Cara Membuat Website Pendaftaran PPDB untuk Sekolah di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dengan adanya pandemi yang memaksa semua masyarakat untuk menghentikan aktivitas baik itu bekerja, bersosialisasi maupun bersekolah membuat kehidupan kini lebih tergantung kepada penggunaan internet. Perkantoran memberlakukan work from home (WFH) begitu juga kegiatan pembelajaran sekolah pun terpaksa dilakukan melalui aplikasi dari masing- masing rumah siswa dan guru.

Selain melakukan pembelajaran online di aplikasi, siswa juga harus melakukan pendaftaran PPDB juga. PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini mau tidak mau harus dilakukan secara online untuk mematuhi peraturan pemerintah mengenai social distancing dan pembatasan sosialisasi fisik yang bisa menyebabkan penyebaran lebih lanjut.

Untuk mendukung PPDB ini pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran khusus yakni Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2009 yang membahas tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat yakni penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah bagaimana mengatur pelaksanaan pendaftaran PPDB tahun ajaran 2020 secara online.

 

Pendaftaran Murid Sekolah PPDB 2020 Online

Cara Membuat Website Pendaftaran PPDB untuk Sekolah di Indonesia
 

Demi mencegah penyebaran pandemi, maka sekolah telah lama diliburkan agar tidak ada lagi siswa dan guru yang berkumpul di sekolah. Maka untuk mendukung surat edaran tersebut dipersiapkan sebuah layanan pendaftaran online yaitu SIAP PPDB Online yang di kembangkan oleh Telkom Tbk. Sistem ini sendiri dijalankan dengan teknologi web serta cloud computing (komputasi awan) yang akan membuat pengalaman pendaftaran online ini lebih mudah, transparan, akuntabel dan praktis. Aplikasi ini sendiri dapat diakses pada www(dot)siap-ppdb(dot)com.

Karena jika mengacu kepada Peraturan Mendikbud No.44 Tahun 2019 mengenai penerapan PPDB untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan SMK mempunyai 3 jalur pendaftaran calon siswa mengikut sekolah yang mereka tuju, yakni berdasarkan perpindahan tugas orang tua atau wali dengan bobot penerimaan maksimal 5 persen. Selain itu ada sistem zonasi berdasarkan lokasi tempat tinggal serta jalur afirmasi dan jalur non-akademik.

Kegiatan pendaftaran PPDB online ini sendiri diperkirakan akan diikuti oleh 10,9 juta calon siswa baru dari berbagai tingkatan pendidikan dari seluruh daerah Indonesia. Calon murid yang hendak mendaftar secara online ini akan dapat mulai melengkapi apa saja yang diperlukan karena pendaftaran telah buka dari 11 Juni kemarin hingga 10 Juli 2020 ini.

Sedangkan untuk kenyamanan pendaftaran, calon peserta didik dapat menggunakan perangkat komputer, perangkat seluler dan gadget masing- masing. Proses verifikasi dari pendaftaran online ini akan dilakukan oleh setiap admin atau operator dari sekolah yang dituju dan calon siswa dapat melihat hasil seleksi PPDB mereka secara online juga.

Baca Juga :   Tutorial Cara Install CMS Sekolahku untuk Website Sekolah

 

Tata Cara Pendaftaran PPDB Online Siswa Baru

Berikut ini cara pendaftaran yang harus diketahui calon peserta didik beserta orang tua/wali :

  1. Buka situs web PPDB Online mengikut kota atau kabupaten peserta
  2. Pilih salah satu jenjang pendidikan yang sesuai dengan murid (SD/SMP/SMA/SMK) atau juga memilih salah satu jalur penerimaan yang ada yaitu jalur umum, jalur reguler, jalur prestasi, jalur keluarga miskin maupun jalur lainnya yang tersedia di website
  3. Klik pada menu Daftar
  4. Isi formulir Pra Pendaftaran Online (khusus bagi calon siswa baru lulusan tahun sebelumnya atau lulusan dari luar kota/kabupaten atau lulusan dari Sekolah Luar Negeri atau lulusan dari program Paket A dan Paket B)
  5. Isi formulir pendaftaran online dan pilih loket sekolah pilihan murid
  6. Cetak bukti pendaftaran
  7. Proses verifikasi pendaftaran dari sekolah
  8. Melihat hasil pengumuman secara online

Baca Juga :   Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah, Cepat dan Murah

 

Cara Membuat Website Pendaftaran Online PPDB Sekolah

Cara Membuat Website Pendaftaran PPDB untuk Sekolah di Indonesia
 

Adanya sistem zonasi membuat calon siswa lebih memilih mendaftarkan diri mereka sesuai dengan sekolah terdekat dari dimana mereka tinggal. Ini dapat membuat sekolah- sekolah yang berada sedikit di luar dari pusat keramaian menjadi sepi. Efek ini juga bisa berimbas kepada sekolah- sekolah swasta karena sekolah negeri akan menjadi lebih ramai karena lebih dekat dengan zonasi calon peserta didik.

Namun itu bukan berarti sekolah- sekolah lain ini tidak bisa mengadakan pendaftaran PPDB Online mereka sendiri. Sebuah program yakni Program Ekabima dari IDCloudHost selaku penyedia web hosting terbaik di Indonesia akan membantu sekolah- sekolah yang kiranya membutuhkan website sekolah. Selain untuk menarik calon murid mendaftar PPDB Online, website sekolah ini dapat membantu sekolah tersebut untuk meluncur ke dunia maya agar lebih dikenali dan mempermudah siapa saja yang sedang membutuhkan informasi mengenai sekolah tersebut.

 

Website Sekolah Gratis Dari Program Ekabima

Sebelumnya pihak sekolah harus mengetahui seberapa penting sebuah website untuk keberadaan sekolah, beberapa keuntungan yang didapat :

  1. Sumber informasi sekolah kapan diakses kapan saja dimana saja
  2. Sumber informasi dan komunikasi, siswa, guru, dan orang tua
  3. Penting sekali sebagai media pemasaran murah dan mudah. Selain itu citra sekolah meningkat dan juga kesempatan untuk peningkatan mutu pendidikan baik berupa beasiswa, prestasi semakin luas.

 

Syarat dan Ketentuan Program Ekabima

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan Sekolah bisa mengikuti Program Ekabima:

  • Sekolah belum mempunyai website berdomain sch.id
  • Mengirim berkas dokumen persyaratan domain untuk Sekolah terdaftar (Legalitas Dokumen)
  • Mengikuti prosedur pendaftaran yang benar dari Program Ekabima

 

Baca Juga :   Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya

 

Cara Mendaftar Mendapatkan Website Sekolah

Cara Membuat Website Pendaftaran PPDB untuk Sekolah di Indonesia
 

Cara untuk mendapatkan website sekolah gratis yang juga dapat menunjang pendaftaran PPDB Online dari Program Ekabima sebenarnya tidaklah sulit. Pihak sekolah hanya perlu melengkapi semua yang diminta dan mengikuti langkah- langkah sederhana dibawah ini.

Melakukan Pendaftaran dan Order Layanan

Sebelumnya pihak sekolah harus mendaftarkan sekolah mereka pada link : bit.ly/ProgramEkabima-IDCH. Saat melakukan pendaftaran pihak sekolah diminta untuk dapat mempersiapkan persyaratan sebagai berikut :

  1. Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga yang dituju ke “Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI)”.
  2. KTP Republik Indonesia
  3. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait.

 

Selanjutnya adalah melakukan Order Layanan Domain dengan cara melakukan Order Layanan Domain dan Hosting seperti biasa di IDCloudHost. Pastikan pihak sekolah untuk melakukan Order dengan informasi sebagai berikut :

  • PENTING : Saat Melakukan Order, Jangan Lupa memasukkan Kode Promo yang diberikan oleh IDCloudhost di email saat Anda melakukan Pendaftaran.
  • Domain SCH.ID (namadomain.sch.id)
  • Paket Hosting Business Pro, 6 Bulan (Semi Annually)
  • Abaikan Invoice Saat melakukan Transaksi.

Baca Juga :   Cara Mendaftarkan Domain Sekolah (SCH.ID) Untuk Sekolah di Indonesia

 

Mengirim Isi Konten Website dan Proses Finalisasi

Pihak sekolah dapat mengirimkan isi konten yang hendak ditampilkan ke dalam laman website sekolah mereka ke :

  • Email : mufid@idcloudhost.com
  • Subjek : [EKABIMA – KONTEN WEBSITE] “Nama Sekolah” – “Domain Website Sekolah”
  • Contoh : [EKABIMA – KONTEN WEBSITE] SMA N 1 Pekanbaru – sman1pekanbaru.sch.id

 

Adapun konten- konten yang dikirim biasanya mencakupi :

  • Logo sekolah ukuran besar
  • Beberapa foto ukuran besar untuk slider di halaman depan
  • Kolom pendaftaran PPDB Online dan laman yang akan mengarahkannya pada proses seleksi, verifikasi dan pengumuman hasil penerimaan.
  • Profile
    a. Identitas Sekolah
    b. Visi Misi
    c. Sambutan Kepala Sekolah
  • Prestasi
    a. Akademik
    b. Non-akademik
  • Kegiatan Ekstrakurikuler
  • Kontak
    a. Alamat sekolah
    b. Nomor telepon
  • Dan beberapa konten tambahan lainnya yang dirasa perlu.

 

Sedikit tambahan, hendaknya semua file yang dikirimkan oleh pihak sekolah telah digabungkan dalam file dengan format .ZIP atau .RAR. Setelah itu adalah proses menunggu penyelesaian website sekolah yang akan memakan estimasi waktu pengerjaan sekitar 2 hingga 7 hari kerja. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, pihak sekolah dapat menghubungi Mufid@idcloudhost.com

 

Kesimpulan dan penutup

Terdapat sedikitnya 9 provinsi dan 26 kabupaten/kota yang telah resmi menggelar pendaftaran PPDB online ini. Semua sekolah yang terdaftar pada PPDB online ini seperti sekolah di provinsi Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan lainnya telah resmi memiliki situs sekolah mereka sendiri. Namun diluar dari daftar resmi yang dikeluarkan www(dot)siap-ppdb(dot)com, ada banyak lagi sekolah yang tidak mempunyai website mereka sendiri.

Oleh karena itu sebaiknya sekolah yang masih tidak mempunyai website sekolah sebaiknya memanfaatkan penawaran Program Ekabima demi tetap menjaga keamanan dan kesehatan dengan tidak berada ditempat ramai. Karena tidak semua murid berani datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan diri maka dari itu memiliki website sekolah sendiri adalah jalan terbaik, teraman dan terpraktis saat ini.

Related Post :