Mengenal Perbedaan WinRar & WinZip : Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mengompresi file telah menjadi proses yang sangat penting dari waktu ke waktu terutama ketika ruang hard disk adalah andalan utama dan membeli hard disk drive ekstra bisa jauh melebihi anggaran. Kompresi memungkinkan orang untuk menyimpan lebih banyak dalam ruang yang lebih sedikit. Zip dan rar adalah dua format kompresi paling terkenal di dunia, dengan yang pertama menjadi yang terdepan.

Dengan diperkenalkannya windows, pembuat perangkat lunak yang mengompres ke dalam format ini membuat GUI untuk windows. Dengan demikian, winzip dan winrar lahir. Winzip pertama kali muncul dan sejak itu menikmati popularitasnya secara keseluruhan. Winrar relatif baru dibandingkan dengan winzip tetapi telah membuktikan dirinya cukup baik dalam mengompresi file, secara teratur mengungguli saingannya di hampir semua jenis file yang ada.

Cara ini juga yang pertama memperkenalkan fitur yang memperluas kemampuan dalam penyimpanan, termasuk integrasi menu konteks dan rentang arsip. Bahkan WinRar juga menawarkan beberapa keunggulan lebih dibandingkan dengan WinZip, format rar tidak menyalip WinZip dalam hal penggunaan umum. Dua metode ini hanya sangat populer di kalangan intelektual dan orang-orang yang benar-benar memiliki masalah ruang disk yang konstan.

 

Mengenal Apa Itu WinRar

WinRar adalah software kompresi dan shareware baru dari WinZip. Menu konteks pertama kali, arsip dan opsi rentang diperkenalkan oleh WinRar. Cara ini mampu mendukung format Zip selain format Rar spesifiknya. WinRar tersedia dalam 45 bahasa untuk Windows XP atau yang lebih baru, Mac, Linux, FreeBSD dan Android.

Perangkat lunak ini dapat membongkar 17 file arsip. Ukuran kompresi file 1 MB hingga 1GB tersedia oleh WinRar. Saat ini lebih dari 500 juta pengguna menggunakan perangkat lunak ini untuk kompresi file, transfer, transmisi email, dan mengatur penyimpanan data. Ini adalah perangkat lunak yang ideal untuk file multimedia karena secara otomatis mendeteksi metode kompresi yang sesuai dan terbaik untuk file Anda. Sayangnya ukuran ukuran kurang dari 2MB tidak cukup untuk menggunakan cara ini.

 

Mengenal Apa Itu WinZip

WinZip adalah software kompresi pertama, yang masih populer digunakan sejak dipakaia April 1991 silam. Awalnya dibuat untuk kompresi file tetapi sekarang jangkauan fasilitasnya telah ditingkatkan. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi file, manajemen file, konversi PDF ke Word & sebaliknya, pembaruan driver, pengoptimalan registri, perlindungan kurir dan malware.

Perangkat lunak ini tersedia untuk Mac, Windows, iOS dan Android. Membuat zip dan mengirim file berukuran besar menjadi sangat mudah oleh software ini. Selain itu, versi pendamping email WinZip untuk MS Outlook 2002, 03 dan 07, MS Word, PowerPoint, Excel untuk versi yang dijelaskan sama juga tersedia.

 

Perbedaan WinRar dan WinZip serta Keunggulan dan Fiturnya

Mengenal Perbedaan WinRar & WinZip : Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya
 

 

Seperti dua sisi mata uang, maka WINRAR dan WINZIP juga mempunyai perbedaan, keunggulan dan fitur- fitur tersendiri seperti :

 

  • WinRar tersedia dalam 45 bahasa sedangkan WinZip hanya tersedia dalam tujuh bahasa, yang enam kali lebih kecil dari WinRar.
  • WinRar menyediakan opsi kompresi RAR standar dan kompresi solid, yang tidak tersedia oleh WinZip.
  • Ekstrak dari file yang rusak, arsip terpisah dan pengaturan ukuran kamus kompresi benar-benar diabaikan oleh WinZip tetapi tersedia oleh WinRar.
  • Jeda dan pengaturan ukuran setelah setiap volume tersedia oleh WinRar bukan oleh WinZip.
  • Tingkat konversi WinZip untuk file teks, file kata, file bitmap dan file 3D CAD dua kali lebih banyak daripada WinRar.
  • Fitur keamanan WinRar lebih maju dan protektif daripada WinZip.
  • Dengan bantuan WinRar Anda dapat membongkar 17 file arsip sementara WinZip hanya menyediakan 13 opsi file arsip.
  • WinZip berguna untuk multi-tugas selain kompresi sederhana. Ini menawarkan Anda konversi file PDF ke MS Word & sebaliknya, pembaruan driver dan perlindungan malware juga, yang tidak ada di WinRar.
  • WinRar menerima format WinZip tetapi WinZip tidak mengizinkan format file WinRar.

 

Baca Juga :    Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Meng-extract dan Mengkompres File di WinRar

WinRAR, adalah utilitas Windows untuk memadatkan dan memperluas file, diinstal pada komputer Windows yang dikelola perguruan tinggi. Gunakan WinRAR untuk mencadangkan dan mengompres data, mengurangi ukuran lampiran yang ingin Anda kirimi email ke orang lain, membuka kompresi RAR, ZIP, dan file lain yang diunduh dari Internet, dan membuat arsip baru dalam format file RAR dan ZIP.

Berikut apa saja yang harus diketahui dari sebuah WINRAR :

 

  • Jenis File yang Didukung

    WinRAR menangani format kompresi berikut: RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, BZ2, JAR, dan ISO.

  • Extracting

    Untuk mengekstrak file dari format terkompresi, klik kanan pada file dan pilih Ekstrak File atau Extracting Here atau Extract to file name. Extract file memungkinkan Anda memilih di mana file yang diekstrak akan disimpan. Extract here meletakkan file di direktori yang sama dengan file terkompresi. Ekstrak ke nama file membuat folder dengan nama file di folder saat ini dan meletakkan file yang diekstrak di sana. Anda juga bisa pergi ke Start | Semua Program | WinRAR, lalu gunakan browser file untuk mencari file atau folder yang dikompresi. Pilih file atau folder yang perlu di extract dan lanjutkan langkah yang sama. Jika Anda memilih Extract file, kotak dialog Jalur ekstraksi dan opsi akan terbuka. Pilih folder untuk menyimpan dan atur mode Perbarui dan Timpa. Klik OK.

 

Baca Juga :      Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop

 

Cara Download dan Menginstall WinZip

Mengenal Perbedaan WinRar & WinZip : Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya
 

WinZip adalah program berbasis Windows yang memungkinkan Anda untuk mengompres file dan membuka file terkompresi dalam format .zip. WinZip juga memiliki dukungan bawaan untuk kompresi file dan format arsip paling populer, termasuk .gzip, BinHex (.hqx), cabinet (.cab), Unix compress, dan tar. WinZip juga dapat membuka format file ARJ, LZH, dan ARC yang lebih jarang digunakan, tetapi membutuhkan program eksternal untuk melakukannya.

WinZip adalah shareware yang disertakan dengan perangkat lunak, untuk persyaratan penggunaan tertentu. Langkah untuk menginstal WinZip di komputer Anda :

 

  • Unduh perangkat lunak dari WinZip, dengan mengikuti petunjuk di situs itu. Catat nama dan lokasi file yang diunduh.
  • Setelah pengunduhan selesai, buka Windows Explorer dan navigasikan ke folder di hard drive tempat Anda menyimpan file.
  • Klik dua kali file yang diunduh. Setelah kotak dialog terbuka, klik Setup.
  • Kotak dialog lain akan muncul dan menanyakan di mana Anda akan menginstal WinZip; lokasi default adalah c: \ Program Files \ WinZip. Pilih tempat untuk menginstal program, lalu klik OK. Wizard Instalasi akan dimulai.
  • Mengklik Berikutnya akan memunculkan kotak dialog yang meminta Anda untuk menerima atau menolak persyaratan perjanjian lisensi. Jika Anda menerima persyaratan, klik Ya.
  • Selama penginstalan, Anda akan diminta untuk memilih di antara berbagai opsi, banyak di antaranya bergantung pada preferensi pribadi Anda. Jika ragu, pilih default atau opsi yang disarankan

 

Setelah WinZip diinstal, bergantung pada opsi yang Anda pilih selama penginstalan, Anda akan dapat meluncurkan WinZip dari menu Start dan / atau pintasan desktop. Selain itu, mengklik kanan file zip akan memunculkan menu konteks dengan opsi WinZip, termasuk mengekstrak file, mengenkripsi, dan membuat Self-Extractor.

 

Baca Juga :    Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone

 

Kesimpulan dan Penutup

Di dunia saat ini, ruang hard disk benar-benar meningkat secara eksponensial, dan ruang disk tidak lagi menjadi perhatian kebanyakan orang. Bahkan jika Anda berhasil mengatasi kapasitas Anda penyimpanan Anda saat ini, biaya drive baru dengan kapasitas yang sangat tinggi sangatlah rendah. Masih ada orang yang mengompres file untuk memperkecil ukurannya tetapi tidak untuk menghemat ruang disk yang digunakan untuk mengunggah atau mengunduh lebih cepat ke internet.

Spanning file juga menjadi salah satu fitur yang lebih sering digunakan. Memotong file besar menjadi potongan berukuran sedang akan mempermudah pengiriman file melalui email atau. Tetapi selain dari semua hal teknis, penggunaan utama perangkat lunak kompresi adalah menggabungkan beberapa file menjadi satu file besar untuk mempermudah identifikasi dan transfer sekumpulan dokumen. Kompresi biasanya dilakukan saat mengirimkan laporan atau gambar atau apapun yang mungkin terlalu banyak untuk ditangani secara individual. Di sinilah winzip memiliki keunggulan, hanya karena popularitasnya. Meneruskan file di winzip memberi Anda peluang yang jauh lebih tinggi bahwa orang lain dapat membuka arsip yang Anda kirim.

 

 

 

 

Related Post :

popup image