Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Yayasan dan Organisasi

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Melihat dari perkembangan zaman saat ini, sudah banyak anak muda, kelompok masyarakat yang mendirikan organisasi atau yayasan. Tema dan tujuan dari organisasi atau yayasan tersebut sangat bermanfaat untuk banyak orang. Namun kendala yang dihadapi adalah sulitnya memperkenalkan organisasi atau yayasan yang mereka dirikan. Alhasil masih sulit mencapai tujuan yang selama ini dibuat.

Salah satu solusi dari kendala tersebut adalah mengenalkan organisasi atau yayasan tersebut kepada masyarakat luas. Dengan begitu masyarakat dapat mengetahui mengenai adanya organisasi tersebut. Keuntungan lain adalah adanya tambahan anggota yang membantu kinerja organisasi atau yayasan tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga nantinya mendapatkan tawaran kerja sama oleh organisasi lain atau badan usaha apapun.

Langkah awal untuk memulai hal itu adalah membuat website. Di zaman serba canggih ini tentunya semua orang menggunakan digital. Dengan adanya website maka kendala-kendala yang dihadapi dapat teratasi. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana pembuatan website dari awal dan sampai dapat diakses oleh banyak orang. Oleh karena itu IDCloudhost memiliki program khusus pembuatan website gratis untuk organisasi atau yayasan yang diberi nama NGO Go Digital. Untuk mengetahui lebih lanjut simak penjelasan dibawah ini.

 

Manfaat Website Untuk Organisasi atau Yayasan

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Yayasan dan Organisasi
 

Tentunya banyak sekali manfaat website untuk organisasi atau yayasan ini. Selain sebagai media untuk menampilkan profil dan informasi mengenai organisasi tersebut, ada beberapa manfaat lain dari website tersebut. Berikut ini manfaat yang Anda dapatkan untuk pemanfaatan website :

 

  1. Peningkatan Produktivitas Kerja

    Dengan adanya website yang dapat diakses secara online maka semua orang dapat mengaksesnya. Jika terdapat suatu informasi yang berkaitan dengan pekerjaan anggota, dapat dengan cepat diketahui dan dilaksanakan. Tidak perlu menginformasikan secara manual melalui surat atau media konvensional lain. Dengan begitu anggota dapat lebih meningkatkan produktivitas kerjanya.

  2. Media Komunikasi

    Tentunya komunikasi ini sangat penting terjadi di sebuah organisasi atau yayasan. Oleh karena itu, suatu organisasi melakukan berbagai cara untuk meningkatkan komunikasi antar anggota. Salah satunya adalah melalui website untuk komunikasi daring. Melalui website komunikasi dapat terjalin dengan mudah karena semua anggota dapat mengetahuinya.

  3. Menunjukkan Profil Organisasi

    Banyak dari website saat ini yang dipakai untuk mempublish profil organisasinya. Maksud dari itu adalah agar masyarakat mengetahui apa maksud dari pendirian organisasi tersebut. Profil yang ditampilkan dapat berupa tujuan organisasi, visi dan misi, manfaat yang ditimbulkan dan masih banyak lagi.

  4. Efisien Dalam Pemanfaatan Jaringan

    Tidak menutup kemungkinan jika memanfaatkan website untuk memajukan organisasi Anda dapat menarik perhatian organisasi atau badan usaha lain untuk bekerja sama. Dengan kerja sama tersebut dapat membawa banyak keuntungan yaitu lebih dikenalnya organisasi tersebut dan semakin banyak ide untuk menaikkan kualitas suatu organisasi. Banyaknya support dari pihak lain akan menunjukkan jika organisasi tersebut bisa bekerja secara profesional dan terpercaya.

  5. Pemanfaatan Waktu

    Maksud dari pemanfaatan waktu disini adalah dari sisi pengunjung yaitu kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mengurus hal lain karena sudah terbebani dengan pekerjaan mereka. Dengan adanya website ini memudahkan pelanggan untuk mengecek apakah organisasi atau yayasan ini tepat untuk dimanfaatkan. Selain itu pengunjung dapat mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak personal yang sudah Anda sediakan di dalam website.

 

Baca Juga :     Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Tahun 2020

 

Pengertian Program NGO Go Digital

Program NGO Go Digital adalah suatu program dari IDCloudhost kolaborasi dan donasi yang dilaksanakan oleh beberapa partner dimana NGO/Yayasan/Komunitas yang terdaftar akan mendapatkan bantuan akses digital untuk membangun platform digital organisasinya untuk upaya memperluas dampak manfaat dan kebaikan dari NGO/Yayasan/Komunitas di Seluruh Indonesia. Kontribusi NGO Go Digital atau Organisasi Non Profit / NGO memiliki peran besar dalam membuat perubahan sosial di berbagai bidang.

Organisasi yang dimaksud disini adalah organisasi yang terdaftar resmi sebagai Yayasan, Perkumpulan, atau Organisasi Masyarakat di Indonesia. Dengan mengikuti program NGO Go Digital ini organisasi atau yayasan akan dibuatkan website yang berguna untuk kebaikan dan kemajuan organisasi tersebut diera digital.

Baca Juga :   Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

 

Keuntungan yang Didapat Dari NGO Go Digital

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Yayasan dan Organisasi
 

 

Melalui program NGO-GO Digital dapat membantu seluruh NGO yang ada di Indonesia untuk bisa memanfaatkan media online sebagai sarana informatif. NGO yang terdaftar akan mendapatkan Domain (.or.id), Hosting, Website (Optional), dan bantuan setup untuk Google For Non Profit. Pada dasarnya, semua organisasi nonprofit terbuka untuk mendaftar di program NGO-Go Digital.

Namun akan ada proses verifikasi langsung oleh Google melalui Techsoup Asia, sehingga hanya NGO yang terverifikasi akan mendapatkan layanan pada program ini. NGO yang terverifikasi dan memenuhi syarat bisa mendapatkan produk bantuan dari Google for Nonprofit, yaitu Google Apps, Youtube for Nonprofit, dan hibah 10.000 USD untuk beriklan di Google Adwords. Alat-alat ini dapat membantu organisasi nonprofits menemukan donor dan sukarelawan baru, bekerja lebih efisien, dan pendukung untuk mengambil tindakan.

Sedangkan keuntungan yang didapat dari program NGO Go Digital adalah :

 

  • Domain gratis .or.id selama 1 tahun dan hosting paket bussines pro selama 6 bulan. Untuk domain or.id yang harus diperlukan adalah Kartu/Surat Identitas Penanggung Jawab yang masih berlaku (ex: KTP/SIM/Passport) Akta Notaris dan SK Kemenkumham atau NPWP Organisasi. Jika NGO yang sudah terverifikasi telah memiliki website maka hanya tinggal memindahkan hosting dan domain ke .or.id. Jika sudah masa yang diberikan sudah habis dapat melakukan perpanjangan sesuai ketentuan IDCloudhost.
  • Pembuatan website gratis yang akan meluncurkan situs web dari NGO yang mendaftar secara resmi dan online.
  • Bantuan setup google for non profit. dengan fitur lain yang didapatkan adalah seperti Free access to Google Apps, Google Ad Grants, dan Premium access to YouTube.

 

Baca Juga :   Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Syarat dan Ketentuan

Adapun syarat dan ketentuan yang harus disiapkan untuk mengikuti program ini yaitu :

 

  • NGO berbadan hukum dan terdaftar secara resmi sebagai Yayasan/Perkumpulan/Organisasi Masyarakat
  • NGO harus terdaftar di TechsoupAsia yang berperan sebagai lembaga kualifikasi
  • NGO yang terdaftar wajib menggunakan layanan (Domain dan Hosting) dari IDCloudHost
  • Memasang backlink menuju ke halaman #NGO-GODigital dan ikut mengkampanyekan program #NGO-GODigital

 

Baca Juga :    Mengenal Perbedaan Antara Domain dan Hosting untuk Website

 

Alur Pendaftaran

Untuk mendapatkan program ini Anda harus mengikuti alur yang sudah ditentukan oleh IDCloudhost sebelumnya. Lakukan alur pendaftaran dengan urut dan teliti. Berikut alur yang harus Anda ikuti saat mendaftar :

 

  1. Buat akun user Anda dengan klik halaman berikut: https://www.techsoup.asia/en-AU/join/signup, lalu isi informasi yang diminta.
  2. Pastikan Anda telah melakukan validasi akun melalui link yang kami berikan melalui email yang Anda daftarkan.
  3. Setelah berhasil membuat akun user, Anda perlu mendaftarkan organisasi Anda dengan klik halaman berikut: https://www.techsoup.asia/en-AU/join/register, lalu isi form singkat tentang organisasi Anda.
  4. Setelah mendaftar, pihak IDCloudhost perlu melakukan verifikasi organisasi Anda sebagai organisasi resmi. Anda perlu mengirimkan scan Akta Yayasan, SK Kementerian Hukum dan HAM, & NPWP Organisasi dalam bentuk PDF ke email iqbal@techsoup.asia
  5. Setelah terverifikasi, Organisasi bisa mendapatkan layanan NGO Go Digital (Domain, Hosting, Website) melalui : http://www.techsoup.asia/id/node/6005
  6. Jika Anda membutuhkan bantuan Setup Google for Non Profit, bisa menghubungi mufid@idcloudhost.com.

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Silahkan mencoba mendaftar program ini untuk meningkatkan kredibilitas organisasi Anda. Terdapat banyak kemudahan yang diberikan setelah Anda mendapatkan program dari NGO Go Digital IDCloudHost ini. Namun tidak semua NGO yang mendaftar dapat terverifikasi karena program #NGO-GoDigital akan diverifikasi langsung oleh Techsoup Asia sehingga hanya NGO yang terverifikasi akan mendapatkan layanan pada program ini.

Siapkan perlengkapan dan semua persyaratan yang diperlukan agar tidak kesusahan saat pendaftaran. Namun tidak perlu khawatir, jika Anda sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan maka kemungkinan besar NGO yang Anda daftarkan akan terverifikasi. Pemverivikasian itu dimaksudkan agar penerima bantuan program ini tidak salah sasaran dan bisa dimanfaatkan dengan tepat.

Related Post :

popup image