga 250 orang ke panggilan Hangout dan sekitar 1.00.000 pemirsa dapat siaran langsung. Pertemuan atau kuliah ini juga dapat direkam sehingga siswa yang melewatkan sesi langsung dapat menontonnya nanti. Terdapat juga fitur Virtual Discussion di dalam platform ini.
     
    Fitur ini dapat digunakan Guru mengundang siswa untuk menjawab diskusi berdasarkan pertanyaan dan menanggapi teman sekelas. Komentar pada Google Docs memungkinkan two-ways discussion, karena guru dapat memberikan umpan balik kepada siswa yang merupakan cara terbaik untuk membuat siswa tetap terlibat. Guru dapat mengelola diskusi dengan memilih untuk fitur mute (bisu) beberapa siswa secara individu dari posting atau komentar.

  4. Announcement

    Berbeda dengan Assignment fitur Announcement ini membantu guru untuk memberi tahu informasi penting terhadap muridnya. Guru dapat memberikan pembaharuan kepada siswa melalui pengumuman. Pengumuman adalah posting tanpa tugas karena mereka hanya pemberitahuan untuk siswa mengenai tenggat waktu, tes, atau pekerjaan kelas apa pun. Guru dapat menjadwalkan pengumuman dan dapat mengontrol balasan dan komentar yang dibuat pada pos pengumuman.

  5. Class Archive

    Biasanya sebuah pendidikan di berbagai negara memiliki yang namanya tahun ajaran. Tahun ajarannya ini biasanya berlaku dalam satu tahun. Dalam satu tahun ajaran tersebut terdapat 2 semester. Apabila pemberlajaran menggunakan Google Classroom, guru dapat menyesuaikan mapel yang diajar sesuai semester atau tahun ajaran yang berlaku. Kelas yang sudah tidak digunakan bisa diarsipkan dan file-file ajar tetap akan ada dan tidak akan terbuang.

  6. Security

    Keamanan adalah salah satu isu yang paling diperhatikan oleh setiap orang di berbagai sektor kehidupan. Apalagi dalam ranah internet, keamanan menjadi prioritas penting untuk melindungi privasi-privasi khusus. Di Google Classroom ini karena tujuan penggunaanya tidak untuk dikomersialkan jadi para penggunanya tidak perlu was-was data mereka diambil untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya seperti periklanan, terbukti di platform ini tidak ada iklan yang tampil sedikitpun

Baca Juga  :    Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah, Cepat dan Murah

 

Keunggulan Menggunakan Google Classroom

Dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Google Classroom pastinya akan membuat pengelolaan pendidikan terutama dalam hal pembelajaran akan semakin gampang. Kedepannya Google Classroom tentu akan mengembangkan fitur-fitur yang mereka punya. Manfaat yang diberikan oleh platform-platform edukasi online seperti Google Classroom ini memberi dampak terhadap perkembangan dunia pendidikan yang gencar-gencarnya menuju kemajuan abad 21. Dibawah adalah manfaat Google Classroom yang keren dan dapat dijadikan dasar untuk memulai penggunaan platform ini.

  • Platform yang Komunikatif dan Kolaboratif

    Perangkat dan fitur bawaan classroom membuat komunikasi dengan siswa dan guru menjadi mudah. Guru dan siswa dapat mengirim email, memposting ke aliran, mengirim komentar pribadi tentang tugas, dan memberikan umpan balik pada pekerjaan. Guru memiliki kendali penuh atas komentar dan tulisan siswa. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan orang tua melalui email individu atau melalui ringkasan email Kelas yang mencakup pengumuman kelas dan tanggal jatuh tempo.
     
    Selain itu, classroom menawarkan beberapa cara bagi siswa untuk berkolaborasi. Guru dapat memfasilitasi diskusi online antara siswa dan membuat proyek kelompok di dalam Kelas. Selain itu, siswa dapat berkolaborasi di Google Documents yang telah dibagikan oleh guru.

  • Penggunaan yang Mudah

    Fitur-fitur yang terdapat di Google Classroom dapat digunakan dengan sangat mudah bagi para penggunanya. Tampilan yang sederhana dan user friendly membuat pengguna yang baru pertama kali menggunakan platform bisa langsung paham. Dalam mendaftarkan atau membuat akun di dalam Classroom sangatlah mudah. Syarat utamanya adalah memiliki akun Google. Berbeda dengan platform LMS lainnya yang cukup ribet dalam penggunaanya. Tool dan fitur yang terdapat di Google Classroom bisa digunakan oleh guru maupun murid dengan sangat gampang. Lalu, masuk ke dalam website atau aplikasi Classroom klik daftar selesai.

  • Paperless

    Dulu ketika ingin melakukan ujian, belajar, atau berkaitan dengan pelajaran tidak lepas dengan yang namanya kertas maupun buku. Dalam Google Classroom ini semua berubah menjadi paperless. Mengikuti perkembangan yang terus maju dan canggih mungkin di masa depan penggunaan media kertas akan segera ditinggalkan. Dengan media digital akan lebih menghemat waktu pengerjaan atau lebih efisien. Penggunaan materi yang ada di Google Classroom biasanya dititikberatkan pada penggunaan file dokumen digital. Dengan keadaan yang paperless secara tidak langsung membantu menjaga kelestarian lingkungan.

  • Terintegrasi dengan Layanan Google

    Google Classroom juga terintegrasi dengan mudah dengan Google Docs, Sheets and Slides dan berbagai macam layanan Google lainnya. Untuk sekolah dengan anggaran yang bisa dibilang minim, Classroom menawarkan platform yang disinkronkan dengan alat gratis lainnya. Ini menjadi usahan untuk menyediakan cara bagi sekolah dan siswa bersiap memasuki abad ke-20 tanpa menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak kelas yang mahal.
     
    Guru memberikan tugas, dan siswa melihat tugas itu sebagai daftar tugas mareka kemudian setelah selesai, siswa dapat memeriksanya kembali. Serangkaian langkah terstruktur untuk penyelesaian tugas membuat semua orang terorganisir dan membantu menghindari kebingungan tentang tugas yang harus diselesaikan.

  • Efisiensi Waktu

    Keuntungan bagi siswa di Classroom semua sumber daya untuk kelas berada dalam satu lokasi tunggal. Tidak perlu membawa tumpukan buku atau catatan Anda,pergi ke ruang kelas untuk kuliah atau mencetak esai yang diminta. Sebagai gantinya, Anda dapat melihat pelajaran secara online, menanggapi pertanyaan dan bahkan mengirimkan semua pekerjaan di satu lokasi. Semuanya tetap rapi dan terorganisir dengan cara ini, dan waktu tidak sia-sia hanya untuk mencari materi kelas yang hilang. Untuk guru, semua siswa, informasi, pengiriman dan nilai berada di satu lokasi yang nyaman.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya

 

Perangkat yang Mendukung Google Classroom

lalu perangkat apa saja yang dapat mendukung atau bisa dipakai untuk menggunakan Google Classroom? Google Classroom dapat diakses melalui browser maupun aplikasi mobile. Bagi pengguna smartphone baik Android maupun IOS dapat melakukan instalasi Google Classroom melalui Play Store maupun Apps Store. Jadi, bagi murid maupun guru yang memiliki mobilitas yang tinggi tetap bisa untuk mengikuti pembelajaran dari smartphone mereka dimana saja mereka berada. Google Classroom juga dapat diakses melalui beberapa browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox. Jadi, penggunaan Google Classroom ini bisa diakses dari mana saja tanpa batas. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pegiat pendidikan.

Baca Juga :    Cara Mendaftarkan Domain Sekolah (SCH.ID) Untuk Sekolah di Indonesia

 

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru

Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid
 

Setelah mengetahui fitur dan kelebihan yang dimiliki Google Classroom berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat akun Google Classroom. Bagi para murid dan guru harus memiliki akun Google terlebih dahulu jika ingin menggunakan Google Classroom ini. Dalam mendaftarkan akun Google ini Anda bisa melakukannya melalui smartphone maupun laptop. Via aplikasi maupun browser konfigurasinya hampir sama dan mudah. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara mendaftarkan akun Google Classroom melalui browser atau website.

  1. Buka Browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge)
  2. Ketikkan Google Classroom di Search Engine atau ketikkan https://classroom.google.com/
  3. Pilih Akun Google dan Daftarkan pada tahap Sign Up
  4. Klik Continue untuk melanjutkan
  5. Selanjutnya, untuk Guru, Klik tanda (+) di pojok kanan atas
  6. Pilih Create Class untuk membuat kelas pertama Anda
  7. Selanjutnya lakukan Konfigurasi mengenai informasi kelas
  8. Isi Nama Kelas yang akan dibuatkan, Klik Class Name dan masukkan detailnya.
  9. Dalam menambahkan informasi deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, Klik Section dan masukkan detailnya.
  10. Dalam menambahkan Subject atau mata pelajaran yang akan diajar. Klik Subject dan Masukkan detailnya.
  11. Dalam menambahkan lokasi kelas. Klik Room dan Masukkan detailnya.
  12. Klik Create, untuk membuat Kelas
  13. Halaman Kelas akan terlampir
  14. Perhatikan Class Code yang digunakan siswa agar bisa bergabung ke kelas yang telah dibuat.
  15. Untuk Membuat Tugas Kelas, Klik Classwork pada menu atas.
  16. Klik Create, Pilih jenis tugas yang akan dibuat
  17. Pilih Assignment jika ingin membuat tugas, Klik Assignment
  18. Klik Title, Masukkan detail Judul Tugas.
  19. Klik Instruction, Masukkan Informasi tentang tugas maupun Instruksi.
  20. Klik Add, untuk menambahkan materi pelajaran yang disiapkan atau Tekan Create jika baru ingin membuatnya
  21. Selanjutnya di Jendela kanan atas, Atur Points, Tenggat Waktu, Topik, dan Rubrik.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu CMS Sekolahku untuk Website Sekolah Indonesia

 

Cara Bergabung Kelas di Google Classroom Bagi Murid

Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid
 

Langkah selanjutnya adalah konfigurasi siswa untuk masuk ke dalam Google Classroom. Untuk masuk ke dalam Google Classroom siswa dapat menggunakan smartphone dan laptop. Pada kesempatan kali ini akan menggunakan media browser. Buka https://classroom.google.com/ lalu daftarkan akun seperti yang telah dilakukan diatas. Masuk Klik tanda (+) dan tekan Join Class. Masukkan kode yang diberikan oleh Guru untuk dapat masuk ke dalam Google Class. Jika sudah maka siswa sudah bisa masuk ke dalam Google Class dan mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.

 

Kesimpulan dan Penutup

Google Classroom adalah salah satu platform yang dapat membantu para guru dan murid dalam pembelajaran secara online. Apalagi di situasi pandemi seperti ini yang kurang memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Penggunaan Google Classroom merupakan solusi yang bagus bagi murid dan guru yang ingin melakukan pembelajaran secara produktif dan tidak membosankan. Aplikasi ini terbukti populer dikalangan sekolah karena mampu membantu para guru untuk mengelola mulai dari tugas, materi, dan diskusi terhadap murid.

Fitur-fitur yang diberikan oleh Google Classroom sendiri sudah sangat lengkap untuk digunakan sebagai sarana manajemen pembelajaran. Fitur-fiturnya juga tidak sulit dari sisi penggunaannya. Bagi pengguna yang masih awam dan pemula pasti sudah langsung bisa menggunakannya. Hal lainnya ini dikarenakan didukung tampilan Google Classroom yang ramah dan simpel. Demikianlah cara artikel tentang cara membuat dan menggunakan Google Classroom dengan mudah untuk Guru dan Murid.

Related Post :