Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Berbicara tentang dunia bisnis tidak lepas dengan marketing di dalamnya,hal ini sebagai bentuk pengenalan produk kepada masyarakat luas. Selain itu tentunya untuk memperkenalkan mereka atau image branding terlebih lagi untuk produsen tahap pemula atau baru. Di samping untuk menjual produk, website dapat berfungsi untuk banyak hal serta membantu penyebaran informasi dari si merek tersebut.

Penggunaan website untuk pemula dan bisnis online sekarang ini menjadi alat bantu dalam marketing sehingga bisa dimuat dalam media dengan lebih bagus dan mudah di cari pada mesin penelusur. Anda dapat menonjolkan apa saya yang ingin Anda tonjolkan baik itu produk, branding maupun keunggulan produk Anda dibandingkan dengan merek kompetitor. Sehingga cara penjualan melalui website ini menjadi pilihan utama dan berjualan dengan toko fisik sekarang menjadi alternatif kedua.

Itulah kenapa banyak pengusaha kecil UMKM turut membuat website mereka karena berkeinginan untuk menyebarluaskan jangkauan penjualan dan image branding mereka. Contohnya penjual makanan khas daerah A dapat memasarkan produk mereka sehingga daerah lain yang tidak mempunyai produk sejenis juga dapat merasakannya. Apakah Anda juga tertarik membuat website untuk mengembangkan usaha UMKM Anda? Marik simak apa saja yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuatnya berikut ini.

Baca Juga :  Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Tips Merancang Website Untuk Pemula Dan Bisnis Online (UMKM)

Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia
 

Sebelum terjun langsung membuat website untuk pemula dan bisnis online, ada baiknya Anda mempelajari dulu website seperti apa yang kemungkinan besar bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  1. Rancang template dan desain

    Rancangan yang menarik pada template dan desain menjadi elemen penting supaya bisa tampil lebih baik di segala jenis perangkat, terutamanya di smartphone sebagai perangkat yang paling sering digunakan untuk berselancar di internet. Alasannya masyarakat sekarang lebih banyak menggunakan mesin penelusur lewat penggunaan smartphone dibandingkan perangkat yang lain.
    Hal lainnya adalah karena Google dalam tahap peluncuran mobile-first index dan bisa membantu memberikan peringkat yang lebih tinggi terhadap situs optimal di seluler dibandingkan website yang kurang ramah seluler.

  2. Multimedia

    Gambar sering diartikan memiliki nilai seribu kata lebih, sebab pengguna smartphone paling senang menelusuri berbagai gambar serta menonton video dibandingkan membaca berbagai teks di layar. Andaikan gambar di ampilkan menggunakan format benar, dengan tag serta di optimalkan dalam segi penggunaannya, secara otomatis gambar serta video bisa membantu peringkat di situs sehingga lebih tinggi pada hasil penelusuran, maka disini bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.
     

    Lebih efektif lagi jika Anda menggunakan juga favicon khusus (gambar kecil pada bagian atas tab browser), ini bukan hanya memberi pencitraan merek namun berguna juga untuk bookmark maupun toolbar icon yang bisa digunakan mempermudah pelanggan menemukan situs Anda. Kalau Anda menggunakan website WordPress, Anda bisa mengunduh terlebih dulu tools juga plugin WordPress agar mempermudah dalam pengoptimalan gambar, pemasangan di Video HD, Skema bookmark, desain Favicon, dan yang lainnya. Namun, kalau anda memakai website builder, penggunaan itu bisa diakses pada satu tempat dan bisa segera digunakan.

  3. Rancang sehingga gampang ditemukan serta dilacak

    Pemakaian gambar juga fitur dengan mobile-friendly belum cukup dalam pengoptimalan desain di situs anda. Beberapa praktik tentang SEO perlu diikuti, misalkan memakai keywords tepat jug metadata supaya bisa membantu pembeli lokal bahkan calon klien di semua negeri bisa menemukan situs bisnis anda. Tugas dari Google Analytics adalah melacak bagaimana kinerja posting, kampanye pada media sosial, hasil di pencarian kata kunci, serta beberapa faktor lagi yang penting dalam memperoleh hasil tinggi pada situs bisnis Anda.

  4. Tools Media Sosial

    Dalam membuat website untuk pemula dan bisnis online lebih baik, Anda harus bisa mengatur penggunaan media sosial, disini adalah website itu sendiri. Maka jika anggaran yang Anda miliki cukup, Anda bisa menyewa admin yang bisa mengelola media sosial Anda. Atau untuk alternatifyang lebih murah anda bisa memanfaatkan third-party misalkan, HootSuite maupun Buffer dalam memposting konten.

  5. E-commerce

    Dalam website untuk pemula dan bisnis online ada baiknya memaksimalkan toko online, alat pembayarannya (baik memakai kartu kredit, transfer bank, maupun Paypal), sistem pelacakan dengan inventaris, keranjang belanja, juga promosi memakai kode kupon.

Setelah mengetahui bagaimana tips merancang website untuk pemula dan bisnis online selanjutnya adalah membahas pembuatan website bagi pemula dengan mudah dan tidak menghabiskan waktu di bawah ini.

Baca Juga :  Mengenal Tentang Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak & Quotes Pentingnya

 

Cara Membuat Website Untuk Pemula Dan Bisnis Online

Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia
 

Membuat website untuk pemula dan bisnis online begitu mudah, setidaknya Anda hanya perlu mengikuti 5 langkah pembuatan website dengan detail rancangan yang telah dijelaskan diatas, yaitu :

  1. Menentukan dulu ide website

    Di sini website yang akan dibuat untuk website untuk pemula dan bisnis online, maka ide dan tema website akan lebih condong ke jenis website e-commerce. Di situs ini Anda bisa menjual berbagai jenis dan bentuk barang, maka selain bisa dijadikan usaha sampingan bisa juga menambah penghasilan.

  2. Melakukan registrasi di nama Domain

    Untuk mendapatkan nama yang unik untuk bisnis Anda bisa dilakukan dengan brainstorming dan Anda juga bisa menggunakan tool pengecekan ketersediaan nama domain. Penggunaan domain umumnya memakai (.com) dan alamat domain jangan terlalu panjang.

  3. Memilih Web Hosting

    Dalam memilih dan menggunakan hosting harus terpercaya dan andal, pilih hosting yang sesuai dengan budget serta proyek bisnis yang akan Anda dirikan. Jangan mudah tergiur hosting yang murah namun ternyata tidak dapat dipercaya.

  4. Memilih platform dan membuat Website

    Anda banyak platform pembuatan website, namun kali ini website untuk pemula dan bisnis online yang akan dibahas yaitu dengan platform WordPress. Caranya adalah :
    1) Install WordPress pada versi terbarunya yaitu Auto Installer.
    2) Ketikkan di Admin Area dengan mengetik domainanda(dot)com/wp-admin di bagian kolom browser supaya bisa masuk dalam dashboard WordPress. Pada halaman login, isi informasi yang telah anda buat saat proses install. Lewat panel back-end, Anda juga bisa mengelola konten serta juga user WordPress.
    3) Pilih tema juga desain
    Banyak tema dan desain yang bisa diterapkan pada situ Anda, Anda bisa mencari pilihan tema pada Appearance > Themes di dashboard, lihat pratinjau serta install tema pada repository tema WP, pilihlah Add New.
    4) Halaman dan Konten dalam WordPress dapat di upload dengan tiga tipe konten yakni, halaman atau pages, postingan atau posts, serta media.
    5) Ekstensi juga plugin, WordPress mempunyai kelebihan ada banyak plugin yang bisa di install supaya bisa menghadirkan banyak fitur dengan fungsi yang baru. Caranya, pilih Plugins, klik Add New, dan install yang Anda butuhkan, setelah diinstall akan tersimpan di Installed Plugins. Plugins bagus yang bisa Anda pilih yaitu :
    · Yoast SEO
    · All-in-One WP Migration
    · WooCommerce dan ini biasanya plugins yang biasanya di gunakan dalam bisnis.
    · Really Simple SSL
    · Jetpack
    · Contact Form 7
    · Easy Table of Contents
    · TinyPNG
    · bbPress
    · Beaver Builder

  5. Membuat rencana dalam mengembangkan website

    Setelah paham membuat website dengan menggunakan WordPress, Anda sebagai pengelola harus bisa menjadi visioner. Jadi, Anda harus tahu bagaimana memfokuskan website pada bisnis Anda, disini Anda bisa menentukan halaman yang akan digunakan dan ditampilkan. Anda bisa membuat situs e-commerce dengan mempersiapkan produk serta belajarnya cara memperoleh user sebanyak-banyaknya.

Baca Juga :   Tips dan Trik Membangun Website Portofolio Yang Baik dan Benar

 

Kesimpulan dan penutup

Rencana perkembangan bisa dilakukan dengan menuliskan berbagai rancangan ide supaya bisa terus dikembangkan dengan signifikan dari waktu ke waktu. Jadi, website Anda akan selalu update dengan desain maupun konten terbaru yang menarik pengunjung. Maka dari itu selalu perhatikan apa saja yang sedang menjadi trend dan kata kunci yang banyak yang digunakan.

Cara mudah membuat website untuk pemula dan bisnis online diatas bisa dilakukan oleh siapa saja, dan pengguna tidak perlu memahami bahasa pemrograman. Karena pada dasarnya WordPress datang sebagai platform pengembangan blog dan website yang ramah guna bahkan untuk pemula sekalipun. Silahkan mengikuti langkah- langkah diatas dan jadikan sebagai panduan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda di dunia maya, selamat mencoba.

Related Post :

popup image