Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan & Acara Lengkap

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pada umumnya ketika akan menyelenggarakan sebuah acara baik berskala kecil, sedang, maupun besar akan membutuhkan pengajuan proposal demi mensukseskan jalannya kegiatan. Jenis proposal untuk rencana kegiatan ini disebut dengan proposal kegiatan. Adanya proposal ini menjadi suatu sarana untuk mengajukan dana maupun dukungan pada kegiatan yang akan dilaksanakan baik itu dalam lingkup sekolah, kegiatan kampus, desa, hingga pemerintah atau lembaga kenegaraan.

Terdapat banyak cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara, namun secara garis besar isi yang terkandung di dalamnya harus memuat tujuan utama dari penyusunan proposal. Hal ini meliputi agenda tujuan serta apa saja hal yang dibutuhkan agar kegiatan yang akan diselenggarakan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Itu semua di data dan ditulis dengan struktural yang teratur lengkap ke dalam proposal.

Sedangkan kendati sebuah acara telah direncanakan dengan matang, pada kenyataannya tidak semua kegiatan dan acara dapat berjalan sukses sesuai harapan. Oleh karenanya proposal pengajuan dana kegiatan dan acara memiliki pengaruh yang penting. Dimana dana atau bentuk dukungan yang diperoleh bisa mengantisipasi kendala-kendala yang kemungkinan akan terjadi selama kegiatan dan acara berlangsung.

 

Apa yang dimaksud dengan Proposal Kegiatan dan Acara

Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan & Acara Lengkap
 

Terdapat banyak cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara, tetapi akan lebih baik apabila Anda memahami terlebih dahulu apa pengertiannya. Proposal adalah sebuah rancangan dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis serta rinci untuk menyelenggarakan kegiatan dan acara. Tidak hanya sebagai sarana pengajuan dana, tujuan dari penyusunan proposal kegiatan juga untuk memperoleh persetujuan dari berbagai pihak yang terkait untuk kemudian diajak bersama-sama turut mensukseskan jalannya kegiatan.

Berdasar pemaparan singkat di atas, dapat dipahami bahwa proposal kegiatan dan acara merupakan suatu susunan perencanaan acara yang sistematis dan terperinci. Proposal yang memiliki susunan yang lengkap tentu akan berperan penting untuk kesuksesan sebuah kegiatan. Cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara baik dapat membantu berbagai pihak dalam memahami tujuan dari proposal kegiatan tersebut.

Pihak-pihak yang dituju bisa merupakan kelompok maupun individu yang memberikan dana, dukungan, izin kepada pihak pengaju proposal kegiatan. Agar lebih mudah dipahami, berikut cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara.

Baca Juga :   Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya

 

Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan dan Acara

Secara umum proposal memiliki beberapa jenis yang meliputi proposal proyek, proposal bisnis, proposal penelitian, dan proposal kegiatan. Yang mana keempatnya memiliki kaidah penyusunan yang berbeda. Oleh karena itu penting untuk memahami bagaimana struktur penyusunan proposal kegiatan yang benar, sehingga proposal yang diajukan nantinya tidak ditolak.

Beberapa cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan & acara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan atau Membuat Judul Proposal

    Cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara yang pertama adalah membuat atau menentukan judul. Tidak jauh berbeda dengan penyusunan laporan maupun artikel, dalam menyusun proposal pengajuan dana kegiatan pun memerlukan judul.
     
    Judul proposal harus dibuat dengan perencanaan yang matang serta harus menarik namun tetap sesuai dengan kegiatan yang akan diselenggarakan. Sebuah judul yang menarik tentu akan memudahkan proposal untuk disetujui. Maka cari topik topik yang sekiranya menarik bagi pihak-pihak pembaca proposal.

  2. Menyusun Pendahuluan Proposal

    Cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara selanjutnya adalah menyusun pendahuluan proposal. Di dalam pendahuluan ini memuat latar belakang acara dan tujuan di selenggarakannya. Penyusunan pendahuluan harus disusun dengan sebaik mungkin. Sebab pada bagian inilah yang akan menjadi perhatian utama bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

  3. Rancangan Isi Proposal Kegiatan dan Acara

    Usai menyusun pendahuluan, cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan & acara selanjutnya adalah menyusun rancangan isi proposal kegiatan yang akan diselenggarakan. Jika pada pendahuluan berisi tujuan dan latar belakang kegiatan, maka pada rancangan isi proposal akan memuat setidaknya delapan poin penting. Komponen tersebut diantaranya sebagai berikut.

    • Tema kegiatan dan acara
    • Ragam kegiatan yang akan dilangsungkan
    • Siapa saja yang akan menjadi peserta kegiatan
    • Macam peralatan yang diperlukan dalam kegiatan dan acara
    • Waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan
    • Susunan kegiatan
    • Susunan kepanitiaan
    • Rincian anggaran dana yang diperlukan dalam kegiatan dan acara
  4. Penutup

    Penutup merupakan tahapan akhir dari penyusunan proposal pengajuan dana kegiatan. Tidak ada perbedaan bagian penutup proposal kegiatan dengan jenis proposal lainnya, yang mana pada bagian ini akan dituangkan harapan terkait dukungan dari berbagai pihak yang terkait agar kegiatan dan acara yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :   Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

 

Pembuatan Proposal Pengajuan Dana Kegiatan dan Acara yang Baik

Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan & Acara Lengkap
 

Ketika merencanakan sebuah kegiatan, perlu perhatikan bagaimana pembuatan proposal kegiatan dan acara yang baik dan benar. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bahwa proposal pengajuan dana kegiatan yang dibuat memiliki peranan penting dalam menarik pihak-pihak terkait dalam memberikan dukungan. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun proposal pengajuan dana kegiatan dan acara.

 

  • Latar Belakang Kegiatan

    Latar Belakang kegiatan yang dijabarkan dalam pendahuluan merupakan salah satu bagian terpenting dari proposal. Cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara yang baik adalah dengan menyusun latar belakang dengan benar. Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang menjadi alasan kegiatan acara di selenggarakan.
     
    Alasan harus ditulis dengan tepat dan jelas. Kemudian tambahkan pula apa saja yang menjadi faktor yang mempengaruhinya. Semakin tepat alasan yang disampaikan, maka akan semakin besar peluang proposal pengajuan dana kegiatan dan acara akan diterima, sehingga latar belakang harus disusun secara jelas dan detail.

  • Tujuan Peambuatan Proposal

    Bagian penting lainnya adalah tujuan kegiatan dan acara. Semua kegiatan yang akan dilakukan sudah pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Secara umum terdapat memiliki empat kategori yakni kebudayaan, hiburan, acara pribadi dan lembaga. Oleh karena itu tujuan harus dituliskan dengan jelas sesuai kegiatan yang akan dilakukan.

  • Konsep dan Tema Kegiatan

    Konsep merupakan penjelasan seputar dasar ide penyelenggaraan acara. Di dalam konsep inilah dijelaskan tentang rancangan kegiatan dalam sebuah acara yang akan diselenggarakan. Pembuatan konsep tentu harus jelas dan tentunya menarik sehingga pihak-pihak terkait menjadi tertarik untuk memberikan dana yang dibutuhkan. Apabila konsep berisi tentang desain dan aktivitas dalam acara, maka tema merujuk pada setting tempat, lokasi, dekorasi, warna dan berbagai hal lain yang bersangkutan dengan kegiatan yang akan dibuat.

  • Jadwal Kegiatan

    Cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara yang baik berikutnya adalah menyusun jadwal kegiatan. Tidak hanya mencantumkan latar belakang dan tujuan, jadwal kegiatan juga harus disertakan dalam proposal pengajuan dana kegiatan. Sehingga susunan kegiatan yang terdiri dari waktu penyelenggaraan kegiatan tidak hanya diketahui oleh panitia, namun juga pihak terkait.
     
    Dalam susunannya dicantumkan aktivitas mulai dari pembukaan acara hingga penutupan acara. Penentuan jadwal kegiatan yang baik harus disertai dengan koordinasi panitia yang tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam susunan kegiatan beserta penulisannya.

  • Design Proposal

    Kendati kurang mendapat perhatian desain proposal juga memiliki peranan penting. Sebab dalam menyusun sebuah proposal pengajuan dana kegiatan dan acara perlu untuk melampirkan desain acara. Hal yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan tata ruang, tata lokasi, layar, banner, penempatan logo sponsor yang mendukung kegiatan dan lain-lain.

Baca Juga :   Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor

 

Kesimpulan dan penutup

Demikianlah ulasan mengenai yang cara membuat proposal pengajuan dana kegiatan dan acara baik dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Proposal sendiri adalah sebuah rancangan dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis serta rinci untuk menyelenggarakan kegiatan dan acara. Tidak hanya sebagai sarana pengajuan dana, tujuan dari penyusunan proposal kegiatan juga untuk memperoleh persetujuan dari berbagai pihak yang terkait

Terdapat beberapa tahapan dalam membuat proposal yakni, menentukan judul, menyusun pendahuluan proposal, menyusun rancangan isi proposal kegiatan, dan penutup. Disamping itu terdapat pula sub-sub yang harus diperhatikan dalam merencanakan kegiatan dan penyusunan proposal. Hal tersebut adalah latar belakang, tujuan kegiatan, konsep dan tema, jadwal kegiatan dan desain proposal.

Menyusun sebuah proposal pengajuan dana kegiatan tidaklah sulit apabila sudah paham bagaimana caranya serta mengikuti tahap-tahapnya dengan benar. Anda hanya perlu mengisi semua hal yang perlukan dengan teliti dan seksama sebelum menyerahkannya. Semoga informasi yang telah diuraikan diatas bermanfaat. Sehingga dapat membantu penyusunan proposal kegiatan yang akan diselenggarakan.

Related Post :

popup image