logo Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan - IDCloudHost

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Memasuki era serba digital ada banyak profesi baru yang muncul melibatkan kendali dari teknologi. Salah satunya adalah Data scientist. Mendengar dari namanya pekerjaan ini sudah jelas melibatkan analisis pengolahan data. Jika berhubungan dengan bisnis maka data sangat dibutuhkan dalam operasional pelaksanaanya. Sejalan dengan itu juga profesi ini sangat populer dengan peluang yang sangat besar.

Berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF), data scientist menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan hingga 2025 mendatang. Lantas, apa sebenarnya data scientist itu? Apa saja tugas-tugasnya? Untuk memahaminya lebih lanjut, Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Data Scientist?

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Data scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis hingga mengelola sebuah data. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kesimpulan dari data yang sudah dianalisis sebelumnya. Dalam bisnis, seseorang yang ahli data seperti ini sangat dibutuhkan untuk menentukan keputusan bisnis yang baik untuk perusahaan. 

Misalnya dalam sebuah tim, seorang data scientists bertugas mengumpulkan berbagai jenis data dan informasi terkait perusahaan. Biasanya ini berkaitan dengan konsumen. Setelah semua data terkumpul, nantinya akan digunakan untuk menganalisis apa saja kebiasaan konsumen yang paling berpengaruh terhadap produk yang dikeluarkan. Selain itu, melalui data tersebut berbagai peluang bisnis juga bisa diprediksi lebih awal.

Secara umum, untuk menjadi seorang data scientist bukan hanya ketelitian yang diperlukan. Tetapi berbagai ilmu yang mendukung produktivitas kerja tidak kalah penting. Agar mendapatkan data yang relevan  digunakanlah ilmu komputer, matematika dan statistika. 

Apa Saja Tugas dari Data Scientist?

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui definisi dari data scientist Anda juga harus paham dengan beberapa tugas dari profesi ini. Dibawah ini sudah kami rangkum tugas dari seorang data scientist adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data untuk kebutuhan perusahaan.
  • Memproses serta mengintegrasikan data.
  • Meningkatkan efisiensi saat data sudah dikumpulkan.
  • Menganalisis data dalam jumlah yang besar sesuai dengan target.
  • Memperkirakan serta menganalisis tren untuk perusahaan.
  • Menilai kualitas data dan efektivitas dengan tingkat akurasi data.
  • Menghasilkan informasi yang valid dari kumpulan data yang tersedia.
  • Menganalisis proses dari kinerja sekaligus akurasi data. 
  • Mengembangkan algoritma sebuah data secara khusus. 
  • Mengembangkan serta mengimplementasikan database.
  • Mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat menjadi solusi untuk bisnis.
  • Membuat visualisasi dari data yang sudah terkumpul.
  • Mengoptimalkan strategi marketing pada bisnis.
  • Meningkatkan pengembangan dari produk.
  • Meningkatkan teknik pemasaran produk.

Berapa Kisaran Gaji Data Scientist?

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Jika melihat peluang dari profesi ini, masuk kedalam kategori profesi dengan engagement yang menjanjikan. Apalagi data scientist adalah profesi yang populer saat ini sehingga banyak dibutuhkan bukan hanya oleh perusahaan berbasis teknologi saja tetapi juga bisnis, perusahaan industri dan masih banyak lagi.

Berdasarkan laporan dari sebuah situs penyelenggara perhitungan gaji digital indeed.com tingginya minat pada pekerjaan ini juga didukung dengan kisaran gaji yang bisa mencapai Rp. 15.000.000 per bulan. Ini tentu disesuaikan dengan bagian-bagian tingkatan mulai dari yang paling rendah yaitu Data scientist, kemudian Senior data scientist dan yang paling tinggi adalah Chief data scientist.

7+ Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Data Scientist

Apa Itu Data Scientist? Pengertian, Tugas dan Skill Yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang data scientist yang handal, ketahui beberapa keterampilan yang wajib dimiliki oleh data scientist antara lain:

  • Kemampuan riset dan analisis

Skill pertama yang harus dimiliki untuk menjadi data scientist adalah memiliki kemampuan untuk melakukan riset sekaligus menganalisis. Dalam data scientist sebuah riset diperlukan untuk melihat capaian tingkatan data yang sudah dikumpulkan. Biasanya dikategorikan satu persatu data yang sudah masuk kedalam daftar, bisa saja riset peluang bisnis,perilaku konsumen atau yang lainnya.

Kemudian, faktor kedua yang penting adalah analisis. Dimana analisis berperan sebagai visualisasi data, data yang sudah di selesai riset akan terkumpul dan disajikan dalam format grafik atau gambar. Tujuannya agar data lebih mudah dipahami. 

  • Kemampuan Pengolahan Data

Selain kemampuan meriset dan menganalisis, menjadi seorang data scientist juga harus memiliki skill mengolah data. Orang awam biasanya mengolah data secara manual, akan tetapi estimasi waktu akan lebih lama, pengerjaan juga lebih rumit dan hasilnya tidak efisien. 

Mengatasi hal tersebut, data scientist membutuhkan pemahaman tentang SQL (Structured Query Language) yang membantu olahan data agar lebih terstruktur. Pemahaman SQL meliputi: data query language, data manipulation language, data definition language dan data control language.

  • Kemampuan Statistika

Selanjutnya yang harus dimiliki untuk menjadi data scientist adalah kemampuan olah data menggunakan statistik. Dalam praktiknya,  data real sangat sulit untuk dianalisis, sehingga membutuhkan statistik agar algoritma dari data tersebut bisa diterjemahkan dengan baik dan mudah dipahami.

Selain itu kemampuan ini digunakan untuk memberikan gambaran umum dari data yang akan diolah dan dianalisis. Hal ini bertujuan agar data yang dihasilkan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditargetkan oleh perusahaan. Bagi pemula jenis statistik dasar minimal harus dikuasai, sebelum nantinya akan berlanjut kepada statistik lanjutan yang penerapannya berbasis machine learning.

  • Kemampuan Pemrograman

Memiliki pengetahuan seputar pemrograman perlu untuk memudahkan dalam menganalisis data. Setidaknya kemampuan dasar pemrograman membantu data scientist untuk mengolah data dengan tools yang tersedia. Bukan hanya itu saja, terkadang ada beberapa data yang memerlukan coding dalam pengerjaannya. Sehingga penggunaan bahasa pemrograman wajib untuk dilakukan.

Jika dipelajari secara lebih spesifik, melalui bahasa pemrograman misalnya python dalam representasi pola data, sangat berguna untuk mengatur kumpulan data yang semula acak menjadi lebih terstruktur. Maka penting untuk tahu beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa R, MATLAB, SQL serta Python.

  • Kemampuan Perhitungan Kalkulus dan Aljabar

Sebagai data scientist, beberapa hal yang berkaitan dengan perhitungan akan terus saling berhubungan seperti kalkulus dan aljabar. Tetapi secara khusus jenis kalkulus multivariat dan aljabar linier yang akan digunakan pada perhitungan ini. Biasanya dalam lingkup ruang data real, ada banyak variabel yang menghasilkan prediksi tidak terduga (multivariat). 

Inilah peran dari kemampuan kalkulus multivariat dan aljabar linier untuk mengoptimalkan beberapa algoritma data yang sudah dianalisis menggunakan machine learning. Agar lebih mudah memahami Anda hanya perlu mempelajari beberapa topik wajib dari kalkulus multivariat dan aljabar linier seperti fungsi Sigmoid, vektor, matriks, plotting fungsi, turunan,gradien,fungsi logit, Rectified linear unit serta nilai maksimum dan minimum suatu fungsi.

  • Kemampuan Manajerial Data

Skill manajerial data juga tidak kalah penting untuk dimiliki. Profesi sebagai data scientist minimal bisa memproses basic data yang ada. Sebenarnya, basic data adalah bentuk rancangan dari sebuah perangkat lunak yang bertujuan untuk mendefinisikan sampai mengelola data yang ada pada database. 

Selain itu, pada data yang sudah dikelola kemampuan untuk memanipulasi data i perlu untuk diterapkan. Hal ini merujuk pada format data yang sebelumnya masih bersize besar bisa diubah menjadi lebih kecil atau sebaliknya. Kemudian struktur pada file juga dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan data.

  • Kemampuan Memahami Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis semakin lama akan semakin berkembang. Penting untuk memahami bisnis, apalagi jika Anda yang ingin terjun mengelola sebuah usaha. Sama halnya, dengan menjadi data scientist untuk sebuah perusahaan.

Biasanya perusahaan akan menugaskan seorang data scientist untuk melakukan analisis terhadap kenaikan atau bahkan penurunan insight terhadap penjualan produk. Sebelum memvalidasi data tersebut, perlu untuk paham jenis pangsa pasar yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan perusahaan. 

  • Kemampuan Machine Learning

Kemampuan yang satu ini mungkin terdengar sedikit asing, tetapi sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan bagi perusahaan. Skill machine learning oleh data scientist disebut sebagai metode analitik data. Secara sederhana, metode ini dapat memprediksi data bahkan memetakan data sesuai klasifikasinya yang sudah ada. 

Dalam praktiknya, data-data tersebut yang sudah menggunakan machine learning akan lebih mudah untuk dianalisis. Setelah analisis selesai muncul keputusan yang berpengaruh pada kinerja bisnis. Selain itu metode ini juga dapat mendeteksi penipuan dan resiko dari keputusan yang akan diambil.

  • Kemampuan Microsoft Excel

Microsoft excel adalah software pengolah data yang biasa digunakan oleh data scientist. Platform ini memuat banyak tools yang memudahkan pengerjaan data-data yang akan diolah. 

Jika kemampuan microsoft excel sudah dikuasai, data bisa diurutkan, digabungkan bahkan di pangkas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu data bisa dikemas dalam bentuk tabel sehingga lebih rapi saat akan dipresentasikan.

  • Kemampuan Bahasa Asing

Terakhir, skill yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist adalah memiliki kemampuan berbahasa asing. Bahasa asing yang lebih dominan adalah bahasa inggris atau bahasa mandarin. 

Ini penting untuk lebih memahami bahasa pemrograman yang diperlukan saat akan memproses real data. Selain itu, penggunaan bahasa asing akan lebih universal ketika data tersebut di visualkan. 

Penutup

Demikianlah penjelasan yang sudah kami jabarkan untuk Anda mulai dari pengertian dari data scientist, tugas, kisaran gaji hingga skill yang diperlukan untuk menjadi seorang data scientist. Cobalah untuk mempelajari terlebih dahulu profesi yang satu ini sebelum Anda terjun dalam bidang pekerjaan ini ya!

IDCloudHost adalah penyedia layanan hosting dan cloud yang mampu menunjang berbagai kebutuhan Anda go digital! Jika Anda adalah seorang yang ingin berkarir sebagai data scientist serta memerlukan website pribadi untuk personal branding atau portofolio, Anda bisa menggunakan layanan Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat website yang menarik hanya dalam hitungan menit.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image