Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Pendaftaran PPBD 2020 atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PBBD) tahun 2020 tetap dibuka meski secara online atau daring sesuai dengan peraturan SE Menteri Kemdikbud No.4 Tahun 2020. Langkah ini ditempuh untuk mengurangi potensi penyebaran COVID-19 melalui kegiatan yang melibatkan orang banyak di satu tempat menngingat kita tidak boleh lengah dan akan segera mengaktifkan gaya serta pola hidup baru.

Dengan peraturan baru yang menyesuaikan pandemi ini, diharapkan semua sekolah mematuhi peraturan dan hanya mengadakan pendaftaran secara online saja. Pemerintah sendiri telah menyiapkan banyak kemungkinan dan skenario demi tetap menyelenggarakan pendaftaran siswa baru di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, mari simak mengenai PPBD 2020 yang berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya ini.

 

Mengenal Apa Itu PPBD Online 2020 dan Informasi Terbarunya

PPDB Online 2020 adalah sebuah ide dengan sistem khusus yang dirancang sebagai sumber atau pusat informasi serta pengelolaan dalam proses seleksi penerimaan siswa baru untuk jenjang TK, SMP, SMU dan SMK. Ide ini adalah merupakan hasil inovasi mengingat kita telah melakukan karantina besar- besaran dan tetap dalam masa waspada dengan cara hidup baru yaitu new normal. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan pendaftaran siswa akan terus berlanjut dengan keamanan yang tetap terjaga.

Sedangkan proses pendaftaran sendiri masih tetap sama dengan proses yang biasa dilakukan secara umum. Siswa harus mendaftarkan diri mereka, kemudian melalui proses seleksi dan kemudian hasilnya dengan berbasisi teknologi informasi dan komunikasi akan diberitahukan secara online. Sistem ini sendiri telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Jalur ini diperuntukkan menurut domisili dalam wilayah zonasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) masing- masing.

Juga dengan mengusung tagar #DiRumahAja, PPBD mengajurkan para wali murid dan siswa melakukan pendaftaran dari rumah saja secara online untuk tetap menjaga keamanan mereka. Pemerintah juga telah melakukan upaya sosialisasi PPBD online dengan tagar yang sudah lebih dahulu ada dan juga dengan penyuluhan grafis melalui sosial media. Upaya ini telah dilakukan sejak bulan Mei dengan dibukanya pengisian data CPBD dan validasi data calon peserta dengan pengeceken nilai rapor online, penyesuaian alamat NIK dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian PIN untuk pendaftaran PPDB secara online.

 

Cara Memahami Pendaftaran PPBD 2020 DiRumahAja

Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya
 

Mungkin tidak semua orang telah benar- benar memahami peraturan baru pemerintah ini, berikut cara mudah untuk memahami pendaftaran siswa online 2020 ini :

  1. Pendaftaran online dari rumah dapat dilakukan oleh calon peserta didik.
  2. Verifikasi pendaftaran online dari rumah akan dilakukan oleh admin atau operator atau admin dari setiap sekolah yang membuka pendaftaran.
  3. Mengunduh hasil seleksi yang bisa dilihat dari calon peserta didik dari rumah masing- masing.

Baca Juga :  Tutorial Cara Install CMS Sekolahku untuk Website Sekolah

 

Alur Pendaftaran PPDB 2020

Mengikut keputusan SE Menteri Kemdikbud No.4 Tahun 2020, maka alur proses pendaftaran juga turut menyesuaikan dengan 3 cara dan kategori tersendiri. Berikut kategori dan alur pendaftarannya :

Alur Pelaksanaan Pendaftaran Online Mekanisme B Plus

  1. Calon peserta didik baru telah mempersiapkan berkas persyaratan.
  2. Calon peserta didik baru dapat membuka akses laman situs PBDB online mengikut daerah dimana mereka berada seperti namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com
  3. Calon peserta didik baru mengajukan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir online.
  4. Calon peserta didik baru dapat mengunggah dokumen persyaratan mereka.
  5. Calon peserta didik baru memilih sekolah tujuan.
  6. Calon peserta didik baru mencetak bukti pengajuan pendaftaran.
  7. Admin atau operator dari sekolah akan melakukan verifikasi pendaftaran secara online.
  8. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi dan pengumuman online pada laman namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com.

 

Alur Pelaksanaan Pendaftaran Online Mekanisme C Plus

  1. Calon peserta didik telah mempersiapkan berkas persyaratan.
  2. Calon peserta didik membuka akses laman situs PBDB online mengikut daerah dimana mereka berada seperti namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com
  3. Calon peserta didik baru login masuk menggunakan dan mengisi informasi nomor peserta, tanggal lahir dan jenis kelamin
  4. Calon peserta didik mengisi formulir online
  5. Calon peserta didik melakukan pemilihan sekolah
  6. Calon peserta didik mencetak tanda bukti pendaftaran.
  7. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi dan pengumuman online pada laman namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com.

Baca Juga :  Cara Membuat Teks Eksplanasi Serta Strukturnya Yang Baik Dan Benar [Beserta Contohnya]

 

Alur Pelaksanaan Pendaftaran Online Mekanisme D Plus

  1. Calon peserta didik baru telah mempersiapkan berkas persyaratan.
  2. Calon peserta didik membuka akses laman situs PBDB online mengikut daerah dimana mereka berada seperti namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com
  3. Calon peserta didik baru mengajukan pembuatan akun dengan mengisi formulir online.
  4. Calon peserta didik baru mengunggah dokumen persyaratan.
  5. Admins atau operator melakukan verifikasi dari semua akun dan berkas yang masuk.
  6. Calon peserta didik baru dapat melakukan pemilihan sekolah.
  7. Calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran.
  8. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi dan pengumuman online pada laman namadaerah(dot)siap-ppdb(dot)com.

 

Ketentuan – ketentuan dalam Pelaksanaan PPDB 2020

Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya
 

Syarat dan ketentuan- ketentuan dalam pelaksanaan PPDB 2020 adalah sebagai berikut :

  • Dinas Pendidikan dan sekolah diminta turut menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti dan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya para siswa, guru dan orangtua secara fisik di sekolah.
  • PPDB yang ada di Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi dari nilai rapor yang ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, dan juga prestasi dari akademik dan non-akademik di luar catatan rapor sekolah.
  • Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan menyediakan bantuan teknis bagi tiap daerah dan area yang memerlukan bantuan mekanisme PPDB online.

Baca Juga :  Cara Membuat Proposal Penelitian Ilmiah dan Skripsi Beserta Contohnya

 

Tahapan- tahapan dalam Pelaksanaan PPDB 2020

Mengenal Apa itu PPDB Online untuk Sekolah : Cara Membuat dan Mekanismenya
 

Ada pun tahapan- tahapan yang akan dilewati setiap calon peserta didik yang mendaftar PPDB 2020 secara online sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahapan normal. Berikut adalah semua tahapan yang akan dilewati semua calon peserta didik :

  1. Pembukaan pengumuman pendaftaran.
  2. Pendaftaran secara online/daring.
  3. Menunggu tahap seleksi.
  4. Pengumuman hasil seleksi PPDB 2020.
  5. Pendaftaran ulang.

 

Pembagian Kuota PPDB Online 2020

Mengingat pandemi dan penerapan social distancing serta cara hidup baru new normal, maka pendaftaran peserta didik 2020 juga turut menyesuaikan cara mereka. Kuota zonasi juga turut berubah dari yang awalnya sebesar 80% menurun hingga 70%. Sedangkan dari kuota 70% akan dibagi lagi menjadi :

  • Jalur zonasi yang paling sedikit dalam 50% dari daya tampung sekolah keseluruhan.
  • Jalur afirmasi bagi warga kurang mampu mendapatkan minimal 15% dari keseluruhan daya tampung sekolah.
  • Jalur perpindahan mengikut tugas orang tua atau wali yaitu minimal 5% dari daya tampung suatu sekolah.
  • Jalur prestasi yang mendapatkan kuota 30% dari daya tampung sekolah.

Baca Juga :   Cara Mendaftarkan Domain Sekolah (SCH.ID) Untuk Sekolah di Indonesia

 

Sekolah- sekolah yang Tidak Harus Menerapkan Sistem Zonasi PPDB Online 2020

Meski kebanyakan dari sekolah mengikuti sistem zonasi, namun tidak semua sekolah dapat menerapkan sistem ini dikarenakan alasan khusus tersendiri seperti jenis sekolah seperti :

  1. Sekolah berasrama
  2. Sekolah Pendidikan Khusus
  3. Sekolah pada Daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal)
  4. Sekolah di daerah yang kekurangan peserta didik
  5. Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)

 

Sukseskan PPDB Online 2020

Sebelum melakukan pendaftaran online, perhatikan semua kelengkapan berkas yang diminta. Patuhi setiap peraturan dan ikuti semua langkah juga pendaftaran tanpa terkecuali. Jangan sampai Anda melewatkan detail dan pengisian informasi agar pendaftaran online tetap dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Demikian informasi pendaftaran siswa baru yang dialihkan secara online pada tahun 2020 ini untuk tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran COVID-19. Diharapkan semua calon peserta didik, orang tua atau wali serta para guru juga turut disiplin dalam melakukan pendaftaran online ini demi kebaikan bersama.

Related Post :

popup image