Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Website / Bisnis

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Untuk mengaktifkan suatu website tentunya Anda membutuhkan dua perlengkapan yaitu domain dan hosting. Keduanya saling terkait untuk mengaktifkan suatu website keseluruhan. Tanpa adanya domain dan hosting website tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Jika hanya menggunakan salah satu diantaranya saja pun tidak lah cukup karena walaupun domain dan hosting memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda namun keduanya saling melengkapi.

Pengertian dari hosting dapat dianalogikan sebagai tempat berdirinya suatu website. Pada hosting itu sendiri dapat menampung berupa data-data yang ada dalam website. Domain ini yang nantinya sebagai alamat dari website dan jika sudah mempunyai domain maka perlu yang namanya hosting. Hosting yang diperlukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mengingat pilihan hosting yang tepatlah yang memungkinkan kinerja website Anda menjadi maksimal. Sedangkan bagi Anda yang masih pemula maka disarankan untuk menggunakan hosting gratis tanpa mengeluarkan biaya.

Cara untuk mendapatkannya pun tidaklah susah dan tentunya ada beberapa keuntungannya yaitu tidak memerlukan biaya atau spesifikasi yang cukup untuk pemula. Namun juga terdapat kekurangan dari hosting gratis ini yaitu minim fitur dan tidak dapat diprediksi akan terjadi suatu kesalahan. Tetapi saat ini sudah banyak solusi untuk hosting gratis ini. Anda dapat menggunakan WordPress, Blogger dan juga promo hosting gratis dari IDCloudGost. Ingin tahu cara mendapatkannya? Simaklah beberapa penjelasan serta langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

 

Memahami Pengertian Web Hosting

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Website / Bisnis
 

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk memposting situs web atau halaman web ke Internet. Host web, atau penyedia layanan hosting web, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web agar dapat dilihat di Internet. Situs web akan dihosting atau disimpan, di komputer khusus yang disebut server. Saat pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda ke browser mereka.

Dari komputer  ini semua yang berhubungakan kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda yang lalu akan dikirimkan atau ditampilkan kepada mereka yang mencarinya melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk menjadi host bersama mereka. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

 

Baca Juga :     Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Perusahaan

 

Kekurangan Hosting Gratis

Sudah dapat diketahui bahwa kelebihan hosting gratis adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya. Cukup dengan mengambil lalu diaplikasikan pada website Anda. Namun Anda juga harus mengetahui bagaimana kekurangan dari hosting gratis agar Anda lebih mewaspadai kemungkinan yang terjadi. Berikut penjelasan mengenai kekurangan hosting gratis :

 

  • Server Kurang Stabil

    Maksud dari server yang kurang stabil ini adalah seringnya terjadi error, down atau gangguan jenis lain. Walaupun hal tersebut tentu saja dapat terjadi pada hosting yang berbayar. Gangguan server ini dapat sangat merugikan apabila website Anda diperlukan untuk bisnis, maka akan mendapatkan banyak kerugian karena hal tersebut. Tidak hanya website bisnis saja website apapun akan mengalami kerugian yaitu turunnya jumlah pengunjung website yang mempengaruhi trafiknya. Hal tersebut sangat merugikan dan meninggalkan kesan yang buruk untuk pengunjung.

  • Kapasitas Terbatas

    Kapasitas yang diberikan hosting gratis yaitu sangat terbatas misalnya hanya 1GB atau dibawah itu. Hal tersebut menyebabkan konten yang diupload pada website tidak dapat maksimal. Anda harus mengkompres beberapa media seperti video dan foto dengan kualitas tinggi. Menyebabkan gambar dan video menjadi turun resolusinya.

  • Keamanan Data Tidak Terjamin

    Hal yang paling dikhawatirkan adalah keamanan data. Walaupun Anda sudah merancang sedemikian rupa untuk website Anda aman. Namun hal ini dapat terjadi untuk penggunaan hosting gratis. Tidak dapat terbayangkan jika website Anda sedang mengalami kenaikan trafik pengunjung namun data-data yang ada sudah hilang, menyebabkan trafik pengunjung turun drastis.

 

Baca Juga :     Apa itu Private Cloud : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelebihannya

 

Cara Mendapat Hosting Gratis

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Website / Bisnis
 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan hosting gratis dan Anda hanya tinggal mengatur tampilan pada website Anda. Anda dapat mendapatkan hosting gratis untuk website dengan mendaftar pada wordpress, blogger dan platform pembuat website lainnya. Penggunaan dari wordpress, blogger itu sangat mudah, langkah pertama yaitu dengan pembuatan akun. Nah dibawah ini terdapat cara untuk mendapatkannya.

 

Mendaftar WordPress

Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan WordPress sebagai salah satu platform blog online yang populer. Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya pasti bingung cara mendaftarkannya, berikut langkah-langkah mendaftar WordPress  yang bisa Anda coba :

 

  1. Mendaftar di WordPress(dot)com

    Pilihlah nama blog Anda pada kolom tersebut, nantinya nama ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress Anda. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Web”.

  2. Isi form pendaftaran.

    Setelah itu, akan muncul form yang harus diisi. Isi kolom-kolom tersebut menggunakan informasi yang benar karena semua informasi seperti email, nama pengguna (username), dan password, akan selalu Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda.

  3. Gunakan alamat email yang aktif.

    Pada kolom Alamat Surel (Email), pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif dan sering Anda akses. Karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang  melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu seperti di Yahoo, Google, atau yang lain.

  4. Pilih username yang mudah Anda ingat.

    Pada kolom Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yang Anda sukai. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan Anda ditolak, cari nama lain hingga diterima atau tersedia.

  5. Tentukan password.

    Pada kolom Kata Sandi atau password, buatlah kata yang sedikit unik yang kira-kira Anda selalu ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain. Ingatlah selalu apa yang menjadi password dari akun WordPress tersebut. Jika lupa dengan password makan Anda perlu melakukan beberapa langkah pengamanan agar dapat membuka akun Anda kembali.

  6. Cek ketersediaan nama blog.

    Jika nama blog yang Anda masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akan tertera nama blog pilihan Anda dengan ditandai tanda centang berwarna hijau. Namun jika nama pilihan Anda sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akan muncul tanda centang berwarna merah.

  7. Buat Blog dan Sesuaikan Tema

    Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, scroll ke bawah mouse pointer Anda, sehingga di tampilan layar laptop / PC Anda terlihat tabel. Klik tombol “Buat Blog” untuk membuat blog versi grtais.  Kemudian WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan. Disini Anda dapat menggunakan tema dan template sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca Juga :     Mengenal Layanan Manage Private Cloud Indonesia dari IDCloudHost

 

Mendaftar Blogger

Selain WordPress terdapat juga platform lain bernama blogger yang dapat membuat website secara instan dan dapat langsung diakses. Jika Anda masih asing dengan Blogger maka perhatikan langkah-langkah pembuatannya yang juga terbilang ramah dan mudah. Berikut urutan dalam pembuatan Blogger :

 

  1. Buka www(dot)blogger(dot)com

    Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu.

  2. Pengisian Data Pada Form

    Isi data dan informasi yang diminta lalu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta, verifikasi biasanya meminta nomor ponsel Anda, ikuti saja prosedurnya hingga selesai.

  3. Log In kembali

    Selanjutnya  log in masuk kembali ke blogger(dot)com dan login dengan akun yang baru saja Anda buat. Saat berhasil masuk ke blogger(dot)com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog.

  4. Buat Blog

    Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog. Setelah itu isilah blog Anda dengan artikel yang menarik dan artikel tersebut dapat langsung dirilis dan dapat diakses oleh semua orang.

 

Baca Juga :     Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Hosting Gratis IDCloudHost

Kali ini  salah satu platform penyedia hosting terbesar yaitu IDCloudHost Indonesia sedang mengadakan promo menarik yaitu gratis hosting untuk pembelian domain com atau .co.id. Ekstensi domain tersebut paling banyak dipakai oleh website-website ternama di Indonesia. Jika website Anda menggunakan ekstensi domain tersebut maka lebih besar kemungkinan untuk mudah menaikkan trafik pengunjung website.

Keuntungan lainnya adalah gratis hosting selama 6 bulan yang diberikan bagi pelanggannya. Anda dapat mengecek promo khusus tersebut dan memenuhi persyaratannya pada link berikut https://idcloudhost.com/promo/promo-beli-domain-gratis-hosting/. Tunggu apalagi untuk mendapatkannya, langsung saja check out dan lakukan registrasi.

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan hosting gratis untuk blog atau website Anda. Walaupun terdapat kekurangan namun untuk tahap awal pembuatan, hosting gratis masih menjadi pilihan. Sembari mengumpulkan biaya untuk membeli hosting premium Anda juga dapat belajar bagaimana mengembangkan website yang baik dan strategi seperti apa yang digunakan. Jika hal tersebut sudah Anda bisa segra mengupgrade hosting Anda menjadi premium.

Dengan hosting premium fasilitas dan dukungan yang diberikan pun juga maksimal untuk mendukung kinerja website Anda. Memang harga yang ditawarkan bisa bervariasi tetapi IDCloudHost memberikan bantuan, dukungan dan pemeliharaan yang lebih aman serta praktis bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu kualitas dan pelayanannya sudah terbukti paling terpercaya berdasarkan review pelanggan dan hosting  bisnis atau usaha Anda akan lebih terjamin.

Related Post :

popup image