logo Data Engineer: Gaji, Skill, dan Jurusan yang Dibutuhkan - IDCloudHost

Data Engineer: Gaji, Skill, dan Jurusan yang Dibutuhkan

Data Engineer: Gaji, Skill, dan Jurusan yang Dibutuhkan

Adanya perkembangan teknologi dan informasi menciptakan perubahan sistem dalam operasional perusahaan. Hal tersebut juga yang akhirnya membuat bisnis menyesuaikan dengan kondisi yang ada, salah satunya dengan penggunaan data. Keberadaan data menjadi semakin penting karena data yang diolah dapat ditransformasikan menjadi informasi yang memberikan wawasan kepada para pengambil kebijakan seperti manajer perusahaan dan para investor. 

Semakin berkembangnya sebuah bisnis, maka semakin besar data yang dihasilkan. Menurut Seed Scientific menyatakan terdapat 44 zettabytes data di dunia pada tahun 2020 dan diprediksi akan berkembang hingga 175 zettabytes pada tahun 2025. Hal tersebut pada akhirnya membuat keberadaan software pengolahan data semakin dibutuhkan dalam melakukan manajemen data yang baik. Dengan demikian, profesi ini adalah jawaban dalam permasalahan tersebut yang mampu menciptakan dan mengelola sebuah software yang bisa digunakan untuk mentransformasikan data menjadi wawasan informasi yang bermanfaat. 

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana profesi ini semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Lebih lanjut, artikel ini juga akan menyajikan kepada Anda informasi yang lebih detail tentang data engineer seperti tugas yang dilakukan, skill yang dibutuhkan, dan gaji yang dihasilkan.

Jika Anda memiliki minat yang besar terhadap pengolahan data dan ingin mengembangkan karir sebagai seorang data engineer, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan demikian, simaklah artikel berikut ini dengan seksama!

Apa Itu Data Engineer?

data engineer adalah

Sebuah perusahaan yang memiliki kumpulan data yang besar membuat permintaannya terhadap data engineer semakin meningkat. Sesuai dengan namanya, data merujuk kepada kumpulan data yang besar sedangkan engineer atau teknik merujuk kepada keahlian dalam mengelola data tersebut. Dengan demikian, mereka memiliki peran yang penting dalam membantu database data dan membangun sebuah arsitektur. 

Data engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membangun dan mendesain sistem yang mengoleksi, menyimpan, dan menganalisis data. Software tersebut nantinya akan digunakan oleh data analis atau data scientist untuk dianalisis lebih lanjut sehingga dihasilkan informasi tertentu.

Dengan demikian,mereka adalah seseorang yang memiliki kecakapan untuk membuat algoritma yang dapat memproses data mentah dan menyesuaikannya dengan tujuan perusahaan melalui pembuatan suatu software data.

Untuk pembuat software tersebut, data engineer dituntut untuk memiliki pengetahuan dalam mendesain database SQL dan memahami berbagai bahasa pemrograman. Lebih lanjut, keterampilan lainnya juga dibutuhkan seperti mampu berkomunikasi dengan berbagai departemen sehingga bisa membuat suatu pengaturan data yang sesuai dengan kebutuhan berbagai departemen pada sebuah perusahaan. 

Skill Yang Dibutuhkan Oleh Seorang Data Engineer

Data Engineer: Gaji, Skill, dan Jurusan yang Dibutuhkan

Sebagai seorang data engineer, diperlukan beberapa skill yang dapat mendukung keterampilan dalam mengolah data. Keterampilan tersebut akan memudahkan seorang data analis untuk menciptakan sistem yang aman, skalabel, dan andal dalam menangani data besar dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum berbagai skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data analis yang handal yaitu sebagai berikut:

  • SQL (Structured Query Language)

SQL adalah kemampuan dasar yang diperlukan untuk menggeluti profesi ini. Tanpa memahami SQL, Anda tidak akan bisa melakukan manajemen RDBMS (Relational Database Management System) yang berfungsi membaca data yang terdapat dalam database, memperbarui struktur database, menghapus struktur yang tidak digunakan lagi dalam data, dan sebagainya. 

Sebagai bahasa yang digunakan untuk membuat atau mengolah database dalam sebuah website. SQL mampu mampu menjalankan sebuah kueri dan menjalankan data yang dibutuhkan. Lebih lanjut, SQL juga dapat mengatur tabel, prosedur, dan hal-hal penting lainnya. 

  • Data Warehouse

Data warehouse adalah sistem yang menggabungkan data dari berbagai sumber menjadi satu penyimpanan data tunggal. Lebih lanjut, data warehouse juga akan mengarsipkan sekaligus melakukan analisa data histori untuk menunjang keperluan informasi pada sebuah bisnis atau organisasi.

Dengan demikian, memiliki skill data warehouse akan membantu untuk menghasilkan informasi yang lebih akurat dengan adanya analisa data yang dilakukan. Pekerjaan yang berkaitan dengan data  memerlukan skill dalam data warehouse karena dapat membantu dalam mengumpulkan data yang tidak terstruktur, mengumpulkan data dari berbagai sumber, dan melakukan perbandingan serta menilai operasional bisnis yang lebih efisien. 

  • Data Architect

Data architect adalah sistem yang berfungsi merancang, membuat, menyebarkan, dan mengelola arsitektur data organisasi. Data architect akan memastikan perusahaan mengikuti standar data formal dan aset datanya berjalan sesuai dengan arsitektur data yang ditentukan. Dengan demikian, data architect akan membantu sebuah perusahaan dalam menerjemahkan persyaratan bisnis ke dalam persyaratan teknologi dan menentukan standar serta prinsip data. 

  • Coding

Coding atau pengkodean adalah suatu aktivitas pembuatan kode bahasa pemrograman pada komputer sehingga menjadi media komunikasi antara manusia dengan komputer. Melalui pengkodean akan membantu mengintegrasikan database dengan berbagai tipe aplikasi seperti web, mobile, desktop, IoT, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman phyton dan R akan membantu dalam pengoperasian data yang bervariasi. Lebih lanjut, Anda juga dapat mempelajari bahasa pemrograman lainnya seperti Java atau C#. 

  • Apache Hadoop-Based Analytics

Apache hadoop adalah proyeksi perangkat lunak sumber terbuka (open source) yang dapat digunakan untuk memproses dataset besar secara efisien. Apache hadoop dapat menghubungkan berbagai komputer untuk bekerja sama dan saling terhubung dalam penggunaanya.

Lebih lanjut, perangkat lunak ini juga mampu menyimpan dan memproses data yang besar secara terdistribusi menggunakan model. Dengan demikian, apache hadoop merupakan perangkat lunak yang dapat membantu dalam pemrosesan data, tata kelola, keamanan, akses, dan operasi. 

  • Sistem operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang dipasangkan pada hard-drive sebuah komputer sehingga perangkat keras dapat berkomunikasi dan bekerja dengan perangkat lunak. Dengan demikian, Anda dapat meningkat skill sistem operasi dengan menguasai berbagai operating-system seperti Linux, UNIX, Solaris, dan Windows. 

Gaji Data Engineer 

Dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap data engineer, membuat gaji menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Pada tahun 2020, data engineer berada pada posisi ke-8 permintaan tertinggi pada aplikasi LinkedIn (LinkedIn’s emerging job report). Dengan demikian, semakin diperlukannya pekerjaan seorang data engineer maka semakin menjanjikan pula gaji yang ditawarkan.

Menurut IDstar mencatat gaji seorang data engineer dengan pengalaman sebesar satu hingga empat tahun sebesar IDR 9.750.000,- per bulan. Adapun seorang data engineer yang memiliki pengalaman lima hingga Sembilan tahun  memiliki gaji sebesar IDR 18.500.000,- per bulan. Tentunya gaji tersebut dapat menyesuaikan dengan wilayah, posisi, dan kondisi perusahaan, namun gaji tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi Anda yang ingin menjadi seorang data engineer.

Jika Anda berencana memulai karir pada perusahaan global, maka Anda perlu mengetahui besaran gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Gaji yang baik adalah gaji yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan tambahan Anda. Dengan demikian, tabel berikut ini akan merangkum gaji seorang data engineer di perusahaan global:

Perusahaan Rata-rata gaji tahunan
Amazon $130,787
Apple $168,046
Capital One $124,905
Hewlett-Packard $94,142
Meta $166,886
IBM $100,936
Target $183,819

 

Tugas Data Engineer

Data engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memanajemen dan mengorganisasikan data dan sekaligus juga memperhatikan trends data yang memberikan pengaruh terhadap tujuan perusahaan. Pada dasarnya, tugas data engineer memiliki kaitan yang erat dengan kemampuan teknikal seperti programming, matematika, dan ilmu komputer. Meskipun demikian, kebutuhan dasar softskill tetap dibutuhkan seperti kemampuan berkomunikasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. 

Dengan demikian, berikut kami sajikan kepada Anda tugas-tugas yang dilakukan seorang data engineer:

  • Melakukan pengembangan, konstruksi, tes, dan maintaining terhadap arsitektur
  • Menyesuaikan arsitektur dengan tujuan bisnis
  • Melakukan pengembangan dalam proses kumpulan data set
  • Menggunakan bahasa pemrograman dan tools pendukungnya
  • Mengidentifikasi data yang efisien, efektif, dan dapat menjadi suatu jawaban
  • Melakukan penelitian sesuai dengan pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi suatu perusahaan
  • Menerapkan program analitik, machine  learning, dan program statistika
  • Memastikan kepatuhan tata kelola data dan kebijakan keamanannya

Jurusan Kuliah Untuk Data Engineer

Jurusan data engineer

Data engineer adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji yang ditawarkan. Hal demikian tentu saja juga mendorong relevansi yang lebih tinggi antara jurusan dengan pekerjaan data engineer itu sendiri. Hal ini dilakukan karena perusahaan menginginkan seorang data engineer yang benar-benar profesional dibidangnya. 

Jika Anda memiliki ketertarikan menjadi seorang data engineer, maka Anda perlu menguasai beberapa kemampuan teknikal seperti bahasa pemrograman, metode statistika, matematika, dan sebagainya. Dengan demikian, mengambil jurusan ilmu komputer, teknik, matematika, statistika, atau jurusan lainnya  yang berbau IT akan membantu dalam mendukung karir sebagai seorang data engineer.

Adapun untuk menambah daya nilai sebagai seorang data engineer, Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau bootcamp karir sebagai seorang data engineer. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengikuti kegiatan lainnya dalam upaya mendapatkan sertifikasi sebagai seorang data engineer. 

Jika Anda tidak memiliki background pada bidang teknologi, hal ini tentu saja akan mempersulit karir Anda sebagai seorang data engineer. Namun, jika Anda adalah lulusan sarjana yang tidak memiliki keterikatan dengan data engineer, Anda masih bisa mempertimbangkan mengambil program master pada data engineer atau data science jika memungkinkan.

Dengan adanya passion dan kemauan belajar yang tinggi, maka sangat mungkin untuk menjadi seorang data engineer yang handal meskipun berasal dari jurusan lainnya yang tidak berkaitan erat dengan data engineer. 

Penutup

Data engineer adalah pekerjaan yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk menciptakan software yang mampu mengelola data dengan baik. Hal tersebut juga membuat permintaan akan profesi ini semakin meningkat tiap tahunnya dengan gaji yang menjanjikan.

Lebih lanjut, sebuah aplikasi atau website yang harus mengelola banyak data setiap harinya tentu membutuhkan cloud server yang memadai. Bare Metal Server adalah server yang mendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Dengan demikian, Anda bisa mengelola software yang berkualitas dengan space yang mumpuni. 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image