Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop

Serba Serbi, Technology / 2 | | 0

Mengikuti himbauan untuk mengurangi kegiatan sosial dan keramaian, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap dirumah atau melakukan pekerjaan mereka dari rumah (work from home). Itulah mengapa banyak orang menggunakan aplikasi online conference yang banyak tersedia diluar sana. Salah satu aplikasi yang sering dipakai adalah Zoom.

Sebagai aplikasi meeting online, Zoom sendiri mempunyai banyak kelebihan yang membuatnya lebih banyak dipilih untuk konferensi jarak jauh ini. Zoom juga memberi banyak kelebihan dan kemudahan baik untuk Anda sebagai pengguna versi gratis (free) atau versi berbayar (premium). Tidak mengherankan kalau Zoom lebih menonjol dari aplikasi sesamanya.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur kode dan kata sandi untuk sebuah meeting. Mengundang orang- orang dan berbagi layar yang bisa berfungsi sebagai papan tulis digital jika Anda ingin menampilkan suatu informasi. Disamping fitur- fitur yang menarik, fitur yang paling menggugah minat adalah fitur mengganti background dengan gambar dan foto pilihan Anda. Tertarik? Mari simak cara merubah background aplikasi Zoom untuk pengguna smartphone dan laptop dibawah ini.

 

Mengenal Aplikasi Zoom yang Menjadi Pilihan Utama Pengguna Dunia

Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) adalah perusahaan teknologi komunikasi Amerika yang berkantor pusat di San Jose, California. Aplikasi ini menyediakan layanan videotelephony dan chat online melalui platform perangkat lunak peer-to-peer berbasis cloud dan digunakan untuk telekonferensi, telekomunikasi, pendidikan jarak jauh, dan hubungan sosial.

Strategi bisnis Zoom lebih berfokus pada penyediaan produk yang lebih mudah digunakan daripada pesaing mereka, serta penghematan biaya yang juga mencakup meminimalkan biaya komputasi pada tingkat infrastruktur dan membantu tingkat efisiensi karyawan lebih produktif lagi. Bisa dikatakan poin inilah yang membuat banyak perusahaan lebih memilih Zoom.

Zoom sendiri didirikan oleh Eric Yuan seorang mantan insinyur dan eksekutif Cisco Webex, mendirikan Zoom pada 2011, dan meluncurkan perangkat lunaknya pada 2013. Pertumbuhan pendapatan Zoom yang kuat dan terus naik serta persepsi kemudahan penggunaan serta keandalan perangkat lunaknya yang berhasil menghasilkan pemasukan hingga $ 1 miliar pada tahun 2017, menjadikan Zoom sebagai salah satu perusahaan “unicorn”.

Tahun 2020 membantu perusahaan ini menjadi aplikasi perangkat lunak terpopuler karena adanya karantina besar- besaran oleh pandemi COVID-19. Peraturan yang mengharuskan pekerja harus work from home (WFH) membuat Zoom mengalami kelonjakan penggunaan jauh lebih signifikan dan tinggi. Meskipun begitu, perusahaan yang berbasis di Cina ini tidak luput dari masalah terkait privasi pengguna dan keamanan data online.

 

Fitur- Fitur Utama Aplikasi Zoom

Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop
 

Jika dibandingkan dengan aplikasi konferensi online sejenis yang menjadi pesaing utama Zoom, untuk tetap menjadi pilihan utama pelanggan, Zoom menyediakan 6 fitur- fitur yang menarik. Berikut ini 5 fitur Zoom yang seru yang bisa dicoba oleh para pengguna setianya.

  1. Virtual Background

    Dengan ide utama yakni bertemu dari mana saja, Zoom memberikan penyegaran bagi penggunanya yang berada di dalam karantina untuk dapat mengubah latar belakang mereka selama konferensi. Ide ini diharapkan mampu memberikan nuansa baru, menyembunyikan latar belakang yang tidak kondusif, mengatasi gangguan atau menyoroti branding dari si perusahaan.

  2. Integrasi Kalender dan Jadwal

    Cara tercepat dan termudah untuk menjadwalkan rapat Zoom Anda adalah dengan menggunakan Zoom Scheduler Extension atau Plug-In untuk Outlook Zoom dengan sistem kalender yang ada. Anda dapat menjadwalkan rapat online Anda seperti biasa dan klik pada “Make It a Zoom Meeting” sehingga jadwal Anda akan diubah menjadi sebuah meeting secara otomatis.

  3. Ruang Tunggu (Waiting Room)

    Pastikan Anda tahu siapa saja yang datang ke rapat online Anda dengan mengaktifkan fitur Ruang Tunggu yang dapat melakukan validasi peserta untuk meningkatkan keamanan rapat online Anda. Anda bisa mengundang mereka satu persatu atau sekaligus dengan mengirimkan pesan langsung ketika mereka menunggu konfirmasi Anda.

  4. Multi – Share

    Kolaborasi waktu nyata (real time) lebih mudah dari sebelumnya saat banyak orang juga dapat berbagi layar pada saat yang sama. Jika Anda memiliki dua monitor, aktifkan opsi monitor ganda di pengaturan Zoom untuk melihat dua layar yang paling baru dibagikan berdampingan.

  5. Ruang Pertemuan Pribadi (Personal Meeting Room)

    Jika Anda memerlukan privasi dan hanya ingin mengundang beberapa orang saja dalam rapat online Anda, ini adalah fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan Personal Meeting ID (PMI), Anda dapat melakukan kustomisasi PMI dan pengaturan ruangan Anda untuk meeting personal.

  6. Touch-up My Appearance

    Mungkin ini adalah salah fitur yang membedakan Zoom dengan aplikasi lain karena fitur yang satu ini akan sangat membantu Anda yang berada dalam tempat dengan pencahayaan yang buruk. Fitur ini akan memberikan fokus pada seluruh layar untuk membantu tampilan Anda terlihat berbeda dan profesional secara instan.

Baca Juga :   Video Conference : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi

 

Cara Mengubah Background Aplikasi Zoom Untuk Pengguna Smartphone (HP) dan Laptop

Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop
 

Untuk membantu mengakomodasi para penggunanya agar tetap terhubung dari mana saja, begitu pulalah dengan perangkat yang mereka gunakan. Selain menggunakan laptop sebagai aplikasi meeting online utama untuk keleluasaan lebih besar, Anda juga dapat menggunakan Zoom dari perangkat seluler Anda.

Maka untuk dapat mengganti background atau latar belakang dan membuatnya lebih menarik, mari simak cara mengganti background yang sesuai dengan perangkat yang Anda pakai dan gunakan.

Baca Juga :   Mengenal Google Meet : Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

 

Cara Mengubah Background Aplikasi Zoom via Laptop/ Desktop

Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop
 

Mungkin penggantian dan perubahan Virtual Background lebih umum ditemukan bagi pengguna laptop/ desktop, tapi sekali lagi tidak semuanya mampu mendukung fitur ini. Jadi pastikan kemampuan laptop Anda dalam mendukung perubahan latar belakang.

  1. Klik icon User (foto Anda) di bagian kanan atas, lalu klik menu Settings
  2. Anda akan dihadapkan jendela baru dengan berbagai menu, salah satunya adalah Virtual Background
  3. Klik pada Virtual Background, pilih dari varias foto yang ada dengan berbagai suasana seperti pantai, ruang angkasa, tanaman dan lain- lain
  4. Jika Anda ingin menggunakan foto sendiri atau melakukan branding image, klik pada ikon (+) yang ada di samping pilihan Choose Virtual Background, lalu klik foto yang ingin Anda pakai sebagai latar belakang selama video conference.
  5. Selanjutnya sebuah pop up box akan muncul yang menu untuk mengunggah foto/ video yang ingin Anda jadikan latar.

Sedikit catatan bagi Anda yang ingin menggunakan foto latar belakang sendiri, bahwa setiap foto yang Anda gunakan harus mempunyai rasio 16:9 dan resolusi minimum berukuran 1280 x 720 pixels. Sedangkan ukuran video adalah dengan resolusi minimum 480 x 360 pixels (360p) dan maximum 1920 x 1080 (1080p) dengan format MP4 atau MOV file.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Google Classroom : Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

 

Cara Mengubah Background Aplikasi Zoom via Smartphone (HP)

Bagi Anda pengguna Zoom dengan smartphone, penggantian Virtual Background hanya dapat dilakukan pada saat meeting berlangsung. Namun tidak semua smartphone dapat mendukung perubahan background ini, jadi Anda perlu memastikan untuk melanjutkan pergantian latar belakang ini. Sedangkan jika smartphone Anda mendukung pergantian latar belakang, berikut cara menggantinya.

  1. Ketika Anda berada dalam meeting, cari dan temukan menu dengan ikon tiga titik pada bagian bawah kanan
  2. Klik pada Virtual Background
  3. Pilih gambar yang ingin Anda gunakan seperti cara penggantian di desktop/ laptop
  4. Anda juga dapat memilih default foto atau dari perangkat Anda sendiri.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Internet of Things (IOT) : Tutorial, Tips & Trick dan Peluang di Indonesia

 

Kesimpulan dan penutup

Pada dasarnya latar belakang atau background dari fitur Virtual Background ini adalah warna hijau seperti layaknya yang kita lihat dalam pembuatan film untuk kemudian dapat diubah menjadi latar lain. Jadi untuk itu pihak Zoom sendiri memberikan tips untuk penggunanya untuk tidak memakai pakaian dengan warna berbeda.

Pastikan juga warna latar Anda adalah warna yang solid dengan bayangan yang minimal dengan pengaturan pencahayaan yang ideal. Meski tidak semua perangkat dapat mendukung fitur penggantian latar belakang menurut foto dan video yang mereka inginkan, Anda masih dapat mencoba gambar- gambar yang disediakan oleh Zoom yang sebenarnya cukup menarik dan aestetik yang menaikkan mood penggunanya.

 

Related Post :

popup image