Cara Print Bolak-Balik Word atau PDF Secara Otomatis dan Manual

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mencetak atau printing berarti mereproduksi kata atau gambar di atas kertas, kartu, plastik, kain, atau bahan lainnya. Ini  adalah sebuah proses yang bisa melibatkan apa saja, mulai dari membuat reproduksi tunggal dari lukisan yang tak ternilai hingga menjalankan jutaan salinan buku novel terlaris. Bahkan siapa saja bisa mencetak atau print dokumen dan file mereka sendiri dirumah tanpa harus ke percetakan besar

Mengapa disebut pencetakan? Kata “mencetak” pada akhirnya berasal dari kata Latin, premĕre, yang artinya menekan yang hampir setiap jenis pencetakan melibatkan penekanan satu hal terhadap hal lainnya. Meskipun ada banyak variasi yang berbeda, biasanya pencetakan melibatkan pengubahan kata-kata atau karya seni asli.

Meski pada awalnya print ditujukan untuk menyalin buku atau karya seni dalam jumlah banyak yang masal, saat ini printing bisa dilakukan secara perorangan. Seperti bentuk pencetakan populer, seperti fotokopi dan percetakan inkjet dan laser, bekerja dengan mentransfer tinta ke kertas menggunakan panas atau listrik statis. Begitu juga jika Anda ingin mencetak dokumen dalam format Word maupun PDF, berikut cara- cara untuk melakukannya.

 

Cara Print Bolak-Balik Word

Cara Print Bolak-Balik Word atau PDF Secara Otomatis dan Manual
 

Print atau mencetak pada kedua sisi kertas disebut pencetakan dupleks (duplex). Sebagian besar printer menawarkan opsi untuk mencetak secara otomatis pada kedua sisi selembar kertas (pencetakan dupleks otomatis). Printer lain memberikan petunjuk agar Anda dapat memasukkan kembali halaman secara manual untuk mencetak sisi kedua (pencetakan dupleks manual). Pertama-tama, cari tahu dari manual atau pabrikan printer Anda apakah printer Anda dapat mencetak pada kedua sisi kertas (pencetakan dupleks).

 

Cara Melihat Setting Printer Duplex

Untuk mengetahui apakah printer Anda mendukung pencetakan duplex, Anda dapat memeriksa manual printer Anda atau berkonsultasi dengan produsen printer Anda, atau Anda dapat melakukan hal berikut :

 

  • Klik tab File.
  • Klik Print.
  • Di bawah Settings , klik Print One Side. Jika Print on Both Sides tersedia, printer Anda disiapkan untuk pencetakan duplex.

 

Apabila Anda mencetak ke mesin fotokopi kombinasi dan printer, dan mesin fotokopi mendukung penyalinan dua sisi, mungkin printer ini juga akan mendukung pencetakan duplex otomatis. Tapi jika Anda menginstal lebih dari satu printer, mungkin satu printer mendukung pencetakan duplex dan printer lain tidak. Tetapi jika printer Anda tidak mendukung pencetakan duplex otomatis, Anda memiliki dua opsi lain. Anda dapat menggunakan pencetakan duplex manual, atau Anda dapat mencetak halaman ganjil dan genap secara terpisah.

 

Baca Juga   :     Cara Mengubah Dokumen Excel ke PDF Secara Online, dengan PC dan Smartphone

 

Cetak dengan Menggunakan Duplex Manual

Jika printer Anda tidak mendukung pencetakan duplex otomatis, Anda dapat mencetak semua halaman yang muncul di satu sisi kertas kemudian, setelah Anda diminta, balik tumpukan dan umpankan kembali halaman-halaman tersebut ke dalam printer. Berikut cara yang bisa Anda lakukan :

 

  • Klik tab File.
  • Klik Print.
  • Di bawah Settings , klik Print One Side, lalu klik Manually Print of Boths Sides

 

Saat Anda mencetak, Microsoft Word akan meminta Anda untuk membalik tumpukan untuk memasukkan halaman-halaman tersebut ke dalam printer lagi. Jika Anda mencetak dengan opsi duplex manual, Anda mungkin ingin menjalankan pengujian untuk menentukan cara yang benar untuk memuat ulang halaman untuk printer yang Anda gunakan.

 

Baca Juga   :     Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux

 

Print Halaman Ganjil dan Genap

Anda juga dapat menggunakan prosedur berikut untuk mencetak pada kedua sisi jika Anda harus mencetak di halam ganjil dan genap :

 

  • Klik tab File.
  • Klik Print.
  • Di bawah Settings, klik Print All Pages. Di dekat bagian bawah galeri, klik Only Print Odd Pages
  • Klik tombol Print di bagian atas galeri.
  • Setelah halaman ganjil dicetak, balikkan tumpukan halaman tersebut, lalu di bawah Settings, klik Print All Pages. Di bagian bawah galeri, klik Only Print Even Pages
  • Klik tombol Print di bagian atas galeri.

 

Untuk memastikan bahwa halaman dicetak dalam urutan yang benar saat mencetak halaman ganjil atau genap, klik File, Option, Advanced, dan di bawah Cetak, klik Print di depan lembar untuk pencetakan duplex s atau Print di belakang lembar untuk pencetakan duplex.

 

Baca Juga   :     Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word

 

Cara Print Bolak-Balik PDF

Cara Print Bolak-Balik Word atau PDF Secara Otomatis dan Manual
 

PDFelement memungkinkan pengguna untuk mencetak PDF (mencetak PDF dua sisi, mencetak PDF dengan catatan dan anotasi, mencetak PDF dengan booklet), mengedit teks, watermark, grafik, tanda tangan digital, dan hampir semua elemen lainnya dalam dokumen PDF. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengonversi file PDF menjadi berbagai jenis file lainnya, termasuk file Microsoft Office sebagai opsi yang paling populer.

Berikut adalah cara mencetak PDF dua sisi atau bolak-balik dengan PDFelement :

 

  • Buka PDF yang ingin di print

    Buka aplikasi PDFelement di komputer Anda dan klik PDF yang ingin Anda cetak. Untuk melakukannya, Anda dapat menarik dan melepas file langsung ke PDFelement. Sebagai alternatif, Anda dapat pergi ke “File” dan kemudian pilih “Open” untuk memilih file PDF yang ingin Anda cetak.

  • Atur properti pencetakan/print

    Sekarang, klik “File” lagi dan pilih “Print” kali ini. Dari menu “Print”, atur pengaturan cetak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mengklik “Properti Printer”, Anda dapat mengatur orientasi pencetakan, urutan halaman, halaman per lembar serta beberapa pengaturan lanjutan.

  • Print PDF dua sisi

    Di bawah opsi drop-down “Print Mode”, klik “Multiple” dan kemudian pilih “2 pages per sheet”. Kemudian klik “Print” untuk meneruskan perintah ke printer.

 

Dengan mencetak di dua sisi atau bolak-balik, maka Anda dapat membantu dalam berperan penting dalam mengurangi limbah lingkungan dengan mencetak pada kedua sisi lembar. Coba pikirkan, pertimbangkan dokumen yang membutuhkan 1000 halaman untuk dicetak ketika Anda mencetak hanya pada satu sisi. Dokumen yang sama hanya akan memakan 500 halaman jika Anda mencetak pada kedua sisi setiap halaman.

 

Baca Juga  :     Mengenal Perbedaan WinRar & WinZip : Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Hal terpenting jika ingin mencetak atau print adalah Anda harus memiliki printer yang mendukung pencetakan dua sisi (bolak-balik) untuk mencetak pada kedua sisi halaman. Anda dapat menghubungi produsennya untuk memastikan bahwa model printer Anda mendukung pencetakan di setiap sisi halaman. Biasanya membutuhkan papan atau chip khusus yang mendukung fitur ini setelah dipasang.

Produsen printer yang mendukung pencetakan duplex biasanya mengiklankannya ketika mereka menjual printer merela, jadi sebaiknya periksa manual pengguna untuk detailnya. Saat membeli printer, pastikan Anda membeli model yang mendukung pencetakan dupleks, karena hanya printer ini yang memiliki kemampuan untuk mencetak halaman dua sisi. Ini tidak hanya akan menjadi keputusan yang hemat biaya, tetapi juga akan membantu lingkungan dan desktop Anda agar lebih rapi dalam mencetak.

Penting juga untuk disebutkan di sini bahwa Anda dapat mencetak PDF dua sisi tanpa printer duplex. Namun, untuk melakukannya, Anda harus memasukkan kembali halaman tersebut secara manual ke printer Anda setelah setiap kali pencetakan. Ini mungkin cara yang cukup mudah jika Anda ingin mencetak beberapa halaman, tetapi jika Anda memiliki ratusan halaman untuk dicetak, tugas tersebut bisa menjadi sangat membosankan serta tidak praktis jika dikerjakan dengan printer manual.

Related Post :