Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Website bukan lagi hal baru di tengah masyarakat saat ini. Selain sudah sangat populer, pengguna hingga pemilik website semakin meningkat. Bahkan masyarakat sekarang sudah banyak yang menggunakannya, dengan contoh sederhananya yakni setiap hari masyarakat banyak yang mengunjungi berbagai situs di internet dengan berbagai tujuan. Website untuk kehidupan sehari-hari berguna dalam melancarkan kegiatan bisnis, khususnya bisnis yang bergerak di ranah online.

Website secara umum digunakan sebagai sarana memperoleh informasi, dalam hal bisnis tentu ini bisa dijadikan jalan mengumpulkan uang. Ada cukup banyak jenis website yang beredar di dunia maya, mulai dari website yang dikhususkan untuk berita, profil sekolah atau perusahaan, hingga website yang berbentuk toko online. Beberapa website populer yang sudah dikenal masyarakat antara lain Twitter, Google, Bukalapak, Kompas, dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata meski kita sudah berteman sehari-hari dengan website, ada yang belum paham mengenai website dan fungsi dari sebuah website. Meski hampir dari kegiatan harian kita saat ini yang bersifat online akan bersinggungan dengan website. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu website, mari simak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian Website Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online
 

Campur tangan website untuk kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dielakkan lagi di zaman serba online ini. Website sendiri adalah suatu halaman yang diisi dengan berbagai informasi baik yang bentuknya tulisan, suara, gambar, juga video. Informasi itu masuk dalam suatu pusat server (hosting) atau data di mana ketika itu Anda perlu jaringan internet untuk mengaksesnya.

Bukan hanya server, supaya website bisa menjalankan fungsinya dengan baik dibutuhkan komponen lain, seperti hosting juga domain. Umumnya masyarakat mengetahui website untuk kehidupan sehari-hari dengan site maupun situs, situs web, dan web. Website sendiri ada beberapa jenis dilihat dari fungsi juga bentuknya.

Jika website dilihat dari bentuknya adalah website dinamis dan website statis. Website dinamis adalah konten atau isi yang ada pada website bisa selalu diperbarui dengan tidak butuh perubahan kode di setiap sistem. Misalkan, penggunaannya yaitu website isinya berita dengan membutuhkan update data setiap waktu.

Website statis merupakan konten atau isi yang pada websitenya tidak dapat diubah mudah setiap waktu maupun dapat dikatakan kebalikan dari pada website dinamis. Maka, jika Anda ingin merubah konten yang ada di website Anda butuh tahap perubahan code ulang. Dengan demikian bentuk yang tidak fleksibel umumnya dipakai oleh website di perusahaan.

Baca Juga :   Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

 

Jenis Website Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Berbagai Website untuk kehidupan sehari-hari disajikan menurut fungsinya, maka website yang biasanya digunakan antara lain :

 

  • News Portal

    Portal berita atau News Portal adalah website khusus menyajikan berbagai konten berita maupun informasi paling update. Website ini mengharuskan pengelola melakukan update berita setiap hari, maka website berita masuk kategori website dinamis yang bisa diubah kapan saja.

  • Search Engine

    Website jenis ini sudah populer sejak lama di kalangan masyarakat, Andai dilihat pada fungsinya, website ini gunanya ada di mesin pencarian yang berhubungan dengan berbagai situs yang ada di internet. Memakai search engine bisa membantu secara otomatis, menentukan, juga memilah website mana yang Anda butuhkan dengan kata kunci yang Anda ketikkan di mesin pencari.

  • Network and social media

    Sosial media merupakan website yang hampir tidak lepas dari masyarakat sehari-hari, apalagi semakin hari peminatnya semakin meningkat. Hal ini membuat sosial media masuk dalam website dengan jenis networking, maksudnya menggunakan Networking berfungsi untuk menjalin relasi atau pertemanan lewat jejaring internet. Website jenis ini begitu banyak peminatnya, sebab bisa membantu Anda terus berinteraksi dengan semua pengguna yang ada pada website tersebut. misalkan, Twitter, Facebook, Instagram, dan banyak media sosial yang lain.

  • Blog

    Menulis bisa dijadikan hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah, seperti Anda yang menjadi blogger. Blogger sendiri merupakan pilihan tepat dalam menyalurkan hobi. Sebab, sekarang banyak website bisa diakses gratis untuk Anda membuat blog. Blog semacam ini banyak peminatnya, sehingga dunia blogger semakin kesini semakin booming.

 

Berbagai jenis website untuk kehidupan sehari-hari diatas bisa membuat kegiatan Anda mudah dan kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Asalkan Anda benar-benar tahu tips dan trik memanfaatkannya dengan baik.

Baca Juga :    Cara Uji Kecepatan Blog / Website dan Cara Mempercepat Akses Blog

 

Fungsi Website Untuk Kehidupan Sehari-Hari Dalam Bidang Bisnis Online

Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online
 

 

Website untuk kehidupan sehari-hari mempunyai fungsi yang cukup signifikan, terutama dalam kegiatan bisnis Anda. Saat ini dunia bisnis tidak hanya sebatas offline, hampir seluruhnya masuk ranah online, jadi mereka membutuhkan website untuk memudahkan bisnis mereka. Bisnis online bisa terus berkembang jika didukung dengan website yang memadai. Adapun fungsi dari website untuk bisnis online antara lain :

 

  • Sumber informasi untuk konsumen

    Website bisa memberikan berbagai informasi valid berkaitan dengan jasa atau produk bisnis online Anda. Di sini, konsumen bukan hanya mendapat informasi dari offline saja, namun bisa mereka bisa mencari tahu sendiri dengan cara online.
    Selain iut website bisa menjadi media tambahan tempat di mana mereka dapat berbagai informasi berhubungan dengan layanan dan produk Anda. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan tampilan katalog produk juga informasi layanan yang di tawarkan.

  • Semakin kredibilitas

    Apakah Anda pernah membaca alamat email dengan [email protected](dot)com dengan mementingkan domain website sendiri. Fasilitas inilah yang memudahkan Anda memiliki domain sendiri demi kemajuan bisnis Anda, memperoleh kepercayaan lebih besar, dengan demikian konsumen yakin untuk memilih dan membeli produk serta layanan dari bisnis Anda.

  • Memperluas market atau segmentasi pasar

    Penggunaan website untuk kehidupan sehari-hari Anda bisa menjangkau banyak market dengan lebih besar, contohnya pada satu kota maupun provinsi, saat ini Anda dapat menjangkau pasar seluruh Indonesia, bukan hanya itu saja namun hingga keluar negeri. Semuanya tidak berhasil tanpa dukungan fasilitas yang bagus juga infrastruktur pengiriman yang sekarang telah berkembang dengan pesat.

  • Menambah omset penjualan

    Menggunakan website untuk kehidupan sehari-hari dalam hal bisnis, bisa difungsikan untuk menambah omset penjualan. Berbisnis erat kaitannya dengan omset penjualan naik, mereka berusaha membuat omsetnya seimbang atau naik meski kadang sering omset yang diperoleh turun. Menggunakan website bisa memperbesar peluang Anda memperoleh omset yang besar dari sebelumnya. Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas periklanan, nanti Anda perlu mengarahkan website Anda ke pengguna juga konsumen yang ingin membeli produk Anda.

  • Bisa dikunjungi konsumen kapan saja

    Menjalankan bisnis bisa jadi pelanggan perlu dengan waktu yang tidak tepat, jika offline akan ada jam operasional, namun dengan menggunakan website mereka tetap bisa melakukan kunjungan meski malam hari pada website Anda. Selain Anda tidak menghabiskan banyak waktu menjaga tempat, Anda bisa lebih mudah merespon mereka hanya pada satu smartphone atau PC yang sudah terhubung dengan internet.

  • Pelanggan semakin dekat

    Menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi sebuah kewajiban suatu penyedia produk maupun jasa. Sebab mereka adalah konsumen yang mana keperluan mereka harus kita penuhi, Anda dapat memasang berbagai fitur live chat. Maka semua konsumen bisa secara mudah menghubungi Anda kapan saja dan di mana saja. Jika terjadi masalah Anda bisa segera tahu dari mereka sendiri.

Baca Juga :   Aplikasi untuk Buat Mockup Website / Prototype Website yang Mudah dan GRATIS

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mendapatkan website pribadi mau pun untuk usaha Anda itu sebenarnya tidaklah sulit. Anda tidak harus membangunnya dari awal dan dapat menggunakan platform siap pakai seperti WordPress dan Blogger. Hanya saja, jika Anda ingin membangun website bisnis yang kompleks, sebaiknya gunakan jasa pembuat website dan pemeliharaannya agar website Anda dapat diluncurkan dengan baik serta aman.

Menggunakan website untuk kehidupan sehari-hari ternyata banyak manfaatnya, namun tergantung Anda bagaimana memaksimalkan fungsi website itu sendiri dalam bisnis. Mengingat sekarang banyak bisnis ranah online saling berlomba memperkenalkan bisnisnya, jadi Anda jangan mau kalah gunakan website untuk bisnis online Anda. Semoga bermanfaat.

Related Post :