Cara Membuat Website Desa yang Aktif, Informatif dan Bermanfaat

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Sekarang ini, teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat. Tak heran apabila semua pihak dari berbagai kalangan diharuskan untuk melek teknologi, tak terkecuali masyarakat yang ada di desa. Dengan begitu, mau tidak mau pemerintah desa juga dituntut untuk menyediakan layanan dan juga informasi berbasis online, salah satunya lewat website. Lantas, sudah tahukah Anda cara membuat website desa?

Website sendiri merupakan sebuah kumpulan halaman yang ada pada suatu domain tertentu di internet yang dibuat dengan tujuan untuk saling terhubung dan dapat diakses secara luas melalui browser. Dari kumpulan halaman itulah nantinya dapat dimuat berbagai informasi dan layanan mengenai desa kepada siapa saja yang ingin mencari tahu mengenai informasi atau data dari desa tersebut.

Dengan membuat website desa tersebut maka tentu akan sangat bermanfaat dan informatif bagi setiap masyarakat yang ada. Itulah salah satu alasan penting mengapa perangkat desa juga perlu mengetahui cara membuat website desa. Lantas, apa saja manfaat yang dapat didapat saat sebuah desa membangun websitenya? Di bawah ini beberapa manfaat tersebut.

 

Manfaat dari Website Desa

Cara Membuat Website Desa yang Aktif, Informatif dan Bermanfaat
 

Tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan masyarakat di desa tersebut saat sebuah desa memutuskan untuk membuat website. Sebelum mengetahui cara membuat website desa, perangkat desa juga perlu tahu apa saja manfaat website desa itu sendiri yang nantinya dikelola oleh pemerintah desa. Di bawah ini beberapa manfaatnya :

 

  • Media publikasi kegiatan desa

    Sebagai anggota yang termasuk ke dalam pemerintahan desa, masyarakat juga perlu mengetahui apa saja kegiatan/agenda yang ada pada desa tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah desa untuk membuat sebuah website sendiri. Dengan begitu, akan diperoleh manfaat berupa tersedianya media publikasi secara online dari setiap kegiatan desa yang berlangsung maupun yang akan dilangsungkan kedepan.

  • Media promosi desa

    Website juga dapat bermanfaat sebagai media promosi desa. Dalam hal ini berarti desa dapat mempromosikan keunikan dan keindahan apa saja yang ada di desa tersebut. Dengan begitu, bukan tidak mungkin apabila potensi alam dan kekayaan sumber daya manusianya dapat menjadikan masyarakat tertarik untuk datang dan berkunjung ke desa.
     
    Dengan begitu, hal ini bisa menguntungkan pemerintah desa karena nantinya aka nada banyak masyarakat dari wilayah lain yang mengunjungi desa tersebut. Baik itu dalam bentuk obyek wisata, budaya unik, hingga melihat produk-produk kerajinan dari masyarakat desa.

  • Meningkatnya pelayanan pemerintah desa

    Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan ketika sebuah desa memiliki website adalah dapat memberikan informasi mengenai setiap pelayanan yang akan dilakukan di desa dengan lebih mendetail. Pastinya, melalui media website ini, pemerintah dapat membuka pelayanan berbasis online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja masyarakat mereka berada.

 

Dari berbagai manfaat di atas, tentu akan sangat sayang jika sebuah desa belum memiliki website. Terlebih, saat ini teknologi terus berkembang dengan cepat maka agar tidak ketinggalan dengan desa-desa yang lain, ada baiknya sebuah desa segera membangun website mereka sendiri. Namun, tahukah Anda informasi apa saja yang wajib ada dalam sebuah website desa?

Baca Juga :    Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Informasi dalam Website Desa

Website desa bisa Anda buat dengan mencantumkan berbagai informasi penting mengenai hal-hal yang berhubungan dengan desa. Apabila dilihat secara umum, beberapa informasi yang wajib ada pada sebuah website desa adalah sebagai berikut :

 

  • Profil lengkap tentang desa

    Profil desa disini berarti informasi umum dan spesifik mengenai desa tersebut. Baik itu kondisi geografis, sejarah, wilayah, kepadatan penduduk, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadi sebuah gambaran yang ditampilkan dalam halaman profil desa. Yakni bertujuan agar para pengunjung mengetahui lebih lengkap mengenai kondisi yang ada pada desa tersebut. Anda juga bisa menampilkannya dalam beberapa halaman sesuai dengan kategori informasi yang ingin dimuat.

  • Struktur organisasi dan perangkat desa

    Setiap desa tentu memiliki sebuah organisasi dan perangkatnya masing-masing yang bekerja untuk melayani kebutuhan masyarakat. Untuk itu, sangat penting dalam menampilkan struktur tersebut dalam sebuah website desa. Mengapa? Hal ini tentu akan asangat aneh apabila website desa tidak memiliki informasi mengenai perangkat maupun organisasinya. Paling tidak website desa perlu menampilkan informasi mengenai struktur organisasi desa yang berupa kepala desa, kaur, sekretaris, dukuh, dan masih banyak lagi. Tentu saja, akan lebih baik apabila hal tersebut dilengkapi dengan tugas ataupun wewenang dari setiap perangkatnya.

  • Cakupan wilayah dan data pendukungnya

    Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah desa umumnya dibagi menjadi beberapa wilayah tertentu yang lebih kecil. Wilayah tersebut biasanya akan dikepalai oleh seorang dukuh dan informasi mengenai dukuh tersebutlah yang juga perlu dimuat dalam halaman website desa sehingga setiap pengunjung website akan mudah mengetahuinya dengan cepat. Agar cakupan wilayah pada sebuh desa tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas, maka Anda juga bisa melengkapinya dengan peta dari Google Map. Dengan begitu, masyarkat lain akan mudah mengunjungi wilyah tersebut dengan tepat dan mudah.

  • Agenda dan potensi desa

    Masyarakat yang ada di desa tentu memiliki hak untuk mengetahui apa saja agenda yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa. Agenda tersebut perlu dipublikasikan kepada semua masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah dan cepat untuk mengetahuinya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan potensi apa saja yang ada pada sebuah desa lewat website. Website yang dibuat tersebut tentu akan sangat efektif jika digunakan untuk mempromosikan potensi maupun keunggulan yang ada pada desa. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat desa pun akan meningkat.

Baca Juga :     Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Perusahaan

 

Cara Membuat Website Desa

Cara Membuat Website Desa yang Aktif, Informatif dan Bermanfaat
 

Berikut beberapa cara membuat website desa informatif yang bisa Anda terapkan :

 

  • Daftarkan domain desa

    Cara membuat website desa pertama Anda bisa mendaftarkan domain desa lewat www(dot)desa(dot)web(dot)id . Hanya saja pendaftaran ini perlu dilakukan oleh pihak yang berwenang atau mereka yang ditunjuk dengan surat kuasa. Untuk itu, ada baiknya Anda mengkoordinasikan lebih dulu kepada pemerintah desa. Jika sudah, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara membuat website desa di bawah ini :

    • Masuk ke situs www(dot)domain(dot)go(dot)id, silahkan masuk jika sudah mempunyai akun. Jika belum, maka Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menuju langkah selanjutnya.
    • Ikuti semua tahap penginputan data yang diperluka. Kemudian tekan Submit.
    • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menunggu proses verifikasi data, maksimalnya dalam 4 hari. Dengan begitu email verifikasi akan dikirimkan lewat PNSemail Anda.
    • Kemudian, saat Anda sudah berhasil masuk, silahkan pilih menu Pendaftaran Domain.
    • Selanjutnya, lansung cek ketersediaan nama domain yang ingin digunakan.
    • Jika sudah, maka Anda dapat menentukan durasi pemakaian domain yang diinginkan. Pada umumnya, pemakaian nama domain dalam satu tahun tidak dipungut biaya.
    • Lalu Anda bisa melanjutkan proses penginputan data.
    • Pastikan semua informasi dan data yang diperlukan diisi dengan tepat, kemudian klik Confirm dan Submit.
    • Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah berkas pendukung. Seperti surat identitas, surat permohonan, dan yang lainnya.
    • Jika sudah selesai mengunggahnya, maka Anda bisa menunggu proses verifikasinya.
  • Pilih layanan hosting Indonesia

    Cara membuat website desa selanjutnya adalah dengan memilih layanan hosting Indonesia. Namun, Anda juga perlu memastikan lebih dulu bahwa domain desa sudah terverifikasi. Barulah Anda bisa memilih layanan hosting tersebut karena saat ingin berlangganan hosting memerlukan nama domain tersebut.
     
    Hosting sendiri sangat diperluka untuk menyimpan file dalam sebuah sever. Dengan begitu, website Anda bisa diakses secara online dengan mudah. Anda bisa menggunakan layanan hosting yang ada di Indonesia. Dengan layanan hosting tersebut, website Anda akan diakses dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :     Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa cara membuat website desa yang bisa Anda terapkan. Dengan beberapa informasi di atas, maka tidak sulit lagi untuk membuat website yang aktif, informative, dan bermanfaat untuk masyarakat. Hanya saja yang terpenting Anda mencantumkan informasi dengan lengkap dan akurat pada website desa tersebut. Dengan begitu, tak hanya informative akan tetapi website Anda yang sudah dibuat dengan cara membuat website desa di atas akan lebih bagus dan berkualitas.

Jangan lupa juga untuk merancang desain dan tata letak website desa agar menjadi lebih menarik serta mudah dinavigasi. Jadi, sudah siapkah Anda membuat website desa? Segera buat website desa Anda dan dapatkan berbagai manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, informasi desa dapat disampaikan dan dapat didapatkan dengan mudah dan efektif.

 

Related Post :