logo Cara Membuat Website Bagi Pemula - IDCloudHost

Cara Membuat Website Bagi Pemula

Cara Membuat Website Bagi Pemula

Bisnis online saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Cara berbisnis secara online pun sangat mudah. Cukup bermodalkan smartphone dan paket internet saja Anda sudah dapat melakukan transaksi bisnis di internet. Sekarang Bisnis online mendisrupsi bisnis konvensional. Pada waktu dulu ketika ingin menjual barang Anda harus dibingungkan dengan persoalan membuka lapak jual beli atau toko. Namun, seiring kemajuan teknologi internet hal tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Cara melakukan bisnis online sangat beragam. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis di dunia maya ini. Seperti menjualnya lewat sosial media, membuka online store di sebuah situs e-commerce, atau membuat website toko online sendiri. Semua cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Apabila Anda ingin memberikan kesan profesional dan menguatkan identitas brand. Maka, membuat website toko online sendiri adalah pilihan yang tepat. Nah, itulah beberapa keuntungan membuat website toko online.

Lalu bagaimana cara membuat website toko online? Jika anda seorang pemula dan ingin membuat website toko online, anda tidak perlu khawatir atau bingung dengan teknis membuatnya. Karena sebenarnya membuat website toko online itu sangat mudah. Nah, pada artikel ini akan dibahas cara membuat website toko online dengan mudah. Yuk, kita simak bersama-sama.

 

Bagaimana Cara Membuat Website Bisnis Online

Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Bisnis Online Bagi Pemula
 

Cara membuat bisnis online dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda tidak perlu tahu coding untuk mengembangkan situs yang menarik dan fungsional. Apa pun program yang Anda gunakan, ada aturan dasar dan kiat yang akan memberikan tampilan profesional pada situs web Anda, membuatnya mudah ditemukan, dan menunjukkan kepada bisnis online anda dengan cara terbaik. Hal ini didukung dengan banyaknya CMS (Content Management System) yang bisa digunakan secara gratis dan cuman-cuma. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bisnis online bagi pemula.

 

Tentukan Tujuan Utama Website Bisnis Online

Pada dasarnya tujuan dibuatnya sebuah website adalah memberikan informasi kepada pengunjung website tentang apa isi dari sebuah website tersebut. Nah, website bisnis online tujuannya juga sama dengan website pada umumnya. Maka dari itu, ada hal utama yang harus diperhatikan oleh Anda dalam hal membuat website. Hal itu adalah membuat tampilan utama website yang informatif. Anda wajib memberi tahu pengunjung pada halaman utama produk apa yang akan anda jual.

Tampilan website utama selain informatif juga harus didesain sedemikian bagus untuk memberikan user experience yang baik bagi pengunjung. Ketika informasi yang Anda berikan sudah jelas dan desain yang dibuat menarik, ini akan menarik perhatian mereka untuk mencari tahu lebih banyak mengenai website Anda. Otomatis pelanggan akan memberikan feedback yang positif terhadap pelayanan di website Anda.

Baca Juga :     Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online

 

Tentukan Nama Domain Website

Setelah menentukan tujuan utama website makan tiba saatnya bagi Anda menentukan nama website bisnis online. Memilih domain website ini sangat penting bagi bisnis online Anda. Nama website akan berpengaruh pada brand identity bisnis online. Jadi, buatlah sebuah nama domain yang mudah diingat, kreatif, dan brandable. Hindari memberikan nama domain yang panjang, sulit diketik, dan menggunakan angka atau tanda hubung.

Anda juga perlu memutuskan domain tingkat atas Anda, atau TLD. Ini adalah akhiran di akhir nama domain Anda, seperti .com, .net atau .co. Namun, nama-nama TLD nontradisional telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun ini bisa bersifat deskriptif, .com masih merupakan default dan lebih mudah melekan menjadikan nama domain terkesan lebih mudah diingat.

 

Memilih Web Hosting yang Tepat

Bagaimana cara memilih web hosting yang baik? Memilih spesifikasi web hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan website akan mendukung kinerja dari website itu sendiri. Pilihlah website hosting yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Perhatikan secara detail konten apa yang akan ditampilkan dalam website. Jika sudah tentukan web hosting mana yang akan dibeli. Dalam membeli hosting jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Lihatlah review atau feedback yang diberikan oleh pengguna web hosting sebelumnya.

Baca Juga :     Cara Uji Kecepatan Blog / Website dan Cara Mempercepat Akses Blog 

 

Membuat Website Bisnis dengan WordPress

Membuat website dengan CMS WordPress cocok bagi anda yang masih pemula. Pembuatan yang dibantu oleh CMS ini tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya. Hanya dalam hitungan menit saja Anda dapat langsung mempublikasikan website bisnis anda. Mengapa dalam artikel ini memilih menggunakan CMS WordPress? Karena CMS WordPress itu gratis dan bersifat open source. Selain itu, banyak sekali tutorial tentang penggunaan CMS WordPress yang ada di internet. Nah, berikut ini adalah tutorial membuat website bisnis dengan WordPress.

 

  • Instalasi WordPress

    Instalasi wordpress dapat dilakukan dengan mencarinya di tools Softaculous Apps Installer. Jika sudah berhasil Isi nama domain yang sudah Anda tentukan tadi. Jangan lupa untuk mengisi nama halaman dan deskripsinya juga. Lalu yang terakhir buat nama akun dan password, isi agar keamanan website anda terjamin. Setelah semuanya selesai klik Install pada bagian paling bawah.

  • Masuk ke Dashboard WordPress

    Setelah instalasi selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah Anda harus masuk ke dalam Dashboard WordPress anda. Di dalam Dashboard ini Anda akan mengelola website yang anda buat. Cara masuk dashboard ini dengan mengetikkan namasitus.com/wp-admin. Isi nama akun dan password sesuai pada saat proses instalasi sebelumnya.

  • Instalasi Plugin Woocommerce

    Plugin woocommerce adalah plugin toko online yang paling banyak digunakan saat ini. Tentu hal ini didukung karena fitur lengkap yang dimiliki woocommerce. Sehingga mempermudah pengguna dalam mengelola website bisnis online. Adapun fitur-fitur utamanya adalah fitur pembayaran yang bisa diintegrasikan dengan paypal, terdapat fitur informasi tentang laporan penjualan, dan terdapat fitur diskon. Cara Instalasi plugin Woocommerce dengan memilih menu Plugin WordPress -> Ketikan Woocommerce pada pencarian -> Jika sudah langsung klik Install Now.

  • Konfigurasi Plugin Woocommerce

    Apabila plugin sudah terinstal, maka Anda akan diarahkan pada halaman konfigurasi dari Woocommerce. Isi halaman konfigurasi tersebut sesuai dengan bisnis online yang akan Anda jalanan. Jika konfigurasi sudah selesai maka website bisnis online anda sudah hampir jadi, tinggal menambahkan produk apa yang ingin Anda jual.

  • Menambahkan Produk di Woocommerce

    Apabila Konfigurasi pada woocommerce telah selesai. Tahap terakhir adalah menambahkan produk apa yang akan dijual. Di dalam woocommerce Anda dapat menambahkan produk dengan mencantumkan foto, keterangan, dan harga jual.

 

 

Memasarkan Website di Social Media atau Search Engine

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan kostumer Anda dan memberikan pemberitahuan tentang informasi terbaru bisnis online Anda. Juga sertakan tautan ke media sosial Anda di situs web Anda. Tempat yang paling umum adalah footer atau bar tambahan (menu tambahan di kanan atas yang sering memegang tautan masuk atau kontak). Mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari utama juga akan membantu mengarahkan calon kostumer ke halaman Anda. Hal ini juga akan menggunakan strategi optimisasi mesin pencari (SEO) yang kuat di seluruh situs Anda.

Baca Juga :    Panduan Lengkap SEMrush Tools SEO Untuk Pemula dan Pebisnis

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam membuat sebuah website untuk sebuah bisnis penting bagi Anda untuk memperhatikan langkah-langkah membuatnya. Mulai dari menentukan tujuan dibuatnya website bisnis sampai ke tahap pengembangannya. Dari tahap riset awal tujuan harus dilakukan secara teliti agar kedepannya website bisnis anda tetap konsisten. Begitu juga dengan pemilihan web hosting dan domain yang harus dilakukan secara hati-hati. Ingga pada akhirnya membuat tampilan website menggunakan CMS WordPress. Tampilan dari website bisa Anda ubah sesuai dengan perkembangan bisnis yang Anda lakukan.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas maka tahap selanjutnya bagi Anda adalah mengembangkan website bisnis. Pengembangan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengunjung atau pelanggan yang akan membeli produk di dalam website Anda. Demikianlah artikel tentang cara membuat website dengan mudah dan cepat untuk bisnis online bagi pemula.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image