Tutorial Cara Menambah Addon Domain di cPanel

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

cPanel telah banyak membantu dan mempermudah mengelola domain Anda pada satu tempat. Namun Anda juga dapat menambahkan beberapa domain lain ke akun cPanel milik Anda yang sama. Karena itu disebutlah dengan fasilitas Addon Domains yang memungkinkan penggunanya untuk mempunyai  tambahan domain dan beberapa situs web tambahan dari akun hosting Anda yang sedia ada atau primay website.

Cara ini bisa Anda akses melalui cPanel dengan mudah tanpa banyak tambahan lainnya. Bagi Anda yang sudah memiliki akun hosting dan memerlukan tambahan beberapa domain lagi tanpa mengganti atau mendaftarkan hosting lain, tentunya skema ini akan menjadi pilihan populer yang praktis dan efisien karena semuanya bisa dilakukan dari satu wadah saja tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

Sebagai contoh, Anda sudah memiliki domain utama terlebih dahulu dengan nama; domainutaman(dot)com , yang mana domain primer ini sudah terhubung dengan sebuah akun hosting. Kemudian jika Anda ingin menambahkan domain lain, contoh; domainkedua(dot)com, yang bisa menjadi website baru lain sepenuhnya. Disinilah Anda dapat memanfaatkan fasilitas Addon Domains yang memang sudah tersedia dalam pengelolaan hosting cPanel.

 

Mengenal Apa itu  Addon Domain

Fitur Addon Domains yng ada pada cPanel memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa domain dari satu akun hosting. Berbeda dengan domain terparkir, domain Addon diharapkan menjadi situs web yang sepenuhnya berbeda, semua dihosting di dalam akun cPanel yang sama. Anda juga dapat membuat sub-akun tambahan (misalnya, alamat email) untuk domain addon Anda.

Dengan sistem seperti ini Anda dapat menggunakan kepraktisan dan efisien Addon Domain ini untuk menghemat uang. Dengan addon domain, Anda tidak perlu membeli akun hosting tambahan untuk setiap domain dan situs web yang Anda operasikan. Cukup dengan satu Addon Domain, penggunanya dapat membuat beberapa website dengan membagi sumber daya daya akun yang ada.

 

Cara kerja Addon Domain

 

Seperti subdomain, Domain Addon disimpan dalam sub- direktori di direktori home Anda. Pada dasarnya, pengunjung online ke Domain Anda diarahkan ke direktori ini dan Anda dapat menentukan nama dan lokasi yang tepat dari direktori ini saat membuat Domain Addon. Paling umum adalah berupa root dokumen untuk setiap Domain Addon akan berada di /home/$user/$addon-domain/. Meskipun tidak diperlukan, adalah ide yang baik untuk memperbarui DNS domain Anda untuk menyelesaikan ke server di mana ia di-host.

Anda juga dapat menghubungi host web Anda untuk server nama dan alamat IP yang tepat untuk server Anda. Lalu, bawa informasi ini ke pendaftar domain Anda (atau penyedia hosting Anda jika mereka adalah pendaftar domain) dan perbarui pengaturan DNS domain. Jika Anda tidak yakin siapa pendaftar domain Anda, Anda selalu dapat mencari domain Anda di WHO.is. Tindakan ini akan melakukan pencarian dan menampilkan perusahaan mana yang bertanggung jawab untuk mendaftarkan domain Anda. Jika domain Anda tidak terdaftar, ini akan menjadi peluang sempurna untuk membeli domain dari registrar pilihan Anda.

Baca Juga :  Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Tahun 2020

 

Cara menambah Addon Domain di cPanel

 

Berikut ini langkah- langkah untuk menambahkan Addon Domain di cPanel yang bisa Anda coba dan terapkan.

 

Mengganti atau mengubah Name Server

Untuk memulainya, Anda harus mengarahkan nama domain Anda ke server nama hosting Anda. Pedoman tentang cara mengubah server nama Anda menjadi Hosting Berbagi Pakai untuk nama domain yang terdaftar di IDCloudhost dapat dicari pada penyedia hosting Anda. Jika nama domain Anda terdaftar dengan pendaftar pihak ketiga, hubungi dukungan pelanggan mereka dan minta untuk mengubah server nama untuk nama domain Anda sebagai berikut :

  • Untuk paket Hosting Berbagi Pakai: ns01.cloudhost.id dan ns02.cloudhost.id
  • Untuk Pengecer Hosting: server nama pribadi Anda atau server nama Pengecer Hosting yang ditentukan dalam Email Sambutan Anda

Baca Juga :   Mengenal Perbedaan Antara Domain dan Hosting untuk Website

 

Menambahkan Domain baru sebagai Domain Addon

Jika nama domain diarahkan ke server nama hosting penyedia maka cara ini dapat ditambahkan ke akun hosting Anda segera.

  1. Masuk ke cPanel Anda. Untuk akses cepat, Anda dapat menggunakan Pintasan cPanel.
  2. Navigasi ke bagian Domain >> menu Addon Domains:
  3. Masukkan informasi yang diperlukan di bagian Create an Domain Addon.
  4. Klik Add Domain.

 

Tips dan trick Addon Domain

Nama Domain Baru adalah nama domain yang ingin Anda tambahkan sebagai Addon dan untuk menghindari pesan kesalahan, Itu bukan domain yang valid, pastikan tidak ada spasi tambahan sebelum dan sesudah nama domain addon Anda. Subdomain akan diisi secara otomatis dan begitu pula dengan Root Document akan terisi secara otomatis juga.

Bila Anda ingin membuat akun FTP untuk nama domain addon Anda, centang opsi Buat akun FTP yang terkait dengan Domain Addon ini :

  • Nama Pengguna FTP: akan diisi secara otomatis
  • Kata sandi: kata sandi untuk akun FTP terkait
  • Kata Sandi (Lagi): ulangi kata sandi

Baca Juga :   Tutorial Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting

 

Terkadang pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengarahkan nama domain mereka ke server name penyedia hosting. Karena jika nama domain Anda tidak diarahkan ke server nama hosting sebelumnya, Anda akan menerima pesan kesalahan saat menambahkan domain addon. Berikut alasan- alasan mengapa kesulitan ini muncul :

  • Jenis nama domain tertentu memerlukan file zona DNS untuk dibuat di sisi penyedia hosting terlebih dahulu
  • Anda ingin membuat situs web terlebih dahulu dan menghubungkan nama domain dengannya nanti
  • Anda ingin agar nama domain tetap diarahkan ke server nama pihak ketiga

Baca Juga :   Tips dan Trick Mendapatkan Domain Gratis dari IDCloudHost

 

Kesimpulan dan penutup

Saat menambahkan domain addon, cPanel akan secara otomatis membuat file zona DNS untuk domain tersebut. Dari antarmuka Editor Zona, kita dapat melihat bahwa catatan A untuk ‘cpdocs(d0t)com’ diatur ke 209.59.172.159, alamat IP akun cPanel. Jika Anda tidak melihat opsi-opsi itu, akun Anda mungkin tidak memiliki izin fitur yang benar. Langkah selanjutnya adalah berbicara dengan penyedia hosting Anda untuk menambahkan fitur Advanced DNS Editor.

Setelah diaktifkan, Anda akan dapat melihat semua catatan DNS yang ditugaskan ke domain Anda. Harap pastikan saat mengedit catatan A untuk domain addon Anda, ada periode di akhir nama domain. Jika periode ini tidak ada, data DNS akan salah, karena tidak akan dianggap sebagai Fully Qualified Domain Name (FQDN) atau nama domain yang sudah memenuhi syarat. Sekarang setelah catatan DNS telah ditambahkan, domain akan memulai periode propagasi.

Catatan DNS kadang-kadang bisa memakan waktu 24 jam untuk sepenuhnya diperbanyak, jadi dibutuhkan sedikit kesabaran. Jika Anda melihat kesalahan pada antarmuka, itu berarti penyedia hosting Anda belum mengaktifkan fitur penambahan untuk akun Anda atau mungkin ada masalah lain. Silakan hubungi penyedia hosting Anda untuk memperbaiki kesalahan sebelum melanjutkan dan setelah periode propagasi berlalu, domain Anda akan dapat diakses oleh umum!

Related Post :

popup image