Mengenal Tentang Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak & Quotes Pentingnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Sekarang ini banyak masyarakat senang berbelanja lewat marketplace, artinya marketplace dijadikan jalan pintas bagi masyarakat yang ingin memperoleh barang tanpa harus datang ke tempat penjual. Terlebih lagi di masa pandemi dan karantina yang mengharuskan pembatasan kegiatan sosial yang berakibat tutupnya banyak toko- toko offline, membuat masyarakat beralih kepada belanja online karena kemudahan dan keamanannya.

Salah satu marketplace asli dan dari Indonesia yang terkenal yaitu Bul\kakapak, Bukalapak yang berdiri sampai sekarang tidak lepas dari perjuangan 3 orang pendirinya yang membutuhkan perjuangan keras sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Salah satu pendiri itu adalah Achmad Zaky pendiri Bukalapak yang merupakan sosok yang sudah tidak asing di hadapan masyarakat terutama para pembeli online.

Achmad Zaky sebagai salah satu pendiri Bukalapak pastinya sudah dikenal umum baik dari televisi maupun berita yang bersangkutan dengan Bukalapak itu sendiri. Meski sudah mengenal CEO Bukalapak, namun masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana perjuangannya mulai dari merintis hingga Bukalapak bisa menjadi seperti sekarang ini. Ada banyak pembelajaran yang bisa diambil dari Achmad Zaky, sehingga bisa dijadikan motivasi untuk kaum muda utamanya.

 

Mengenal Bukalapak Sebagai Platform E-commerce Serba Lengkap

Mengenal Tentang Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak & Quotes Pentingnya
 

Bukalapak sekarang sudah menjadi salah satu dari pasar daring atau marketplace yang ada di Indonesia yang paling terkenal. Marketplace yang di jalankan PT. Bukalapak ini memberikan peluang kepada merchants atau penjualan untuk memanfaatkan platform mereka untuk berjualan online. Cara berjualan ini memakai model dan metode dari teknik bisnis customer to customer atau juga dikenal sebagai C2C.

Melalui platform online ini berbagai barang dapat dijual mulai dari tas, baju, sepatu, peralatan rumah tangga, barang elektronik, dan lain sebagainya.Kelebihan yang diberikan oleh Bukalapak yaitu Anda selaku pembeli bisa memperoleh berbagai macam keuntungan seperti Anda tidak perlu menghabiskan waktu dengan pergi ke toko lagi.

Hanya dengan memanfaatkan kepraktisan dari perangkat seluler atau laptop Anda, Anda dapat membuka melayari Bukalapak melalui versi desktop mau pun aplikasi mereka. Disini Anda dapat mendaftarkan diri Anda untuk memperoleh akun sebagai pembeli untuk mulai berbelanja online. Cara ini sangat praktis karena pembeli dapat mencari apa saja yang mereka perlukan dan kemudian mengklik barang incaran mereka lalu melakukan pemesanan dan pembayaran online.

Tentunya untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggannya, Bukalapak juga menyediakan banyak cara pembayaran yang dapat dipilih dan digunakan oleh pelanggannya. Disamping juga menyediakan platform penjualan barang- barang baru, pelanggan juga bisa menjual dan membeli barang bekas. Ini juga turut membawa poin plus bagi Bukalapak karena berhasil memasukkan semua jenis merchant atau penjual beserta keragaman barang yang mereka jual. Tidak mengherankan jika Anda bisa menemukan barang bekas layak pakai di platform belanja online ini.

Baca Juga :   Mengenal Fajrin Rasyid (Direktur Telkom) : Pendidikan, Pengalaman & Penghargaannya

 

Biografi Singkat Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak

Achmad Zaky lahir tanggal 24 Agustus 1986 di Jawa Tengah. Keahlian dalam bidang Informatika sudah diperlihatkan Achmad Zaky sejak dia masih kecil. Ini juga didukung oleh pamannya juga memiliki ketertarikan yang mendalam di bidang yang sama yakni computer serta pamannya begitu mendukung Achmad Zaky untuk mendalami bidang pemrograman komputer. Mulai saat itu dia terus mendalami tentang program computer, sebab keahliannya tersebut ketika Achmad Zaky berada di SMA Negeri 1 Solo, berhasil menjadi perwakilan sekolahnya dalam Olimpiade Sains Nasional atau OSN di bidang komputer.

Semenjak itu Achmad Zaky berhasil memperoleh banyak penghargaan di bidang komputer. Kecerdasan yang dimiliki Achmad Zaky bisa membawanya di terima di ITB, yang mana semasa berkuliah disana Zaky termasuk salah satu mahasiswa cerdas. Hal ini terbukti dari riwayat akademik dengan Zaky memperoleh IP 4.00 pada semester 1. Atas prestasinya ini dia bisa menjadi salah satu perwakilan di ITB untuk bisa masuk Harvard university .

Achmad Zaky sendiri telah menikah sebelum ia mendirikan Bukalapak yang justru membuka peluang terbentuknya Bukalapak itu sendiri. Menikah dengan Diajeng Lestari dan memiliki 2 orang anak, Achmad Zaky aktif membantu kegiatan istrinya dalam menjual baju-baju muslim secara online dengan nama Hijup. Dari kegiatan yang dia lakukan inilah mulai muncul ide mendirikan sebuah situs jual beli online.

Bukan hanya sekedar membantu istrinya berjualan Hijup saja, dia juga didapuk oleh beberapa perusahaan sebagai pembuat situs IT. Achmad Zaky pernah bekerja juga di perusahaan pembuat software pada perhitungan cepat Pemilihan Umum (Pemilu) di sebuah perusahaan televisi swasta. Setelah beberapa hari bekerja di perusahaan itu, muncul keinginan Zaky untuk membangun usaha yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

Dengan sebuah inisiatif mendirikan sebuah situs jual beli secara online dan menamakannya sebagai Bukalapak, maka situs penjualan online serba lengkap ini mulai diperkenalkan kepada khalayak ramai. Menampilkan keunggulan yang bisa diakses secara gratis, Bukalapak resmi membuka pelayanan pertama mereka dengan resmi berdiri pada 2010 silam. E-commerce asal Indonesia ini bertujuan membantu mengembangkan serta memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Indonesia melalui media internet.

Baca Juga :    Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya

 

Bukalapak Di bawah Kepemimpinan Achmad Zaky

Mengenal Tentang Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak & Quotes Pentingnya
 

Achmad Zaky sebagai pendiri Bukalapak memulai bisnis e-commerce ini ketika istrinya merasa kesulitan dalam menemukan barang yang ingin ia cari. Maka dari itu Zaky berusaha menciptakan e-commerce serba ada hingga seperti yang kita lihat saat ini. Dengan ide dan ketekunannya ini, usaha penjualan online mulai dilirik sebagai alternatif penjualan yang cerdas mengingat kemampuan jualnya yang tidak lagi terbatas pada satu area tertentu saja.

Ini tentunya mencuri perhatian banyak orang terutama rakyat Indonesia yang mulai melek dan beralih menggunakan teknologi serta aplikasi. Bukalapak juga mendengar dan melihat kemajuan ini dengan memberikan banyak kemudahan, fitur- fitur dan inovasi baru terus menerus untuk menarik calon merchants maupun pelanggan potensial. Terlebih lagi Bukalapak memberlakukan metode situs penjualan yang serba gratis.

Maka semenjak Achmad Zaky sukses mengembangkan dan memperkenalkan ide situs jual beli online yang bisa diakses gratis oleh masyarakat, Zaky mendapatkan lebih banyak exposure dan dikenali sebagai pendiri Bukalapak yang penuh prestasi serta inovasi. Dengan berdiri dan suksesnya Bukalapak, Achmad Zaky bahkan masuk menjadi salah satu jajaran 10 Technopreneur under 30 th yang paling berpengaruh di Asia.

Bahkan banyak sudah investor telah menanamkan modalnya di Bukalapak, sebab situs tersebut dianggap salah satu situs yang dapat bersaing dengan banyak situs lain. Atas pencapaian luar biasa yang diperoleh Bukalapak menjadikan situs ini salah satu ecommerce atau marketplace paling baik di Indonesia. Sampai sekarang ini Bukalapak telah menjadi salah satu situs yang paling banyak dan terus berkembang, bahkan pemasukan yang diperoleh oleh Bukalapak mencapai 1 triliun di tahun 2014.

Baca Juga :   Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Quotes Penting Dari Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak

Setiap orang paling mempunyai kata bijak yang bisa memotivasi dirinya juga orang yang ada di sekelilingnya. Begitu juga dengan Achmad Zaky yang tidak hentinya memberikan kata bijak, sehingga dia bisa memberikan motivasi untuk dirinya, keluarganya, sahabatnya, juga masyarakat, terutama untuk kaum muda. Quotes ini menjadi penting, sebab dalam kata bijak mewujudkan perjuangannya yang tidak mulus dan tidak diperoleh secara instan.

Berikut ini beberapa Quotes panting dari Achmad Zaky sebagai pendiri Bukalapak :

  • “Kegagalan adalah apa yang membuat kita memperbaiki diri dan mempertajam naluri kita. Telah gagal beberapa kali dan saya merasa itu baik bagi saja. Kegagalan tersebut akhirnya mengantarkan ke kondisi saya saat ini.”
  • “Kualitas hidup sesungguhnya adalah seperti kualitas kopi dalam cangkir. Apapun bentuknya dan kualitas cangkirnya. Kopi yang baik tetaplah terasa nikmat bagi siapapun yang meminumnya. “
  • “The trend will be micro multinational companies, run by small teams and conquer the world.”
  • “Jangan buang waktu menunggu inspirasi. Mulailah dan inspirasi akan menemukanmu.”
  • “Buat yang sudah punya usaha. PANTANG MENYERAH lah. Terus berjuang cari jalan. Jalan ke depan kian menantang. “
  • “Jangan takut untuk mengambil saran dari orang-orang yang telah mencoba sesuatu dan gagal. Jangan mengambil saran dari orang-orang yang belum pernah mencoba sesuatu.”
  • “Setiap bertemu orang hebat, saya selalu belajar sesuatu yang sangat berharga, Yaitu jadi merasa bodoh.”

Itulah beberapa Qoute Achmad Zaky yang bisa dijadikan penyemangat dan motivasi untuk kaum muda, sebab sekarang sukses tidak perlu menunggu tua. Semuanya bisa memulai dari sekarang dengan usaha, kerja keras serta kemauan bersamaan disiplin dan dedikasi yang terus menerus tanpa putus asa.

 

Related Post :

popup image