Panduan Lengkap SEMrush Tools SEO Untuk Pemula dan Pebisnis

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Sebuah traffic memang menjadi kunci utama sebagai seorang search engine optimalization atau biasa disebut dengan SEO. Strategi ini memang banyak digunakan saat ini untuk digital marketing.

Misalnya, sebuah website harus bersaing untuk berada di halaman utama mesin pencarian (browser) . Hal ini, juga mempengaruhi brand awareness dan penjualan sebuah produk.

Jika bisnis yang anda miliki tidak memanfaatkan seo pada browser. Maka, tentu saja pengunjung yang datang ke situs anda juga sedikit. Bahkan, tools seo dapat memaksimalkan traffic pengunjung ke dalam website anda. Salah satu tools seo yaitu semrush. Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu SEMrush?

 

SEMrush adalah perangkat lunak berbasis online lengkap yang diprogram untuk membantu dalam merencanakan dan melaksanakan upaya Anda dalam hal SEO, SEM serta penelitian media sosial dan periklanan video.

SEMrush bekerja dengan membuat konten Anda di depan audiens Anda melalui SEO dan juga memberi Anda wawasan tentang topik untuk ditulis berdasarkan topik yang paling banyak dicari hasil di mesin pencari seperti Google dan Bing.

 

Konsep Dasar SEO

 

Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna. Bayangkan website kamu berada di posisi halaman 2 mesin pencari, tentunya hal ini bisa disimpulkan untuk trafik kamu tidak sebanyak website yang berada di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi SEO :

 

  1. Konten yang disajikan menarik serta SEO Friendly
  2. Struktur dan navigasi yang mudah digunakan  oleh pengguna.
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas website yang sudah baik dan bagus.
  5. Dalam seri panduan SEO ini kita akan mempelajari bagaimana anda bisa menjadi yang terbaik daripada saingan anda.

Baca Juga : Langkah Awal untuk Mengotimasi Web dengan SEO

 

Fitur-Fitur SEMrush

 

Ada banyak fitur utama yang ditawarkan oleh SEMrush sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah tool ini berguna atau tidak. Fitur tersebut diantaranya:

 

1. Keyword research

Jika anda adalah seorang blogger, sangat penting melakukan riset keyword/kata kunci. Walaupun ada banyak tools di luar sana untuk melakukan riset kata kunci selain SEMrush. Anda dapat membandingkannya dengan indikator kinerja website utama.

SEMrush dapat mengatur berbagai lalu lintas, volume pencarian, perkiraan BPK, kompetisi, jumlah hasil pencarian, dan lain-lain. Semua metrik ini dapat membantu menemukan kata kunci sehingga dapat meningkatkan lalu lintas pencarian. Seperti kata kunci Apa Itu SEMrush.

 

2. Analisis Kompetitor

Bagian terbaik tentang penggunaan SEMrush adalah, Anda dapat melakukan analisis kompetitor dengan mudah. Juga dapat menemukan lalu lintas pencarian, kata kunci berkinerja terbaik, sumber tautan balik, dan semua informasi lain.

Yang diperlukan untuk menganalisis sepenuhnya website apa pun di dunia. Berikut alasan perlunya melihat kompetitor kita:

  • Analisis kompetitor memberi Anda ide tentang kata kunci apa yang digunakan untuk meningkatkan lalu lintas pencarian.
  • Memberikan informasi siapa audiens blog Anda.
  • Memberi ide bagus tentang topik yang sedang tren.

 

3. Full Site Audit

Nah, selain itu SEMrush adalah Fitur Full Site Auditnya. Fitur ini membantu Anda menemukan dan memperbaiki semua masalah terkait SEO pada situs Anda.

Fitur ini dapat meningkatkan hasil pencarian dengan memperbaiki setiap masalah pada situs. Fitur pada Semrush tersebut memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Memeriksa permasalahan situs dengan analisis SEO tool
  • Memprioritaskan masalah SEO dan memutuskan apa yang harus diperbaiki terlebih dahulu
  • Melacak kemajuan pengoptimalan SEO
  • Secara keseluruhan, SEMrush adalah SEO tool terbaik yang membantu Anda. Tidak hanya
  • melihat kompetitor tetapi juga membantu meningkatkan lalu lintas pencarian dan penjualan.

 

Harga SEMrush

Setelah Anda mengetahui semua hal tentang SEMrush, fitur-fitur dan kegunaanya, nah selanjutnya tools ini ada berbagai macam harga,  sebagai salah satu alat SEO terbaik ini.

Harga SEMrush didasarkan pada tingkatan yang berbeda dan ditargetkan untuk orang yang berbeda – baik itu untuk pengguna skala kecil dan freelancer atau bahkan untuk perusahaan skala besar.

  • SEMrush Pro – $99,35 per bulan / $999 per tahun

    Biasanya harga jenis SEMrush ini untuk bisnis skala kecil dan freelancer. Biasanya Anda mendapatkan 5 laporan PDF yang bisa dijadwalkan, Melacak hingga 500 kata, 5 Proyek, 3.000 laporan harian, menjelajahi 100.000 halaman web, 12.000 hasil per laporan, dan masih banyak lagi.

  • SEMrush Guru – $199,95 per bulan / $1999,40 per tahun

    Jika anda adalah seorang  SMB dan agensi pemasaran yang berkembang. Anda dapat menggunakan fitur di paket SEMrush Pro, laporan bermerek PDF, data historis, merayapi melalui 300.000 halaman web, 20 laporan PDF terjadwal, melacak hingga 1500 kata kunci, 50 proyek, 5.000 laporan harian, 30.000 hasil per laporan.

Baca Juga : Panduan Dasar SEO untuk Pemula (On Page dan Off Page)

 

Cara Kerja Mesin Pencari

 

Hal pertama yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah tentang bagaimana cara kerja mesin pencari. Pada prinsipnya cara kerja mesin pencari itu meliputi 3 hal, yang diantaranya :

 

  1. Crawling

    Crawling merupakan proses perayapan yang dilakukan oleh bot pada sebuah website. Tujuannya adalah agar mesin pencari bisa mengetahui apa saja konten yang ada di dalam website. Dalam beberapa kasus, bot ini tidak hanya merayapi konten, tetapi juga file.

  2. Indexing

    Setelah proses crawling, cara kerja mesin pencari berikutnya adalah indexing. Proses indexing ini artinya adalah menampilkan halaman website Anda di halaman hasil pencarian. Tidak peduli diposisi berapapun, yang penting ketika ada yang mencari kata kunci tertentu, halaman website Anda sudah berapa di list yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

  3. Ranking

    Setelah mesin pencari melakukan indexing, cara kerja berikutnya adalah melakukan perangkingan terhadap semua wesbite yang sudah terindex. Pada intinya, mana website yang paling relevan dengan kata kunci apa yang diketikkan oleh pencari, akan menempati posisi paling atas di halaman yang paling depan.

Kesimpulan dan Penutup

SEMrush memang banyak digunakan oleh content specialist saat ini, selain karna fungsinya yang dapat memeriksa permasalahan situs dengan analisis SEO tools.

SEMrush merupakan perangkat lunak berbasis online lengkap yang diprogram untuk membantu dalam merencanakan dan melaksanakan upaya Anda dalam hal SEO, SEM serta penelitian media sosial dan periklanan video.

Nah, setelah mengetahui panduan lengkap mengenai SEMrush, anda juga dapat mencari konten unggulan yang biasanya banyak dilihat oleh pengunjung. Selamat mencoba!

Related Post :

popup image